9 Cara Promosi Usaha Makanan yang Terbukti Efektif

Bagaimana cara promosi usaha makanan yang tepat sasaran agar semakin banyak orang yang membeli makanan Anda?

Pertanyaan ini adalah salah satu pertanyaan yang cukup menarik untuk dibahas karena usaha makanan dari dulu sampai sekarang masih menjadi primadona dalam dunia usaha. Meskipun banyak orang yang berjualan makanan, banyak pula orang yang gagal dalam bisnis ini.

Tak jarang sebuah usaha makanan berawal dari seseorang yang mempunyai kemampuan masak yang baik dan mendapatkan pujian dari orang terdekat.

Keahlian seseorang ini dalam membuat suatu makanan tertentu disukai oleh orang-orang terdekat. Kemudian motivasi inilah yang membuat orang ini pun membuka usaha makanan sebagai usaha sampingan.

Sayangnya, keahlian memasak makanan yang lezat inilah bukan satu-satunya faktor yang membuat usaha makanan menjadi berhasil. Ada beberapa faktor lain yang berperan penting dalam kesuksesan usaha kuliner yang Anda jalankan. Anda harus mempelajari beberapa cara agar usaha makanan berhasil.

Salah satu faktor yang menentukan keberhasilan usaha makanan Anda adalah strategi efektif untuk mempromosikan produk makanan yang Anda jual.

cara promosi usaha makanan

Image credit: i.cbc.ca

Jika Anda adalah seorang yang mempunyai minat dalam industri kuliner dan ingin merintis usaha makanan Anda, maka Anda harus mempelajari dan menerapkan beberapa langkah promosi usaha makanan agar makanan Anda yang lezat itu tidak bangkrut begitu saja.

Cara promosi usaha makanan yang tepat adalah salah satu faktor penting dalam menjalankan sebuah usaha kuliner. Menjalankan strategi yang tepat dan efektif dalam mempromosikan usaha makanan yang dijual dapat memberikan dampak yang luar biasa dalam bisnis Anda.

Nah, bagi Anda yang sedang menjalankan usaha makanan maka Anda harus mempelajari cara promosi usaha makanan pada bisnis kuliner Anda berikut ini:

Cara Promosi Usaha Makanan Agar Bisnis Kuliner Anda Berhasil

1) Konsisten menjaga kualitas makanan Anda

Cara promosi usaha makanan yang pertama dan terbaik tentu saja adalah menjaga kualitas dan rasa makanan yang Anda buat. Promosi makanan yang heboh dan gencar akan sia-sia saja bila Anda tidak bisa menjaga kualitas makanan Anda kepada konsumen.

Selain itu, mempertahankan kualitas yang sudah diciptakan sedari awal adalah hal berikutnya yang harus Anda jaga.

Pasti Anda pernah bertemu dengan usaha makanan yang tidak konsisten dengan kualitas dan rasa yang dijual saat konsumen mereka sedang ramai-ramainya. Hal ini tentu saja bukan sesuatu yang bagus karena akan membuat pelanggan Anda kecewa.

Selain itu, perhatikan pula standar dan prosedur memasak di usaha Anda agar kualitas makanan bisa tetap sama dari waktu ke waktu.

2) Manfaatkan momentum

Cara promosi usaha makanan selanjutnya adalah dengan memanfaatkan momentum. Tidak setiap haru suatu usaha makanan mendapatkan banyak pelanggan tiap harinya.

Bahkan terkadang di hari-hari tertentu akan sepi pembeli. Anda bisa melakukan berbagai upaya agar usaha makanan yang Anda rintis mendapatkan pelanggan tetap dan pelanggan baru pula.

Salah satu cara promosi usaha makanany ang bisa dilakukan adalah dengan mengikuti kegiatan bazar makanan atau acara lain yang dapat mengundang keramaian.

Jika Anda sering berpartisipasi dalam kegiatan bazar, event, pasar malam, eksebisi, dan perayaan momen tertentu maka akan membuat usaha makanan Anda mendapatkan pelanggan baru di setiap acara.

Misalnya pada acara ulang tahun kota Anda, maka Anda bisa memberikan diskon untuk paket makanan tertentu. Promosi ini juga bisa Anda lakukan dengan menggunakan media sosial agar semakin banyak orang yang mengetahui usaha makanan Anda.

