Cara Mudah Dapat Uang Dengan Gadai BPKB Motor

Pernahkan Anda kesulitan mendapatkan uang? Sudah mencoba pinjam teman atau saudara tapi tidak kunjung mendapatkan hasil?

Jika ya, jangan khawatir, saat ini Anda bisa mendapatkan uang dengan mudah melalui gadai BPKB motor.

Mendapatkan dana secara cepat memanglah sering sekali tidak mudah. Padahal, dana tersebut sangat penting dan dibutuhkan cepat seperti untuk biaya persalinan, biaya sekolah, biaya bisnis dan lainnya.

Namun, jika Anda memiliki motor, cukup dengan gadai BPKB motor dan Anda sudah bisa mendapatkan dana dalam waktu singkat.

Anda mungkin berpikir mengapa gadai BPKB motor praktis dan sering dilakukan?

Banyak orang yang menggadaikan BPKB karena beberapa hal yang menguntungkan. Bagi Anda yang perlu dana cepat cair dalam waktu 1 hari atau bahkan 1 jam, gadai BPKB motor adalah pilihan yang tepat.

Tidak hanya itu, beberapa keuntungan lain seperti angsuran ringan dan bunga ringan bisa Anda dapatkan juga. BPKB motor Anda pun juga akan dijamin aman di tangan lembaga gadai.

gambar gadai bpkb motor

Pic Source: Pixabay.com

Bagaimana Proses gadai BPKB motor?

Gadai BPKPB motor yaitu merupakan cara praktis untuk mendapatkan dana cepat dengan membuat Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKPB) sebagai jaminannya.

Terdapat berbagai tempat yang bisa digunakan untuk melakukan gadai BPKB motor

Namun, jika Anda ingin tempat gadai BPKB motor tanpa syarat, Anda bisa melakukannya di Pegadaian.

Tidak hanya mudah, menggadaikan BPKB motor di pegadaian juga dapat dibilang aman. Mengapa demikian?

Hal ini dikarenakan PT. Pegadaian merupakan lembaga resmi pemerintah yang menyediakan jasa gadai untuk masyarakat.

PT Pegadaian yang dimana merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini juga tersebar di berbagai daerah. Proses untuk gadai BPKB motor pun juga cepat. Dana Anda dapat cair hanya dalam waktu 15 hingga 30 menit saja.

Praktis dan cepat, bukan?

Baca juga: Pengertian dan Prosedur Pinjaman KTA

Baca juga: Tips Mendapatkan Pinjaman Dana Tunai dan Syarat Lengkapnya

Jenis Pinjaman di Pegadaian

Untuk melakukan gadai BPKB motor di PT Pegadaian, sebelumnya ada baiknya jika Anda mengetahui jenis-jenis pinjamannya.

Terdapat 4 jenis pinjaman yang berlaku di Pegadaian seperti Gadai KCA, RAHN, Gadai ARRUM, dan Pinjaman Kreasi.

1) Gadai KCA

Gadai KCA atau Kredit Cepat Aman merupakan jenis yang paling sering dipilih. Ini merupakan jenis gada konvensional yang berlaku utnuk semua pihak dengan kebutuhan konsumtif atau produktif.

Waktunya pun tidak lama, dengan 15 menit Anda bisa mencairkan dana gadai BPKB motor Anda.

Dana gadai KCA dengan bpkb motor biasanya biasanya berkisar antara Rp. 50.000 hingga Rp. 10.000.000 atau lebih.

Untuk jangka waktu, gadai KCA memberlakukan waktu pinjaman selama 4 bulan. Namun, jangka waktu ini bisa diperpanjang dengan menyicil uang pinjaman atau membayar sewa modal.

2) Pinjaman RAHN

Jenis pinjaman yang kedua adalah RAHN, atau gadai BPKB motor dengan prinsip syariah. Jenis ini pada dasarnya sama seperti KCA namun dengan dasar-dasar syariah.

3) Pijaman Kreasi

Selain itu, terdapat juga dana pijaman Kreasi.

Dana pinjaman Kreasi biasanya digunakan jika Anda membutuhkan modal. Ini merupakan kredit yang memang khusus digunakan untuk Usaha Kecil dan Menengah (UKM).

Dengan jenis ini, Anda pun bisa meminta modal tambahan hanya dalam waktu 3 hari saja. Jangka waktu yang diberikan pun juga beragam mulai dari 12 bulan hingga 36 bulan.

4) Gadai Arrum

Yang terakhir adalah Gadai Arrum, yaitu gadai syariah yang khusus bagi pengembangan UKM Anda. Di sini Anda bisa menggadaikan BPKB motor Anda dan masih tetap bisa menggunakan motor Anda sehari-hari.

