13 Ide Usaha Makanan Ringan Sederhana yang Pasti Laku!

Seiring dengan perkembangan zaman, dunia usaha pun semakin berkembang pesat. Terbukti dengan banyaknya produk-produk unik dan inovatif yang ada di pasaran dimana para produsen berlomba-lomba menggaet perhatian konsumen. Tentunya sebagai pribadi yang berjiwa bisnis Anda tidak boleh terus menerus pasif sebagai konsumen saja.

Sayang sekali jika ramainya pasar terutama dalam bidang kuliner Anda lewatkan begitu saja. Makanan ringan merupakan salah satu jenis bisnis di bidang kuliner yang banyak peminatnya. Selain karena ringan di perut, makanan ini juga cocok dikonsumsi kapan saja tidak mengenal musim.

Ide Usaha Makanan Ringan yang Pasti Disukai Masyarakat

Jika Anda ingin mencobanya, berikut beberapa ide bisnis makanan ringan yang bisa mulai Anda geluti!

  1. Bubur Kacang Hijau ala Korea

Bubur yang satu ini memang sudah sangat akrab dengan masyarakat Indonesia. Penggemarnya bahkan terdiri dari berbagai usia mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Penjual bubur kacang hijau di Indonesia memang sudah sangat banyak, namun hal itu disebabkan karena permintaan pasar yang juga cukup tinggi.

Anda bisa memanfaatkan peluang tersebut dengan menjual bubur kacang hijau baik itu panas maupun dingin. Bubur ini biasanya dilengkapi dengan ketan hitam dan roti tawar serta kuah santan kacang hijau. Anda bisa melakukan beberapa inovasi untuk membuat bubur ini lebih unik seperti Pat Bing Soo, yang merupakan resep kacang hijau Korea sehingga Anda memiliki ciri khas tersendiri dibandingkan dengan penjual lainnya.

Usaha unik dan kreatif seringkali menarik minat konsumen, jadi meskipun hanya sekedar bubur kacang hijau, Anda bisa membuatnya terlihat istimewa.

  1. Gorengan

Jajanan yang satu ini memang tidak pernah lekang oleh waktu. Meskipun teknologi sudah berkembang pesat dan zaman semakin maju, minat masyarakat terhadap gorengan tidak berubah sedikit pun.Itulah kenapa bisnis makanan ringan yang satu ini cukup menjanjikan.

Meskipun kelihatannya sederhana, ternyata berjualan gorengan bisa sangat menguntungkan. Selain itu, varian gorengan pun sangat banyak sehingga Anda bisa berinovasi sendiri menciptakan gorengan yang lezat dan unik.

Ada beberapa jenis gorengan yang menjadi kekhasan daerah tertentu dan itu pun bisa Anda masukkan dalam menu gorengan Anda, misalnya cilok khas Tegal dan tempe mendoan khas Purwokerto. Dengan menjual gorengan unik yang jarang ditemukan di tempat tinggal Anda, pembeli dapat merasa tertarik mencoba gorengan dengan rasa yang baru.

  1. Aneka Keripik Pedas

Produk keripik yang bereda di pasaran sangat beragam mulai dari keripik kentang, keripik singkong, keripik pisang, keripik tempe dan masih banyak lagi yang lainnya. Keripik merupakan cemilan yang ramah di kantong dan ramah di lidah orang Indonesia.

Cemilan satu ini memang tidak membosankan karena rasanya yang renyah dan bahan bakunya yang umumnya cenderung berasal dari sayuran dan buah-buahan. Bisnis makanan ringan kriuk ini bisa dilakukan dari rumah dengan memasarkannya secara online. Keripik juga mudah dikreasikan dengan cara menambahkan rasa seperti rasa pedas, balado, rumput laut, keju dan sebagainya.

Besarnya peluang bisnis keripik membuat banyaknya alat pembuat keripik yang bisa Anda temukan di pasaran termasuk alat pembuat keripik buah seperti apel, salak, nangka dan sebagainya. Buah-buah tersebut harus dibuat menggunakan alat khusus agar bisa menjadi keripik sehingga Anda perlu menginvestasikan uang dengan membeli alatnya sebelum mulai berbisnis.

