Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Kartu kredit adalah salah satu alat untuk membayar serta pinjaman tunai yang sangat praktis. Bentuknya yang sangat mirip dengan kartu ATM ini dinilai sangat efisien serta memberikan nilai lebih kepada yang memilikinya.

Namun, meskipun dinilai sangat praktis, efisien, dan bernilai lebih, tidak semua orang bisa menggunakan kartu kredit. Sehingga diperlukan adanya pengetahuan mengenai cara menggunakan kartu kredit dengan bijak.

Kartu kredit biasanya digunakan sebagai alat pembayaran pada transaksi retail serta sistem kredit. Kartu kredit diterbitkan oleh bank.

Fungsi kartu kredit sangat berbeda dengan kartu debit.

gambar cara menggunakan kartu kredit

Pic Source: Pixabay.com

Kartu kredit memiliki sistem meminjamkan uang kepada konsumen atau pemegang kartu kredit, sedangkan kartu debit digunakan sebagai alat untuk menabung dan menarik tunai uang dari rekening.

Dengan adanya kemudahan yang diberikan oleh kartu ini, sehingga Anda tidak perlu repot-repot membawa uang saat berbelanja, kurangnya pengawasan terhadap penggunaan kartu ini bisa membuat Anda kalap saat transaksi.

Karena kartu ini digunakan untuk transaksi baik secara online maupun offline.

Namun, hampir sebagian besar kartu ini digunakan untuk transaksi secara online. Dimana Anda memungkinkan membayar suatu barang dengan cicilan tertentu.

Keefektifan, efisien, dan fungsinya yang sangat praktis, menjadikan beberapa orang yang memiliki kartu ini kurang bisa mengontrol pengeluaran.

Terlebih lagi, dengan adanya kartu ini, tidak sedikit orang mengesampingkan kondisi keuangannya sehingga tetap menggunakan kartu ini sebagai alat transaksi untuk membeli barang-barang yang menjadi pelengkap gaya hidupnya.

Terlebih lagi, saat ini pemegang kartu kredit sudah sangat banyak.

Dengan kurangnya kontrol pada pemegang menjadikan beberapa orang merasa hidupnya dililit hutang sehingga di kejar-kejar debt kolektor saat tidak bisa membayarkan tagihan kartu kredit yang sudah membengkak.

Cara Menggunakan Kartu Kredit dengan Bijak

Memang, tidak bisa dipungkiri lagi, kartu kredit ini memberikan penggunanya banyak sekali keuntungan sehingga tidak bisa lepas dengan yang namanya gaya hidup yang konsumtif. Tidak adanya pengawasan dan kontrol mengenai cara pintar menggunakan kartu kredit, sehingga membuat pemegangnya terus menerus menggunakan kartu ini sebagai pemuas kebutuhan dan memenuhi gaya hidup.

Melihat dari fungsinya, cara menggunakan kartu kredit Mandiri, BNI, BCA dan sebagainya, memiliki fungsi yang sama.

1) Sebagai Dana Darurat

Kartu kredit memiliki fungsi sebagai dana darurat. Dimana dana ini digunakan untuk membeli aneka kebutuhan-kebutuhan yang bersifat gawat darurat.

Contoh dari fungsi ini yaitu sebagai alat pembayaran untuk operasi yang datang mendadak, dana persalinan, hingga beberapa kebutuhan atau keperluan yang bersifat sangat darurat.

Dana ini tentu berbeda dengan dana cadangan atau dana tambahan. Karena apabila dana cadangan dan tambahan memang sudah dipersiapkan terlebih dahulu untuk kebutuhan tertentu.

Dana darurat digunakan pada beberapa keperluan yang membutuhkan penanganan segera, seperti pada pengurusan asuransi yang membutuhkan proses verifikasi atau klaim segera, dan pada contoh di atas.

2) Sebagai dana opportunity

Fungsi kartu kredit ini seringkali dilupakan. Kartu kredit tidak hanya dapat digunakan untuk transaksi aneka macam pembelian.

Namun, kartu kredit juga bisa digunakan sebagai dana yang menguntungkan. Cara menggunakan kartu kredit untuk modal usaha yang satu ini sangat jarang dilakukan oleh orang yang memiliki kartu kredit.

Kartu kredit dapat digunakan sebagai salah satu dana untuk menciptakan peluang bisnis serta investasi.

Cara menggunakan kartu kredit yang pintar atau yang bijak dapat digunakan sebagai salah satu persiapan. Persiapan sebelum datangnya kesempatan.

