Cara Gampang Membuat Virtual Credit Card

Apakah Anda sering belanja online? Cara pembayaran seperti apa yang sering Anda gunakan?

Terkadang, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk melakukan pembayaran transaksi online yang tidak bisa dilakukan dengan akun bank lokal.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya? Pilihan yang bisa Anda gunakan adalah dengan memanfaatkan Virtual Credit Card (VCC).

Nah, mungkin bagi Anda yang masih baru dalam hal membayar online dengan sistem ini, berikut Anda bisa secara lebih dalam mempelajari apa itu VCC, bagaimana cara membuat serta menggunakannya.

gambar Virtual Credit Card

Pic Source: Pixabay.com

Apa Itu Virtual Credit Card?

Virtual Credit Card (VCC) atau dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Kartu Kredit Virtual merupakan sistem pembayaran transaksi online tanpa mengenakan kartu kredit konvensional.

Sesuai dengan namanya, VCC ini bersifat virtual bukan fisik seperti kartu kredit pada umumnya. Namun, VCC memiliki nomor kartu, jenis kartu (Visa atau Mastercard), tanggal kadaluarsa, serta data-data lainnya mirip dengan kartu kredit fisik.

Jangan khawatir, VCC ini bersifat legal karena penggunaannya akan dikoneksikan dengan kartu kredit fisik atau ditransfer melalui transfer perbankan.

Jadi, uang yang ada di dalam VCC merupakan uang sungguhan. VCC juga memiliki tanggal kadaluarsa mulai dari 4 bulan, 1 tahun, 2 tahun, hingga 8 tahun. Sebagian besar pengguna lebih memilih VCC dengan jangka kadaluarsa untuk 1 tahun saja.

Baca juga: Tabungan Pendidikan Anak Terbaik

Kelebihan Menggunakan VCC

Virtual Credit Card sangat bermanfaat bagi Anda yang tidak memiliki atau tidak bisa membuat kartu kredit. Sering transaksi online harus dilakukan dengan menggunakan kartu kredit atau sistem pembayaran elektronik seperti PayPal.

Sedangkan, untuk membuka akun PayPal dibutuhkan kartu kredit. Akan tetapi, banyak yang tidak mau atau tidak bisa membuat kartu kredit, sehingga mereka mengalami kesulitan saat pembayaran.

Nah, hadirlah VCC sebagai solusi permasalahan tersebut. Bagi pengguna internet yang sering melakukan transaksi online, kehadiran VCC ini digunakan sebagai pengganti kartu kredit fisik.

VCC biasanya digunakan untuk verifikasi PayPal, sehingga Anda tidak perlu repot membuat kartu kredit fisik. Dibandingkan PayPal yang berfungsi sebagai mata uang digital, VCC lebih erat fungsinya selayaknya kartu kredit.

Proses verifikasinya pun lebih cepat yaitu hanya dalam waktu 1×24 jam saja. Tidak seperti kartu kredit yang membutuhkan waktu hingga 3-4 hari kerja.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakannya untuk membeli aplikasi online, membeli akun Google Play Developer, membeli domain, dan belanja online yang tidak dapat dibayar dengan menggunakan rekening bank lokal.

Jadi, dapat dikatakan bahwa VCC ini merupakan sarana belanja online untuk membantu transaksi pembayaran Anda menjadi lebih mudah dan praktis.

Kemudahan yang ditawarkan oleh Virtual Credit Card inilah yang membuatnya menjadi tren dalam transaksi online. Bahkan, banyak yang mulai beralih menggunakan VCC ketimbang kartu kredit fisik.

Selain itu, mereka juga memanfaatkan VCC untuk melindungi kartu kredit mereka. Terkadang, pengguna kartu kredit sering mengalami kebobolan data-data akibat ulah orang yang tidak bertanggung jawab ketika sedang melakukan transaksi online.

Dengan menggunakan VCC ketimbang kartu kredit fisik, tentunya Anda bisa meminimalisir kejadian tersebut.

Cara Gampang Membuat VCC

Banyak sekali agen online yang menyediakan jasa untuk membuat Virtual Credit Card gratis melalui situs-situs di internet.

Contohnya ada Netteler, EntroPay, Wirex, dan masih banyak lainnya. Di sini, kita akan mencoba membuat VCC dengan menggunakan situs EntroPay, caranya sebagai berikut.

