Cara Daftar Paspor Online Mudah dan Cepat

Bagi Anda yang ingin bepergian keluar negeri pasti Anda wajib memiliki paspor. Lalu apa sih paspor itu? Paspor merupakan salah satu dokumen resmi yang dikeluarkan oleh pihak berwajib tertentu yang mana di dalamnya terdapat identitas orang tersebut.

Paspor hanya digunakan untuk bepergian ke antar negara. Memiliki paspor sangatlah penting. Terutama jika Anda akan bepergian keluar negeri. Anda tentu harus membuat paspor. Saat ini, membuat paspor dapat dilakukan dengan mudah.

Anda bisa daftar paspor online. Dengan adanya perkembangan teknologi yang semakin berkembang pesat menjadikan manusia menjadi mudah untuk melakukan berbagai macam hal.

Terutama dalam mengurus dokumen-dokumen penting salah satunya yaitu paspor. Saat ini sudah dapat dilakukan dengan sistem online. Dengan adanya kebijakan baru ini, Anda tidak perlu mengunjungi tempat pembuatan paspor.

Kegunaannya yang hampir sama dengan kartu identitas, tak sedikit orang menyamakan paspor dengan visa. Padahal, keduannya berbeda. Cara membuat paspor dan visa memang selalu berdampingan.

Visa memiliki fungsi dan peranan yang sama. Sebagai bukti resmi yang dikeluarkan oleh pemerintah negara sehingga dapat digunakan untuk bepergian ke antar negara.

Visa biasanya berupa sticker yang menyatakan bahwa paspor tersebut adalah resmi dan dapat digunakan untuk bepergian. Sticker ini bisa Anda lihat di dalam paspor.

Setiap orang yang akan melakukan perjalanan ke luar negeri tentu memiliki tujuan masing-masing. Dalam daftar paspor online juga dibedakan sesuai dengan tujuan Anda melakukan perjalanan.

Source Pic: Pixabay.com

Jenis Paspor dan Fungsinya

Paspor dibedakan menjadi 6 jenis. Yaitu paspor biasa, paspor diplomatik, paspor dinas, paspor orang asing dan paspor kelompok serta paspor umroh dan haji.

Paspor biasa merupakan salah satu paspor yang dikeluarkan oleh Ditjen Keimigrasian, Kementrian Hukum, dan HAM. Paspor ini digunakan untuk perjalanan biasa misalnya berlibur ke luar negeri. Umumnya, di Indonesia paspor ini memiliki sampul yang berwarna hijau.

Sehingga saat Anda daftar paspor online untuk keperluan perjalanan biasa, Anda bisa memilih membuat paspor biasa.

Tak jauh berbeda dengan paspor biasa, paspor diplomatik juga digunakan untuk bepergian ke luar negeri namun dengan tujuan diplomatik. Paspor ini dikeluarkan dan hanya dapat digunakan oleh beberapa orang tertentu saja.

Paspor yang biasanya memiliki sampul warna hitam ini dikeluarkan oleh KEMENLU (Kementerian Luar Negeri) dan pemegangnya memiliki kemudahan serta kekebalan hukum di negara yang mereka tugaskan.

Berbeda lagi dengan paspor dinas atau resmi. Paspor ini dikeluarkan oleh Kementerian Luar Negeri yang disahkan oleh Sekretariat Negara untuk digunakan oleh petugas administrasi maupun teknisi yang bertugas untuk melakukan hubungan diplomatik di luar negeri seperti konsulat dan kedutaan.

Paspor dinas atau resmi ini biasanya bersampul warna biru. Paspor ini selain digunakan oleh kedutaan maupun konsulat juga bisa digunakan oleh pegawai negeri sipil yang diberi tugas ke luar negeri untuk urusan diplomatik.

Ada pula jenis paspor yang dikeluarkan untuk orang yang bukan dari negaranya. Paspor ini biasanya disebut dengan paspor orang asing.

Selain itu, jenis paspor yang lainnya yaitu paspor kelompok yang dikeluarkan untuk kelompok. Paspor ini sering dibuat untuk keperluan perjalanan liburan sekolah.

Sehingga untuk mempermudah  Anda membuat secara kelompok, terdapat paspor kelompok ini. Jenis paspor yang terakhir yaitu paspor umroh dan haji. Umroh dan haji merupakan perjalanan beribadah yang dilakukan ke luar negeri yaitu Saudi Arab, Mekkah.