Berbisnis keripik cukup menyenangkan mengingat banyak sekali jenis kemasan yang bisa digunakan seperti plastik, aluminium foil dan paper foil. Mencipatakan desain sendiri pada kemasan Anda dapat membuat produk keripik Anda lebih unik dan menarik. Rencanakan bisnis dengan tepat agar nantinya Anda dapat meraup untung besar melalui bisnis makanan ringan kriuk ini.

bananas-282313_1280

Pic Source: Pixabay.com

  1. Roti Bakar

Jika Anda inginmembangun sebuah bisnis dengan modal yang kecil, roti bakar bisa menjadi solusi yang tepat. Roti bakar memilik banyak peminat karena ketika dibakar dan ditambah berbagai variasi rasa seperti coklat, keju dan susu, roti tawar biasa menjadi enak dan luar biasa.

Anda bisa membuat beberapa varian roti bakar dengan menggabungkan beberapa jenis bahan tersebut untuk menciptakan roti bakar yang enak. Bisnis makanan ringan roti bakar bisa dilakukan dengan menggunakan gerobak atau dengan membuka kedai tergantung dari besar kecilnya modal yang Anda miliki.

  1. Tahu Bulat

Anda mungkin sudah tidak asing lagi dengan jajanan yang satu ini.Tahu bulat mulai booming belakangan ini karena promosinya yang unik. Cemilan tahu berbentuk bulat tersebut mampu menarik banyak konsumen karena bentuk dan rasanya.

Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk ikut menjual tahu bulat dan menjajakannya menggunakan mobil pick-up seperti kebanyakan penjual tahu bulat lainnya. Anda juga bisa berjualan sekedar dengan menggunakan gerobak jika Anda tidak memiliki mobil. Berpikirlah secara kreatif untuk membuat sarana berjualan yang efektif tanpa harus menghabiskan banyak modal.

  1. Mi Lidi

Jajanan jadul yang satu ini mulai booming lagi belakangan ini. Hal ini mungkin disebabkan rasa rindu masyarakat terhadap makanan yang beberapa tahun belakang menjadi sulit ditemukan. Saat ini Anda sudah bisa menemukan banyak produk mi lidi yang dijual secara online maupun offline.

Kreasi mi lidi pun semakin beragam tidak hanya rasa pedas dan asin saja seperti zaman dahulu namun sekarang pun ada rasa keju, sapi panggang, pizza dan masih banyak lainnya. Anda bisa membuat sendiri mi lidi di rumah atau membelinya dengan menjadi reseller kemudian menjualnya kembali.

Penggemar mi lidi tidak hanya anak-anak saja, tetapi banyak orang dewasa yang menyukai jajanan unik satu ini.Itulah kenapa peluang bisnis makanan ringan kriuk dengan menjual mi lidi cukup menjanjikan.

  1. Arum Manis

Selain mi lidi, arum manis juga mulai kembali dicari saat ini. Salah satu jenis arum manis yang masih booming hingga saat ini adalah arum manis rambut nenek dengan tekstur yang agak kasar.

Arum manis ini sekarang bahkan sudah dimodifikasi dengan berbagai macam rasa seperti blueberry, strawberry dan masih banyak lagi. Jika Anda tidak bisa membuat arum manis sendiri, tidak perlu khawatir karena banyak sekali produsen arum manis yang bisa menjadi supplier produk Anda. Bisnis makanan ringan ini memiliki pangsa pasar yang cukup luas tidak hanya anak-anak tetapi juga orang dewasa.

  1. Makaroni

Makaroni memiliki tekstur yang hampir sama seperti keripik dan bisa dikreasikan dengan berbagai rasa. Jika dahulu makaroni hanya tersedia dalam rasa asin, pedas dan manis saja, sekarang makaroni sudah terdiri dari berbagai rasa seperti sapi panggang, keju, jagung bakar, dan masih banyak lagi.

Meskipun bukan cemilan baru makaroni masih memiliki banyak penggemar hingga saat ini.Makanan ringan kriuk yang satu ini memang tidak lekang dimakan waktu. Meski zaman sudah berganti makaroni tetap di hati. Dengan tersedianya berbagai macam bumbu tabur yang ada di pasaran Anda bisa membuat makaroni sendiri dengan berbagai rasa.

Buat brand makaroni Anda dan rencanakan desain kemasan yang menarik agar produk makaroni Anda berbeda dengan yang lain. Anda bisa memasarkan makaroni secara online dengan menggaet beberapa reseller agar produk semakin terkenal. Tentunya semua itu membutuhkan perencanaan yang matang.

