Berbagai Keuntungan dan Cara Investasi Emas yang Tepat

Melakukan investasi untuk masa depan itu bisa dibilang memiliki banyak manfaat khususnya ketika melakukan investasi dengan harga yang terus meningkat di tiap tahunnya.

Salah satu investasi yang memiliki potensi begitu menguntungkan yaitu emas. Cara investasi emas sendiri cukup beragam, yang jelas kesemuanya itu akan memberikan banyak keuntungan.

Bisa dibilang, melakukan investasi emas itu merupakan pilihan yang tepat karena emas itu tak akan mengalami inflasi, justru kenaikan harga tersebut yang jumlah peningkatan yang hampir sama dengan inflasi.

Namun, memang banyak yang masih belum tertarik untuk melakukan investasi emas, padahal investasi yang satu ini bisa mendatangkan banyak keuntungan loh.

Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan ketika melakukan investasi yang satu ini. Ingin tahu apa saja? Berikut ini merupakan beberapa keuntungan yang bisa didapatkan ketika investasi emas yaitu:

  • Investasi emas itu akan terhindar dari inflasi karena barang yang diinvestasikan itu memiliki harga yang paten di seluruh dunia.
  • Pengaruh naiknya harga emas ini bukan berdasarkan dari USD, namun harga emas ini dipengaruhi oleh supply atau demand hasil minyak serta hasil barang tambang.
  • Memiliki resiko kerugian yang sangat minim karena pada dasarnya harga emas akan selalu naik, mengingat emas merupakan sumber daya alam yang tak terbarukan.
  • Ketika memilih investasi emas batangan, maka ketika dijual akan memiliki harga sesuai dengan yang berlaku pada saat itu juga. Ingat ya, pastikan untuk investasi emas batangan dan bukan perhiasan, karena jika sudah dalam bentuk perhiasan itu memiliki harga yang berbeda-beda sesuai dengan desain.
  • Berbicara soal liquiditas, investasi emas memang jenis yang memiliki liquiditas paling tinggi diantara jenis investasi yang lain, dalam artian paling mudah untuk dicairkan dalam bentuk rupiah.

Setelah mengetahui berbagai keuntungan yang bisa didapat dari investasi emas ini, sudah tahukah Anda cara investasi emas yang benar dan bisa mendatangkan banyak untung?

Pada dasarnya terdapat banyak sekali cara untuk melakukan investasi emas. Sebelum Anda memutuskan untuk bergabung mengikuti investasi emas ini, ada baiknya Anda mengenal lebih lanjut tentang bagaimana sih cara investasi emas yang tepat dan bisa untung banyak?

Pic Source: Pixabay.com

Tips Investasi Emas yang Aman dan Menguntungkan di Masa Depan

Berikut ini merupakan beberapa cara investasi emas yang direkomendasikan untuk Anda. Apa saja ya? Ingin tahu bukan? Pastikan untuk simak terus informasi penting di bawah ini.

  1. Menggunakan cara investasi emas yang klasik

Sepertinya Anda sudah memahami tentang cara yang satu ini bukan? Maksud dari cara ini adalah beli emas ketika harga emas masih terjangkau dan jual lah emas setelah memiliki harga yang tinggi.

Hal ini pula yang menegaskan jika investasi emas merupakan sebuah investasi jangka panjang dengan jangka waktu minimal 5 tahun untuk bisa merasakan hasilnya.

  1. Memilih produk emas terbaik

Ketika akan melakukan investasi dalam bentuk emas, pastikan untuk membelinya di tempat membeli emas batangan yang sudah memiliki lisensi terpercaya dan dipercaya oleh lembaga investasi emas baik di dalam maupun di luar negeri.

Hak tersebut harus sangat diperhatikan agar emas yang Anda inginkan bisa dijual atau pun dicairkan dengan aman.

Salah satu emas batangan yang dipercaya dan sudah memiliki sertifikat resmi yang sah serta dipercaya oleh pihak internasional adalah emas batangan yang dibuat oleh perusahaan aneka tamang atau yang lebih dikenal dengan Antam.