Misalnya saja, saat ada yang akan menjual rumah dengan harga yang cukup murah, Anda bisa menggunakan kesempatan ini sebagai salah satu investasi untuk menambah keuangan Anda.

Investasi bisa menjadi salah satu cara untuk membuka bisnis baru. Tentu dalam melakukan investasi, Anda tidak serta merta langsung mengambil kesempatan tersebut.

Anda harus memperhitungkan besaran pengeluaran serta kebutuhan Anda terlebih dahulu. Sehingga investasi tidak sia-sia karena Anda terlilit banyak hutang.

3) Untuk Memperpanjang Garansi

Kartu kredit juga memiliki fungsi lainnya yang jarang diketahui oleh orang lain. Yaitu dapat digunakan sebagai cara untuk memperpanjang garansi secara gratis.

Hal tersebut dikarenakan kartu kredit dapat secara otomatis memiliki program untuk memperpanjang jaminan beberapa produk seperti produk elektronik dan produk lainnya yang dibeli menggunakan kartu kredit hingga 1 tahun.

4) Bebas Bayar Premi Asuransi

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak yang selanjutnya dengan melihat fungsi lain dari kartu kredit.

Kartu kredit dapat digunakan sebagai tanda bebas membayar premi pada asuransi kendaraan.

Sehingga Anda bisa dibebaskan dari pembayaran asuransi berupa kecelakaan maupun pencurian kendaraan.

5) Proteksi Barang Saat Transaksi

Cara menggunakan kartu kredit yang jarang diketahui oleh orang lain yaitu dapat digunakan sebagai proteksi atau pengamanan saat membeli suatu barang.

Artinya, Anda bisa mengembalikan hingga mengganti barang yang sudah dibeli karena adanya kecacatan maupun kerusakan hingga kehilangan barang tersebut.

Namun, fungsi ini hanya bisa dilakukan maksimal 30 hingga 90 hari setelah pembelian barang.

Dengan melihat fungsi tersebut, maka Anda bisa memperhitungkan keuangan Anda menjadi lebih mantap.

Baca juga: Info Lengkap Kartu Kredit Bukopin

Baca juga: Serba-Serbi Perjanjian Jual Beli Rumah Baru dan Bekas

Tak hanya untuk transaksi belanja saja, tetapi bisa digunakan sebagai alat atau sumber dana yang cukup menguntungkan.

Fungsi kartu kredit yang sangat bermanfaat ini juga membuat beberapa orang merasa kalap saat akan transaksi.

Terlebih lagi, kartu kredit bekerjasama dengan beberapa pihak sehingga Anda bisa mendapatkan diskon serta penawaran yang terbaik di beberapa merchant yang bekerja sama.

Tips Menggunakan Kartu Kredit

Sayangnya, kurangnya kontrol akan pengeluaran saat transaksi menggunakan kartu kredit menjadikan beberapa orang perlu mengetahui cara pintar menggunakan kartu kredit. Berikut ini adalah cara menggunakan kartu kredit yang bijak agar tidak terlilit hutang.

1) Tidak terlambat membayar cicilan

Saat Anda membeli barang di suatu tempat menggunakan kartu kredit, Anda diharuskan membayar suatu cicilan yang sudah ditetapkan tergantung dengan harga barang tersebut.

Setiap barang memiliki nominal cicilan yang berbeda-beda dengan jangka waktu yang berbeda pula. Sehingga pastikan Anda tidak terlambat membayar cicilan tersebut.

Lantas, bagaimana apabila Anda terlambat membayar cicilan?

Tentu saja Anda harus membayarkan bunga yang dibebankan. Berapa bunga kartu kredit Mandiri dan besaran bunga dari kartu kredit yang dikeluarkan oleh bank lain akan berbeda-beda.

Biasanya saat Anda transaksi, Anda akan diberitahukan mengenai besaran bunga yang harus dibayarkan apabila Anda menunggak cicilan.

Dengan tidak rutin atau rajin membayar cicilan, maka bunga yang dibebankan akan semakin banyak. Alhasil, tagihan yang harus dibayarkan akan semakin membengkak.

2) Bayar diatas minimum payment

Saat Anda transaksi menggunakan kartu kredit, terdapat minimum payment yang haru dibayarkan. Cara pintar menggunakan kartu kredit yaitu pastikan Anda tidak membayar cicilan dengan membayar minimum payment.

Mengapa? Karena hal tersebut akan menambah beban bunga yang harus Anda bayar.

