Aneka Ide Jajanan Unik untuk Pengusaha Muda

Anak muda menjadi karyawan sudah menjadi pemandangan yang biasa. Namun, anak muda yang berani membuka usaha adalah hal yang luar biasa. Dengan membuka usaha merupakan pembuktian bahwa anak muda tidak selamanya berada di zona nyaman.

Mereka berani melangkah keluar dari zona nyaman dengan merintis usaha dari nol. Dengan membuka usaha mereka juga membuktikan bahwa anak muda tidak takut dengan ketidakpastian selama berwirausaha.

Mereka siap berjuang dari nol dan tidak akan menyerah jika ada banyak halangan di depan mata. Mereka ingin menjadi pengusaha karena mereka ingin mandiri dan membuka peluang kerja untuk orang lain.

Pic Source: Pixabay.com

Usaha Makanan yang Unik dan Kreatif Potensial

Usaha makanan unik dan kreatif menjadi contoh usaha yang bisa dirintis oleh anak muda. Ada banyak makanan unik untuk usaha dengan modal kecil tetapi omzet besar yang bisa dipilih, seperti yang dijelaskan di bawah ini.

Cireng Isi

Cireng atau aci digoreng adalah makanan yang umum kita temui di penjual gorengan. Dengan harga yang sangat murah cireng memberikan sensasi kenikmatan yang gurih di luar tetapi kenyal di dalam.

Terlebih jika cireng disajikan dalam kondisi masih hangat di tengah guyuran hujan. Namun, kini cireng telah berinovasi. Kini cireng tidak lagi berbentuk bulat dan tidak memiliki isi.

Cireng isi adalah inovasi dari cireng dengan aneka bentuk seperti bulat, bintang, persegi dan hati serta di dalamnya ada bahan isi berupa potongan sosis, sambal, keju, abon dan masih banyak lagi.

Tidak heran jika cireng isi menjadi gorengan unik yang bernilai jual tinggi karena diminati banyak orang.

Mi Lidi

Kita semua pasti sudah sangat familier dengan jajanan anak sekolah yang bernama mi lidi.

Mi lidi bentuknya panjang dan ramping seperti lidi. Teksturnya gurih dan ada aneka rasa membuat jajanan ini digemari oleh semua umur.

Oleh karena itu, berjualan mi lidi merupakan usaha makanan unik dan kreatif yang cocok untuk dijual oleh pengusaha pemula. Hal ini dikarenakan peminat mi lidi mencakup segala umur dan menjadi jaminan bahwa mi lidi adalah makanan unik untuk usaha.

Selain itu, mi lidi menjanjikan omzet yang besar karena mi lidi bisa dijual kemana pun karena mi lidi merupakan makanan kering dan tidak akan busuk. Kita hanya perlu memperhatikan segi pengemasan agar mi lidi tidak mudah melempem dan remuk.

Cibay

Cibay adalah salah satu bentuk gorengan unik yang berasal dari Provinsi Jawa Barat. Cibay merupakan makanan berbentuk seperti lumpia tetapi isinya adalah aci yang diberi bumbu asin dan pedas.

Cibay bisa menjadi pilihan makanan unik untuk usaha karena cara pembuatannya yang mudah, modal yang dikeluarkan sedikit dan peminatnya mencakup segala umur.

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat Cibay antara lain kulit lumpia, aci atau tepung kanji, garam, bubuk cabai dan potongan daun bawang atau seledri. Cara membuat Ciba juga sangat mudah.

Baca juga: Usaha Makanan Unik dan Murah Yang Bisa Kita Coba

Baca juga: Usaha Kuliner yang Menjanjikan dengan Modal Minimal!

Kita perlu mencampurkan aci dengan air panas seperti membuat cireng. Setelah itu, masukkan garam, bubuk cabai dan potongan daun bawang atau seledri. Aduk terus adonan sampai mengental.

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan kulit lumpia dan meletakkan adonan cibay ke dalamnya. Gulung seperti membuat lumpia lalu goreng sampai kecokelatan.

Cilok

Cilok atau aci dicolok adalah jajanan anak sekolah paling favorit sepanjang masa. Peminat cilok juga tidak hanya anak-anak yang masih duduk di bangku sekolah saja.

