Berbagai Cara Mendapatkan Uang Online Secara Mudah dari Rumah!

Mendapat uang dapat dilakukan baik secara offline maupun online.

Secara offline, kita bisa mendapat uang dengan cara bekerja. Entah bekerja kantoran atau memulai usaha sendiri.

Secara online, kita bisa bekerja dengan basis internet. Banyak lapangan pekerjaan yang tersedia di internet. Terutama apabila kita giat mencari dan senang berselancar di dunia maya, pekerjaan online dapat menjadi pilihan yang tepat.

Pic Source: Pixabay.com

Keuntungan dari usaha online juga tidak kalah dari usaha offline. Dengan bekal ketekunan dan kerja keras, bisnis online dapat mendatangkan pemasukan besar dan memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Usaha online juga sangat beragam dan dapat kita pilih sendiri berdasarkan minat dan bakat yang kita miliki. Mulai dari usaha berbasis kepenulisan, game online, penjualan, hingga trading dan desain.

Bisnis Online Menjanjikan Tanpa Modal

Berikut adalah beberapa cara mendapatkan uang yang dapat kita lakukan dengan memanfaatkan koneksi internet dan, tentu saja, kemampuan kita.

  1. Menjadi Broker Link

Ada cara mendapatkan uang khusus untuk kita yang gemar menjadi penghubung atau broker. Tugasnya tentu adalah menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya.

Menjadi broker link adalah pekerjaan yang mengasyikkan apabila kita senang bertemu orang-orang baru dan menghubungkan antara satu orang dengan orang lainnya. Kita tidak memerlukan adanya blog atau media khusus.

Keahlian yang diperlukan seorang broker link adalah keterampilan dalam menghubungkan seorang pemilik blog atau blogger dengan advertiser atau calon pemasang iklan.

Kita dapat menawarkan harga link iklan serendah-rendahnya pada blogger akan tetapi bernegosiasi agar mendapat harga tinggi dari advertiser. Margin antara harga yang disetujui blogger dengan harga yang didapat dari advertiser akan menjadi keuntungan kita. Cukup menarik, bukan?

  1. Menjadi Broker Domain atau Situs

Cara mendapatkan uang yang masih terkait dengan broker atau penghubung adalah degnan menjadi broker domain. Sistem kerjanya terbilang mudah dan sederhana.

Broker domain muncul karena banyaknya domain yang memiliki keyword lebih bagus dan spesifikasi lebih tinggi. Domain seperti ini tentu akan memiliki harga yang lebih tinggi jika dibandingkan dengan domain biasa.

Banyak orang di internet membeli domain dan mengelolanya kembali sehingga mendapat spesifikasi tertentu. Setelah itu, domain akan dijual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Seorang broker domain sendiri tidak perlu melakukan semua pekerjaan di atas. Yang diperlukan adalah mencari penjual situs atau domain, meminta daftar harga beserta domain yang dijual lalu mencari calon pembeli dan menawarkannya kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Margin antara harga beli dan harga jual ini akan menjadi keuntungan untuk kita sebagai broker domain. Cukup menarik, kan?

  1. Menjadi Broker Produk

Cara mendapatkan uang dengan menjadi seorang broker tak terbatas hanya pada broker link serta broker situs. Menjadi seorang broker produk juga bisa kita lakukan.

Menjadi broker produk pada dasarnya sama seperti broker situs atau domain. Kita bertindak sebagai perantara dalam menjual barang tertentu dan akan mendapat komisi dari tiap produk yang terjual. Istilah lain untuk broker produk ini adalah afiliator, dan pekerjaannya seringkali disebut sebagai program afiliasi.

Banyak toko online ternama yang membuka program afiliasi dan memberikan komisi yang cukup menarik. Yang perlu kita lakukan dalam program afiliasi ini hanyalah menyebarkan link toko online atau link produk yang dijual. Kita bisa melakukannya melalui media sosial ataupun blog.

Jika ada pembeli yang membeli lewat link afiliasi kita, maka secara otomatis kita akan mendapat komisi dari penjualan tersebut. Mudah, bukan?

