11 Jenis Peluang Usaha dan Tips Memulai Usaha di Pedesaan

Sebagian besar daerah di Indonesia terdiri dari kawasan pedesaan. Meski demikian, ternyata masih banyak warga desa yang menganggap bahwa peluang usaha di desa sangat kecil, sehingga mereka memilih untuk pergi merantau dan bekerja di kota.

Padahal, berada di ibu kota bukan berarti akan lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Pesaing yang membludak justru membuat peluang usaha menjadi semakin sulit.

Perlu diketahui bahwa berada di kawasan pedesaan bukan berarti tidak dapat berkembang, karena ternyata ada banyak juga peluang usaha yang bisa dikembangkan di wilayah pedesaan ini.

Jenis Peluang Usaha dan Tips Memulai Usaha di Pedesaan

Dalam memulai bisnis, baik di pedesaan maupun di perkotaan tentulah dibutuhkan kerja keras untuk dapat mencapai puncak kesuksesan.

Karena pada dasarnya dimanapun tempatnya, kesuksesan tetap bisa didapatkan jika dijalankan dengan penuh keseriusan dan kerja keras.

Jika anda berdomisili di daerah pedesaan dan ingin mencoba membuka bisnis sendiri, berikut ini ada beberapa rekomendasi peluang usaha di desa yang bisa anda jalankan:

Toko Kelontong

Kawasan pedesaan biasanya jarang ditemui toko kelontong yang lengkap. Untuk membantu memfasilitasi warga desa dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari, membuka toko kelontong bisa menjadi salah satu usaha di desa yang menguntungkan.

Usaha ini sangat cocok dilakukan sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga.

Usaha menjahit

Hobi menjahit tentunya bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang menjanjikan.

Jika usaha sudah semakin besar, maka anda bisa menambah karyawan agar anda bisa berfokus ke pengembangan manajemen bisnisnya. 

Jual pulsa

Maraknya penggunaan ponsel kini juga sudah merambah ke kawasan pedesaan, bahkan hingga kawasan terpencil sekalipun.

Untuk itulah bisnis pulsa bisa menjadi salah satu peluang usaha di desa yang cukup menjanjikan, dimana jika ada pengguna ponsel maka tentu pulsa menjadi sebuah keharusan.

Bisnis makanan khas Daerah

Di daerah pedesaan biasanya banyak ditemui kawasan perkebunan, misalnya kebun salak, pisang, papaya, dan lain sebagainya.

Agar hasil kebun tersebut dapat menghasilkan pendapatan, maka tentu sangat bisa diolah menjadi olahan makanan lain seperti keripik buah, atau makanan khas lainnya yang bisa menjadi ladang usaha.

Dengan adanya media sosial, bisnis makanan di pedesaan bahkan bisa dipasarkan lebih luas lagi sehingga tentu sangat berpotensi menjadi peluang usaha di desa yang menjanjikan.

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner yang Dapat Anda Pilih Saat Ini

Pom Bensin Mini

Masyarakat di pedesaan kini sudah banyak yang menggunakan kendaraan dengan bahan bakar bensin BBM.

Namun para pengguna kendaraan di daerah terpencil masih banyak yang kesulitan mendapatkan BBM karena memang penyebaran pom bensin masih belum merata hingga ke kawasan pedesaan.

Untuk itulah dengan membuka bisnis pom bensin mini, hal ini tentu akan membantu memberikan solusi terbaik kepada masyarakat pedesaan agar tidak perlu lagi jauh-jauh ke perkotaan untuk mendapatkan bensin.

Perabot Rumah Tangga

Untuk ibu rumah tangga yang tinggal di kawasan pedesaan, tentu akan mengalami kendala jika ingin berbelanja kebutuhan perabot rumah, seperti peralatan dapur, barang elektronik, kasur, lemari, dan lain sebagainya.

Untuk itulah adanya usaha yang menyediakan perabot rumah tangga menjadi salah satu peluang usaha di desa berkembang yang menguntungkan.

Pengepul Hasil Panen

Pekerjaan mayoritas yang banyak ditemui pada masyarakat pedesaan adalah bertani. Ketika panen tiba, tentunya hasil panen akan melimpah dan akan sangat bermanfaat jika anda membuka usaha sebagai pengepul hasil panen.

