Apa Itu Investasi dan Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Investasi

Setiap orang tentu menginginkan masa depan yang cerah sehingga menjalani masa tua dengan tenang. Masa tua merupakan masa yang harus benar-benar disiapkan. Anda tentu tidak akan selamanya bekerja.

Agar Anda bisa menikmati masa tua Anda, yang perlu Anda lakukan yaitu menabung sejak sekarang. Ada banyak sekali macam-macam menabung.

Salah satunya yaitu penanaman modal atau yang sering disebut dengan investasi. Lalu, apa itu investasi? Mengapa investasi sangat menguntungkan sehingga perlu diketahui dan dilakukan?

Investasi atau yang sering disebut dengan penanaman modal ini merupakan menabung pada masa sekarang sehingga bisa mendapatkan keuntungan di masa nanti. Ada banyak sekali macam-macam investasi yang bisa Anda lakukan.

Pic Source: Pixabay.com

Macam-macam Investasi

Bahkan investasi tersebut bisa dilakukan sesuai dengan pengalaman Anda. Mulai dari investasi bagi pemula hingga yang sudah berpengalaman. Bagi Anda yang memiliki rencana untuk investasi, berikut ini adalah beberapa macam investasi yang bisa Anda lakukan.

Investasi Saham

Apa itu investasi saham? Investasi saham merupakan investasi yang dilakukan di bidang keuangan. Saham merupakan bukti kepemilikan dari suatu perusahaan yang didirikan.

Investasi jenis ini memungkinkan Anda memiliki sebagian aset dari suatu perusahaan.

Untuk investasi saham, salah satu hal yang harus diperhatikan yaitu jenis perusahaan tersebut atau dapat dikatakan bahwa jenis bisnis yang digeluti oleh perusahaan tersebut.

Jenis bisnis sangat mempengaruhi keuntungan yang akan Anda dapatkan.

Keuntungan yang didapatkan dari investasi saham dipengaruhi oleh kelancaran suatu bisnis tersebut. Semakin maju suatu bisnis, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan sangat besar. Semakin berkembang suatu bisnis, maka aset yang dimiliki pun akan semakin bertambah.

Sehingga saat Anda memilih untuk investasi, penting melihat bidang usaha yang dijalankan. Dengan menanamkan modal atau investasi saham di suatu perusahaan, maka keuntungan yang akan Anda dapatkan akan semakin banyak.

Menanamkan modal di suatu perusahaan, Anda akan diberikan laba atau keuntungan bersih yang didapatkan oleh perusahaan tersebut sesuai dengan jasa atau investasi yang Anda berikan. Semakin besar suatu investasi, maka semakin besar pula laba yang akan Anda terima.

Investasi dalam sektor keuangan serupa selain berupa investasi saham, Anda juga bisa melakukan investasi oblligasi, deposito maupun reksadana.

Investasi Properti

Salah satu investasi yang cukup diminati oleh sebagian besar orang yaitu investasi property. Lalu, apa itu investasi property? Sesuai dengan namanya, investasi ini bergelut pada bidang property. Investasi property bisa berupa investasi rumah hingga apartemen.

Investasi ini bisa dilakukan oleh siapa saja bahkan oleh orang yang baru memulai investasi atau oleh para pemula. Karena investasi property dapat dilakukan dengan modal yang cukup kecil.

Dibandingkan dengan investasi saham, investasi property tidak memerlukan biaya yang besar sehingga sangat bagus untuk mengawali investasi.

Setelah mengetahui apa itu investasi property, kemudian keuntungan apa saja yang bisa didapatkan dari investasi jenis ini. Salah satu kelebihan investasi property yaitu sangat stabil sehingga sangat menguntungkan.

Selain itu, investasi property juga dapat dilakukan untuk jangka panjang. Sehingga bisa digunakan sebagai tabungan masa tua nanti.

Dengan tingkat kestabilan dan keuntungan yang sangat tinggi, investasi ini cenderung memiliki resiko yang sangat rendah. Sehingga bagi para pemula yang ingin memulai investasi bisa memilih investasi property sebagai tabungan masa tua Anda.

Investasi Logam Mulia

Investasi logam mulia nampaknya menjadi salah satu investasi yang sering dilakukan oleh sebagian besar orang. Apa itu investasi logam mulia?