3) Bersikap ramah dan sopan

Bahkan dalam usaha makanan pun Anda juga harus bersikap ramah dan sopan kepada pelanggan. Keramahan dan sopan santun inilah yang bisa membuat usaha makanan Anda tetap bertahan dan para pelanggan juga lebih suka makan di tempat Anda daripada di tempat lain.

Tanpa keramahan dan kesopanan tentu saja konsumen akan merasa tidak dihargai. Hal ini akan membuat mereka tidak ingin makan di tempat Anda, apalagi berlangganan.

Walaupun makanan yang Anda jual rasanya enak atau harganya murah, bila tidak melayani pelanggan dengan ramah dan sopan maka hasilnya pun akan nihil. Anda tidak akan terlihat positif di mata pelanggan.

4) Promosikan ke kampus dan juga kantor

Cara promosi usaha makanan selanjutnya adalah dengan mempromosikan usaha makanan Anda ke daerah kampus dan kantor. Kedua daerah tersebut adalah kawasan yang strategi untuk mulai memasarkan usaha makanan Anda.

Rata-rata orang yang tinggal di daerah kampus dan perkantoran membutuhkan makanan yang bervariasi dan harganya murah meriah serta dilengkapi dengan fasilitas yang mumpuni. Dengan adanya kesempatan inilah, maka Anda bisa memanfaatkannya dengan cara mempromosikan usaha makanan Anda ke daerah kampus dan perkantoran.

5) Membuat dan menyebarkan selebaran

Membuat dan menyebarkan selebaran memang salah satu cara promosi usaha makanan yang terbukti efektif untuk mendapatkan pelanggan baru.

Cara ini juga efektif bagi mereka yang baru saja terjun ke dunia kuliner. Usahakan selebaran tersebut dibuat dengan unik dan kreatif serta memuat informasi penting yang mudah diingat oleh orang-orang.

Kalau bisa, cantumkan alamat dan kontak tempat usaha Anda selengkap mungkin. Anda pun juga bisa menyertakan menu makanan yang menjadi andalan di tempat Anda.

Selain itu, Anda bisa juga menyertakan informasi dan pengetahuan seputar bahan-bahan makanan yang Anda pakai dalam menu masakan Anda atau informasi lain yang masih berhubungan dengan makanan yang Anda jual.

6) Tingkatkan pelayanan

Bukan hanya bersikap ramah dan sopan saja yang merupakan cara promosi usaha makanan yang tepat. Pelayanan kedai makanan Anda tentu saja harus dibarengi dengan memberikan pelayanan yang bagus seperti cepat, tepat, dan memuaskan pelanggan.

Hal ini bisa dilihat dari seberapa cepat dan responsif Anda dalam menangani pesanan baik di tempat atau pun delivery order, berapa lama Anda menyajikan makanan tersebut, dan lain sebagainya. Jika Anda semakin lama dalam menyajikan makanan, maka konsumen akan merasa kecewa.

7) Bergabung dengan komunitas tertentu

Cara promosi usaha makanan selanjutnya adalah dengan bergabung ke komunitas yang masih berhubungan dengan bisnis Anda.

Dengan aktif di komunitas tersebut, maka Anda bisa mendapatkan berbagai informasi dan memberikan peluang baru untuk usaha Anda.

Baca Juga: Usaha Makanan Unik dan Murah Yang Bisa Kita Coba

Baca Juga: 7 Cara Menambah Subscriber YouTube, Dijamin Ampuh!!!

8) Membuat stiker dan memasangnya di tempat yang strategis

Mungkin Anda sering melihat trik seperti ini. Biasanya stiker tersebut dipasang di tempat yang strategis agar dilihat oleh banyak orang.

Namun pastikan Anda memasang stiker tersebut di tempat yang tepat dan tidak dilarang. Jangan memasang di fasilitas umum atau properti milik pribadi karena justru akan mengakibatkan orang lain merasa tak nyaman.

9) Manfaatkan media sosial

Kekuatan media sosial memang luar biasa. Cara promosi usaha makanan lewat media sosial bukan hanya tentang penjualan langsung, namun lebih ke branding.

Anda juga bisa memanfaatkan media sosial untuk membangun komunikasi dua arah dengan masyarakat. Menggunakan media sosial untuk mempromosikan usaha makanan juga menghemat banyak uang untuk promosi, lho!

Demikian kesembilan cara promosi usaha makanan yang bisa Anda ikuti. Selamat mencoba!

Leave a Reply