Belajar Internet Marketing dari Dasar untuk Pemula

Apa anda berminat untuk berbisnis secara online? bisnis apa yang ingin anda lakukan? Jangan tanggung-tanggung jika anda ingin memulai bisnis secara online, karena pasar online merupakan pasar terbesar dan paling mudah menjangkau banyak masyarakat, tidak hanya dalam negeri tetapi juga konsumen luar negeri luar negeri.

Sebelum anda memulai bisnis anda, ada baiknya anda memulai dengan belajar internet marketing terlebih dahulu. Persiapan yang matang akan membantu anda sukses lebih cepat.

Pengertian Internet Marketing

Apa anda sudah tahu apa sebenarnya internet marketing itu? Mari kita mulai mempelajarinya dari awal.

Internet marketing adalah salah satu teknik pemasaran yang dilakukan secara online dengan mengacu kepada penggunaan iklan dan segala upaya pemasaran suatu produk melalui jalur internet secara online seperti email dan web agar penjualan produk secara online atau penjualan dengan menggunakan perdagangan elektronik atau e-commerce dapat meningkat.

Jika disimpulkan, internet marketing adalah satu dari banyak teknik pemasaran yang menggunakan internet sebagai medianya.

Seiring dengan berkembangnya jaman, beriklan di media masa secara offline sudah kurang mengena. Kenapa? Karena semua orang sekarang lebih perhatian pada gawai atau gadget mereka.

Sudah tidak ada lagi orang yang membeli koran untuk dibaca di dalam kereta atau untuk mengisi waktu luang saat sedang bosan.

Hal ini disebabkan karena dalam satu gawai, mereka sudah dapat mengakses apapun yang mereka mau mulai dari tontonan yang menghibur, berita terkini, hingga berbagai informasi penting seperti harga saham, perkembangan kurs rupiah dan sebagainya.

Gawai kini tidak hanya digunakan sebagai sarana informasi tetapi juga memberikan layanan yang memudahkan masyarakat mengakses apapun yang mereka mau sehingga membaca koran atau melihat tayangan televisi menjadi kegiatan yang tidak harus dilakukan saat mengisi waktu luang, mencari hiburan, atau jika ingin mendapatkan informasi.

Alasan utama yang membuat melakukan internet marketing adalah hal yang menguntungkan adalah biayanya yang jauh lebih murah dibandingkan jika dibandingkan dengan memasang iklan di majalah, radio, dan televisi. Selain itu jangkauannya juga lebih luas mengingat internet dapat dilihat oleh siapa saja dimana saja.

Pic Source: Pixabay.com

Jenis-jenis Internet Marketing

Untuk belajar internet marketing dasar, yang pertama harus anda ketahui adalah jenis-jenis internet marketing yang ada saat ini. apa saja itu? Mari kita pelajari bersama.

  1. Email Marketing

Jenis yang pertama dari internet marketing adalah email marketing atau dapat dibilang pemasaran dengan menggunakan email sebagai medianya. Hal ini mungkin tidak terlalu menarik dan tidak seterkenal teknik marketing dengan internet lainnya, hal ini terutama karena email bersifat sangat personal.

Namun hal tersebut bukan berarti menandakan bahwa internet marketing jenis ini merukapan internet marketing yang tidak efektif. Justru karena sifatnya yang sangat personal, internet marketing jenis ini dinilai menjadi salah satu internet marketing yang terbaik oleh internet marketer yang sudah professional.

Alasannya adalah karena media email merupakan media yang sangat personal dan private, maka penawaran dengan menggunakan email akan dirasa profesional dan eksklusif karena ditawarkan secara perseonal ke orang tertentu.

  1. Web Marketing

Jenis yang kedua dari internet marketing adalah web marketing di mana penawaran ini dilakukan menggunakan website sebagai medianya.

Anda pasti sudah sering menemukan banyak website yang sengaja dibuat sebagai media pemasaran bukan? Kadang web ini sering ditautkan pada web terkenal sehingga web iklan akan otomatis terbuka jika kita mengunjungi web terkenal tersebut.

