Bisnis Online Tanpa Modal dengan Untung Maksimal

Mendapatkan uang dapat diperoleh dengan berbagai cara. Selain bekerja pada orang lain atau di perusahaan tertentu, kita juga bisa memulai bisnis sendiri.

Bisnis terbagi menjadi dua macam. Yang pertama adalah bisnis offline, dan satunya lagi adalah bisnis online.

Sesuai namanya, bisnis offline kita kerjakan tanpa menggunakan internet. Jenis bisnis online yang banyak ditekuni di antaranya adalah membuka toko kelontong, beternak ayam, menjadi guru les privat untuk anak-anak di sekitar rumah, dan lain sebagainya.

Sedangkan bisnis online dapat kita jalani dengan menggunakan bantuan internet. Bisnis online sekaligus merupakan salah satu bentuk dari kecanggihan teknologi di mana kita bisa mencari uang lewat internet dengan lebih mudah dan murah.

Bisnis Online, Bisnis Modal Kecil Rumahan

Mengapa murah? Ini karena dengan berbisnis melalui internet, kita tidak perlu mengeluarkan banyak modal terutama untuk menyewa kios, ruko atau membeli etalase guna memajang barang dagangan. Media yang kita gunakan dalam berbisnis adalah media online, sehingga modal utama yang dibutuhkan ialah koneksi internet.

Dari beragam banyaknya bisnis online tanpa modal besar yang ada, salah satu yang paling populer adalah berjualan online. Kita bisa memanfaatkan aneka platform mulai dari website, blog, media sosial hingga marketplace sebagai tempat berjualan.

Banyak barang yang bisa kita jual secara online. Sebut saja mulai dari pakaian, buku, tas, sepatu, makanan, minuman hingga barang berharga seperti elektronik dan perhiasan. Kita bahkan bisa menjual barang bekas yang masih dalam keadaan layak pakai.

Pic Source: Pixabay.com

Cara Jualan Online Sistem Dropship

Lalu, bagaimana jika kita hendak berjualan online, namun belum memiliki barang untuk dijual? Solusi bisnis online tanpa modal yang dapat kita jalankan adalah dengan menjadi dropshipper.

Dropship merupakan salah satu teknik dalam berjualan online yang memungkinkan kita untuk tidak mengurus pengiriman dan juga stok barang. Dengan menjalankan sistem dropship, kita bisa menghemat banyak waktu dan juga tenaga.

Sistem dropship sendiri sangat sederhana. Dalam berjualan, dibutuhkan pihak ketiga atau supplier yang menyediakan barangnya. Apabila ada pembeli yang hendak membeli pada kita, maka yang perlu kita lakukan adalah meneruskan pesanan pada supplier. Supplierlah yang nanti akan mengirim barang pesanan tersebut atas nama kita.

Mudah, sederhana, dan tetap menguntungkan. Tidak heran apabila sistem dropship banyak dipraktekkan.

Bagaimana tata cara dalam melakukan dropship, keuntungan serta kerugiannya? Simak penjelasan di bawah ini baik-baik.

  • Tentukan Barang yang Dijual

Pertama, kita tentukan dulu barang apa yang hendak dijual dalam bisnis online tanpa modal besar lewat sistem dropship ini. Biasanya, barang yang banyak dijual adalah pakaian. Maka, kita cari toko atau supplier yang menyediakan sistem dropship.

Beberapa toko atau supplier mungkin akan memberikan syarat tertentu untuk para dropshipper. Misalnya, untuk bisa menjadi dropshipper maka kita harus membeli barangnya terlebih dahulu sebanyak sekian buah. Namun, ada juga toko atau supplier yang tidak memberlakukan syarat apapun.

Setelah mendaftar untuk menjadi dropshipper pada supplier atau toko tertentu, maka kita bisa mengupload foto-foto barang dagangan milik supplier di website atau akun media sosial kita sendiri.

  • Tentukan Harga Barang

Kita dapat memasang harga yang lebih tinggi daripada harga beli dari supplier. Margin harga inilah yang akan menjadi keuntungan kita.

Sebagai contoh, sepotong pakaian seharga delapan puluh ribu rupiah dari supplier kita jual seharga seratus ribu rupiah. Maka selisih dua puluh ribu rupiah itu akan menjadi keuntungan bagi kita.