Dari anak-anak sampai orang tua semuanya suka cilok. Alasan mengapa cilok digemari adalah karena rasanya yang enak dengan tekstur kenyal dan bumbu kacang yang pedas serta harganya yang murah.

Selain itu, cilok juga cocok untuk usaha makanan unik dan kreatif karena modal yang dibutuhkan sedikit, cara pembuatan yang mudah dan omzet yang menjanjikan.

Pie Tape

Mungkin banyak dari kita yang masih asing dengan jajan pie tape. Padahal makanan ini bisa menjadi ide makanan unik untuk usaha.

Pie tape menjadi ivonasi terbaru untuk menikmati tape yang biasanya dimakan langsung atau digoreng. Pie tape bentuknya persegi seperti kue pia pada umumnya.

Sedangkan, untuk bahan isinya terdiri dari tape yang dicampur margarin dan susu bubuk.

Bahan kulit tape terbuat dari tepung terigu yang dicampur telur dan minyak. Tidak ada salahnya menjual pie tape meski belum banyak orang yang menengalnya. Pie tape menjadi ide usaha makanan unik dan kreatif yang akan mendatangkan omzet besar.

Kentang Goreng Keju Lumer

Kentang goreng sudah biasa tetapi kentang goreng keju lumer bisa menjadi ide usaha makanan unik dan kreatif karena masih jarang ditemui di pasaran.

Untuk berjualan kentang goreng keju lumer kita membutuhkan bahan-bahan seperti kentang, garam dan keju mozarella yang memiliki daya leleh cepat.

Cara membuat gorengan unik ini sama dengan membuat kentang goreng biasa. Kita perlu memotong kentang secara memanjang dan menggorengnya sampai kering.

Lalu, lelehkan keju mozarella dan tuangkan saus keju di atas kentang goreng. Voila! Jadilah kentang goreng keju lumer yang akan meleleh dengan nikmat di dalam mulut.

Donat Lukis

Jika selama ini kita berpikir bahwa donat hanya bisa dinikmati dengan taburan gula halus dan topping dari meises. Maka ubahlah pemikiran tersebut.

Donat bisa menjadi makanan unik untuk usaha jika kita berinovasi dengan melukis toppingnya. Donat tidak hanya memiliki topping berupa taburan gula halus atau meises.

Kita bisa melukisnya dengan beragam bentuk dan karakter seperti tokoh-tokoh kartun atau tulisan. Kita hanya perlu melatih keterampilan tangan kita dalam melukis permukaan donat dengan menggunakan krim aneka warna.

Donat lukis bisa dijadikan sebagai kue ulang tahun atau memberi ucapan selamat yang lain dan juga untuk oleh-oleh.

Sate Donat

Donat tidak ada matinya untuk usaha makanan unik dan kreatif seperti sate donat. Sate donat adalah makanan unik untuk usaha yang berasal dari donat yang ditusuk seperti sate.

Donat yang digunakan dalam sate donat bentuknya bulat dengan ukuran kecil, seperti bakso dan diberi topping yang beraneka ragam seperti meises, keju parut dan kacang cincang.

Makaroni Setan

Jajanan yang gurih dan pedas menjadi jajanan anak sekolah yang paling digemari seperti makaroni.

Kita berinovasi dengan makaroni dengan menjadikannya makaroni setan alias makaroni pedas dengan aneka level. Usaha makanan unik dan kreatif ini bisa dirintis dengan modal yang sedikit namun menjanjikan omzet yang besar.

Modal yang dibutuhkan untuk membuat makaroni setan adalah makaroni mentah, bubuk cabai pedas, minyak, alat penggorengan dan plastik untuk pengemasan. Peminat dari makaroni setan tidak hanya kalangan anak sekolah.

Semua orang suka dengan makaroni setan ini. Kita juga bisa menjualnya di online shop karena makaroni tidak akan membusuk jika dikirimkan ke daerah mana pun. Kita hanya perlu mengemasnya dengan baik agar makaroni tidak mudah melempem.