Web-web yang dapat kita temukan antara lain adalah web yang bergerak untuk menawarkan kembali suatu produk milik orang lain dengan tujuan dijual kembali atau beberapa web yang ditujukan untuk marketing seperti web affiliate marketing.

Yang menjadi salah satu ciri khusus web yang merupakan web affiliate marketing adalah memiliki tampilan berupa satu kolom yang sengaja dibuat demikian agar para pembaca lebih fokus kepada produk yang sedang ditawarkan yang merupakan inti dari artikel dalam web tersebut.

  1. Social Media Marketing

Yang terakhir dan yang paling sering kita temukan adalah social media marketing dimana iklan akan sengaja dibuat untuk muncul pada social media. Cara ini merupakan cara yang cukup terkenal karena selain biayanya yang cukup terjangkau, jangkauan sasaran konsumen pun akan semakin luas mengingat pengguna sosial media kini sangat banyak.

Hampir setiap orang yang memiliki gawai pasti memiliki akun media sosial bukan? Maka cara ini akan menjadi salah satu cara yang cukup efektif dalam memasarkan produk anda.

jika semua dibuat secara manual, biaya promosi di media sosial bahkan dapat mencapai Rp. 0. Wow, menarik sekali ya. Tentunya hal tersebut diluar dari biaya ikuota internet yang dibutuhkan ya.

Jika kita cermati, media sosial memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap perkembangan pemasaran suatu produk. Jika suatu produk menjadi viral di media sosial, maka akan sangat mudah bagi produk tersebut untuk dapat laku di pasaran. Hal ini dikarenakan pengguna media sosial yang sangat banyak, terutama di Indonesia.

Apalagi jika menggunakan pemilik akun media sosial yang memiliki banyak pengikut untuk melakukan endorsement, kemungkinan produk cepat viral akan semakin tinggi.

tidak heran banyak selebiriti yang melakukan endorsement di akun media sosial mereka. Nah jika menggunakan selebriti biasanya akan ada biaya promosi yang sedikit lebih besar ya, karena tidak semua selebritis mau melakukan endorsement dengan suka rela kecuali anda sangat dekat dengan mereka.

Alat Internet Marketing

Setelah belajar internet marketing mengenai jenis-jenis internet marketing selesai, kini kita beralih ke alat internet marketing. Setiap pekerjaan pemasaran pasti memiliki alat tertentu untuk melakukannya.

Lalu, apa alat yang digunakan untuk melakukan internet marketing? Alat yang digunakan untuk melakukan internet marketing adalah alat yang berhubungan dengan internet.

ada banyak alat yang dapat digunakan, berbagai alat bantu marketing secara online dapat anda temukan dengan jumlah puluhan atau bahkan ratusan jika anda mencarinya di search engine favorit anda. sayangnya, tidak semua alat tersebut dapat anda gunakan dengan cuma-cuma.

Banyak tools atau alat marketing secara online yang menawarkan fitur yang sangat baik namun berbayar, tentunya dengan biaya yang cukup mahal.

Namun, anda tidak perlu khawatir, alat yang tersedia secara gratis pun memiliki fitur yang tidak kalah lengkap kok. Berikut adalah contoh-contoh nya.

  1. Email Marketing Tools

Jika anda ingin melakukan internet marketing menggunakan email, anda dapat belajar internet marketing menggunakan alat yang gratis seperti di bawah ini.

  • Yang pertama adalah MailChimp yang merupakan alat bantu yang dapat memudahkan anda dalam mengirim email dalam jumlah banyak sekaligus. mailChimp dapat mengirim email kepada subscriber kita secara otomatis.
  • Yang kedua adalah Hemmingway yang merupakan salah satu alat marketing online yang dapat membantu anda dalam pembuatan penawaran agar terkesan menarik.
  1. Web Optimization Tools

Jika anda menggunakan website sebagai sarana internet marketing, maka alat yang dapat digunakan dalam internet marketing yaitu sebagai berikut.