Perlu Anda ketahui jika ingin mencoba investasi emas Antam, Anda tak perlu khawatir lagi soal pencairan. Anda hanya perlu untuk melakukan investasi dan menunggu sampai dengan waktu yang tepat untuk dicairkan.

  1. Memilih tempat investasi emas yang terpercaya

Ketika melakukan investasi emas, tentu saja Anda harus jeli dalam memilih tempat investasi yang tepat. Pelajari terlebih dahulu beberapa tempat yang baik yang memberikan keuntungan paling banyak.

  1. Memilih layanan jual beli emas yang paling terpercaya

Ketika Anda akan melakukan investasi emas, pastikan untuk membeli emas batangan yang akan Anda investasikan di tempat membeli emas batangan yang terpercaya.

Untuk lebih aman dalam membeli emas batangan, maka bisa juga dengan membelinya langsung pada perusahaan Antam sehingga lisensi emas tak perlu untuk diragukan lagi.

Emas yang dibuat serta diperjual-belikan oleh perusahaan Antam, semuanya sudah memiliki lisensi resmi dan sudah memiliki sertifikat internasional sehingga Anda tak perlu khawatir dalam melakukan berbagai transaksi jual beli atau pun dalam hal mencairkannya dalam bentuk uang.

  1. Pilihan tempat untuk berinvestasi

Ada banyak sekali pilihan tempat untuk melakukan investasi, bahkan Anda bisa melakukan cara investasi emas tersebut di perusahaan emas Antam itu sendiri. Yang disayangkan adalah perusahaan ini hanya ada di beberapa kota besar saja.

Tak perlu khawatir, Anda juga bisa melakukan investasi emas dengan menyimpannya di Pegadaian atau pun pada bank syariah yang memiliki layanan investasi emas berupa simpanan emas, gadai emas, dan pencairan emas.

Baca juga: Mengenal Saham dan Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Baca juga: Cara Investasi Saham yang Benar Agar Anda Cepat Sukses

  1. Membuat sebuah tabungan emas

Cara investasi emas yang bisa Anda lakukan selanjutnya adalah dengan membuat tabungan emas. Anda bisa membuat tabungan emas di berbagai tempat yang melayaninya seperti bank dan pegadaian atau lembaga terkait.

Ketika Anda membuat tabungan emas yang diendapkan di berbagai layanan yang Anda percayai untuk menabung emas, dalam jangka waktu ke depan nilai emas yang Anda tabung sudah makin tinggi dan dijamin akan memberikan keuntungan.

  1. Menginvestasikan emas ke dalam modal usaha

Ketika Anda menginvestasikan emas pada sebuah instansi terkait seperti bank dan pegadaian, ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan uang cash, Anda bisa mencairkan emas tersebut ke dalam bentuk uang. Uang hasil pencairan emas tersebut bisa dijadikan sebagai modal usaha

Ketika Anda memantapkan diri untuk mencairkan emas yang Anda simpan tersebut, pastikan hasil uang yang dicairkan untuk melakukan sebuah usaha yang memiliki profit tinggi.

Karena jika Anda hanya melakukan usaha skala kecil dengan banyak resiko ketidak berhasilan, maka emas yang Anda simpan tersebut juga akan hilang.

Maksudnya adalah ketika Anda sudah tak mampu lagi membayar cicilan uang yang sudah dilakukan untuk dijadikan modal tersebut, maka emas yang Anda simpan akan dijadikan untuk jaminan pembayaran. Jika sudah lunas, barulah emas yang Anda miliki bisa dicairkan kembali.

  1. Menggunakan layanan deposit box untuk menyimpan emas dengan aman

Kemudian, cara investasi emas berikutnya yaitu menyimpan emas dalam sebuah deposit box. Cara investasi emas tersebut bisa dibilang merupakan cara yang paling rendah resiko.

Hanya perlu tunggu beberapa tahun sampai harga emas yang Anda simpan sudah memiliki nilai yang tinggi.

Untuk Anda yang takut menyimpan emas di rumah dengan alasan keamanan, maka bisa menyimpannya di layanan deposit box yang tersedia seperti pegadaian atau pun bank.

