Apa Perbedaan Visa dan Mastercard? Yuk, Cari Tahu Jawabannya!

Zaman sekarang, teknologi sudah semakin canggih dan praktis dalam melakukan apapun. Salah satunya adalah sebuah alat untuk pembayaran yang juga menggunakan teknologi canggih yang sekarang ini dikenal sebagai kartu kredit.

Saat ini, mungkin Anda sudah tidak asing lagi dengan Visa dan Mastercard. Sudah tak jarang para pengguna kartu kredit di zaman yang modern ini.

Biasanya untuk setiap kartu kredit memiliki logo pada bagian kanan bawah di masing-masing kartu.

Apa itu Visa dan Mastercard?

Pengertian Visa dan Mastercard adalah sebuah provider yang dapat memudahkan bank untuk bisa membuat dan menerbitkan sebuah kartu kredit, ini bisa berlaku dan digunakan di merchant manapun yang ada logo Visa atau pun Mastercard.

Banyak yang mengira bahwa kedua provider ini sama karena sangat serupa.

Kedua provider baik Visa maupun Mastercard memang memberikan fasilitas yang sama dan serupa, yaitu dapat digunakan di manapun dan juga kapanpun.

Anda bisa menggunakan kedua kartu kredit ini di banyak tempat.

Namun sebelum Anda akan membuat kartu kredit, hal yang akan ditanyakan adalah untuk memilih kartu kredit yang Visa atau Mastercard.

Tentunya jika Anda baru pertama kali membuat kartu kredit akan bingung dengan pilihan ini.

Untuk itu, sebelum membuatnya ada baiknya untuk mengetahui perbedaan Visa dan Mastercard agar dapat menentukan pilihan yang tepat.

gambar perbedaan Visa dan Mastercard

Pic Source: Pixabay.com

Untuk mengetahui perbedaan Visa dan Mastercard memang cukup sulit, karena keduanya memiliki fungsi dan fasilitas yang sama.

Perbedaan Visa dan Mastercard

Namun sebenarnya ada beberapa perbedaan yang cukup jelas dari kedua provider ini. Beberapa perbedaan tersebut adalah sebagai berikut:

1) Perusahaan Masing-Masing Provider

Untuk perbedaan yang pertama adalah dilihat dari perusahaan induk kedua provider tersebut yang sangat jelas berbeda.

Jika untuk Visa adalah sebuah produk provider yang berasal dari Visa Internasional Service Association atau biasa disingkat VISA.INC yang lokasinya ada di Foster City, California. Perusahaan VISA.INC ini sudah ada sejak lama tahun 1955.

Yang kedua adalah provider Mastercard yang merupaka produk yang berasal dari perusahaan Mastercard Worldwide dan sudah berdiri sejak lama di tahun 1966.

Lokasinya berada di Purchase, New York.

Keduanya merupakan provider dari kartu kredit yang paling terkenal dan terbesar yang ada di dunia.

Maka dari itu, kedua provider ini sangat bersaing ketat dan memiliki fasilitas yang serupa sehingga banyak yang tak bisa membedakannya.

2) Popularitas dan Jangkauan Provider

Untuk kedua kartu kredit ini memang berlaku pada merchant yang telah bekerja sama dengan Visa ataupun Mastercard.

Contohnya jika ada sebuah toko atau supermarket telah melakukan kerja sama dengan VISA, maka untuk kartu kredit yang bisa digunakan untuk berbelanja di toko tersebut hanyalah VISA, untuk Mastercard tidak bisa digunakan di toko tersebut.

Sebenarnya dari segi popularitasnya, kartu kredit VISA lebih popular atau sering digunakan di negara Asia dibandingkan dengan Mastercard yang lebih sering digunakan di negara-negara Amerika dan juga Eropa.

Namun dari segi fungsinya, fungsi Mastercard sama persis dengan fungsi VISA, hanya saja mungkin jangkauannya yang sedikit berbeda.

3) Jenis Kartu Kredit dan Keuntungannya

Untuk perbedaan Visa dan Mastercard lainnya adalah dilihat dari jenis kartu kredit keuntungannya.

Sebenarnya ada beberapa hal yang sama dengan jenis kartu kredit Visa dan Mastercard, tetapi tentu ada yang berbeda.

Untuk perbedaannya adalah dari keuntungan yang telah diberikan bagi customer.

