Cara Menabung Saham, Investasi Mudah yang Menjanjikan

Apa itu menabung saham dan bagaimana cara menabung saham? Kali ini kita akan mengulas tentang kegiatan investasi model terbaru ini. Kemudian juga membahas apa saja keuntungan dari menabung saham.

Sebelum mulai membahasnya, apakah Anda penasaran kenapa menabung saham dikatakan sebagai investasi model baru?

Ya, menabung saham bisa dikatakan sebagai investasi model terbaru karena cara investasi ini belum lama dikenalkan oleh BEI atau (Bursa Efek Indonesia) dan OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Jika kita mencarinya di Youtube tentu kita akan disuguhi video teaser promosinya. Promosi menabung saham ini bertajuk “Yuk Nabung Saham!”.

Cara menabung saham sedang gencar dipromosikan kepada masyarakat Indonesia tentunya untuk mengajak masyarakat meningkatkan kesejahteraan hidup.

Sejak dulu kita sudah sering mendengar bahwa menabung adalah hal yang baik dilakukan untuk mempersiapkan masa depan cerah. Namun kemudian selain menabung kita mengenal pula istilah investasi. Apa perbedaannya?

Menabung adalah kegiatan menyisihkan pendapatan atau uang kita dalam jumlah tertentu untuk disimpan di suatu tempat.

Tabungan bisa diambil sewaktu-waktu saat kita membutuhkan uang tersebut untuk peperluan mendesak. Bisa juga kita menabung karena memang sudah memiliki tujuan tertentu sehingga sudah ditentukan akan diambil kapan dan untuk apa.

Pic Souce: Pixabay.com

Tempat menabung atau menyimpan uang beragam. Ada yang menggunakan celengan di rumah ada juga yang menabung di bank.

Sementara investasi adalah istilah yang berkaitan dengan akumulasi suatu bentuk aktiva dengan harapan suatu saat akan mendapatkan keuntungan.

Investasi juga sering disebut sebagai penanaman modal. Jadi investasi bukan hanya dalam bentuk uang saja namun lebih luas. Bisa rumah, tanah, emas, dan lainnya.

Ada berbagai cara untuk melakukan investasi, salah satunya dengan cara menabung saham. Ada pula cara lainnya yaitu dengan menggunakan deposito, tabungan rencana, tabungan mata uang asing, dan lainnya.

Menabung saham adalah pilihan paling tepat dibanding pilihan lainnya, terlebih daripada tabungan konvensional. Kenapa?

Pasalnya menabung saham adalah cara paling efektif untuk menghadapi terjadinya inflasi. Di indonesia inflasi seringkali terjadi.

Inflasi didefinisikan sebagai kenaikan harga-harga secara umum dan terus menerus sehingga mengakibatkan nilai uang terus menurun.

Jika Anda menabung secara konvensional, Anda tetap bisa terkena inflasi. Nah cara menabung saham berbeda, uang yang ditabung dalam bentuk saham akan tergantung pada produktivitas perusahaan pemilik saham yang Anda miliki. itulah salah satu keuntungan menabung saham.

Lalu apa bedanya menabung saham dengan investasi saham biasa?

Investasi saham sering dianggap sebagai investasi yang membutuhkan dana besar. Karena alasan ini pula tak semua kalangan masyarakat tertarik untuk melakukan inveatasi saham.

Dengan hadirnya menabung saham maka investasi saham dapat dilakukan dengan lebih mudah. Perbedaan juga terletak pada cara menabung saham.

Menabung saham dikatakan lebih mudah. Hal ini karena Anda bisa menabung dalam bentuk uang terlebih dahulu.

Kemudian ketika uang di tabungan Anda sudah cukup untuk membeli saham Anda bisa melakukan prosedur pembelian saham. Bagaimana cara menabung saham?

Secara rinci cara menabung saham adalah sebagai berikut:

Untuk mulai menabung saham Anda tinggal membuka rekening saham di perusahaan sekuritas atau pialang.

Ada perusahaan sekuritas pemerintah/BMUN, perusahaan sekuritas swasta, dan juga perusahaan sekuritas asing. Anda bisa memilih dimana saja Anda ingin. Ini merupaka cara menabung saham yang pertama.

Perusahaan sekuritas pemerintah/BMUN misalnya yaitu Mandiri Sekuritas, BNI Sekuritas, dan lainnya.

