Aneka Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Selain BPJS Kesehatan, terdapat bentuk lain dari asuransi kesehatan nasional yaitu BPJS Ketenagakerjaan.

Sejak beberapa tahun terakhir, BPJS Ketenagakerjaan menjadi asuransi kesehatan yang wajib dimiliki oleh seluruh tenaga kerja di Indonesia.

Oleh karena itu, setiap perusahaan di Indonesia harus mengajak semua tenaga kerjanya untuk daftar BPJS Ketenagakerjaan sehingga menjadi peserta asuransi kesehatan di bawah naungan pemerintah.

Hal ini sesuai dengan ketentuan Undang-Undang Ketenagakerjaan yang menyatakan bahwa semua tenaga kerja Indonesia wajib daftar BPJS Ketenagakerjaan dengan tujuan untuk memberikan perlindungan kepada semua pekerja dari resiko kesehatan, jaminan hari tua, serta manfaat lainnya.

Agar BPJS Ketenagakerjaan dapat memberikan manfaat yang positif bagi pekerja dan perusahaan, maka kedua belah pihak harus saling memahami hak dan kewajiban masing-masing sesuai dengan peraturan yang dimuat dalam BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu, apa saja manfaat yang akan Anda dapatkan sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan?

Ada banyak manfaat yang akan Anda dapatkan sebagai seorang pekerja maupun wirausaha yang menjadi peserta BPJS ketenagakerjaan. Manfaat yang paling utama adalah bahwa Anda akan mendapatkan perlindungan baik berupa bantuan kesehatan maupun finansial.

Dengan adanya BPJS Ketenagakerjaan, maka akan membuat Anda lebih semangat bekerja dengan suasana pekerjaan yang aman dan nyaman karena mendapatkan berbagai macam perlindungan.

gambar cara cek saldo BPJS

Pic Source: Pixabay.com

Cara Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan

Sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mengecek saldo BPJS dengan beberapa cara berikut : 

1) Cek Saldo BPJS Secara Manual

Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa Anda lakukan dengan mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan yang paling dekat dengan aktivitas harian Anda.

Saat ini, kantor BPJS Ketenagakerjaan telah hadir di berbagai daerah di Indonesia dan siap memberikan layanan kepada masyarakat secara profesional.

Di sana, ada seorang petugas yang siap membantu Anda mengecek jumlah saldo akun BPJS Anda.

Sayangnya, cara manual ini sudah mulai ditinggalkan seiring dengan banyaknya pilihan cara cek saldo BPJS yang lebih praktis dan modern.

Biasanya, masyarakat mengunjungi kantor BPJS Ketenagakerjaan tidak hanya sekedar untuk mengecek saldo saja, melainkan untuk keperluan lain seperti ingin mencairkan dana Jaminan Hari Tua (JHT) atau ingin mendaftar sebagai peserta BPSJ yang baru.

2) Cek Salso BPJS Melalui SMS

Cara yang lebih praktis dibandingkan harus berkunjung ke kantor BPJS adalah mengecek saldo lewat SMS. Cara cek saldo BPJS via SMS pun terbilang cukup gampang. Oleh karena itu, tidak heran jika cara ini menjadi pilihan banyak orang.

Sayangnya, cek saldo BPJS menggunakan layanan pesan singkat ini hanya baru bisa diterapkan bagi para pengguna nomor Indosat dan Telkomsel.

Agar dapat mengetahui jumlah saldo melalui SMS, daftarkan dulu nomor telepon Anda dengan mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Ketik DAFTAR dan kirim ke 2757
  • Tunggu beberapa saat hingga menerima pesan balasan yang berisi informasi mengenai menu-menu yang dapat Anda pilih seperti cek saldo, ganti PIN, dll
  • Untuk memilih menu cek saldo, maka ketik SALDO spasi NOMOR PESERTA

Setelah mengikuti langkah-langkah tersebut, Anda akan kembali menerima SMS balasan yang memuat informasi jumlah saldo pada akun BPJS Ketenagakerjaan milik Anda.

Selain memuat informasi jumlah saldo, SMS tersebut juga memberikan informasi lain tentang nilai upah serta tanggal terakhir Anda melakukan iuran.

Cara cek saldo BPJS melalui SMS ini dikenakan biaya sekitar Rp 165,- per SMS. Jadi, pastikan bahwa nomor Indosat atau Telkomsel Anda memiliki pulsa ya!

