Analisis Laporan Keuangan, Kegunaan, serta Langkah-Langkahnya

Istilah analisis laporan keuangan tentunya sering kita dengar. Apalagi bagi Anda yang memiliki pekerjaan di bidang bisnis atau investasi.

Apa pengertian dari istilah tersebut dan apa kegunaannya? Kali ini kita akan membahas tentang topik yang satu ini.

Bagi Anda yang bergelut di dunia bisnis atau investasi maka wajib untuk mengetahui berbagai hal tentang kegiatan yang satu ini. Ingin tahu berbagai hal tentang anslisis laporan keuangan?

Maka simak terus uraian di bawah ini.

Analisis sendiri dapat diartikan sebagai suatu hal yang dilakukan untuk menguraikan atau memecahkan suatu hal.

Sementara laporan keuangan lebih nyatanya berupa neraca, laba-rugi, dan arus kas. Berbagai jenis usaha atau bisnis pasti memiliki laporan keuangan.

Pic Source: Pixabay.com

Jadi apa itu analisis laporan keuangan?

Analisis laporan keuangan dapat diartikan sebagai kegiatan menguraikan atau meneliti laporan keuangan beserta unsur-unsurnya.

Analisis laporan keuangan adalah kegiatan menguraikan pos-pos laporan keuangan menjadi unit informasi yang lebih kecil dan melihat hubungannya yang bersifat signifikan atau yang mempunyai makna antara satu dengan yang lain, baik antara data kuantitatif maupun non kuantitatif dengan tujuan untuk mengetahui kondisi keuangan lebih dalam yang sangat penting untuk menghasilkan keputusan yang tepat (Harahap, 2002: 190).

Siapa Saja yang Membutuhkan Analisis Laporan Keuangan dan Untuk Apa?

Analisis keuangan dibutuhkan oleh berbagai pihak. Baik oleh pihak internal suatu perusahaan sendiri maupun pihak-pihak dari luar.

Pihak dari luar yaitu seperti penanam modal atau saham, pemberi kredit, penyuplai, pelanggan, dan sebagainya.

Masing-masing pihak tersebut tentunya membutuhkan analisis laporan keuangan sesuai dengan kepentingannya.

Untuk pihak internal, kegunaan analisis laporan keuangan yaitu:

  • Untuk mengetahui kondisi keuangan suatu perusahaan pada periode tertentu. Seperti harta, kewajiban, dan modal. Termasuk hasil usaha yang telah dicapai pada periode tersebut.
  • Untuk mengetahui kelemahan dan kelebihan suatu perusahaan.
  • Untuk melakukan prediksi potensi yang mungkin dapat digunakan perusahaan di masa depan.
  • Untuk mengetahui seperti apa langkah perbaikan yang tepat dan perlu dilakukan sesuai dengan kondisi keuangan perusahaan yang ada.
  • Dapat digunakan oleh pengambil keputusan dalam perusahaan.
  • Dapat digunakan untuk menggali berbagai informasi yang tidak tampak dari suatu laporan keuangan.
  • Dapat untuk mengetahui beberapa kesalahan yang mungkin terdapat dalam laporan keuangan.
  • Dapat digunakan untuk melakukan penilaian dan evaluasi pada suatu kerja manajemen pada masa yang akan datang.
  • Dapat digunakan untuk membandingkan situasi satu perusahaan dengan perusahaan lainnya.
  • Dapat digunakan sebagai pembanding satu perusahaan dengan perusahaan lain sejenis berkaitan dengan hasil yang telah dicapai.

Tentunya berbagai manfaat dari analisis laporan keuangan bagi perusahaan adalah demi kondisi yang lebih baik lagi di masa depan bagi perusahaan.

Penilaian dan evaluasi sangat penting bagi perkembangan suatu perusahaan. menganalisis laporan keuangan perusahaan tersebut adalah salah satu cara yang tepat.

Selanjutnya ada pula kegunaan analisis laporan keuangan untuk pihak-pihak eksternal, yaitu:

Bagi pihak investor saham, analisis laporan keuangan berguna untuk pengambilan keputusan. Untuk melakukan penilaian terhadap kemampuan perusahaan saat ini juga untuk memproyeksikan kemampuan perusahaan di masa depan.

Tentu semua investor tidak ingin rugi dan salah menempatkan modalnya pada perusahaan yang tidak sehat. Untuk itulah pentingnya analisis pada laporan keuangan bagi mereka.

Pihak selanjutnya yang berkepentingan pada hasil analisis dari laporan keuangan suatu perusahaan adalah para pemberi kredit.

