Apa Itu Bitcoin? 9 Hal yang Anda Perlu Tahu Tentang Bitcoin!

Perkembangan jaman yang pesat menjadikan kehidupan makin simpel dan juga serba cepat. Inovasi yang selalu berkembang menjadikan banyak sekali hal yang membuat hidup manusia semakin praktis. Bahkan dalam transaksi keuangan pun bisa di pantau dan dilakukan hanya dari genggaman smartphone Anda. Seperti yang tengah viral di kalangan masyarakat yaitu Bitcoin, apa itu Bitcoin?

Di balik ke-viralannya memang banyak juga masyarakat yang belum tau mengenai apa itu Bitcoin? Bitcoin merupakan sebuah mata uang virtual yang hanya tersedia dalam dunia digital. Bitcoin memiliki konsep yang hampir sama dengan e-Gold namun yang membedakan adalah transaksi Bitcoin lebih mudah untuk dilakukan.

Apakah Anda penasaran dan ingin tau lebih lanjut apa itu Bitcoin?

Sebelum berbicara lebih lanjut, ada baiknya untuk Anda mengenal sejarah dari Bitcoin. Mata uang virtual ini merupakan mata uang yang diciptakan oleh Satoshi Nakamoto yang mulai dikembangkan pada tahun 2009. Mata uang ini sama seperti halnya Rupiah atau pun Dollar, namun mata uang ini hanya ada atau tersedia dalam dunia digital.

Pic Source: Pixabay.com

Fungsi Bitcoin

Fungsinya itu sama seperti halnya dengan uang hanya saja digunakan dalam dunia digital. Bitcoin sebagai mata uang memiliki berbagai fitur dengan cara kerja bitcoin  yaitu sebagai berikut:

  1. Bisa melakukan transfer instant secara peer to peer

Apa maksud dari fitur di atas? Pada dasarnya peer to peer memiliki arti tersendiri yaitu Bitcoin dapat berjalan tanpa adanya server pusat. Dalam konteks ini, server penyimpanan memiliki sifat desentralisasi dan juga terdistribusi atau terbagi ke berbagai server yang dijalankan oleh setiap pengguna Bitcoin yang terhubung ke dalam jaringan.

  1. Memiliki biaya transfer yang sangat kecil

Biaya transfer atau pun pengirimannya bisa dihilangkan alias gratis, tetapi bagi Anda yang ingin cepat dalam melakukan transaksi, biasanya dompet Bitcoin akan memotong biaya transfer sekitar 500 sampai dengan 3000 Rupiah. Potongan biaya tersebut itu sudah tidak memperhatikan berapa pun jumlah uang yang ditransfer.

  1. Bisa melakukan transfer ke mana saja

Lain halnya dengan emas yang memerlukan persyaratan cukup ribet pada setiap transaksi, Bitcoin ini bisa ditransfer kemana saja bahkan dalam hitungan detik. Pengiriman bitciun ini bisa dilakukan kapan pun serta dimanapun Anda berada hanya dengan menggunakan smartphone serta jaringan koneksi internet yang lancar.

  1. Cara kerja Bitcoin dalam melakukan berbagai transaksi bersifat irreversible

Apa maksud dari pernyataan di atas? Yaitu sekali Anda melakukan transaksi Bitcoin, Anda tak bisa membatalkannya. Maka dalam hal tersebut Anda harus benar-benar yakin dan pastikan untuk tidak ada kesalahan dalam berbagai transaksi Bitcoin. Karena transaksi Bitcoin tak bisa dibatalkan, maka jika apesnya Anda mendapati kesalahan dalam transfer maka jalan satu-satunya agar Bitcoin Anda dapat kembali yaitu meminta orang yang tersebut untuk berkenan mengirimkan Bitcoin Anda kembali.

  1. Transaksi Bitcoin bersifat pseudonymous

Maksudnya adalah semua transaksi Bitcoin yang pernah dilakukan bisa Anda lihat, bahkan saldo Bitcoin yang orang lain miliki juga bisa Anda lihat. Namun dalam konteks ini server tetap merahasiakan siapa nama serta di mana alamat dari sang pemilik tersebut untuk kepentingan privasi.

  1. Cara kerja Bitcoin pseudonymous

Pada dasarnya semua pengguna Bitcoin memiliki pilihan yang disediakan oleh pihakBitcoin apakah namanya ingin dimunculkan atau pun juga ingin merahasiakan identitas diri Anda. Yang jelas semua transaksi Bitcoin yang Anda gunakan tersebut tetap tercatat dan bisa di pantau oleh semua orang yang menggunakan Bitcoin.