Investasi logam mulia merupakan salah satu investasi yang dijalankan dengan cara membeli benda fisik yang berupa logam mulia.

Saat ini, ada banyak sekali macam-macam investasi logam mulia. Bahkan di zaman yang sudah modern ini, investasi logam mulia dapat dilakukan dengan mudah.

Sama halnya dengan cara membuat paspor online 2016, investasi logam mulia juga sudah bisa dilakukan secara online. Hal tersebut dilakukan untuk mempermudah para investor dalam berinvestasi.

Investasi logam mulia yang paling digandrungi yaitu investasi emas. Investasi emas sudah bisa dilakukan dimana saja. Mulai dari bank hingga Pegadaian.

Bahkan investasi ini bisa dilakukan dengan cara yang berbeda-beda. Anda bisa memulainya secara personal atau individu, atau bersama dengan kelompok. Investasi logam mulia yang dilakukan secara berkelompok sering dilakukan dengan cara arisan.

Bagi Anda yang ingin memulai investasi logam mulia, Anda bisa membeli emas di bank, Pegadaian maupun tempat yang serupa secara cash atau dicicil.

Baca juga: Apa Itu Saham Blue Chip? Informasi Lengkap Tentang Saham Blue Chip

Baca juga: Mengenal Apa Itu Deposito Lebih Dalam

Adapun modal yang dibutuhkan untuk memulai investasi emas bisa dilakukan dengan modal yang kecil hingga modal yang besar. Bagi para pemula, Anda bisa memulainya dari tahap yang kecil terlebih dahulu.

Saat berinvestasi, tentu akan ada yang namanya resiko. Resiko investasi cukup beragam tergantung dengan jenis emas yang akan Anda gunakan sebagai sarana investasi Anda.

Dari beberapa jenis investasi emas, investasi jenis emas batangan menjadi salah satu investasi yang cukup sering dilakukan dengan tingkat resiko yang cukup rendah.

Lalu apa itu investasi emas dan keuntungannya. Memilih investasi emas sebagai sarana untuk menabung selain mendapatkan keuntungan, Anda bisa menggunakan investasi ini sebagai salah satu tabungan untuk masa depan Anda.

Salah satu keuntungan dari investasi emas yaitu dapat dilakukan dengan jangka waktu yang cukup panjang. Sehingga sangat cocok bagi Anda yang menginginkan keuntungan cukup banyak.

Investasi logam mulia berupa emas dapat dikatakan sebagai investasi yang menguntungkan Karena harga jual emas setiap tahunnya akan selalu naik.

Saat Anda memilih emas sebagai salah satu cara investasi, Anda bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam jangka waktu 10 tahun.

Meskipun harga  jual emas selalu naik, namun harga beli emas cukup stabil. Sehingga akan sangat menguntungkan untuk para investor.

Harga emas memang tidak cukup stabil. Ada kalanya Anda melihat harga jual emas jauh lebih rendah dari biasanya.

Hal tersebut dapat terjadi Karena dipengaruhi oleh beberapa faktor. Mulai dari harga jual beli emas dunia hingga permasalahan politik dan ekonomi dunia dapat mempengaruhi harga emas secara global.

Namun, harga tersebut tidak paten dan akan berubah sewaktu-waktu. Sehingga investasi emas sangat menguntungkan.

Tak hanya itu saja, investasi emas juga sangat menguntungkan dalam laju inflasi. Saat Anda investasi, Anda tentu akan memperhatikan timbal balik yang akan diberikan.

Suatu investasi dapat dikatakan menguntungkan apabila nilai timbal balik lebih besar dari inflasi. Pada investasi emas, nilai timbal balik yang berikan lebih besar dibandingkan inflasi sehingga menjadi investasi yang tepat.

Perhatikan Hal Ini Sebelum Mulai Investasi

Investasi dilakukan untuk mendapatkan keuntungan berlebih yang bisa digunakan sebagai bekal untuk tua nanti.

Dalam menjalankan investasi, untuk mendapatkan keuntungan yang lebih, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan agar investasi Anda lancar. Salah satunya yaitu mengetahui lebih dalam apa itu investasi.

