Bingung Membuka Usaha? Cobalah Usaha Makanan Unik yang Sedang Tren Saat Ini!

Mencari sebuah pekerjaan yang ideal bukanlah hal yang mudah mengingat semakin meningkatknya jumlah penduduk di Indonesia. Hal ini semakin mendorong menyempitnya lapangan pekerjaan. Untuk itu, melakukan sebuah bisnis merupakan langkah yang tepat di saat seperti ini.

Berbinis merupakan sebuah peluang dimana Anda bisa menciptakan sbeuah pekerjaan yang ideal menurut Anda sekaligus memberikan lapangan pekerjaan kepada orang lain. Jika Anda teliti lebih dalam, maka Anda akan dengan mudah menemukan beberapa peluang usaha.

Pada dasarnya, apapun dapa dijadikan sebagai peluang usaha tapi semua itu tergantung dari bagaimana cara Anda mengembangkannya. Jika Anda menginginkan sebuah usaha yang tidak akan mudah termakan oleh waktu, boleh dibilang usaha bidang kuliner menjadi sebuah jawaban yang tepat.

Sebagai sebuah rekomendasi, ada baiknya Anda memilih untuk memulai usaha makanan unik dan menarik. Tidak hanya akan mendapat perhatian pelanggan di periode awal penjualan produk, tetapi dengan mendirikan sebuah usaha makanan unik juga menjadi sebuah wadah kreativitas Anda dalam membaca sebuah peluang bisnis.

Pic Source: Pixabay.com

Sebenarnya untuk menjadi unik dan menarik tidaklah sulit namun memang membutuhkan banyak keringat yang menjadikannya terlihat rumit. Unik dan menarik bukan hanya membuat sebuah produk yang benar-benar baru, tetapi Anda juga bisa menjadikan usaha makanan unik dan menarik yang merupakan sebuah modifikasi dari produk yang sudah ada.

Usaha kuliner jenis ini memang sedang berkembang belakangan. Tak heran produk hasil modifikasi yang sangat unik menjadi sasaran serbuan para pelanggan. Jika masih belum mendapatkan ide apapun tentang makanan unik dan menarik, sebagai langkah awal Anda bisa berkeliling ke sekitar Anda. Berjalanlah ke sekitar rumah Anda atau hingga ke pasar.

Telaah makanan apa yang telah ada dan makanan jenis apa yang belum ada. Jika diperlukan, Anda bisa melakukan pendataan terselubung dengan masyarakat sekitar. Dimulai dari obrolan kecil maka siapa tau akan menjadi ide besar usaha Anda.

Sebagai contohnya, jika di sekitar lingkungan Anda menjual berbagai macam jenis olahan seperti gorengan maka Anda harus membuat usaha kuliner yang menyeimbangkan makanan tersebut.

Anda bisa membuat makanan non gorengan seperti pancake, waffle atau makanan manis lainnya yang tentunya dapat disesuikan dengan selera. Yang harus diingat adalah, sebelum memutuskan untuk membuat sebuah usaha Anda harus menetapkan target pemasaran untuk menghindari adanya kesalahan dalam pemasaran produk.

Untuk lebih mudahnya, Anda juga bisa memanfaatkan sesuatu yang sangat dominan di lingkungan sekitar Anda untuk dijakian sebuah peluang usahan makanan unik.

Beruntunglah Anda tinggal Indonesia, karena apapun dapat diolah menjadi sebuah sajian yang layak, unik dan tentunya memiliki rasa yang pas. Mulai dari umbi-umbian, buah-buahan, sayur mayor atau pun tahu tempe Anda bisa merubahnya menjadi sebuah sajian kuliner yang lebih menarik.

Selain memikirkan peluang usaha makanan unik dan menarik, Anda juga harus memikirkan kualitas dari produk yang Anda jajakan. Jadi, tidak hanya unik dan mendapat perhatian di awal penjualan tetapi Anda juga harus membuat produk Anda lestari dengan melakukan beberapa peningkatan kualitas tentunya.

Untuk itu, tidak hanya membuat produk Anda unggul di awal karena rasa penasaran konsumern tapi buatlah produk Anda menjadi sebuah inspirasi untuk usaha lainnya karena keunikannya.

Baca juga: Ini Dia Tips Usaha Kuliner yang Menjanjikan Pendapatan Tambahan, Tertarik?

