7 Peluang Bisnis Online Paling Menguntungkan

Hidup berkecukupan dari segi ekonomi tentu menjadi impian dari setiap orang.Sedari kecil, disadari maupun tidak kita seringkali dipesankan oleh orang tua untuk belajar yang rajin agar bisa mendapatkan pekerjaan yang baik dan berpenghasilan tinggi.

Namun seringkali kata ‘bekerja’ identik dengan bekerja di sebuah perusahaan atau menjadi karyawan dari orang lain. Padahal, kita justru punya banyak peluang untuk bisa membuka usaha sendiri dan memberikan peluang kerja untuk orang lain. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan peluang bisnis online.

Mengapa harus online? Dewasa ini, dunia maya sudah menjadi sebuah ruang baru di tengah masyarakat, di mana di dalamnya juga terjadi banyak aktivitas, seperti berinteraksi dengan orang lain, hingga melakukan transaksi jual beli barang.

Melihat media ini yang sifatnya universal dan bisa diakses oleh siapa pun, maka tak heran membuka usaha online shop bisa menjadi satu profesi yang menjanjikan.

Berbeda halnya dengan toko fisik yang punya pelanggan dalam lingkup daerah saja, melalui bisnis online terpercaya ini pebisnis bisa menjual barangnya ke target konsumen yang lebih luas, bahkan hingga ke seluruh dunia.

Bisnis Online Paling Populer 2017

Bisnis online memang kini menjadi trend bisnis yang sedang populer di Indonesia. Pada dasarnya, peluang bisnis online sudah ada sejak tahun 90an, namun baru populer di beberapa tahun belakangan ini. Popularitas ini tidak lain dan tidak bukan karena masyarakat yang semakin banyak beraktivitas di dunia maya.

Pic Source: Pixabay.com

Jika anda sedang mencari peluang bisnis online, kali ini akan ada ulasan beberapa rekomendasi jenis bisnis online terpercaya yang bisa anda pilih sesuai dengan kapasitas anda, diantaranya adalah:

  • Jadi Dropshipper

Nah buat anda yang ingin jadi pebisnis tapi tidak punya modal, menjadi dropshipper ini bisa banget untuk dipilih sebagai salah satu usaha online shop tanpa modal. Dalam menjadi dropshipper ini, anda tidak perlu membeli sendiri barang dagangan.

Istilah dropshipper ini mungkin masih terdengar asing di telinga, namun ternyata kerjaan ini bisa mendatangkan keuntungan yang lumayan lho, bahkan tanpa harus nyetok barang sendiri. Bagaimana bisa? Memang kerjanya gimana sih?

Nah untuk jadi dropshipper ini, ibaratanya anda hanya menjadi perantara antara si suplier dengan konsumen. Tapi untungnya juga lumayan lho. Contohnya misalnya ada sebuah situs online supplier produk tas dengan harga 150 ribu. Nah biasanya jika mereka menyediakan lowongan dropshipper, harga yang diberikan bisa lebih murah misalnya 120 ribu.

Setelah itu yang anda lakukan berikutnya adalah mempromosikan produk tersebut, bisa melalui media sosial, atau media yang lainnya. Soal harga, anda bisa menambah keuntungannya sendiri, namun tentu dengan catatan jangan terlalu mahal agar bisa laris dibeli oleh target konsumen ya.

Misalnya anda menaikan harganya menjadi 170 ribu. Nah jika sudah deal dengan konsumen, anda kemudian membeli produk tersebut ke supplier dengan harga khusus dropshipper tadi yakni 120 ribu. Setelah itu produk akan langsung dikirim ke ke konsumen dari supplier. Jadi untung yang anda dapatkan adalah 50 ribu per item yang dijual. Lumayan kan untungnya?

Untuk anda yang tertarik, bisa langsung saja cari online store yang punya banyak produk bagus dan berpotensi laris di pasaran, dan tanyakan apakah online store tersebut menyediakan lowongan dropshipper atau tidak.