  1. Membuka Toko Online

Salah satu cara mendapatkan uang online yang paling banyak dilakukan dan digemari adalah dengan membuka toko online sendiri. Hal ini terutama didasari oleh semakin banyaknya pengguna internet yang ada di Indonesia dan semakin maraknya jual beli online itu sendiri.

Membuka toko online terutama akan bermanfaat saat kita sudah memiliki produk sendiri dan bersiap untuk memasarkannya. Untuk menjangkau lebih banyak pembeli, kita bisa menjualnya secara online.

Media berjualan online sendiri sangat beragam, mulai dari website, blog, media sosial hingga marketplace yang sudah terkenal. Membuat akun media sosial, blog maupun bergabung dalam marketplace tidak dikenakan biaya sehingga dapat menekan modal.

  1. Menjadi Dropshipper

Menjadi seorang dropshipper pada dasarnya sama seperti membuka toko online, akan tetapi cara mendapatkan uang online yang satu ini khusus untuk kita yang belum memiliki produk untuk dijual. Solusinya, kita menjual produk milik orang lain.

Caranya adalah, kita menjual produk dari supplier dengan harga lebih tinggi. Ketika ada pembeli yang melakukan pesanan, kita cukup meneruskan pesanan tersebut kepada supplier. Pihak supplier akan mengirim barang pesanan pembeli atas nama kita sebagai penjual.

Dalam sistem dropship, kita tidak perlu melakukan stok barang ataupun pengiriman. Tentu saja, usaha ini akan sangat menghemat waktu, tenaga dan biaya kita. Margin keuntungan akan kita dapatkan dari selisih harga beli dan harga jual yang ditetapkan supplier.

Namun, bisnis dropship juga memiliki kekurangan. Di antaranya adalah margin keuntungan yang rendah serta kita tidak dapat melakukan quality control ataupun memastikan ketersediaan stok barang.

Penting untuk memilih supplier yang terpercaya serta membeli produk yang dijual terlebih dahulu agar kita mengetahui seperti apa kualitasnya sebelum menjual. Karena bagaimanapun, kepuasan pembeli tetap menjadi tanggung jawab kita sebagai penjual.

  1. Membeli Blog atau Situs Yang Potensial

Cara mendapatkan uang dengan mudah secara online terutama dapat dilakukan apabila kita memiliki modal besar. Salah satunya adalah dengan membeli situs ataupun blog yang dapat mendatangkan keuntungan besar atau memiliki potensi tinggi.

Dalam bisnis yang satu ini dibutuhkan kejelian terutama dalam membaca kecenderungan dalam pergerakan bisnis internet serta peluang yang ada. Tidak sedikit orang yang telah berhasil dalam bisnis jual beli situs atau blog potensial seperti ini.

  1. Menjadi Online Trader

Cara mendapatkan uang dengan modal tinggi berikutnya adalah dengan menjadi seorang online trader. Peluang bisnis ini berupa ketekunan dalam aktivitas jual beli kurs asing atau yang biasa juga disebut sebagai forex atau foreign exchange. Jual beli saham juga termasuk di dalamnya.

Namun, usaha yang satu ini tidak hanya membutuhkan modal. Dibutuhkan juga keahlian dan kejelian dalam membaca pergerakan kurs dunia dan perkembangan ekonomi.

Di satu sisi, online trading adalah kegiatan yang dapat mendatangkan keuntungan tinggi, terutama apabila kita telah memiliki keahlian di bidangnya. Namun, tak sedikit juga online trader yang mengalami kerugian dan bangkrut.

  1. Jasa Konversi Mata Uang Online

Bisnis lain yang cukup menjanjikan dan dapat dijalankan secara online adalah dengan membuka jasa konversi mata uang secara online. Cara mendapatkan uang online yang satu ini didasari dengan banyaknya alat pembayaran online yang selalu mengikuti perkembangan mata uang dunia.

Peluang bisnis ini juga telah banyak dicoba oleh para blogger Indonesia. Kita dapat melayani penukaran Paypal menjadi mata uang lokal. Kurs yang digunakan adalah kurs sendiri dan nilainya lebih tinggi daripada kurs normal.