Seblak

Seblak yang merupakan kuliner khas Sunda sedang berada di puncak popularitas. Tidak heran jika seblak menjadi makanan unik untuk usaha dengan omzet harian yang menjanjikan.

Seblak bisa dijual dimana pun, dari sekolah dasar sampai di pasar kaki lima pasti ada penjual seblak. Penjual seblak juga tidak pernah sepi dikerubungi pembeli karena peminat seblak mencakup segala umur.

Dengan modal yang sedikit, seblak menjadi pilihan tepat untuk berwirausaha karena omzetnya yang menjanjikan.

Sosis Bakar

Sama seperti seblak, sosis bakar menjadi kuliner yang sedang berada di puncak kejayaannya. Banyak orang yang memburu sosis bakar karena rasanya yang lezat dan harganya yang terjangkau.

Banyak juga orang-orang yang membanting setir menjadi penjual sosis bakar karena modal yang dibutuhkan sedikit dan omzet yang besar setiap harinya.

Modal utama untuk memulai usaha sosis bakar adalah sosis dengan aneka ukuran, saus cabai, kecap dan saus mayones.

Agar lebih praktis kita tidak perlu membakar sosis pada pembakar dengan bahan bakar arang seperti yang ada di penjual sate. Kita bisa membakarnya di atas kompor gas atau pembakar elektrik yang dicolok ke listrik.

Jus

Jus menjadi salah satu cara untuk menikmati buah. Kita tidak perlu bersusah-payah menggigit buah dan mengunyahnya. Kita tinggal menyeruputnya dan mendapatkan manfaat yang sama dari makan buah.

Karena faktor kepraktisan, tidak heran jus buah digemari oleh banyak orang. Jus buah juga bisa dinikmati di berbagai kesempatan mulai dari pagi hari sebagai pengganti sarapan, siang hari untuk melepas dahaga dan malam hari sebagai pengganti makan malam.

Keju Mozarella Goreng

Kuliner yang berbau keju sedang berada di atas daun. Oleh karena itu, keju mozarella goreng dipastikan menjadi kuliner yang memiliki prospek usaha yang cerah.

Untuk membuat keju goreng kita hanya perlu menyiapkan keju mozarella, kuning telur yang dikocok lepas, tepung panir dan minyak untuk menggoreng. Cara pembuatannya pun mudah.

Kita tinggal memotong keju mozarella, mencelupkannya ke dalam telur dan gulingkan di atas tepung panir selama beberapa kali.

Sebelum digoreng kita perlu membekukan keju mozarella tadi ke dalam kulkas selama dua jam dan goreng sampa kecokelatan. Keju mozarella goreng bisa dijual dalam bentuk yang sudah goreng mau pun yang masih mentah.

Popcorn

Popcorn tidak hanya bisa dinikmati saat menonton film di bioskop saja. Popcorn sudah menjadi jajanan anak sekolah yang digemari karena rasanya yang gurih.

Kita perlu melakukan inovasi untuk menjadikan popcorn usaha makanan unik dan kreatif dengan membumbuinya dengan aneka bumbu seperti bubuk cabai untuk rasa pedas, bubuk rumput laut sampai keju leleh.

Untuk pengemasannya kita bisa memasukkan popcorn ke dalam cup kecil dan menjualnya dengan harga yang terjangkau untuk anak sekolah.

Cimol

Tepung tapioka memang tidak ada habisnya untuk diolah menjadi beragam kuliner lezat, seperti cimol.

Cimol menjadi usaha tepat untuk pengusaha pemula yang mempunyai modal kecil tetapi menginginkan untung besar. Kita hanya membutuhkan tepung tapioka dan aneka bumbu untuk membuat cimol.

Cara pembuatannya juga mudah. Tepung tapioka diuleni dengan air panas sampai membentuk adonan yang kalis dan bentuk bulatan kecil. Nantinya bulatan kecil cimol akan mengembang menjadi besar jika digoreng.

Dengan rasa yang gurih di luar dan kenyal di dalam cimol menjadi jajanan yang diminati oleh semua umur.

Demikian ide makanan unik untuk merintis usaha bagi pengusaha pemula. Semangat berwirausaha!

Leave a Reply