  • Membuka online store sendiri

Jika anda mengerti sistem pemrograman pada website, tak ada salahnya untuk mencoba membuat halaman web sendiri yang berisi produk-produk yang anda miliki.Misalnya, kita ambil contoh jika anda punya hobi membuat kerajinan tangan seperti boneka flanel lucu, atau handicraft lainnya, tak ada salahnya anda coba memasarkannya melalui situs online store sendiri.

Di dalam situs tersebut, berisi informasi produk lengkap dengan harga, deskripsi produk, dan info seputar online shop yang anda punya.

Jika anda tidak mengerti cara pemrograman website, bisa juga menggunakan layanan web gratis seperti melalui blogger.com atau wordpress.com, dimana dalam situs tersebut yang harus dilakukan hanya tinggal mengisikan postingan saja, Mudah bukan?

Nah website bisnis online terpercaya yang anda miliki bisa kemudian terintegrasi dengan media sosial anda yang lain. Misalnya line, instagram, dan media lainnya.Melalui media sosial anda bisa melakukan promosi produk satu per satu secara rinci.Nah untuk websitenya bisa berisi katalog lengkap serta informasi seputar sistem pembayarannya. Semakin banyak media sosial yang digunakan, maka akan semakin meningkatkan jumlah calon pelanggan anda.

  • Tidak mau repot bikin web sendiri? Jual di marketplace!

Marketplace itu ibaratnya seperti mall di dunia maya, di mana yang harus anda lakukan hanya bergabung di dalamnya tanpa perlu mencari sendiri konsumennya. Marketplace atau pasar jual beli merupakan sebuah toko online yang terdiri dari banyak penjual, seperti bukalapak.com, tokopedia,com, blibli.com, olx, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Berbeda ketika kita membuat website sendiri, di mana kita sendirilah yang harus mempromosikan peluang bisnis online yang dijalankan.Di marketplace ini biasanya sudah ramai oleh pengunjung jadi kita tidak perlu melakukan promosi ekstra. Namun kelemahan menjual di marketplace ini anda akan lebih banyak pesaingnya. Berbeda kalau kita punya website sendiri di mana hanya kita sendiri yang berjualan.

Selain itu, berbisnis di marketplace juga agak sedikit merepotkan, karena penjual tidak bisa langsung mendapatkan keuntungan. Memangnya kenapa? Hal ini karena marketplace menggunakan sistem rekening bersama.

Kita ambil contoh marketplace bukalapak.com. Jadi ketika sudah ada pembeli yang tertarik untuk membeli produk yang anda jual di bukalapak.com, pembeli kemudian akan transfer uang ke pihak bukalapak tersebut. Setelah itu pihak bukalapak akan memberitahukan penjual bahwa ada konsumen yang membeli produk yang anda jual. Tugas anda? Yup langsung mengirimkan barang yang dibeli konsumen.Jika barang sudah sampai dan si pembeli mengkonfirmasi ke pihak bukalapak, barulah bukalapak mengtransferkan uangnya pada anda. Ribet ya?

Tapi ya itulah sistem kerja yang diterapkan di marketplace. Meskipun merepotkan, tapi peluang bisnis onlinenya lumayan lho, target pasar yang luas dan branding marketplace yang sudah tinggi tentu bisa sangat menguntungkan untuk meningkatkan penjualan. Sistem ini juga merupakan upaya untuk meminimalisir terjadinya penipuan, dan juga melindungi hak-hak dari pelanggannya sehingga terciptalah bisnis online terpercaya.

  • Jualan Aplikasi

Bagi anda yang mengerti cara ngoding dan bisa membuat aplikasi atau tools, kenapa tidak anda jual saja? Beberapa aplikasi populer yang banyak digunakan misalnya instagram, line, path, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Sebagai contoh, media sosial dewasa ini jadi media komunikasi online yang paling banyak digunakan oleh masyarakat. Sebut saja facebook misalnya. Nah jika anda mengerti cara koding, anda bisa memanfaatkan peluang ini untuk membuat aplikasi yang banyak dibutuhkan para pengguna Facebook. Misalnya dengan membuat aplikasi auto like, auto post, auto delete friend non active, dan lain-lain. Bisnis ini dinamakan bisnis optimasi sosial media yang untungnya juga lumayan kok.