Pemberi kredit akan senantiasa memperhatikan laporan keuangan dari suatu perusahaan yang akan mereka berikan dana kredit.

Hal ini untuk mengukur kemampuan perusahaan mereka dalam membayar kewajiban kredit nantinya, baik dalam jangka pendek maupun dalam jangka panjang.

Baca juga: Cara Menabung Saham, Investasi Mudah yang Menjanjikan

Baca juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan

Pemasok atau suplier juga berkepentingan pada analisis laporan keuangan perusahaan yang bekerjasama dengannya.

Analisis dilakukan pada kedua belah pihak baik perusahaan pemasok maupun perusahaan yang dipasok. Analisis akan digunakan untuk melihat profitabilitas perusahaan dan kemampuan membayar kewajiban.

Pemerintah juga menggunakan hasil analisis terhadap laporan keuangan perusahaan tertentu. Hal ini adalah untuk menentukan pajak yang harus dibayarkan oleh perusahaan pada pemerintah.

Selain itu juga untuk menentukan tingkat keuntungan yang wajar bagi industri terkait. Pemerintah harus memastikan bahwa perusahaan tertentu berjalan dengan sehat.

Analisis ini juga diperlukan untuk menentukan kelayakan perusahaan memasuki pasar modal.

Kini Anda sudah mengetahui kegunaan dari analisis laporan keuangan suatu perusahaan. Berbagai kegunaan dari hasil analisis tersebut tentu digunakan oleh masing-masing pihak sesuai dengan kepentingan atau tujuannya.

Jadi tujuan analisis laporan keuangan bisa berbeda-beda tergantung siapa yang akan menggunakannya.

Secara umum analisis terhadap laporan keuangan bertujuan untuk mengetahui kondisi suatu perusahaan dalam periode tertentu.

Juga untuk mencari gambaran kondisi perusahaan di masa depan. Atau memprediksi kondisi perusahaan di masa depan dari perkembangan periode-periode yang telah dilalui.

Jadi kinerja keuangan yang menggambarkan kondisi perusahaan tertentu akan dapat dinilai dan dievalusi setelah melakukan berbagai rangkaian analisis terhadap laporan keuangan.

Sehingga hasil dari analisis tersebut akan digunakan untuk pengambilan keputusan. Pengambilan keputusan yang dimaksud bisa dari pihak internal maupun eksternal perusahaan.

Jika kita melihat uraian di atas maka nampaknya analisis laporan keuangan seperti hanya digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar saja. Namun tidak demikian. Bagi Anda yang memiliki bisnis kecil-kecilan atau bisnis menengah maka analisis seperti itu juga diperlukan.

Anda bisa menerapkan analisis sejenis untuk mengetahui bagaimana perkembangan bisnis atau usaha yang tengah Anda jalankan.

Kemudian menggunakannya untuk memutuskan langkah-langkah apa yang harus dilakukan untuk memajukan bisnis atau usaha.

Jika hasil analisis mengarah ke negatif maka bagaimana caranya agar bisnis atau usaha Anda berkembang lebih baik. Jika hasil analisis positif atau baik maka Anda bisa menentukan hal-hal apa saja yang membuat bisnis atau usaha Anda demikian.

Lalu Anda bisa terus menerapkan cara-cara yang selama ini Anda jalankan demi kemajuan bisnis.

Bukan hanya pada perusahaan besar saja yang memerlukan penanam modal atau investor. Usaha kecil-kecilan yang Anda jalankan juga bisa menggunakannya.

Membuat proposal penawaran untuk bekerjasama dengan pihak tertentu bisa dilakukan untuk memajukan usaha kecil Anda.

Anda yang merasa memiliki modal terbatas tak perlu khawatir karena ada berbagai cara untuk mendapatkan modal tambahan.

Nah analisis laporan keuangan juga bisa digunakan untuk meyakinkan pihak-pihak yang akan Anda ajak bekerjasama. Anda bisa membuat analisis kecil-kecilan, namun tentunya yang meyakinkan.

Anda yang kini tengah memulai investasi saham juga perlu memahami bagaimana cara melakukan analisis pada laporan keuangan suatu perusahaan yang akan Anda beli sahamnya. Dalam investasi saham diperlukan berbagai strategi.

Kini memang ada program “Yuk Nabung Saham” dimana Anda lebih dimudahkan dalam melakukan investasi saham.