  • Yang pertama adalah menggunakan alat yang disebut dengan google analytic. Google analytic seperti yang telah kita duga merupakan alat yang dibuat oleh google untuk membantu mengecek aktifitas pengunjung pada blog miliki anda sehingga anda tahu bagaimana reaksi masyarakat terhadap blog buatan anda.
  • Yang kedua adalah alat yang disebut open site explorer. Alat ini merupakan alat yang dapat membuat SEO pada blog yang anda buat menjadi meningkat.
  • Yang ketiga merupakan google trends yang dapat digunakan sebagai alat pembantu mencari tahu hal-hal yang sedang menjadi tren di suatu negara tertentu. Dengan mengetahuinya, maka anda dapat mengguakannya sebagai salah satu bahan marketing anda secara online.
  1. Social Management Tools

Jika anda memilih cara internet marketing dengan jenis social media marketing anda akan membutuhkan alat berikut ini.

  • Yang pertama adalah HootSuite yang merupakan alat yang sangat baik untuk mengatur semua akun media sosial milik anda sehingga anda tidak perlu kerepotan.
  • Yang kedua adalah sebuah alat yang memiliki nama Tweepi. Alat ini memberikan berbagai fitur yang dikhususkan untuk mengotomatisasi akun twitter anda. jika anda memiliki banyak akun twitter, maka alat ini cocok untuk anda.
  • Yang ketiga adalah Bitly. Bitly pasti sering anda temukan saat mengklik berbagai akun populer. Bitly berguna sebagai alat yang digunakan sebagai shortcut sebuat URL dan melakukan pemantauan terhadap jumlah klik.

 

Apa Strategi Internet Marketing?

Setelah belajar internet marketing dasar mulai dari mengenal jenis-jenis internet marketing sampai alat penunjang yang dibutuhkan dalam internet marketing, kini saatnya kita belajar mengenai strategi internet marketing. Contoh strategi internet marketing adalah sebagai berikut.

  1. Melakukan Survei

Membuat survei dapat dilakukan untuk mengetahui mengenai respon masyarakat terdapat produk serta pelayanan yang dibutuhkan oleh mereka sehingga kita dapat menyiapkannya secara lebih akurat.

  1. Membuat Komunitas Online

Anda juga bisa membuat komunitas online yang dapat anda buat sesuai dengan produk anda atau yang berhubungan dengan produk anda. Komunitas online dibuat untuk melihat respon masyarakat terhadap produk yang kita jual. Misalnya jika kita menjual produk penurun berat badan, kita dapat membuat komunitas mengenai kesehatan dan penurunan berat badan.

  1. Melakukan Promosi

Promosi dapat dilakukan dengan cara soft selling promotion. Cara ini dapat dilakukan dengan cara membuat informasi yang bermanfaat namun yang berkaitan dengan produk yang kita jual dan kemudian mengarahkan pembaca untuk membeli produk kita secara halus.

Baca juga: Pembuatan Paspor Online Kini Tak ANtri di Kantor Imigrasi

Baca juga: Ingin Tahu Apa itu Seo? Ini Pengertian SEO Lengkap!

Cara Belajar Internet Marketing

Untuk memperdalam pengetahuan dan memperdalam belajar internet marketing, anda dapat melakukan beberapa cara antara lain dengan mengikuti seminar mengenai internet marketing. Belajar secara otodidak memang bagus dan tanpa mengeluarkan biaya, jika anda cukup pandai anda bahkan dapat dengan cepat menguasainya.

Namun, jika anda ingin belajar internet marketing yang lebih mendalam, belajar dengan ahlinya merupakan cara yang lebih ampuh. Dengan mengikuti workshop dan seminar anda dapat belajar internet marketing dengan lebih cepat dan mendalam.

Demikian penjelasan secara umum yang dapat anda gunakan sebagai bahan belajar internet marketing dasar. Untuk dapat lebih memahami mengenai internet marketing, anda dapat membeli buku atau belajar kepada ahlinya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Leave a Reply