Sementara perusahaan sekuritas swasta yaitu ada Sinarmas Sekuritas, dan lainnya. Kemudian perusahaan sekuritas asing misalnya JP Morga Sekuritas, dan lainnya.

Cara buka rekening efek atau saham seperti Anda membuka rekening biasa saja. Anda akan melalui proses administrasi seperti diminta mengisikan identitas dan lainnya.

Jadi tak perlu bingung untuk membuka rekening saham. Apalagi jika Anda pernah membuka rekening di bank. Caranya sama saja hanya untuk jenis rekening yang berbeda.

Setelah memiliki rekening saham, maka cara menabung saham selanjutnya adalah menentukan nominal dana yang disisihkan.

Dana yang disisihkan maksudnya dana untuk menabung saham. Penyisihan dana dimaksudkan agar kita bisa menabung saham secara rutin. saldo akan otomatis dipotong untuk pembelian saham.

Selanjutnya Anda bisa menentukan sendiri saham mana yang akan Anda pilih. Tentunya untuk menentukannya harus mempertimbangkan resiko dan keuntungan.

Analisis kondisi perusahaan yang mengeluarkan saham yang akan Anda beli penting dilakukan. Lihat bagaimana track record perusahaan, apakah perkembangannya sehat atau tidak.

Jika sudah punya rekening saham lalu apa yang harus dilakukan?

Anda harus menyetor dana secara rutin seperti menabung. Jika Anda rutin menabung maka tak terasa saldo tabungan terus meningkat, juga cukup untuk membeli saham yang Anda inginkan.

Semakin rutin menabung, semakin banyak saldo, semakin banyak pula dana untuk beli saham. Jangan lupa untuk rutin membeli saham. Anda bisa melakukan pembelian saham melalui 2 cara.

Cara Membeli Saham

Pertama, yaitu melalui broker. Anda bisa meminta broker untuk membeli saham untuk Anda. Kemudian cara yang kedua yaitu dengan order online. Anda bisa membeli sendiri saham yang diinginkan melalui Trading Saham Online System.

Cara mana pun yang Anda pilih untuk membeli saham dalam cara menabung saham pastikan Anda lakukan secara rutin. Semakin rutin maka semakin banyak pula saham yang Anda miliki. Keuntungan yang didapat akan semakin besar.

Baca juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Bursa Efek Jakarta

Baca juga: Mengenal Saham, Bursa Efek Indonesia dan Cara Kerjanya

Keuntungan dalam investasi saham disebut dengan dividen. Dividen yaitu laba perusahaan pengeluar saham yang dibagikan kepada Anda sesuai dengan banyaknya saham yang Anda miliki. Selain dividen Anda juga bisa mendapatkan keuntungan lain yaitu capital gain.

Capital gain adalah keuntungan saat Anda menjual saham milik Anda jika harga beli jual saham lebih besar daripada harga beli saham.

Jadi cara menabung saham yang harus dipahami bukan hanya berhenti saja ketika Anda sudah memiliki rekening saham dan menabung uang yang kemudian dibelikan saham.

Caranya juga dengan terus memantau perkembangan harga saham dan laju perusahaan pengeluar saham milik Anda.

Dalam berinvestasi saham kita harus bermain strategi agar bisa mendapatkan keuntungan maksimal. Jadi tidak membiarkan saham begitu saja tertumpuk. Ada timing tertentu di mana Anda harus membeli dan menjual saham milik Anda.

Kenapa Demikian?

Hal ini berkaitan dengan adanya resiko yang dimiliki oleh investasi saham. Sudah disebutkan bahwa keuntungan yang kita dapat dari investasi berupa dividen (dari laba perusahaan) dan capital gain (dari peningkatan harga saham).

Tentu bisa saja terjadi hal yang tidak diinginkan dari perusahaan yang menjual saham yang kita miliki. Entah kegiatannya menurun kemudian menuju kebangkrutan.

Atau ada hal-hal yang membuat harga sahamnya menurun dan sedikit kemungkinan untuk kembali bergairah, menunjukkan tanda-tanda kebangkrutan.

Dalam kondisi seperti itu cara menabung saham adalah dengan jeli memperhatikan kondisi perusahaan karena ada resiko likuiditas dan capital loss.