Pilih Jenis Investasi

Setelah mengetahui apa itu investasi dan jenis-jenis investasi, Anda sudah memiliki referensi mengenai investasi dan keuntungan yang didapatkan masing-masing.

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda bisa memilih jenis investasi yang sesuai dengan bakat Anda. Memilih investasi yang tepat sangatlah penting.

Karena akan mempengaruhi tingkat keuntungan yang akan Anda dapatkan nanti.

Misalnya saja saat Anda memilih untuk investasi saham, jenis bisnis yang dilakoni akan mempengaruhi keuntungan yang akan Anda dapatkan. Pastikan Anda selalu meng-update pengetahuan bisnis Anda.

Anda bisa memilih jenis bisnis terbaru yang sedang trend dan memiliki peluang cukup besar untuk tetap berada di posisi atas pasaran. Sehingga bisnis tersebut akan berkembang dan memberikan keuntungan lebih untuk Anda.

Tujuan Investasi

Dalam melakukan suatu hal tentu harus dilandasi dengan tujuan. Tak terkecuali saat Anda memutuskan untuk investasi.

Selain memiliki pengetahuan yang cukup mengenai apa itu investasi, memiliki tujuan yang jelas mengapa Anda melakukan investasi sangat penting.

Karena untuk memulai investasi, modal yang harus Anda keluarkan tidak sedikit. Anda membutuhkan modal yang cukup besar untuk memulai investasi jenis apa pun.

Dengan modal yang tidak sedikit ini dan di imbangi dengan tujuan yang jelas, maka keuntungan yang akan di peroleh semakin besar.

Salah satu tujuan utama dalam investasi yaitu untuk mendapatkan keuntungan yang lebih. Namun, hal yang sangat mendasari dalam investasi yaitu kelancaran suatu bisnis.

Anda akan mendapatkan keuntungan yang lebih dari investasi apabila suatu bisnis yang dijalankan sukses dan laku besar di pasaran. Tujuan investasi tidak hanya didasarkan pada alasan.

Tetapi juga pada aset yang Anda miliki menghitung aset serta menghitung utang yang Anda miliki bisa mempengaruhi Anda dalam mengambil tujuan.

Dengan niat yang mantap dan aset yang sudah tertata baik dari sistem management hingga pemasaran maka Anda sudah bisa memulai investasi.

Selain itu, dengan memiliki aset yang cukup banyak, utang yang sedikit, maka tujuan investasi Anda bisa tercapai.

Investasi harus direncanakan dan dipikirkan secara matang untuk mendapatkan tujuan yang jelas. Terlebih lagi bagi Anda yang merencanakan akan melakukan investasi dengan jumlah modal yang cukup banyak.

Jangka Waktu

Selain harus mengetahui apa itu investasi, memilih jenis investasi yang tepat dengan tujuan yag jelas, menentukan jangka waktu saat akan investasi sangatlah penting. Biasanya suatu investasi akan menguntungkan apabila telah memasuki jangka waktu yang cukup lama.

Misalnya saja jika Anda memilih investasi logam mulia berupa emas. Emas akan menduduki harga cukup sempurna pada 10 tahun mendatang setelah investasi.

Sehingga Anda bisa menjual kembali emas pada jangka waktu yang cukup lama.

Investasi seringnya dilakukan untuk jangka waktu yang cukup lama sehingga banyak yang menyebut bahwa investasi merupakan tabungan masa depan.

Dengan memilih jangka waktu yang tepat, maka keuntungan dari investasi yang akan Anda dapatkan berada pada posisi yang maksimal.

Sama halnya dengan paspor. Investasi juga akan mengalami masa expired atau habis masa berlakunya pada jangka waktu yang telah ditentukan.

Perpanjang paspor online dapat dilakukan dengan mudah, maka investasi juga bisa dilakukan dengan mudah pula. Bahkan Anda saat ini bisa mengurusnya secara online. Dengan mempersiapkan berkas-berkas yang wajib dibawa.

Sehingga untuk memulai investasi, Anda tidak hanya perlu mengetahui apa itu investasi saja, terdapat banyak hal yang harus Anda perhatikan agar investasi Anda menguntungkan.

Leave a Reply