  • Jago desain kaos? Bisa jadi bisnis juga tuh!

Jual desain bisa jadi peluang bisnis online juga lho ternyata. Bahkan kita tidak perlu repot mencetak kaosnya sendiri. Bagaimana bisa? Ya dengan cara menjual desain kita.

Ada beberapa perusahaan yang membuka kesempatan untuk para desainer dalam menjual desain kaosnya yang kemudian akan dijual kembali oleh perusahaan tersebut. Misalnya di teesring, di mana untuk satu desain kaos saja kita sudah bisa mendapatkan keuntungan yang lumayan lho. Bisnis ini juga tergolong bisnis online gratis tanpa modal jadi bisa dilakukan oleh siapa saja, dengan catatan memiliki skill dalam mendesain kaos ya.

Tidak tanggung-tanggung, di teespring biasanya satu desain yang dijual bisa dibayar dengan harga sekitar $5 untuk satu kaos. Jika mereka berhasil menjual lebih dari satu kaos, maka tentu keuntungannya akan dikalilipatkan dengan jumlah kaos yang terjual. Wow lumayan ya? Cukup modal jago desain di software, bisa langsung jadi bisnis online terpercaya yang menguntungkan.

  • Nah untuk yang suka nulis, bisa nih jadi content writer

Content writer atau penulis artikel juga tergolong salah satu bisnis online terpercaya. Di dunia maya pastinya sudah kita ketahui bahwa ada milyaran informasi tersebar ke seluruh dunia. Ada tentang berita, tips, pengetahuan umum, science, dan masih banyak lagi. Nah untuk membuat artikel-artikel tersebut, dibutuhkan penulis artikel atau content writer yang nggak sembarangan lho.

Bagi anda yang hobi nulis, bisa banget nih memanfaatkan hobi jadi hal yang menguntungkan yakni dengan jadi content writer. Trus keuntungannya gimana? Untuk keuntungan, tentunya setiap orang berbeda tergantung dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki.

Semakin banyak pengalaman maka semakin baik kualitas tulisan. Hasilnya, semakin tinggi pula bayaran yang akan bisa kamu dapatkan. Bayarannya bisa lebih tinggi tergantung dari perusahaan yang membutuhkan tulisan seperti apa.

Atau untuk artikel berbahasa asing, nah ini bakal lebih tinggi lagi bayarannya. Jika anda punya skill menulis dan bisa bahasa inggris bisa nih menjadikannya sebagai peluang bisnis online yang menjanjikan. Jika anda rajin, pendapatannya bisa mencapai jutaan lho perbulannya. Menarik bukan?

  • Suka travelling? Coba deh jadi Travel Consultant

Hobi jalan-jalan tidak selamanya hanya menghabiskan uang melulu, karena ada nih peluang bisnis online untuk para travellers yakni dengan cara membuka jasa konsultasi traveling. Lantas, gimana caranya?

Ketika seseorang akan melakukan perjalanan atau travelling, biasanya ia akan mencari tahu kira-kira dengan budget yang dimiliki bisa pergi jalan-jalan kemana aja nih. Nah sebagai konsultan travelling yang anda lakukan adalah dengan merekomendasikan tempat-tempat seru untuk travelling dengan budget yang mereka miliki. Anda juga bisa merekomendasikan pilihan penginapan, transportasi, dan yang lain sebagainya.

Keuntungannya juga lumayan lho. Jika anda menyasar ke travelling kelas atas, pastinya mereka juga tidak akan tanggung-tanggung membayar konsultan travelling selama memang anda memberikan pelayanan yang maksimal pada mereka.

Nah itulah beberapa jenis bisnis online terbaru yang bisa anda coba lakukan. Selain jenis bisnis-bisnis online seperti yang sudah dipaparkan diatas, masih banyak jenis bisnis lainnya yang bisa anda manfaatkan sebagai ladang mencari keuntungan. Yang terpenting sebelum melakukan bisnis adalah, lakukan riset terlebih dahulu, dan jangan takut untuk melangkah menjadi seorang pebisnis, karena peluang di dunia online sangat terbuka lebar untuk para pebisnis era digital.

Leave a Reply