Risiko liquiditas adalah risiko jika perusahaan bangkrut yang artinya perusahaan tidak akan menghasilkan laba lagi. Anda pun tak akan mendapatkan bagian dari laba lagi atau dividen.

Sementara capital loss artinya penurunan harga saham. Jadi jika Anda menjual saham dalam kondisi perusahaan yang kurang menguntungkan Anda bisa mengalami kerugian.

Jadi selain keuntungan kita juga perlu untuk melihat kerugian-kerugian tersebut. Lalu kembali pada apa saja keuntungan menabung saham.

Terhindar dari inflasi adalah salah satu keuntungan dari memilih menyimpan uang dengan cara inveatsai. Keuntungan lainnya yaitu Anda memiliki kebanggaan tersendiri.

Bagaimana tidak jika dengan memiliki saham, berapapun jumlahnya, dari sebuah perusahaan artinya Anda termasuk pemiliki perusahaan tersebut.

Pengertian saham yaitu surat berharga yang menunjukkan bagian kepemilikan atas suatu perusahaan. Membeli sejumlah saham berarti seseorang membeli sebagian kepemilikan atas perusahaan tersebut.

Sebagai pemilik sebagian perusahaan maka Anda berhak atas keuntungan atau laba perusahaan. Dalam hal ini disebut dengan dividen. Dividen akan diberikan dalam periode tertentu..

Keuntungan lain dari cara menabung saham sebagai investasi terkini adalah Anda bisa memiliki saham dengan cara mencicil.

Ya, dalam mekanisme menabung saham yang sudah kita bahas diatas cukup jelas, yaitu kita menabung hingga dana cukup untuk membeli saham setiap periode. Berbeda dari membeli saham dalam cara biasanya.

Selain cara menabung saham dan keuntungannya, kita juga harus memahami beberapa istilah yang berkaitan dengan jenis investasi ini.

Sudah sedikit demi sedikit dibahas di atas beberapa istilah-istilahnya. Yang belum sampai terjelaskan adalah pasar modal, Bursa Efek Indonesia, emiten, lot.

Beberapa istilah tersebut perlu untuk kita pahami karena tentu akan sering kita dengar dan terlibat dalam proses menabung saham yang kita lakukan.

Pasar Modal

Pasar modal merupakan tempat bertemunya pihak yang membutuhkan dana jangka panjang dengan pihak yang membutuhkan sarana investasi produk keuangan.

Pihak yang membutuhkan adalah perusahaan-perusahaan tertentu sementara kita adalah orang yang membutuhkan sarana investasi produk keuangan.

Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah wadah bertemunya para pelaku saham untuk memperdagangkan atau memperjual belikan saham/efek.

Jadi BEI merupakan wadah untuk melakukan kegiatan pasar modal yang ada di Indonesia. Pasar modal adalah istilah luas sementara BEI spesifik sebuah tempat untuk melakukan kegiatan pasar modal di Indonesia.

Emiten

Kemudian emiten adalah sebutan atau istilah untuk perusahaan resmi yang mengeluarkan saham untuk diperjualbelikan di pasar modal.

Lot

Untuk istilah lot, maksudnya adalah banyaknya jumlah saham. Satu lot sama dengan 100 lembar. Julah tersebut adalah jumlah minimal yang boleh kita beli. Jumlah minimal ini sudah mengalami penurunan dari sebelumnya.

Dulu satu lot berjumlah 500 lembar, kini menurun hanya 100 lembar. Artinya kini melakukan investasi saham lebih mudah dibandingkan dengan dulu.

Untuk itu investasi saham semakin luas dapat dilakukan oleh siapa saja. Apalagi kini ada cara menabung saham yang diperkenalkan oleh BEI dan OJK sejak November lalu. Semakin memudahkan masyarakat Indonesia untuk mulai investasi saham.

Kegiatan investasi adalah salah satu hal penting untuk mempersiapkan masa depan cerah. Membiasakan diri melakukannya sangat perlu untuk dilakukan.

Berbagai keuntungan akan bisa kita dapatkan dan kemudahan pun saat ini ditawarkan. Tidak ada alasan untuk tidak memulai investasi saham.

Ada begitu banyak saham yang ada di Bursa Efek Indonesia (BEI) yang menanti untuk Anda miliki. Jadilah investor dan bangga menjadi pemilik sebagian perusahaan di Indonesia.

Leave a Reply