  1. Bitcoin merupakan uang digital yang tidak dipengaruhi siapa pun

Perlu Anda ketahui bahwa Bitcoin ini merupakan uang digital yang sifatnya tidak di-kontrol oleh lembaga apa pun dan pemerintah apapun. Dalam hal ini, cara kerja Bitcoin sendiri menggunakan database blockchain yang tidak di-kontrol oleh satu pihak saja, melainkan sangat terbuka untuk umum. Keuntungannya adalah akan sangat mustahil bagi orang yang yang akan memalsukan transaksi di blockchain.

  1. Transaksi tercatat secara live

Dengan menggunakan database blockchain, seluruh transaksi tercatat secara live, sangat transparan, dan juga tersebar dengan luas ke jutaan server. Sehingga dalam hal ini tidak ada yang bisa memalsukan data dari Bitcoin. Kalau pun Anda ingin melakukannya maka Anda harus meretas jutaan pengguna Bitcoin tersebut secara bersamaan.

  1. Jumlahnya sangat terbatas

Suplai yang diberikan oleh Bitcoin hanya akan tersedia dua pulih satu juta Bitcoin yang tersebar di seluruh dunia. Sistem penciptaan Bitcoin ini akan terus berkurang setiap empat tahun sekali. Sistem tersebut menyerupai sistem ekonomi berdasarkan deflasi dan dengan makin terbatasnya supply dari Bitcoin. Hal ini lah yang menjadikan harga Bitcoin cenderung menjadi naik.

Bagi anda yang belum pernah menggunakan biotin sebagai transaksi keuangan pasti masih bingung bukan? Ya, uang digital Bitcoin ini memang belum cukup familiar di kalangan masyarakat Indonesia. Namun masyarakat Indonesia perlu mengetahui jika terdapat uang digital yang memiliki fungsi sangat memudahkan dalam melakukan berbagai transaksi.

Baca juga: Pembuatan Paspor Online 2017, Mudah, Cepat, dan Tanpa Ribet!

Baca juga: Ingin Punya Paspor Tanpa Ribet? Ini Dia Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah dan Cepat

Tentunya kemudahan ini bisa didapatkan dengan bergabungnya Anda dalam dunia uang digital dengan cara kerja bitcoin yang unik yaitu bekerja sangat transparan dan bisa dilihat oleh semua pengguna bitcoin.

Bagaimana cara menggunakan Bitcoin dalam melakukan berbagai transaksi?

Anda bisa melakukan transaksi degan cara yang sangat mudah. Misalnya saja dalam hal transfer Bitcoin, yang perlu Anda lakukan yaitu jelas harus ada koneksi internet yang stabil. Kemudian Bitcoin akan tersimpan dalam Bitcoin wallet atau dompet Bitcoin.

Aplikasi  Wallet inilah yang harus terinstal oleh kedua belah pihak yang bersangkutan dalm hal transaksi keuangan. Aplikasi ini bisa diinstal dengan menggunakan PC, tablet, laptop, dan juga smartphone Anda.

Setelah menginstal aplikasi Wallet, Anda akan mendapatkan Bitcoin Address. Cara transfer Bitcoin sangatlah mudah yaitu buka aplikasi Wallet tersebut, kemudian masukan Bitcoin Address orang yang akan Anda transfer serta jumlah Bitcoin yang ingin di transfer, dan kemudian Bitcoin sudah bisa dikirim. Hanya dengan hitungan detik saja bitcoin sudah sampai kepada orang yang Anda kirim Bitcoin tersebut.

Sangat menakjubkan memang untuk sistem Bitcoin yang satu ini karena tak di awasi oleh suatu lembaga atau pun pemerintah apa pun tetap bisa melakukan sebuah transaksi yang sah dan tentunya sangat aman.

Banyak yang bertanya-tanya jika tak ada perusahaan atau pun bank yang turut serta dalam hal pengelolaan seperti halnya Paypal atau E-Gold, lantas bagaimana sistem penyimpanan data keuangannya?

Hal ini juga mengundang kontroversi di kalangan masyarakat yang pada dasarnya masih takut dan belum sepenuhnya mempercayai keamanan dari sistem yang di jalankan oleh Bitcoin.

Jawaban dari pertanyaan di atas adalah, penyimpanan uangnya berada dalam aplikasi Wallet dan jaringan peer to peer yang ada di seluruh dunia. Uang Bitcoin tersimpan pada komputer, tablet, dan smartphone Anda yang lebih tepatnya tersimpan dalam aplikasi Wallet Bitcoin. Jika terjadi kerusakan pada gadget Anda, maka uang akan hilang. Jadi selalu sempatkan untuk melakukan back-up secara berkala ke dalam beberapa device.

Ketika seorang pengguna Bitcoin melakuakan sebuah transaksi keuangan, maka puluhan ribu gadget yang ada dalam jaringan Bitcoin akan melakukan verifikasi data yang pengguna masukan sehingga tak terjadi suatu kecurangan apa pun.

