Cara Lengkap dan Tepat Mengurus Balik Nama Mobil 2017

Apakah Anda baru saja membeli mobil bekas?

Beberapa orang mungkin memiliki keterbatasan dana untuk membeli mobil baru. Jadi, mereka lebih memilih untuk membeli mobil bekas yang kondisinya masih oke.

Atau, di lain pihak, Anda mungkin memang seorang kolektor mobil bekas. Tentu, di mana hal tersebut bisa jadi peluang investasi Anda di masa depan.

Apapun alasannya, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengurus segala kelengkapan berkasnya. Tugas pertama Anda di sini adalah untuk mengganti atas nama kepemilikan mobil.

Menggantinya dari nama sang pemilik lama agar secara resmi ada di bawah nama Anda.

Ketika ingin atau tengah mengurus, pasti pertanyaan ini yang mungkin sering terlintas di pikiran Anda, yaitu “berapa sih biaya balik nama mobil?”

Iya, bukan?

Jika iya, mari kita cari tahu lebih dalam bagaimana cara dan berapa biaya balik nama mobil 2017 agar Anda lebih update lagi.

gambar Biaya balik nama mobil

Pic Source: Pixabay.com

Mengapa Kita Perlu Mengurus Balik Nama?

Mengurus balik nama kendaraan sangat penting dalam memberikan kemudahan bagi Anda kedepannya. Mengapa?

Hal tersebut dikaitkan dengan urusan ketika membayar pajak kendaraan. Ketika membayar pajak, Anda harus menggunakan KTP pemilik yang tertera pada surat kendaraan.

Tidak boleh KTP Anda yang tidak tertera di sana, ya?!

Nah, bayangkan jika bukan nama Anda yang tertera di surat kendaraan! Maka Anda harus bolak-balik pergi meminjam KTP pemilik kendaraan yang lama. Repot, kan?!

Maka dari itu, demi kemudahan dan efisiensi ke depannya, segera urus proses balik nama mobil Anda!

Baca juga: Pembuatan Paspor Online Kini Tak Antri di Kantor Imigrasi!

Baca juga: Cara Daftar Paspor Online Mudah dan Cepat

Persiapan Sebelum Mengurus Balik Nama Mobil

Ingat! Sebaiknya, jangan asal datang saja ke kantor polisi atau Samsat, ya?!

Ada beberapa dokumen yang dianjurkan untuk dipersiapkan terlebih dahulu sebelum mengurus balik nama mobil Anda. Dokumen tersebut, meliputi:

  • STNK asli dan telah difotokopi
  • BPKB asli dan telah difotokopi
  • Fotokopi KTP pemilik lama dan pemilik baru
  • Bukti kuitansi jual beli kendaraan yang sah dan telah ditempeli materai sebesar Rp 6,000
  • Sejumlah uang untuk membayar administrasi biaya balik nama mobil

Cara Mengurus Balik Nama Mobil

Apa ini pertama kalinya Anda secara langsung mengurus balik nama mobil?

Jika iya, berikut terdapat beberapa tahapan akan Anda jalani selama mengurus balik nama kendaraan.

  • Pastikan seluruh dokumen yang diperlukan telah dibawa.
  • Datanglah ke Samsat untuk melakukan pengecekan fisik mobil. Tidak usah bingung karena begitu sampai di sana petugas akan membantu Anda menunjukkan lokasi pengecekan atau jalur mana yang perlu kendaraan Anda lewati.
  • Ketika di lokasi pengecekan fisik mobil, petugas akan meminta Anda untuk membuka kap mesin. Hal ini dilakukan agar petugas bisa mencatat nomor mesin mobil dan nomor rangka di formulir pengecekan fisik kendaraan Anda.
  • Setelah pengecekan fisik mobil selesai, Anda akan menerima formulir untuk mengisi data kendaraan sesuai dengan yang tertera pada STNK mobil. Pastikan seluruh data terisi dengan tepat dan cermat.
  • Serahkan formulir yang telah diisi beserta STNK asli kepada petugas. Data akan diproses oleh petugas. Setelah selesai, nama Anda akan dipanggil sesuai dengan nama yang ada di STNK asli.
  • Saat dipanggil, Anda akan diminta untuk mengumpulkan berkas-berkas, meliputi formulir cek fisik, STNK asli dan fotokopi, fotokopi KTP (pemilik baru), fotokopi BPKB, dan kuitansi dari Samsat.
  • Selanjutnya, Anda akan diminta menyerahkan BPKB asli dan menunggu panggilan kembali. Panggilan kedua ini sesuai nama Anda sebagai pemilik baru.
  • Setelah proses tersebut, Anda akan diberikan formulir baru lagi. Anda akan diminta untuk mengisi dan menyerahkannya ke loket sebelah.
  • Di loket sebelah, Anda perlu menunggu panggilan kembali. Setelah dipanggil, Anda perlu mengembalikan formulir ke loket awal kembali. Di sini, Anda juga akan menerima tagihan biaya balik nama mobil sesuai dengan ketentuan administrasi.
  • Jumlah pembayaran tagihan nantinya dibayarkan sesuai dengan yang ada di lembar tagihan biaya balik nama mobil yang diberikan oleh petugas. Pada tahap ini, Anda juga bisa sekaligus membayarkan pajak kendaraan, apabila kendaraan Anda belum dibayarkan sebelumnya.
  • Terakhir, Anda selesai membayar biaya balik nama mobil, Anda akan menerima STNK yang baru sesuai dengan nama Anda. Setelah itu, Anda juga diharuskan mengurus BPKB asli sesuai dengan nama pemilik baru ke Polda setempat.