Bisnis ini menjadi salah satu peluang usaha di desa yang cukup berpotensi juga, dimana anda bisa menjadi distributor dari petani lokal yang kemudian dapat dikirim ke pasar atau ke tempat lainnya.

Berkebun

Tak hanya menjadi pengepul hasil tani, sebagai warga desa biasanya tanah desa lebih subur dan banyak lahan perkebunan yang bisa dimanfaatkan dengan maksimal.

Caranya? Misalnya dengan menanam tanaman yang dapat dijual kembali, seperti jagung, pohon mangga, rambutan, sayuran, dan tanaman lainnya.

Ketika musim panen tiba, hasil kebun ini tentu dapat dijual kembali baik dalam bentuk buahnya atau dalam bentuk olahan makanan yang lain.

Beternak

Selain petani, warga desa juga biasanya banyak yang hobi beternak hewan seperti sapi, kambing, ayam, dan yang lainnya.

Dengan masih banyaknya lahan hijau di kawasan pedesaan, kondisi ini tentu sangat cocok untuk menjadi tempat beternak karena pakan hewan yang melimpah.

Dengan demikian maka menjadi peternak dapat dikategorikan sebagai salah satu peluang usaha di desa yang dapat menghasilkan banyak keuntungan.

Bisnis Online sebagai Reseller

Hadirnya media online tentunya semakin memudahkan transaksi jual beli dimana saja, termasuk hingga ke kawasan daerah pedesaan yang terpencil yang masih terjangkau konseksi internet.

Dengan adanya koneksi internet ini, bisa dimanfaatkan untuk memulai usaha di bidang online shop. Beragam jenis barang bisa ditemui di media online.

Dengan menjadi reseller atau dropshoper tentunya dapat berpotensi memberikan keuntungan yang lumayan. Apalagi bisnis satu ini juga bisa dilakukan kapan saja dimana saja sehingga lebih mudah dan cepat.

Bisnis Industri Kreatif

Industri kreatif di Indonesia sangat berpotensi untuk memberikan keuntungan dalam jangka panjang. Apalagi dengan adanya media internet, membuat para pengrajin dari desa dapat memasarkan produknya hingga ke luar negeri.

Contoh usaha di bidang industry kreatif ini misalnya membuat kerajinan tangan, membuat karya lukisan, desain grafis, membuat website, membuat aksesoris, tas, merajut scarf, dan yang lainnya.

Namun yang perlu diperhatikan, ada hal utama yang paling penting dalam merintis bisnis di bidang industry kreatif. Hal tersebut adalah skill yang memadai, dimana dengan adanya skill maka bisnis akan semakin mudah untuk dijalani.

Melihat beberapa contoh peluang usaha di desa tersebut diatas, terbukti bahwa bisnis apapun bisa berkembang dimana saja, tidak melulu hanya di kawasan perkotaan atau daerah lainnya yang seringkali dianggap lebih maju.

Apalagi dengan berkembangnya bidang E-Commerce di dunia digital, bisnis kecil di pedesaan kini dapat berpotensi untuk go nasional bahkan internasional karena kemudahan dari segi transaksi informasi dan pengiriman.

Untuk itu jika anda berdomisili di pedesaan, jangan berkecil hati. Hilangkan stigma bahwa kota memiliki peluang kerja yang lebih besar, karena pada dasarnya peluang usaha ada dimana saja tergantung dari ketepatan kita dalam membaca kondisi pasar.

Merintis usaha di desa bahkan terbilang lebih menguntungkan. Biasanya hasil alam di desa banyak dibutuhkan oleh para pelaku bisnis di kota, misalnya toko buah, sayur, pasar, toko daging, dan lain sebagainya yang tentunya mereka dapatkan dari hasil alam di pedesaan.

Dengan banyaknya potensi yang ada di desa inilah tentu dapat dikatakan bahwa kawasan desa berkembang juga dapat berpotensi menjadi tempat yang cocok untuk beriwirausaha.