Anda bisa hanya membeli dan menunggu perkembangan saham melalui bantuan broker. Namun lebih mengerti tentang perubahan kondisi perusahaan yang Anda miliki sahamnya juga penting

Hal tersebut berkaitan dengan timing yang tepat untuk menjual atau membeli saham perusahaan tertentu. Investasi saham bisa dikatakan sebagai permainan waktu. Kejelian Anda dalam melihat situasi dan kondisi perusahaan kini dan yang akan datang merupakan salah satu kunci kesuksesan investasi saham.

Untuk melakukan analisis laporan keuangan dilakukan serangkaian kegiatan, penerapan metode dan teknik analisis terhadap suatu laporan keuangan. Juga data-data lainnya yang terkait.

Analisa laporan keuangan mencakup penerapan metode dan teknik analitis atas laporan keuangan dan data lainnya untuk melihat dari laporan itu ukuran-ukuran dan hubungan tertentu yang sangat berguna dalam proses pengambilan keputusan (Bernstein, 1993).

Cara Analisa Laporan Keuangan

Adapun langkah-langkah dalam melakukan analisa laporan keuangan adalah sebagai berikut:

  • Menetapkan tujuan melakukan analisa laporan keuangan. Segala hal harus jelas tujuannya. Dengan tujuan yang jelas nantinya kita bisa menentukan apakah analisa yang kita lakukan sudah cukup atau belum.
  • Mempelajari bidang industri perusahaan yang laporan keuangannya akan dianalisa. Termasuk mengembangkan pengetahuan tentang perusahaan dan manajemen.
  • Memahami latar belakang data keuangan perusahaan. Dua langkah sebelumnya berkaitan dengan langkah ini.
  • Memahami kondisi-kondisi yang berpengaruh pada perusahaan. selain latar belakang data perusahaan sendiri, kondisi di luar tersebut yang berpengaruh pada perusahaa juga perlu diketahui dan diperhatikan. Menjadi salah satu pertimbangan dalam analisis laporan keuangan.
  • Mempelajari dan mereview laporan keuangan. Dengan berbagai bekal dari langkah sebelumnya maka dapat digunakan dalam mempelajari dan mereview laporan keuangan yang ada.
  • Menganalisis laporan keuangan dengan menggunakan berbagai metode dan teknik analisis. Dilakukan analisis dan interpretasi pada laporan keuangan yang ada.

Selain langkah-langkah tersebut, perlu dipahami pula bahwa ada beberapa jenis analisa laporan keuangan.

Diantaranya yaitu analisa horisontal, analisa vertikal, analisa trend, analisa rasio, dan analisa du-point. Berikut akan diulas satu persatu:

Analisa Horisontal

Yang dimaksud dengan anslisa horisontal adalah membandingkan suatu pos pada laporan keuangan dengan pos yang sama dengan periode yang berbeda.

Kita menganalisis laporan keuangan dengan menelusuri laporan-laporan keuangan sebelumnya dan membandingkan pos-pos tertentu dari periode ke periode.

Analisa Vertikal

Kemudian analisa vertikal yaitu membantingkan antara pos satu dengan pos lainnya dalam satu periode yang sama.

Pos-pos yang dibandingkan adalah pos yang berkaitan atau yang dijadikan tolak ukur atas pos lainnya.

Analisa Likuiditas

Analisa ini dilakukan untuk mengukur kemampuan suatu perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka pendek yang jatuh tempo.

Dalam analisa lukuiditas current ratio dan quick ratio, penjelasannya adalah sebagai berikut:

  • Current ratio

Yaitu mengukur kemampuan perusahaan dalam memenuhi kewajiban jangka peneknya yang jatuh tempo, caranya adalah:

Aktiva lancar dibagi dengan kewajiban lancar.

  • Quick ratio

Yaitu mengukur kemampuan perusahaan dalam melunasi kewajiban jangka pendeknya yang jatuh tempo dari dana yang benar-benar likuid, caranya adalah:

Menjumlahkan kas, surat berharga, dan piutang kemudian dibagi kewajiban lancar.

Itulah berbagai penjelasan tentang analisis laporan keuangan dari pengertian, kegunaan dan tujuannya, langkah-langkah, dan jenis-jenisnya.

Semoga bisa membantu dalam peningkatan bisnis atau usaha Anda.

Kini menjalankan bisnis atau usaha sekecil apa pun harus menerapkan analisis pada keuangan demi kemajuan bisnis yang signifikan.

Juga dalam melakukan investasi saham sekecil apa pun juga harus dilakukan anslisis ini. Analisis laporan keuangan sangat berguna bagi berbagai pihak dan berbagai bidang usaha dan investasi.

Leave a Reply