  1. Menjadi Submitter SEO Online

Cara mendapatkan uang online berikutnya adalah dengan menjadi seorang submitter untuk SEO. Ada banyak pemilik blog, website hingga pekerja SEO yang membutuhkan layanan submisi untuk media sosial, mesin pencari dan lain sebagainya.

Bekerja sebagai SEO submitter online terutama akan sangat cocok dilakukan apabila kita memiliki banyak waktu senggang. Pekerjaan ini sendiri banyak ditekuni oleh sebagian besar siswa SMA di India.

  1. Mengikuti Program Survei Online

Cara mendapatkan uang dengan mudah berikutnya ialah dengan mengikuti survei secara online. Penghasilan yang didapat bisa sangat lumayan. Yang perlu kita lakukan adalah mengisi pertanyaan yang ada dalam survei tersebut. Tentu saja, kita akan dibayar.

Program survei online lokal yang dapat kita coba di antaranya adalah Nusa Research. Semakin banyak survei yang kita isi, tentu akan semakin besar keuntungan yang kita dapatkan.

  1. Menjadi Tenaga Data Entry

Cara mendapatkan uang online lainnya yang cukup menjanjikan adalah dengan menjadi seorang tenaga data entry. Data entry terutama banyak digunakan oleh perusahaan yang bergerak pada bidang marketing serta riset.

Program dari perusahaan semacam ini akan membutuhkan manajemen data. Di sinilah terbuka peluang bagi kita agar dapat menghasilkan uang online yakni dengan menjadi tenaga data entry.

  1. Menjadi Link Builder

Bagi kita yang memahami konsep SEO atau Search Engine Optimatization, terdapat beberapa peluang usaha yang dapat kita raih. Salah satunya adalah dengan menjadi seorang link builder. Cara kerjanya hampir mirip dengan menjadi seorang link broker.

Cara mendapatkan uang online dengan menjadi link builder adalah menentukan harga link yang hendak dibeli. Budge untuk SEO sendiri biasanya akan disediakan oleh klien kita.

  1. Menjadi Konsultan SEO

Selain menjadi seorang link builder, cara mendapatkan uang online lain dengan memanfaatkan SEO adalah dengan menjadi seorang konsultan khusus SEO. Pekerjaan ini tentunya akan membutuhkan keahlian kita dalam bidang SEO.

Konsultan SEO juga biasanya akan merangkap sebagai link builder. Dengan begini, tentu saja keuntungan yang didapat akan semakin berlipat ganda.

Konsultan biasanya akan mematok tarif tertentu atau bayaran per jam. Kita bisa menyediakan jasa konsultasi ini secara online melalui media sosial, website, blog ataupun lewat video call.

Keuntungan yang bisa didapat tentu cukup besar, mengingat jasa konsultan memang banyak dicari belakangan ini. Kita bisa mematok tarif yang masih tergolong rasional pada saat masih baru memulai usaha.

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Secara Cepat dan Mudah

Baca juga: Aneka Ide Jajanan Unik untuk Pengusaha Muda

Demikian adalah beragam cara mendapatkan uang online. Dapat dilihat bahwa peluang terbuka sangat lebar untuk kita dalam memulai bisnis online dari berbagai bidang berbeda, mulai dari bisnis berjualan hingga menjadi konsultan.

Cerdas melihat peluang yang ada merupakan kunci sukses dalam berbisnis online. Hal ini tentu ditambah dengan kemampuan dan kecakapan dalam melakukan usaha yang hendak ditekuni. Dengan fokus dan kerja keras, bukan tidak mungkin apabila bisnis online yang kita tekuni akan dapat menjadi sumber penghasilan tersendiri.

Masih banyak peluang bisnis online lainnya yang dapat kita temukan sendiri dan akan menjadi sumber pendapatan yang menguntungkan. Semoga uraian di atas bermanfaat bagi kita terutama dalam mendapat pekerjaan sampingan secara online yang bisa dikerjakan dari rumah saja, berapapun modal yang kita miliki.

Selamat mencoba!

Leave a Reply