Jika anda tertarik untuk mencari peluang usaha di desa  dan serius ingin menjadi pengusaha, dibawah ini ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan dalam memulai bisnis sendiri:

Ketahui Passion dan Kembangkan Menjadi sebuah Bisnis

Hobi yang dijadikan sebuah bisnis tentunya tidak akan terasa berat karena dijalani dengan suka hati. Namun tidak semua hobi berpotensi menjadi bisnis yang menguntungkan.

Meskipun memang mencintai dan menikmati apa yang dijalani merupakan kunci kesuksesan bisnis, namun ketepatan dalam memilih jenis usaha juga tak kalah pentingnya.

Untuk itu, sebelum menentukan bisnis yang ingin dijalankan sebaiknya cari tahu terlebih dahulu seperti apa selera pasar saat ini.

Konsultasi dengan Ahli

Untuk meyakinkan diri bahwa bisnis yang akan anda rintis dapat memberikan keuntungan, maka cobalah untuk konsultasi terlebih dahulu pada ahli bisnis atau pengusaha yang sudah lebih dulu melanglang buana di dunia bisnis.

Tanyakan secara detail hal-hal apa saja yang harus dipersiapkan. Jangan lupa untuk konsultasikan pula jenis usaha yang sudah anda rancang.

Dengan adanya masukan dari pengusaha yang lebih tahu, tentunya bisnis yang akan anda jalani akan lebih mudah kedepannya. 

Ciri Khas Usaha

Jika anda sudah menentukan jenis usaha yang sesuai dengan selera pasar, selanjutnya adalah bentuk ciri khas usaha anda yang membedakannya dengan usaha yang sudah ada.

Agar dapat menarik konsumen, cobalah untuk memunculkan ciri khas atau inovasi dari bisnis yang akan dijalani. Misalnya dari hal sepele seperti dari segi pelayanan yang maksimal dan berbeda dengan pelayanan dari pesaing bisnis anda.

Media Sosial

Manfaatkan media sosial untuk media promosi dan meningkatkan brand awareness. Jika bisnis anda terbilang masih baru, maka promosi menjadi hal yang penting untuk dilakukan.

Agar memudahkan promosi dan menjangkau audience yang lebih luas, anda bisa memanfaatkan media sosial seperti instagram, Facebook, Twitter, dan yang lainnya.

Pantang Menyerah

Jika gagal, jangan menyerah. Ini adalah kunci utama dalam memulai sebuah kesuksesan bisnis. Semua pengusaha sukses di dunia, pastinya pernah melalui masa-masa sulit.

Sama halnya dengan bisnis dimana pun. Dengan adanya ujian dan masa-masa sulit, jadikanlah sebuah batu loncatan untuk menuju ke arah yang lebih baik. Tetap optimis dan pantang menyerah jika terkendala dengan masalah.

Itulah beberapa tips penting yang harus diperhatikan sebelum merintis sebuah bisnis. Selain tips, tadi juga kita sudah membahas mengenai beberapa jenis peluang usaha di desa yang menjanjikan di era modern ini.

Terbukti bahwa banyak pula peluang usaha yang dapat dikembangkan di wilayang terpencil sekalipun.Bahkan bisnis ini tidak semua membutuhkan modal uang yang besar.

Meski demikian, bisnis tersebut tentunya tetap dapat memberikan keuntungan lumayan untuk pebisnisnya. Dalam menjalankan bisnis tersebut, tentunya tidak hanya membutuhkan modal materi semata, namun juga modal kesiapan dari diri sendiri.

Pada dasarnya, bisnis apa pun yang dijalankan tentunya akan mencapai sebuah puncak kesuksesan jika dijalani dengan sepenuh hati. Sebelum benar-benar terjun menjadi pengusaha, yakinkan diri terlebih dahulu bahwa berbisnis dapat menimbulkan banyak resiko.

Jika anda sudah mempersiapkan mental untuk menghadapi kemungkinan terburuk, maka bisnis apapun bisa dilalui dengan hati lapang.

Pada dasarnya kegagalan adalah bagian dari kesuksesan maka suatu hal yang wajar jika anda menghadapi banyak kendala saat memulai merintis usaha.

Tak perlu khawatir, mulailah dari sekarang untuk mewujudkan mimpi kesuksesan menjadi pebisnis dengan memaksimalkan peluang usaha di desa terpencil. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi anda. Terima kasih. Salam

Leave a Reply