Cara Memulai Bisnis Online dari NOL yang Pasti Sukses

Untuk mencapai kesuksesan tentu terdapat banyak cara. Salah satunya yaitu membuka bisnis online. Bisnis online bukanlah bisnis yang tabu atau bisnis yang tidak banyak diketahui oleh banyak orang. Bisnis online menjadi salah satu bisnis yang sudah banyak dilakukan oleh beberapa orang. Dengan mengikuti dan memanfaatkan perkembangan jaman yang semakin canggih, bisnis online menjadi salah satu bisnis yang memiliki peluang cukup besar untuk sukses. Pelaku bisnis online pun tidak hanya dapat dilakukan oleh orang-orang tertentu. Bisnis online dapat dilakukan oleh semua orang. Mulai dari ibu rumah tangga, mahasiswa bahkan semua orang.

Cara memulai bisnis online pun tidak sulit. Karena Anda bisa menggunakan berbagai macam teknologi yang dapat mendukung Anda dalam memulai bisnis. Untuk menjalankan bisnis online, Anda bisa memanfaatkan laptop atau smartphone Anda. Kecanggihan teknologi saat ini yang dapat membantu pekerjaan manusia menjadi lebih mudah salah salah satunya dengan adanya smartphone. Smartphone sudah menjadi salah satu teknologi yang memiliki peran andil cukup besar di kalangan masyarakat. Selain fungsinya sebagai salah satu sarana untuk mendekatkan yang jauh, smartphone bisa digunakan untuk membuka bisnis online.

Source Pic: Pixabay.com

Ingin Mulai Bisnis Online? Perhatikan 5 Hal Ini!

Adanya telepon pintar yang sudah bisa didapatkan dengan harga murah juga bisa mengurangi adanya pengangguran di Indonesia. Dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial, smartphone sangat penting untuk dimiliki sehingga semua orang bisa melakukan berbagai macam aktivitas. Mulai dari berbagi informasi hingga belanja bahkan berbisnis. Bisnis online memiliki peluang yang cukup besar. Meski pun sudah dilakukan oleh banyak orang, bisnis online memiliki kesempatan yang cukup besar untuk mendapatkan peruntungannya di dunia bisnis. Bagi Anda yang ingin tahu cara memulai bisnis online, berikut ini adalah beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk membuka bisnis secara online.

  • Sarana Bisnis Online

Sarana bisnis online saat ini sudah banyak ditemui. Anda bisa memulai bisnis online dengan memanfaatkan ponsel pintar Anda maupun berbagai macam gadget yang Anda miliki. Berbisnis menggunakan ponsel pintar menjadi salah satu sarana bisnis online yang paling banyak dilakukan. Karena bentuknya yang kecil memungkinkan para pelaku bisnis menjalankan bisnis di mana saja dan kapan saja. cara memulai bisnis online menggunakan smartphone juga tidak membutuhkan untuk mengeluarkan uang cukup banyak. Sehingga Anda bisa membatasi modal yang akan Anda keluarkan.

  • Produk yang Dijual

Suatu bisnis dapat dikatakan berjalan dengan lancar apabila banyak pembelinya sehingga modal yang dikeluarkan dapat dikembalikan dengan cepat dan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan. Untuk menentukan bisnis tersebut dapat berjalan lancar atau tidak tergantung dengan produk atau barang yang akan Anda jual nantinya. Sehingga cara memulai bisnis online untuk pemula yang harus diperhatikan yaitu melakukan riset produk terlebih dahulu. Beberapa produk memiliki nilai masing-masing. Sehingga pastikan Anda memilih produk yang banyak digandrungi oleh banyak orang. Beberapa produk di bawah ini adalah produk-produk yang paling banyak dicari oleh orang-orang:

a. Baju atau Fashion

Segala jenis produk fashion seperti baju, celana, kerudung hingga sepatu dan berbagai macam produk yang menunjang gaya berpakaian maupun gaya hidup seseorang merupakan salah satu produk yang paling banyak dicari. Fashion selain menjadi salah satu produk yang selalu up-to-date seiring dengan waktu. Sehingga menjual produk-produk fashion yang terbaru bisa menaikkan ratting toko maupun penjualan Anda.