Dalam waktu 3 hari, dana akan cair dan angsuran bisa dibayarkan selama 12 hingga 36 bulan.

Untuk gadai BPKB motor di Pegadaian, tentunya selain memiliki BPKB motor, ada beberapa syarat dan dokumen yang harus di lengkapi.

Baca juga: Cara Mudah Mengajukan Kredit Usaha Rakyat Dengan Cepat

Apa saja syarat untuk menggadaikan BPKB motor di Pegadaian?

Syarat umum untuk menggadaikan BPKB motor adalah dengan menyerahkan dokumen seperti identitas (KTP, KK, Surat Nikah), BPKB asli, dan fotokopi STNK.

Selain itu, Anda juga diharuskan untuk menandatangani SBUK yaitu Surat Bukti Kredit.

Untuk jenis gadai yang memang dikhususkan untuk usaha modal, ada syarat tertentu yang harus dimiliki. Anda diwajibkan untuk memiliki usaha layak dan sudah berlangsung selama minimal 1 tahun.

Selain melalui PT Pegadaian, Anda pun juga bisa melakukan gadai BPKB motor di Bank. Hampir seluruh Bank di Indonesia menerima penggadaian BPKB, namun setiap Bank memiliki persyaratannya sendiri.

Seperti halnya untuk gadai bpkb motor di bank mandiri, Anda paling tidak harus berusia minimal 21 tahun dan berpenghasilan cukup dan tetap sekitar lebih dari 2,5 juta untuk daerah Jabodetabek.

Selain itu, Anda juga diharuskan sanggup untuk mengangsur dana yang dipinjam.

Tak hanya itu, beberapa dokumen seperti foto pemohon, fotocopy identitas dan buku, slip gaji, dan surat keterangan kerja juga harus diserahkan untuk gadai BPKB motor.

Hal ini harus Anda persiapkan dahulu, guna proses gadai berjalan lancar.

Sama seperti syarat di bank lainnya, untuk gadai bpkb motor di bank bri pun juga harus menyerahkan identitas, dan BPKB motor yang asli.

Selain itu, jika dana pinjaman telah cair, Anda diharuskan membayar kredit dan bunganya setiap bulan dengan jangka waktu yang telah di tetapkan.

Selain melalu lembaga resmi seperti Bank dan Pegadaian, ada juga beberapa lembaga lain yang menyediakan gadai bpkb motor tanpa survey.

Namun, Anda harus sedikit waspada jika menggunakan jasa gadai ini.

Jasa gadai tanpa survey diluar lembaga resmi terkadang sering sekali disalahgunakan oleh oknum tidak bertanggungjawab.

Hal ini akhirnya memberikan kerugian tersendiri bagi para pegadai. Mengapa penggadaian tanpa survey di lembaga non-resmi mesti diwaspadai?

Hal pertama mengapa Anda harus waspada adalah karena ini sangat berisiko tinggi dengan kerugian. Sering sekali ada oknum liar jasa gadai yang akhirnya bisa menyeret Anda ke masalah pidana yang rumit.

Selain itu, perjanjian gadai tanpa survey biasanya tidak memiliki perjanjian resmi. Di mana pada umumnya setiap jasa pegadaian umumnya akan selalu memiliki perjanjian hukum yang resmi, bahkan diatas materai.

Hal lainnya yang tidak menguntungkan dari gadai tanpa survey adalah biasanya para oknum akan memberlakukan bunga yang lebih tinggi daripada lembaga resmi. Oleh karena itu, pastikan Anda menggadaikan pada lembaga resmi dan terpercaya.

Sebelum berniat untuk melakukan gadai BPKB motor, ada baiknya Anda pahami dulu jenis pinjaman dan kebutuhan Anda.

Selain itu, tanyakan dahulu mengenai aturan biaya, bunga, dan juga biaya lainnya yang nantinya akan Anda bayarkan beserta angsuran.

Pastikan jika dana yang Anda pinjam sesuai dengan kebutuhan Anda, serta pastikan penghasilan Anda cukup untuk membayar angsuran kredit dan kebutuhan sehari-hati. Sifat bijak dalam memilih jenis dan dana pinjaman dari sistem gadai sangatlah diperlukan.

Hal ini harus dipikirkan dengan matang guna menghindari Anda dari terlilit hutang. Jika Anda belum sanggup untuk mengangsur, sebaiknya hindari menggadai bpkb motor Anda. lakukanlah gadai dengan barang bernilai rendah seperti tv, hp, dan lainnya.

Leave a Reply