Baca juga: Peluang Usaha Kuliner Ringan Modal Kecil Tapi Prospek Cerah

Jika Anda masih belum menemukan ide sama sekali tentang usaha makanan unik, maka mungkin Anda harus bergabung dengan bisnis franchise. Apa itu franchise? Franchise merupakan sebuah kata lain untuk sebuah pemilik suatu brand untuk membuka lebar usahanya dengan cara mecabangkan brandnya.

Bisa dibilang bagi Anda yang ingin bergabung dengan bisnis ini, maka yang Anda lakukan hanyalah menanam modal awal untuk mendapatkan hampir keseluruhan barang mentah hingga fasilitas dari brand yang Anda tanamkan modalnya.

Lebih mudahnya lagi, bisnis franchise dimana Anda hanya berlaku sebagai kontraktor. Dalam satu tahun biasanya Anda diharuskan membayarkan sejumlah uang sebagai modal Anda.

Nyatanya, bisnis jenis ini sangat menguntungkan mengingat para franchiser tidak perlu pusing-pusing membuat sbeuah brand baru dengan produk baru. Yang mereka lakukan hanyalah mengikuti apa yangs udah disajikan oleh sebuah brand tersebut.

Hal ini juga bisa Anda lakukan sebagai sebuah peluang usaha makanan unik dan menarik. Jika dilihat lagi mungkin Mc Donald, KFC, Pizza Hut dan sejenisnya merupakan sebuah brand besar yang tentunya semua orang sudah mengenal brand ini.

Namun, untuk langkah awal Anda bisa menemukan jenis franchise yang lebih terjangkau untuk sebagai starter dalam perjalanan bisnis Anda.

Tips Memilih Franchise Makanan Unik

Sebelumnya, ada baiknya Anda mempertimbangkan beberapa hal sebelum menjatuhkan pilihan kepada brand mana Anda akan melakukan usaha franchise makanan unik. Adapun beberapa langkah yang harus diperhatikan, di antaranya:

  1. Pertimbangkan Kualitas Produk

Langkah paling awal sebelum memutuskan tentunya adlaah mempertimbangkan produk yang akan dipasarkan. Memilih brand yang sudah berkembang namanya bukanlah sebuah acuan yang pasti. Mempertimbangkan kualitas sebuah produk yang akan dipasarkan merupakan hal yang lebih penting mengingat adanya kepuasan dari konsumen.

Langkah termudahnya dalam mempertimbangkan sebuah kualitas produk unuk franchise makanan unik adalah dengan cara memberi produk tersebut untuk dijadikan sebuah tester pribadi.

Jika Anda sudah yakin produk tersebut layak, maka Anda bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.  Selain itu, juga Anda bisa mempelajari sedikit tentang rahasia dibalik ramainya sebuah produk itu diserbu oleh para konsumen.

  1. Pastikan ROI (Reurn on Investment) yang Diberikan

Setelah Anda yakin untuk bergabung dalam kemitraan tersebut, maka langkah berikutnya adalah memulai untuk menanam investasi. Namun ada hal yang harus diperhatikan yaitu mengenai ROI atau Return On Investement. ROI ini sangat penting dalam membuka usaha franchise makanan unik mengingat ini menjadi sebuah nyawa Anda dalam berbisnis.

Memilih sebuah investasi yang sesuai dengan budget Anda merupakan hal yang pasti dan selanjutnya Anda juga harus memperhatikan apakah kemitraan tersebut akan tetap memberikan dukungan terhadap usaha Anda atau tidak.

Ada baiknya jika memilih franchise yang menawarkan berbagai peluang usaha lainnya sehingga Anda juga mengembangan franchise tersebut ke franchise lainnya melalui Anda.

  1. Pelajari Peluang Keuntungan

Jangan terburu-buru untuk mengambil keputusan karena masih ada satu hal lagi yang harus sangat diperhatikan. Mulailah untuk mempelajari dan meliat peluang keuntungan dari sebuah brand dimana Anda akan bergabung.

Dalam tahap ini, Anda membutuhkan kejelihan sehingga tidak ada kesalahan dalam memilih sebuah brand sebagai usaha franchise makanan unik.

Rekomendasi Franchise Makanan Unik

Sudah kebayang ingin join dengan franchise atau memulai usaha makanan unik dan menarik sendiri? Jika masih belum ada gambaran, berikut merupakan beberapa rekomendasi franchise makanan unik yang bisa Anda ikuti.