b. Cosmetics

Kosmetik menempati daftar produk yang paling banyak dicari selanjutnya. Para pembeli ada suatu bisnis online didominasi oleh kaum hawa. Hal tersebut yang menjadikan berbagai macam produk yang berkaitan dengan kaum hawa menjadi salah satu produk paling dicari. Salah satunya yaitu kosmetik. Kosmetik yang ditawarkan di beberapa situs online pun sangat beragam sehingga bisa menjadi salah satu produk yang sangat bersaing dan banyak dicari.

c. Makanan

Makanan tidak hanya laris di pasar offline saja. Makanan sebagai salah satu kebutuhan primer manusia sangat laris di pasaran online. Sehingga bisa menjual produk makanan seperti camilan bisa menambah omset penjualan Anda.

d. Pulsa Elektrik

Pulsa elektrik menjadi salah satu produk yang paling banyak dicari. Kebutuhan akan pulsa yang semakin meningkat memberikan dampak positif bagi para pelaku bisnis online. Karena dengan membeli pulsa secara online tidak hanya mudah dan murah tetapi juga cepat.

  • Modal Usaha

Pada saat pemilihan produk yang akan dijual akan berpengaruh pada seberapa besar modal yang akan dikeluarkan. Ada beberapa cara berbisnis online tanpa modal yang bisa Anda lakukan. Salah satunya yaitu memilih produk. Produk seperti pulsa elektrik tergolong ke dalam salah satu produk yang tidak membutuhkan pengeluaran modal yang sangat banyak. Anda bisa memulai bisnis online yang mudah dan murah bagi pemula sekali pun.

  • Toko atau Lapak

Hal yang harus diperhatikan untuk cara memulai bisnis online lainnya yaitu membuka toko atau lapak secara online. Ada banyak sekali peluang yang bisa Anda gunakan untuk membuka toko secara online dengan mudah dan murah bahkan tidak membutuhkan uang sama sekali. Anda bisa membuka lapak di beberapa penyedia toko online yang saat ini bisa Anda akses dengan mudah dan gratis. Membuka toko online di penyedia toko online banyak dilakukan oleh beberapa orang karena sudah memiliki brand atau nama sendiri sehingga  Anda bisa menjual produk Anda dengan mudah. Selain menjual produk di penyedia toko online, Anda juga bisa menjual produk Anda di website Anda sendiri. Kelemahan yang dimiliki jika Anda menjual di website sendiri dengan memulai bisnis online dari nol yaitu Anda harus mengeluarkan kocek yang cukup banyak untuk membayar jasa pembuatan website bahkan untuk membayar maintenance pada jangka waktu tertentu. Lain hal nya jika Anda memulai bisnis online dengan memanfaatkan berbagai macam sosial media.

  • Gunakan Sosial Media

Sosial media disebut-sebut sebagai salah satu sarana dan cara memulai bisnis online dari nol yang paling efektif. Banyaknya sosial media saat ini mulai dari Facebook, Twitter hingga Instagram tidak hanya digunakan untuk memberikan informasi maupun aktivitas Anda saja. Sosial media tersebut bisa Anda gunakan untuk membuka lapak secara online. Bahkan, dengan membuka lapak secara online di sosial media dapat dilakukan dengan gratis sehingga Anda tidak perlu membayar ini itu. Modal yang Anda keluarkan pun akan semakin sedikit. Salah satu sosial media yang sangat digandrungi untuk memulai bisnis online. Bisnis online di Instagram selain bisa dilakukan dengan mudah, Anda juga bisa mengaksesnya kapan saja dan di mana saja. Membuka bisnis online di Instagram juga dipengaruhi oleh banyak dan sedikitnya followers Anda. Sehingga dengan memperhatikan beberapa hal tersebut diatas, dapat mempermudah dan menjadi salah satu cara memulai bisnis online yang sukses.