Sehingga sebelum menempuh perjalanan tersebut, biasanya Anda harus daftar paspor online untuk keperluan ibadah haji dan hanya digunakan oleh beberapa orang saja yang akan melaksanakan ibadah haji maupun umroh.

Setelah mengetahui jenis-jenis paspor yang disesuaikan dengan tujuan perjalanan Anda ke luar negeri, untuk daftar paspor online, terdapat beberapa persyaratan yang harus Anda lengkapi.

Beberapa dokumen yang harus Anda lengkapi untuk membuat paspor biasa akan dibedakan antara WNI yang berdomisili di Indonesia dengan anak WNI yang berdomisili di Indonesia serta calon TKI yang berdomisili Indonesia akan berbeda dengan pembuatan paspor WNI yang berdomisili di luar Indonesia.

Secara garis besar, dokumen yang diperlukan yaitu kartu tanda penduduk, kartu keluarga, buku nikah bagi yang sudah menikah, surat baptis bagi yang non muslim, atau bisa menggunakan akta kelahiran.

Anda juga wajib menyertakan surat kewarganegaraan Indoensia. Biasanya, surat ini dimiliki oleh orang yang memilih untuk menjadi seorang warga negara Indonesia setelah melalui beberapa ketentuan seperti naturalisasi.

Bagi Anda yang telah mengganti nama, Anda juga wajib menyertakan surat penetapan ganti nama dari yang berwenang. Bagi Anda yang sudah memiliki paspor, Anda juga bisa menyertakan paspor biasa Anda yang lama. Biasanya diperlukan untuk memperpanjang paspor.

Sedangkan bagi Anda yang akan daftar paspor online untuk keperluan kerja di luar negeri sebagai TKI, Anda wajib menyertakan surat rekomendasi permohonan paspor untuk calon tenaga kerja Indonesia.

Biasanya surat ini dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja wilayah setempat. Mendaftar paspor secara online memang dapat mempermudah Anda untuk mengurus segala macam keperluan Anda.

Dengan melengkapi beberapa dokumen tersebut, Anda sudah bisa mendaftarkan diri Anda untuk membuat paspor biasa. Paspor biasa memang menjadi salah satu jenis paspor yang paling banyak dibuat oleh semua orang.

Pasalnya, paspor biasa ini memiliki fungsi yang dapat digunakan untuk bepergian keluar negeri. Dan semua orang bisa memiliki paspor ini.

Cara Daftar Paspor Online

Cara pembuatan paspor online saat ini tergolong mudah, berikut ini adalah cara daftar paspor online yang mudah.

  • Hal pertama yang harus Anda lakukan yaitu pastikan semua berkas yang dibutuhkan sudah lengkap sehingga Anda dapat unggah dan menyelesaikan pendaftarannya dengan mudah.
  • Setelah semua berkas yang disyaratkan telah lengkap, Anda bisa mengunjungi situs resmi Direktorat Jenderal Imigrasi Kementerian Hukum dan HAM Republik Indonesia yaitu imigrasi.go.id
  • Setelah itu, Anda wajib mengisi dan melengkapi dokumen-dokumen yang diperlukan tersebut. Dokumen yang disyaratkan biasanya berupa data elekronik sehingga pastikan Anda telah scan atau memindai data tersebut terlebih dahulu.
  • Setelah daftar paspor online selesai, Anda akan diberikan surat tanda terima dan cetak bukti pendaftaran serta kode pembayaran. Setelah itu, Anda bisa mendatangi kantor imigrasi untuk penerbitan paspor.

Setelah selesai pendaftaran online, untuk menerbitkan suatu paspor, masih ada beberapa hal yang harus Anda lakukan.

Mulai dari pemeriksaan kelengkapan dan keaslian persyaratan hingga adjudikasi. Saat mendatangi kantor imigrasi, semua dokumen yang telah Anda lampirkan akan dicek kembali oleh pejabat yang berwenang.

Setelah itu, Anda juga harus memperlihatkan bukti pendaftaran serta bukti pembayaran yang telah Anda lakukan sebelumnya.

Baca juga: Ingin jadi Pengusaha Online? Ini Cara Bisnis Online dari Awal

Baca juga: Tips Agar Cara Cepat Kaya dan Ide Bisnis Menguntungkan

Biaya pendaftaran pembuatan paspor berbeda-beda tergantung dengan halaman yang Anda ajukan. Untuk paspor biasa yang memiliki 48 halaman, biasanya akan memakan biaya mencapai 300 ribu rupiah.