Apa yang menjadikan banyak orang berbondong-bondong membeli serta menggunakan Bitcoin?

Sebagian orang akan mengatakan coba-coba dan sebagian lainnya akan memberikan jawaban karena berbagai kepuasan transaksi yang dirasakan.

Bitcoin dikembangkan melalui idealisme bahwa mata uang yang baik itu tidak terkontrol oleh sebuah pemerintahan atau pun bank sentral. Jika melihat ke belakang dari waktu ke waktu, krisis finansial yang pernah terjadi ini menegaskan bahwa kerja pemerintah selalu saja lalai dalam menjaga kestabilan ekonomi.

Selain itu dalam pemerintah terdapat banyak hal yang tidak sehat bermunculan dari dalam pemerintahan, mulai dari sistem pemerintahan yang jelek dan juga banyak pejabat yang melakukan sejumlah korup dari uang masyarakat dan hanya bekerja demi keuntungan pribadi saja tanpa pandang bulu uang apa yang mereka lahap.

Terbukti pula bahwa saat ini perekonomian dunia juga terus labil yang dibuktikan  dengan adanya krisis perbankan Amerika dan juga perbankan Eropa yang pada beberapa waktu lalu mengalami keterpurukan.

Hal ini juga menegaskan jika semua keputusan yang akhirnya di ambil konon hanya keputusan finansial yang selalu berpihak kepada golongan konglomerat yang seolah memiliki kekuasaan tertinggi dalam sistem yang sangat tak sehat tersebut.

Konsep dari Bitcoin yang menjunjung tinggi kejujuran, transparan dan juga sangat mudah dalam hal mengaksesnya menjadikan banyak orang tertarik untuk bergabung dalam sistem Bitcoin.

Konsep dan cara kerja Bitcoin yang sudah dijelaskan si atas tersebut juga menarik perhatian banyak orang khususnya ara geek di dalam dunia IT. Banyak yang tak segan untuk menginvestasikan assetnya dalam bentuk Bitcoin.

Bitcoin dipercaya akan menjadi sebuah mata uang serta komoditas universal sehingga harga Bitcoin akan semakin melambung tinggi. Hal ini dibuktika nsendiri oleh Bitcoin di mana pada januari 2013, 1 BTC (yang merupakan mata uang Bitcoin) sudah di-perjual-belikan dengan kisaran harga 13 USD.

Seiring dengan berkembangnya jaman dari tahun ke tahun, sekarang 1 BTC sudah diapresiasikan dengan nilai 860 USD yang berarti nilainya sudah bertambah sangat tinggi yaitu sekitar 66 kali lipat dalam satu tahun. Tentunya dengan perkembangan yang sangat pesat tersebut memiliki kesempatan besar untuk Anda yang membeli Bitcoin menjadi seorang millioner.

Terdapat dua fitur menarik yaitu memiliki sifat yang anonym dengan biaya transaksi hampir nol. Dalam hal ini, Anda bisa melakukan transaksi tanpa memberikan identitas diri untuk menjaga privasi diri Anda menuju ke level yang lebih tinggi lagi.

Masih ragu menggunakan Bitcoin?

Banyak yang masih meragukan cara kerja Bitcoin apakah aman atau tidak, apakah bisa bisa di bobol atau diretas atau pun tidak. Sangat wajar bagi Anda menanyakan hal tersebut karena pada dasarnya system bitcoin ini sepenuhnya memanfaatkan jaringan internet.

Tak perlu khawatir karena sistem dan cara kerja bitcoin ini sangat lah aman alias terjamin keamanannya. Banyak para ahli yang telah mereview sistem Bitcoin dan ditemukan tanpa cacat. Dalam hal ini tak ada yang bisa melakukan kecurangan untuk memperkaya dirinya sendiri. Sistem Bitcoin sangatlah fair dan terbuka sehingga tak akan ada resiko kecurangan tersebut.

Setiap data dari berbagai transaksi yang telah dilakukan di masa lampau akan tersimpan semua dalam peer pada seluruh jaringan serta harus berurutan. Setiap transaksi yang baru akan diverifikasi oleh sejumlah peer yang nantinya barulah dinyatakan valid.

Dari berbagai fungsi Bitcoin serta cara kerja Bitcoin yang sudah di jelaskan diatas, sekarang Anda jadi lebih tahu bukan apa itu bitcoin? Pastikan untuk bergabung sekarang juga agar bisa mendapatkan banyak keuntungan. Untuk belajar lebih lanjut mengenai Bitcoin, anda bisa kunjungi bitcoin.org/en untuk intro, www.weusecoin.com/en untuk video dan en.bitcoin.it/wiki/trade untuk wiki.

Leave a Reply