Bisnis online tanpa modal ini akan mulai berjalan saat ada pembeli yang hendak memesan barang pada kita. Misalnya, pakaian yang kita beri harga seratus ribu rupiah tersebut dipesan oleh seorang pembeli. Kita mencatat pesanan pembeli seperti nama, alamat, nomor telepon dan barang yang hendak dibeli.

  • Sistem Dropship

Pembeli akan mentransfer uang sebesar seratus ribu rupiah sebagai pembayaran pakaian yang dibelinya. Setelah itu, kita mentransfer uang sebesar delapan puluh ribu rupiah pada supplier serta memberikan data-data pembeli seperti nama, alamat, nomor telepon serta kode barang yang dibeli.

Supplier akan mengirim barang tersebut ke alamat pembeli atas nama kita. Sementara kita akan mendapat keuntungan sebesar dua puluh ribu rupiah dari selisih antara harga beli dari supplier dan harga jual kita kepada pembeli.

Begitulah bisnis online tanpa modal ini berjalan. Kita tidak perlu mengeluarkan modal karena yang kita butuhkan adalah media online sebagai tempat berjualan saja. Dan media online ini juga dapat kita buat secara gratis, seperti akun jejaring sosial ataupun marketplace.

Kita juga tidak perlu melakukan pengiriman barang ataupun menyediakan barangnya secara langsung. Tugas kita sebagai penjual dalam sistem dropship hanyalah meneruskan pesanan dari pembeli pada supplier.

Keuntungan dan Kerugian Menjadi Dropshipper

Bisnis online baju tanpa modal ini sudah banyak dicoba dan terbukti memberikan pemasukan dalam jumlah yang lumayan. Selain itu, bisnis dropship juga layak dicoba oleh kita yang masih pemula dalam berjualan online dan belum memiliki barang sendiri untuk dijual.

Keuntungan lain dari bisnis ini adalah kita terhindar dari kerugian. Apabila tidak ada orang yang membeli barang dagangan kita, maka kita tetap tidak akan merugi karena kita tidak membeli barangnya langsung dari supplier.

Kita toh hanya memajang foto barang dagangan supplier dan menjualnya dengan harga lebih tinggi. Kalau tidak ada yang membeli, maka keuntungan kita nol namun kerugian kita juga nol.

Bisa dikatakan, bisnis online baju tanpa modal ini tidak memiliki resiko sama sekali.

Bisnis ini juga cocok digeluti oleh pelajar atau mahasiswa karena tidak menyita banyak waktu. Kita bisa menjalankannya di waktu luang atau di sela-sela waktu belajar.

Namun, bisnis online baju tanpa modal ini juga memiliki beberapa kekurangan.

  • Pertama, margin keuntungan yang didapat cukup rendah. Jika kita melakukan mark up harga dari supplier yang terlalu tinggi, besar kemungkinan kita justru tidak akan mendapat pembeli sama sekali. Namun, biasanya supplier akan memberi harga yang lebih rendah untuk para dropshipper. Walau tak sedikit juga supplier yang menyamakan harga untuk pembeli biasa ataupun untuk dropshipper.
  • Kedua, kita tidak bisa memastikan ketersediaan stok karena barang berada di supplier. Bisa jadi, ketika pembayaran dari pembeli telah diterima dan hendak diteruskan pada supplier, barang yang dibeli justru tengah kosong stoknya. Tentu kita harus mengembalikan uang pembeli atau meminta pembeli menunggu hingga barang tersedia kembali.
  • Ketiga, kita juga tidak bisa melakukan quality control terhadap barang yang dijual dan dikirim. Kita tidak bisa memastikan apakah barang masih dalam keadaan baik saat dikirim. Kita juga tidak bisa melihat langsung apakah barang dibungkus secara rapi dan aman saat hendak dikirim.

Karena itulah, penting untuk memperhatikan aneka tips dalam bisnis online baju tanpa modal ini.

Pertama, pilihlah supplier yang terpercaya. Kita bisa memilihnya dari penjual yang memang sudah memiliki reputasi bagus dalam hal jual beli online. Supplier yang terpercaya akan bisa kita andalkan dalam hal kepuasan pelanggan serta pengiriman yang dijamin aman.