Biasanya, minimum payment merupakan tagihan yang dibayarkan sebesar 10% dari harga yang sudah dicantumkan per bulannya. Sehingga membayar tagihan dengan minimum payment saja tidaklah cukup.

3) Bayar sesuai tagihan

Selain membayar diatas minimum payment, cara gunakan kartu kredit bebas bunga yaitu dengan membayar sesuai dengan tagihan yang telah tercetak.

Pada setiap transaksi menggunakan kartu kredit, pastikan Anda membayar tagihan seluruhnya setiap bulan. Tidak setengah-setengah saat membayar cicilan.

Karena dengan memiliki kartu kredit artinya, Anda sudah siap menerima resiko untuk membayar semua jenis cicilan dari setiap barang yang dibeli.

4) Mengenali Gaya Hidup

Sebelum Anda mengajukan pembuatan kartu kredit, pastikan Anda mengenali gaya hidup Anda terlebih dahulu sebelum mengajukan.

Karena adanya kartu kredit membuat orang menjadi lebih konsumtif. Sehingga agar keuangan Anda tetap terjaga, Anda perlu mengetahui cara menggunakan kartu kredit yang sesuai dengan gaya hidup Anda.

Bagi Anda yang cenderung menggunakan untuk makan di restaurant, buatlah kartu kredit yang memiliki promo maupun diskon yang banyak di restaurant-restaurant.

Atau Anda yang selalu mengincar promo dan diskon di beberapa outlet fashion? Pastikan Anda membuat kartu kredit sesuai dengan kebutuhan Anda,

5) Ajukan Maksimal 2 kartu kredit

Kartu kredit memang memberikan banyak sekali manfaat. Namun, melihat kenikmatan dan manfaat yang diberikan kartu kredit bisa membuat Anda kurang bisa mengontrol transaksi Anda.

Sehingga Anda perlu mengenali diri Anda terlebih dahulu. Apakah Anda ciri-ciri orang yang kecanduan terhadap kartu kredit atau tidak.

Untuk mengontrol transaksi Anda, Anda harus bisa membatasi diri Anda dengan memiliki kartu kredit maksimal 2 buah saja. Karena semakin banyak Anda memiliki kartu kredit, kemungkinan besar Anda transaksi akan lebih banyak dan membuat Anda menumpuk hutang.

6) Hindari menggunakan kartu kredit sebagai pinjaman

Anda bisa mengambil uang dari kartu kredit untuk keperluan tertentu.

Padahal hal tersebut sangatlah salah. Karena tak sedikit orang menggunakan uang yang ada pada kartu kredit untuk membayar cicilan di bank.

Dengan membayar cicilan bulanan di bank menggunakan uang yang ada di kartu kredit berarti Anda sama saja menggali lubang tutup lubang.

Hal tersebut berarti bahwa untuk membayar hutang, Anda harus berhutang kepada pihak lain terlebih dahulu.

7) Atur Limit Kartu Kredit

Cara menggunakan kartu kredit dengan bijak selanjutnya yaitu dengan mengatur limit pada kartu kredit Anda. Mengatur limit itu perlu untuk menghindari Anda kalap saat berbelanja.

Dengan mengatur limit kartu menjadi sekecil mungkin, maka pengeluaran Anda masih bisa dibatasi.

Mengatur limit kartu juga bisa digunakan sebagai salah satu ara untuk menentukan budget pemakaian pada kartu kredit.

Dengan kartu kredit yang limitnya kecil serta penggunaan kartu yang dibatasi, maka keuangan Anda tetap stabil.

8) Pikirkan Sebelum Belanja

Hal lainnya yang harus Anda perhatikan mengenai cara pintar menggunakan kartu kredit yaitu memikirkan barang-barang yang akan Anda beli terlebih dahulu. Mengapa?

Hal tersebut dilakukan untuk menghindari adanya kalap saat berbelanja. Sehingga pastikan Anda menjadi konsumen yang pintar agar terhindar dari hutang piutang.

Saat akan membeli suatu barang meskipun ada promo dan diskon, pastikan prioritaskan kebutuhan yang paling penting dibandingkan kebutuhan yang dipentingkan.

Pastikan pula Anda tidak menuruti hawa nafsu saat belanja. Karena hal tersebut bisa membuat Anda menjadi orang yang konsumtif.

Nah, dengan selalu memperhatikan beberapa cara menggunakan kartu kredit dengan bijak tersebut, Anda bisa terhindar dari segala hutang piutang.

Leave a Reply