  1. Popcorn

Popcorn tidak harus dimakan sambil nonton bioskop. Bahkan sambil bekerja atau bersantai pun popcorn tetap enak disantap sendiri atau bersama keluarga. Yang menarik dari bisnis makanan ringan satu ini adalah ketersediaan bahan yang banyak.

Jagung bukanlah sayuran musiman yang bisa selalu Anda temukan, jadi Anda tidak akan kesulitan menemukan bahan baku untuk bisnis Anda. Ketersediaan bahan juga akan berpengaruh terhadap bisnis Anda sehingga kendala yang satu ini setidaknya bisa diatasi.

Buatlah inovasi popcorn dengan menambah beberapa rasa seperti coklat atau karamel.Selain itu Anda juga bisa mengemasnya dengan ukuran kecil agar sasaran konsumen bisa semakin luas mulai dari anak-anak hingga orang dewasa.

  1. Donat

Roti bulat yang satu ini selalu memiliki penggemar di setiap generasi. Seiring dengan perkembangan zaman jenis donat semakin bervariasi tidak hanya donat goreng saja tapi juga ada donat bakar. Toping donat pun juga sangat beragam dengan berbagai macam jenis bahan seperti coklat, keju, selai, kacang dan masih banyak lagi.

Bisnis ini cukup mudah dijalani karena hampir semua orang sudah mengenal donat. Anda tinggal meningkatkan kualitas produk dengan membuat donat yang empuk dan enak serta menghiasinya dengan toping yang menarik.

Baca juga: Peluang dan Tips Bisnis Rumahan Menguntungkan di Bidang Kuliner

Baca juga: Peluang dan Analisa Usaha Lengkap Ayam Petelur

Harga donat bisa disesuaikan dengan target pasar yang akan dituju.Bisnis makanan ringan ini bisa dijalankan dengan menggunakan gerobak, kedai atau bahkan sekedar menitipkannya pada warung-waarung dekat sekolahan.

  1. Churos

Berbicara mengenai donat, makanan ringan yang satu ini pun juga sejenis donat namun dengan tampilan yang berbeda. Usaha unik dan kreatif ini memang belum banyak yang menjalankan, namun di kota-kota besar churros sudah mulai dikenal banyak orang.

Churros memiliki bentuk memanjang yang rasanya hampir mirip donat hanya saja lebih renyah karena bentuknya tipis seperti stik. Toping churros pun ummumnya hanya gula halus dan coklat leleh saja sehingga bisnis ini terbilang lebih sederhana. Anda bisa mencoba mengenalkan churros di daerah tempat tinggal Anda dengan promosi yang tepat agar pembeli penasaran untuk mencoba.

  1. Bakso Bakar

Bakso kuah sudah biasa, tapi bakso bakar baru luar biasa. Anda bisa menciptakan usaha unik dan kreatif dengan membuat bakso sendiri dan menjualnya dengan cara dibakar seperti sate.

Anda pun bisa membeli baksonya jika tidak ingin membuat sendiri, namun pastinya biaya produksi pun akan lebih mahal. Bakso bakar biasanya dilengkapi dengan saus kacang dicampur kecap dan sambal jika suka yang pedas, namun Anda juga bisa membuat inovasi saus sendiri agar bakso bakar Anda lebih diminati.

  1. Dorayaki

Jajanan yang berasal dari Jepang ini sekarang sudah populer di Indonesia. Meskipun demikian penjual dorayaki masih jarang sehingga Anda bisa memanfaatkan kesempatan ini untuk mengenalkan jajanan yang unik.

Dorayaki memiliki bentuk seperti pancake hanya saja di tengahnya ada isian kacang merah yang manis. Bisnis makanan ringan ini bisa menjadi angin segar di tengah masyarakat yang bosan dengan makanan itu-itu saja.

Untuk memulai bisnis makanan ringan, mencari ide saja tidak cukup. Anda butuh meneliti dan menganalisa lebih jauh agar bisnis Anda terencana dengan baik. Pertama tentukan modal yang dibutuhkan dan target pasar serta bagaimana cara mempromosikan produk yang dijual.

Pastikan bisnis yang akan dijalankan sesuai dengan modal yang Anda miliki. Target pasar yang dituju pun harus pas dengan tempat atau lokasi tempat berjualan, misalnya jika target pasar adalah anak-anak, maka lokasi yang tepat adalah taman atau sekolah. Pilih bisnis yang cocok dengan Anda, rencanakan dan jalankan sesuai kemampuan.

Leave a Reply