Kedua, sebagai pemula dalam bidang bisnis online baju tanpa modal, kita bisa menerapkan mark up harga dari supplier yang rendah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar kita dapat menjaring pembeli dan pelanggan sebanyak-banyaknya terlebih dahulu.

Setelah kita sudah cukup mengumpulkan pelanggan, barulah kita mulai melakukan mark up harga yang sedikit lebih tinggi dan mendapat keuntungan lebih dari jadi dropship tanpa modal ini.

Ketiga, rajin-rajinlah mengecek ketersediaan stok di supplier. Pastikan kita mendapat update terbaru mengenai stok barang yang dijual dari supplier. Ini untuk mencegah agar jangan sampai barang yang dibeli oleh pelanggan kita ternyata kosong stoknya.

Baca juga: Berbagai Cara Mendapatkan Uang Online Secara Mudah dari Rumah!

Baca juga: Cara Mendapatkan Uang Dari Internet Secara Cepat dan Mudah

Selain itu, jangan lupakan pula bahwa walaupun kita jadi dropship tanpa modal, namun kepuasan pelanggan tetap berada di tangan kita. Ini karena pelanggan membeli langsung kepada kita, bukan kepada supplier kita. Apabila ada komplain dari pelanggan, maka kitalah yang harus turun tangan langsung dalam menanganinya.

Bisnis dropship ini jelas berbeda dengan bisnis afiliasi. Dalam bisnis afiliasi, sama saja seperti kita mempromosikan usaha orang lain dengan menyebar link tempat orang tersebut berjualan. Dari setiap pembeli yang memesan melalui link afiliasi yang kita pasang, maka kita akan mendapat komisi.

Optimasi dengan Website Pribadi

Dalam menjalankan bisnis dropship, kita bisa melakukannya melalui berbagai media online. Sebut saja seperti website, blog pribadi, media sosial hingga marketplace.

Kita dapat membuat website sendiri sebagai tempat berjualan. Membuat website tidak membutuhkan biaya apapun, kecuali apabila kita menginginkan website premium yang bisa dipesan dengan biaya tertentu.

Sebagai pebisnis online pemula, mulailah dari media berjualan online yang tidak membutuhkan biaya dalam proses pembuatannya.

Pertama adalah blog. Membuat blog di WordPress atau Blogger dapat dilakukan secara gratis tanpa biaya pendaftaran. Kita juga bisa mengatur template sesuai keinginan.

Kita juga bisa membuat akun media sosial tambahan yang secara khusus digunakan untuk berjualan. Biasanya, media sosial yang digunakan untuk menjual barang secara online adalah Facebook serta Instagram.

Mendaftarkan akun media sosial juga gratis tanpa biaya. Kita bisa membuat akun baru tanpa harus mengeluarkan biaya. Setelahnya, kita cukup mengupload foto barang dagangan disertai caption berisi harga, spesifikasi serta nomor kontak yang dapat dihubungi.

Menggunakan akun media sosial terutama memiliki kelebihan dari segi banyaknya jumlah pengguna yang ada di Indonesia. Kita bisa menjaring lebih banyak pembeli potensial.

Selain menggunakan media sosial, kita juga bisa jadi dropship tanpa modal melalui marketplace. Sekarang sudah banyak bermunculan marketplace yang merupakan pasar online di mana terdapat banyak penjual dalam satu website yang sama.

Keuntungan menggunakan marketplace adalah tempat yang sudah ramai dan banyak terdapat pembeli di sana. Kita dapat dengan lebih mudah menemukan calon pembeli yang berpotensi akan tertarik serta membeli barang dagangan kita.

Semua media berjualan online tersebut dapat kita manfaatkan sebagai tempat bisnis online baju tanpa modal dengan menggunakan sistem dropship. Kita cukup memajang foto dari supplier dan memasarkannya agar dapat menarik pembeli.

Di mana pun tempat yang kita pilih untuk berjualan, selama kita menjalaninya dengan serius dan sungguh-sungguh, usaha ini akan dapat menghasilkan keuntungan yang cukup banyak. Dan, bukan tidak mungkin hasil dari usaha dropship akan dapat memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Selamat memulai bisnis dropship!

Leave a Reply