Namun untuk Anda yang yakin bisa menyimpan emas sendiri di rumah, maka lebih baik menyimpannya secara pribadi di rumah. Karena jika menggunakan layanan deposit box Anda harus mengeluarkan banyak biaya tambahan untuk administrasi serta jasa penyimpanan. Yang jelas, pastikan emas yang Anda simpan itu benar-benar dalam keadaan yang super aman.

  1. Investasi emas dengan cara mencicil

Untuk Anda yang ingin memiliki simpanan emas atau ingin turut berkontribusi dalam investasi emas, Anda bisa melakukan cara investasi emas dengan mencicil pada lembaga yang melayani cicilan emas. Lembaga tersebut antara lain bank syariah dan juga pegadaian yang menyediakan sebuah program cicilan emas.

Dari pada menghabiskan uang untuk hal lain, maka lebih baik melakukan cicilan emas yang nantinya akan memberikan banyak keuntungan ketika diinvestasikan di masa depan.

Program cicilan emas ini sangat bermanfaat terutama untuk Anda yang belum mampu membeli emas batangan secara langsung.

Bahkan siapa saja bisa melakukan investasi emas dengan mengikuti program ini, karena hanya dengan melakukan cicilan beberapa ribu rupiah saja perharinya, Anda sudah bisa memiliki simpanan emas yang akan sangat bermanfaat untuk berbagai transaksi jual beli di masa yang akan datang.

  1. Membeli emas batangan dengan ukuran besar

Cara investasi emas yang satu ini sangat cocok untuk Anda yang mampu membeli emas batangan secara cash untuk diinvestasikan, maka lebih baik langsung membeli emas dengan ukuran yang besar. Mengapa? Karena akan jauh lebih menguntungkan dan memiliki selisih ketika nantinya akan dicairkan menjadi uang.

Ukuran emas yang bisa diinvestasikan itu ada banyak yang dimulai dari 10gram, 25 gram, 50 gram, 100 gram, serta kelipatan selanjutnya. Memang benar jika makin berat emas, maka maka makin mahal, namun jika hal ini diperlukan untuk kebutuhan investasi, maka lebih baik langsung saja berinvestasi dengan emas ukuran besar.

  1. Dari pada dijual, lebih baik digadai

Ketika Anda membutuhkan dana yang sangat mepet dan hanya memiliki simpanan emas yang bisa dicairkan menjadi uang cash, maka jangan terburu-buru dalam mengambil keputusan untuk menjualnya. Akan lebih baik jika Anda menggadaikan emas yang Anda miliki dari pada harus kehilangan aset investasi berharga ini.

Dengan melakukan cara investasi emas dengan gadai, Anda bisa meminjam sejumlah uang yang dibutuhkan. Ketika sudah berhasil menyelesaikan cicilan, maka Anda bisa memiliki emas yang Anda miliki dan melanjutkan investasi emas dengan cara disimpan selama beberapa tahun ke depan, dan bisa dicairkan degan jumlah yang sesuai dengan yang diinginkan.

Hal ini akan sangat bermanfaat ketika Anda hanya membutuhkan uang cash yang nilainya masih berada di bawah harga emas yang Anda miliki dan tentu saja Anda mampu mencicil dengan lancar. Serta terhindar dari pemakaian uang cash yang berlebihan yang belum tentu pada saat tersebut sedang Anda butuhkan.

Di mana bisa menggadaikan emas? Kebanyakan orang akan lebih memilih menggadaikan emas yang dimiliki ke kantor pegadaian. Untuk berbagai informasi lebih lanjut, maka pastikan untuk mendatangi kantor pegadaian

Itulah beberapa cara investasi emas yang paling banyak dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan berbagai cara tersbut, semuanya itu sangat mudah untuk dilakukan bukan? Maka dari itu jangan ragu untuk memulai investasi jangka panjang yang akan memberikan banyak keuntungan di masa yang akan datang.

Yang paling utama adalah Anda harus tahu dan mengerti secara detail mengenai cara investasi emas yang baik dan benar. Jangan sampai Anda hanya ikut-ikutan tanpa mengetahui berbagai hal yang krusial yang wajib diketahui. Semoga informasi ini dapat memberikan banyak manfaat serta memberikan inspirasi untuk melakukan investasi emas.

Leave a Reply