  1. DoKar (Donat Bakar)

Siapa yang tak mengenal donat? Makanan bulat dengan berbagai macam varian rasa ini memiliki para penikmatnya sendiri di berbagai kalangan. Namun, ada sbeuah brand makanan unik yang memodifikasi donat menjadi sebuah sajian yang unik yaitu Donat Bakar.

Dengan memiliki proses yang berbeda dari donat biasanya, dijamin usaha makanan unik dan menarik ini akan menajdi sebuah peluang usaha yang besar bagi Anda.

Selain produknya yang sangat unik, ternyata untuk membuka franchise Donat Bakar ini tidaklah mahal. Anda hanya membutuhkan uang sekiar 7.5 juta untuk mendapatkan seluruh fasilitas yang diberikan. Selain itu, harga pemasarannya pun sanga bersahabat, yaitu 2000 rupiah untuk sebuah donat. Sangat menggiurkan bukan?

  1. Bubur Bayi Bebi Luck

Usaha unik berbentuk franchise lainnya adalah makanan bayi. Beberapa orang mungkin sudah tidak asing lagi dengan brand Bebi Luck.

Brand ini merupakan sebuah brand yang menawarkan produk makanan sehat untuk bayi. Selain unik, ternyata produk ini juga sudah mendapatkan izin dari dinas kesehatan. Jadi, selain unik produk ini juga sangat aman untuk dipasarkan.

Jika Anda berminat dengan jenis usaha ini, maka Anda hanya perlu menyiapkan budget mulai dari Rp 12.500.000. Berjualan bubur bayi dengan berbagai macam bahan organik tentunya beium umum, untuk itu kesempatan ini bisa menjadi langkah awal bisnis kuliner Anda.

  1. Martabak Mini Afrika Waka-Waka

Sebagai orang Indonesia tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan martabak. Di bawah tanga-tangan kreatif, makanan yang sangat umum ditemukan ini ditambahkan menjadi sebuah produk unggulan yang sangat unik, yaitu Martabak Mini Africa Waka-Waka. Dengan berbagai macam tawaran untuk berinvetasi seara franchise, tentunya Waka-Waka ini menjadi pilihan terbaik untuk memulai sebuah usaha.

  1. Chicken Popop

Makanan berbahan dasar ayam merupakan buruan tersendiri. Tak akan pernah ada habisnya ide-ide unik dalam memodifikasi berbagai macam makanan berbahan dasar ayam menjadi sebuah usaha makanan unik dan menarik.

Salah satunya Chicken Popop yang bisa menjadi pilihan. Mulai dari 6 juta hingga 14 juta, Anda sudah dapat mendirikan franchise ini dengan mudah.

  1. Kingkong Sosis

Usaha makanan unik dan menarik lainnya berasal dari cemilan. Jika Anda tertarik maka And abisa bergabung dengan Kingkong Sosis yang tentunya memiliki pasar yang cukup luas yang dapat mendatangkan keuntungan berkali-kali lipat.

Dengan hanya mengeluarkan uang minimal Rp 5.000.000 maka Anda sudah akan meraup untung lebih dengan membuka salah satu outlet dari Kingkong Sosis ini.

Sudah mendapat ide untuk usaha makanan unik dan menarik Anda? Sebenarnya ada banyak jalan dalam menjalankan sebuah bisnis. Jika Anda lebih tertarik dengan sebuah tantangan, maka Anda bisa memulai bisnis Anda dari awal dari merancang produk hingga membesarkan nama produk atau brand.

Sebaliknya, bukan berarti franchise merupakan sebuah bisnis yang tidak menantang namun tantangan dan resikonya lebih rendah dibandingkan dengan memulai usaha sendiri dari awal.

Terlepas dari itu, sebuah produk pasar yang sangat diminati merupakan sebuah produk yang tak hanya fresh tetapi juga unik sehingga dapat menarik perhatian pasar. Selain itu, manfaat dari produk yang dipasarkan juga menajdi sebuah pertimbangan tersendiri.

Jadi, jika Anda mendirikan sebuah usaha makanan unik Anda juga harus memikirkan apa produk tersebut memang benar-benar yang dibutuhkan oleh target pemasaran Anda. Jika hal tersebut tidak dipikirkan matang-matang maka jangan berharap jika suatu saat usaha makanan unik dan menarik Anda tidak akan bertahan lama.

Leave a Reply