3) Cek Saldo BPJS Melalui ATM

Keberadaan bank di Indonesia memang memberikan banyak manfaat. Salah satu manfaat yang bisa Anda rasakan adalah kemudahan dalam mengecek saldo BPJS lewat ATM Perbankan.

Saat ini, Bank BNI menjadi satu-satunya Bank yang telah menjalin kerja sama dengan pihak BPJS Ketenagakerjaan.

Adanya kerjasama tersebut semakin meningkatkan kualitas pelayanan BPJS terhadap masyarakat karena Bank BNI telah menyediakan fitur pengecekan saldo.

Sayangnya, cara cek saldo BPJS menggunakan ATM BNI ini hanya bisa digunakan untuk mengecek jumlah saldo saja, cara ini tidak memberikan pelayanan pengambilan saldo dari rekening.

Baca juga: Cara Menghitung Pajak Penghasilan Perorangan

4) Cek Saldo BPJS Secara Online

Kecanggihan teknologi informasi bisa Anda manfaatkan untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online melalui website Ketenagakerjaan.

Dengan mengunjungi situs resmi BPJS Ketenagakerjaan, Anda bisa mendapatkan informasi jumlah saldo yang Anda miliki sejak resmi menjadi peserta BPJS.

Namun, Anda harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu sebelum menggunakan layanan tersebut.

Cara registrasi BPJS Ketenagakerjaan secara online adalah sebagai berikut :

  • Kunjungi website http://es.bpjsketenagakerjaan.go.id/#tenagakerja
  • Isi semua form yang diminta dengan data yang lengkap dan benar
  • Klik Setuju pada ketentuan penggunaan pelayanan yang telah dipaparkan
  • Jika semua data yang diisi telah lengkap dan benar, klik Submit Data

Setelah berhasil melakukan registrasi online, silahkan menunggu email konfirmasi atau SMS balasan. Jika telah menerima SMS atau email konfirmasi, masukkan kode aktivasi pada alamat resmi BPJS Ketenagakerjaan untuk mengaktifkan akun Anda.

Setelah akun Anda teraktivasi, ikutilahcara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan secara online berikut ini :

Setelah berhasil submit, informasi mengenai jumlah saldo Jaminan Hari Tua (JHT) akan muncul pada layar komputer atau smartphone Anda.

Selain dapat melihat informasi saldo, Anda juga bisa mencari informasi lainnya seperti rincian saldo JHT Tahunan, klaim JHT,  simulasi saldo JHT, dll.

Baca juga: Tarif Iuran BPJS Kesehatan Terbaru

Baca juga: Perhitungan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

5) Cek Saldo BPJS Melalui Aplikasi BPJSTK Mobile

Jika Anda telah mendaftarkan akun BPJS Ketenagakerjaan melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan, maka Anda bisa melakukan cek saldo menggunakan aplikasi BPJSTK Mobile.

Jadi, cara cek saldo BPJS menggunakan aplikasi tersebut hanya bisa digunakan bagi Anda yang telah melakukan registrasi di website resmi BPJS Ketenagakerjaan.

Lalu, bagaimana cara cek saldo BPJS via aplikasi BPJSTK Mobile? Yuk, ikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Download aplikasi BPJSTK Mobile di Playstore, Appstore, dan Blackberry App World
  • Buka aplikasi tersebut dan Log in menggunakan email serta PIN akun BPJS Anda
  • Klik Saldo JHT
  • Cek semua informasi terkait saldo JHT yang muncul pada layar smartphone Anda

Itulah 5 cara cek saldo BPJS yang bisa Anda lakukan. Pilihlah salah satu cara yang Anda anggap paling mudah dan praktis.

Memiliki BPJS Ketenagakerjaan sangatlah penting. Jadi, manfaatkan layanan pemerintah tersebut dengan baik.

Jangan lupa untuk rajin membayar iuran serta rencanakan penggunaan dana Jaminan Hari Tua (JHT) untuk hal-hal yang bermanfaat. Dengan begitu, maka masa tua Anda semakin terencana dan tersusun dengan baik.

Dana JHT yang Anda dapatkan, nantinya bisa Anda manfaatkan untuk hal-hal produktif seperti membuka peluang usaha atau membeli rumah untuk keluarga.Jangan sampai Anda menjadi seseorang yang tidak memiliki tabungan untuk hari tua.

Leave a Reply