Baca juga: Ingin jadi Pengusaha Online? Ini Cara Bisnis Online dari Awal

Baca juga: Tips Agar Cara Cepat Kaya dan Ide Bisnis Menguntungkan

Bisnis online banyak dilakukan oleh beberapa orang karena waktu kerjanya yang cukup fleksibel sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Para ibu rumah tangga yang memiliki kesibukan mengurus anak dan keluarganya bisa menjadi seorang yang sukses melalui bisnis online. Selain itu, bisnis online juga banyak dilakukan oleh para mahasiswa yang ingin memiliki tambahan uang saku. Dengan tidak terikatnya pada suatu aturan tertentu yang membatasi jam kerja, bisnis online banyak dipilih oleh para pelajar untuk merintis karirnya menjadi salah satu wirausaha dengan cara memulai bisnis online dari nol.

Cara Membuat Pembeli Menjadi Pelanggan Setia

Salah satu kelemahan bisnis online yaitu dengan banyaknya penipuan yang bermodus bisnis online. Sehingga untuk mengurangi dan menghindari hal tersebut, sebagai pelaku bisnis online, ada beberapa cara memulai bisnis online yang terpercaya sehingga para pelanggan tidak pergi. Dengan memperhatikan beberapa hal berikut ini, toko Anda bisa menaikkan omset serta membangun kepercayaan antara Anda dan pelanggan.

  • Fast Response

Fitur chat yang ada pada sosial media maupun penyedia toko online juga bisa menjadi salah satu sarana untuk membangun kepercayaan antara pemilik toko dan costumer. Salah satu cara memulai bisnis online agar menjadi bisnis yang terpercaya yaitu dengan menjawab komentar, ulasan maupun pertanyaan pelanggan dengan cepat. Memberikan balasan yang cepat dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan. Menjawab pertanyaan atau komentar costumer dengan cepat juga bisa membuat costumer betah dan ingin membeli di toko Anda. Kepercayaan yang dijalin antara costumer dan penjual pun bisa diperhatikan dengan cara menjawab. Jawaban yang cepat dan sopan serta ramah akan membuat costumer merasa percaya dan senang. Tak sedikit kasus yang ditemui pada penjual yang enggan memberikan response yang cepat sehingga costumer menilai toko tersebut kurang dan memiliki pelayanan yang buruk. Hal inilah yang menyebabkan para costumer enggan mengunjungi toko tersebut kembali.

  • Real Picture

Mengunggah gambar asli pada sosial media ternyata bisa menjadi salah satu faktor meningkatkan rasa percaya pelanggan terhadap suatu toko. Mengunggah gambar asli dengan resolusi yang cukup bagus bisa menjadi salah satu cara memulai bisnis online yang terpercaya. Gambar dengan resolusi yang bagus juga bisa memberikan gambaran bahwa gambar tersebut merupakan asli dan produk yang Anda tawarkan juga asli.

  • Testimony

Apa kata pelanggan ternyata bisa menjadi salah satu acuan bahwa toko yang Anda kelola tersebut merupakan toko yang menyajikan produk yang asli dan terpercaya. Testimony pelanggan juga bisa memberikan gambaran bahwa toko Anda menjual barang asli dengan pelayanan dan kualitas yang sesuai. Anda bisa mengunggah beberapa foto testimony positif para pelanggan Anda sebagai salah satu cara memulai bisnis online Anda menjadi trusted atau terpercaya. Mengunggah testimony positif pelanggan juga bisa memberikan suatu perasaan menyenangkan costumer. Sehingga pelanggan yang ulasan positifnya diungggah menjadi ingin terus belanja di toko Anda.

  • Giveaway

Memberikan hadiah atau giveaway pada pelanggan bisa menjadi salah satu cara memulai bisnis online yang terpercaya. Giveaway dapat Anda berikan dengan cara menawarkan event tertentu. Giveaway juga bisa diberikan lewat promo atau program yang bisa menaikkan penjualan serta bisa memberikan rasa percaya antara costumer dan penjual. Anda bisa mengakalinya dengan memberikan promo spam like, spam comment atau promo buy 1 get 1 dan sebagainya yang bisa meningkatkan rasa percaya pelanggan. Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut, Anda bisa memulai bisnis online Anda di media sosial atau di penyedia jasa toko online dengan mudah dan terpercaya.

2 Comments

Leave a Reply