  • Buka alamat website Entropay.com dan daftarkan diri Anda dengan mengklik “Sign-Up Now”
  • Isi data diri Anda sesuai dengan ketentuan yang diminta pada situs tersebut, meliputi nama, tanggal lahir, asal negara, alamat email, nama akun, dan password. Setelah semua data terisi, klik “Get Your Card.”
  • Selanjutnya, Anda akan diminta untuk memasukkan informasi kartu kredit yang Anda miliki yang berlogo Visa atau MasterCard. Selain itu, pastikan bahwa Anda sudah mempunyai token untuk bisa melakukan transaksi online.
  • Pada pilihan “Choose Your Top-up Amount”, ganti mata uangnya menjadi dollar ($). Minimal saldo awal harus terisi $5.
  • Pastikan semua data telah diisi dengan benar, kemudian klik tombol “Confirm Details” untuk menuju pilihan top-up.
  • Anda akan dibawa menuju website lembaga perbankan yang menyediakan jasa kartu kredit Anda untuk melakukan proses transaksi top-up.
  • Setelah itu, Anda akan mendapatkan kode verifikasi Virtual Credit Card melalui pesan singkat. Jadi pastikan ponsel dan nomor Anda aktif, serta telah terdaftar pada sistem SMS banking.
  • Kembali ke website bank dan isi kode verifikasi yang Anda terima. Pilih “OK”
  • Jika transaksi berhasil, maka Anda akan mendapat informasi bahwa VCC Anda telah berhasil ditop-up.

Selain menggunakan jasa online di atas, Anda juga bisa memanfaatkan salah satu bank yang memang secara resmi memiliki fitur Virtual Credit Card khusus bagi nasabahnya.

Contohnya adalah CIMB Niaga dengan fitur VCC OctoPay. Sayangnya, fitur ini hanya dibatasi untuk penggunaan transaksi via Facebook saja. Syarat penggunaan OctoPay juga mudah. Anda cukup memiliki rekening CIMB Niaga, maka Anda bisa menggunakan fitur tersebut.

Masih ada bank lain yang memberikan fasilitas serupa, yaitu berupa debit online atau virtual account yang memiliki sistem kerja seperti VCC.

Contohnya, KlikPay merupakan Virtual Credit Card BCA atau fitur debit online yang ditawarkan bank BNI dan bank Mandiri. Namun syaratnya, Anda harus memiliki rekening atau kartu kredit di bank terkait agar bisa mengakses fitur tersebut.

Baca juga: Tips Kredit HP Tanpa Kartu Kredit

Baca juga: Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Tips Sebelum Membuat VCC

Perlu diperhatikan, walaupun proses pembuatan Virtual Credit Card ini terbilang mudah, namun Anda tetap perlu berhati-hati untuk menghindari adanya penipuan berkedok jasa pembuatan VCC. Untuk menghindari agen VCC palsu, sebaiknya Anda mengikut tips di bawah ini.

1) Kontak Jasa Penyedia VCC

Menghubungi pihak customer service dari agen penyedia jasa VCC yang bersangkutan. Jika Anda merasa bahwa pelayanan yang mereka berikan tidak jelas dan bersifat lambat, sebaiknya Anda menghindari agen tersebut.

Agen berpengalaman biasanya mampu memberikan pelayanan terbaik dan cepat kepada pelanggannya.

2) Kredibilitas Perusahaan

Cek tanggal pendirian situs tersebut. Hal ini penting karena semakin lama suatu perusahaan atau situs tersebut telah berdiri, maka artinya ia semakin bonafid.

Anda bisa mengeceknya melalui situs whois.com dengan cara memasukkan nama website agen dan klik “search.” Secara otomatis, Anda akan disuguhi informasi mengenai tanggal daftar dan tanggal kadaluarsa dari situs tersebut.

Situs yang terpercaya idealnya memiliki umur minimal 3 tahun.

3) Pilih Agen Terpercaya

Car informasi mengenai agen yang terpercaya. Anda bisa mengakses forum diskusi online atau seseorang yang telah memiliki pengalaman dalam menggunakan VCC.

Mintalah saran mereka untuk memberikan informasi mengenai agen VCC online yang terpercaya.

Nah, sekarang Anda sudah mempelajari apa saja manfaat dan kemudahan dalam menggunakan Virtual Credit Card (VCC). Dengan menggunakan VCC, pengalaman transaksi online Anda akan menjadi lebih mudah, cepat, dan menyenangkan. Selamat mencoba!

Leave a Reply