Sedangkan untuk paspor biasa elektronik atau yang sering disebut dengan e-passport dengan 48 halaman, akan memakan biaya 600 ribu rupiah. Anda juga bisa daftar paspor online dengan halaman yang lebih sedikit yaitu 24 halaman. Biaya untuk paspor 24 halaman biasanya 100.000 rupiah.

Setelah melakukan beberapa tahap penerbitan paspor, Anda juga diwajibkan untuk melakukan pengambilan foto dan sidik jari. Hal tersebut digunakan untuk mempermudah identifikasi diri serta sebagai salah satu bukti resmi paspor milik Anda.

Setelah daftar paspor online dan menjalani beberapa tahapan setelah pendaftaran, Anda juga akan diwawancarai oleh pihak imigrasi untuk mendapatkan informasi detail dan mencocokkan data diri Anda maupun hal lainnya yang diperlukan.

Dalam waktu pengurusannya, paspor membutuhkan kurang lebih 4 hingga 7 hari mulai dari pendaftaran hingga wawancara dan pengambilan. Waktu untuk wawancara biasanya akan di tentukan oleh pihak kantor imigrasinya.

Sehingga Anda harus mempersiapkan diri. Pastikan untuk tidak telat saat wawancara. Hal tersebut dilakukan untuk menghindari hangusnya wawancara dan pembuatan passport. Daftar paspor online dapat dibatalkan apabila Anda tidak mendatangi kantor untuk wawancara.

Waktu yang diberikan maksimal 30 hari setelah pemanggilan. Jika pendaftar tidak melakukan wawancara maka paspor tersebut akan hangus.

Setelah semua tahapan tersebut selesai, paspor Anda akan diverifikasi dan diserahkan kepada Anda.

Namun, jika terdapat beberapa dokumen yang belum terpenuhi atau belum lengkap, petugas akan mengembalikan dokumen tersebut beserta dengan catatan dokumen apa saja yang belum terpenuhi.

Biasanya, waktu yang diperlukan untuk pengembalian dokumen yaitu satu hari setelah pendaftar mendaftarkan diri. Masa berlaku paspor yaitu 5 tahun setelah paspor tersebut diterbitkan.

Pembuatan paspor online yang membutuhkan waktu sedikitnya 4 hingga 7 hari ini hanya dapat dilakukan di Direktorat Jenderal Imigrasi yang resmi.

Jika Anda kesulitan dalam pengisian formulir secara online, Anda bisa mendatangi langsung kantor imigrasi terdekat setempat. Dengan membuat paspor ditempat yang resmi, Anda akan diarahkan secara langsung dan mudah.

Anda mungkin akan menemukan beberapa orang yang berbuat nakal dan berlaku sebagai calo untuk pembuatan paspor. Pastikan Anda tidak terpengaruh pada calo. Calo yang menawarkan bantuan untuk membuat paspor justru akan menyesatkan dan mempersulit Anda.

Selain akan dikenakan biaya yang cukup mahal hingga 2x lipat dari harga yang sudah ditetapkan, membuat paspor melalui calo termasuk ke dalam suatu tindakan yang illegal. Hal tersebut bisa menjadi salah satu modus penipuan yang sering dilakukan oleh beberapa orang.

Daftar paspor online pada website resmi Direktorat Jenderal Imigrasi, selain akan diberikan tata cara yang mudah, Anda bisa mendapatkan informasi yang lengkap mengenai cara pembuatan, persyaratan bahkan Anda dapat mengakses informasi mengenai berapa detail pembayaran untuk membuat suatu paspor.

Biaya pembuatan paspor biasa akan berbeda dengan pembuatan paspor untuk umroh dan haji maupun jenis paspor lainnya.

Tidak hanya membuat paspor saja, Anda juga bisa mengurus segala macam keperluan Anda seperti membuat visa, memperpanjang paspor serta membuat cadangan atau pembuatan kembali akibat paspor lama hilang dengan mudah.

Visa dan paspor menjadi mudah untuk diurus hanya dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi serta koneksi internet. Daftar paspor online juga akan sangat mudah dilakukan dan dapat dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Anda hanya perlu menyisihkan waktu luang Anda, dan paspor Anda akan segera diurus oleh pihak imigrasi yang berwenang dengan cepat.

Leave a Reply