Lalu untuk kesamaan terdapat pada jenis kartu kredit dari Visa ataupun Mastercard adalah Classic, Platinum, dan Gold. Adapun perbedaan jenis kartu kredit pada Visa dan Mastercard.

Inilah jenis kartu kredit VISA yang berbeda adalah sebagai berikut:

Visa Signature

Ini merupakan salah satu jenis kartu kredit Visa yang sangat ekslusif.

Kartu kredit ini tidak dimiliki oleh sembarang orang. Biasanya kartu kredit ini dimiliki oleh seorang pengusaha yang sudah terkenal dan ternama.

Anda harus memiliki suatu kelayakan seperti investasi, deposito, rekening tabungan, dan lain-lain untuk memiliki kartu kredit ini.

Visa Infinite

Salah satu jenis kartu kredit ini tidak untuk umum, melainkan untuk yang memiliki aset saja sebesar 1 Milyar rupiah yang dalam bentuk uang tunai.

Untuk limit dari kartu kredit ini minimal sekitar 50 juta rupiah. Jika semakin besar harta yang Anda miliki, maka semakin besar limit kartu kreditnya.

Adapun jenis kartu kredit Mastercard yang berbeda adalah sebagai berikut:

World Mastercard

World Mastercard merupakan jenis kartu kredit yang tidak jauh berbeda dengan Visa Infinite. Untuk jenis kartu kredit ini minimal penggunaannya sebesar 75 juta rupiah, jika tidak menggunakan dibawah nomimal maka bisa dikenakan biaya tahunan ataupun bulan tergantung dari Bank penerbit kartu kredit tersebut.

World Elite Mastercard

World Elite Mastercard juga merupakan salah satu jenis kartu kredit dari Mastercard yang paling tinggi dibandingkan yang lain.

Itu artinya, jika Anda memiliki kartu kredit ini, maka akan sangat dimudahkan untuk reverasi sebuah hotel yang berkelas, restoran yang mewah, dan lainnya.

Baca juga: Mengenal Deposito BNI Syariah

Baca juga: Tarik Tunai Kartu Kredit Bank Mandiri

4) Perlindungan untuk Nasabah

Untuk perbedaan dari kedua providernya adalah cara melindungi nasabah. Baik dari Visa maupun Mastercard memiliki cara tersendiri untuk melindungi nasabahnya.

Untuk Visa ketika melakukan transaksi secara online akan memberikan pin statis atau yang sering disebut One Time Password pada jendela Verified.

Maka otomatis OTP akan masuk ke nomor telepon yang sudah Anda daftarkan.

Berbeda dengan Mastercard, ketika melakukan transaksi Mastercard akan memberi sebuah Secure Code atau sebuah pin tambahan yang harus Anda tambahkan ketika melakukan transaksi online.

5) Biaya Untuk Transaksi

Perbedaan selanjutnya adalah dari biaya transaksi dari provider Visa dan Mastercard.

Baik Visa maupun Mastercard ini memberlakukan sebuah ketentuan yaitu menetapkan biaya tambahan jika ingin bertansaksi ke luar negeri.

Namun, keduanya memiliki jumlah biaya tambahan yang berbeda-beda.

Untuk biaya transaksi Visa ke luar negeri, maka Anda harus membayar 1% dari semua total transaksi yang dilakukan.

Tetapi jika biaya transaksi Mastercard, Anda hanya harus membayar 0,2% sampai dengan 1%, biasanya tergantung pada merchant-nya.

Nah, bagaimana dengan beberapa perbedaan Visa dan Mastercard di atas?

Pasti sudah cukup jelas untuk membedakan kedua provider ini bukan? Jika Anda ingin membuat kartu kredit sebaiknya harus mengetahui beberapa ketentuan yang pasti.

Keduanya merupakan salah satu provider atau kartu kredit yang sudah sangat terkenal dan sudah tersebar secara luas di banyak negara.

Baca juga: Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Namun tidak banyak yang mengetahui apa saja perbedaan Visa dan Mastercard yang merupakan dua provider yang paling terkenal ini. 

Diharapkan dengan adanya beberapa perbedaan yang sudah cukup jelas tertera di atas, Anda bisa menetapkan manakah kartu kredit yang paling tepat untuk Anda gunakan nanti. Karena untuk saat ini memiliki kartu kredit juga merupakan hal yang penting.

Leave a Reply