Catatan, sebaiknya lembar bukti pelunasan biaya balik nama mobil yang sudah dicap secara resmi oleh petugas disimpan di tempat yang aman. Hal ini mampu membantu Anda di masa depan ketika hendak mengurus hal yang sama.

Baca juga: Bunga Deposito Tertinggi di Indonesia

Rincian Biaya Balik Nama Mobil 2017

Perlu diketahui bahwa biaya balik nama mobilterbagi menjadi 2, yaitu biaya pajak dan biaya di luar pajak.

1) Biaya Pajak

Biaya ini adalah biaya yang akan dicantumkan di STNK setelah proses balik nama selesai dilakukan.

Lalu, apa saya biayanya?

  • Pajak Kendaraan Bermotor (PKB)

Biaya PKB tertera di STNK. Biaya ini bisa sama, bisa juga turun menyesuaikan usia mobil. Tetapi, jika Anda terkena pajak progresif akan berbeda kasus.

Pajak progresif akan diberikan apabila Anda memiliki lebih dari 1 buah kepemilikan mobil dan akan terus meningkat sesuai dengan urutan kepemilikan.

  • Biaya Balik Nama Kendaraan Bermotor (BBN KB)

Biaya balik nama mobil ini akan dihitung dengan rumus : 2/3 x PKB

  • Sumbangan Wajib Dana Kecelakaan Lalu-Lintas Jalan (SWDKLLJ)

Untuk mobil pribadi, biaya yang akan Anda keluarkan sebesar Rp 140.000 + Rp 3.000 (pembuatan kartu dana), sehingga totalnya (Rp 143.000).

  • Biaya Administrasi STNK

Biaya ini telah ditentukan pemerintah untuk mobil sebesar Rp 200.000 (bisa berubah sewaktu-waktu). Biaya ini akan ditambah dengan biaya penerbitan STNK sebesar Rp 50.000.

  • Biaya Administrasi Tanda Kendaraan Bermotor (TNKB)

Biaya ini ditentukan sebesar Rp 100.000 untuk mobil dan bisa berubah sewaktu-waktu.

Jadi, keseluruhan perhitungan biaya balik nama mobilsesuai dengan biaya pajakakan menjadi seperti di bawah ini.

Rp 1.500.000 (biaya PKB yang tertera di STNK) + Rp 1.000.000 (2/3 x PKB) + Rp 143.000 (SWJDKLL) + Rp 250.000 (biaya STNK) + Rp 100.000 (TNKB) = Rp 2.993.000

Catatan tambahan: Biaya pajak biaya balik nama mobiltersebut belum termasuk denda jika Anda telat mengurusnya.

2) Biaya Non-Pajak

Biaya ini adalah yang tercantum di luar tagihan di STNK, meliputi:

  • Pendaftaran balik nama STNK mobil = Rp 30.000
  • Pengesahan hasil cek fisik = Rp 50.000
  • Pendaftaran balik nama BPKB mobil = Rp 375.000

Jika Anda tidak segera mengurusnya, maka Anda akan mengalami kesulitan di kemudian hari untuk mengurus pajak dan sebagainya, loh?!

Biaya balik nama mobil di awal tidak akan sebanyak biaya yang akan Anda keluarkan di kemudian hari dengan bolak-balik menemui sang pemilik mobil lama untuk mengurus berkasnya.

Jadi, tunggu apa lagi? Urus proses balik nama mobil Anda sekarang juga!

Leave a Reply