Cara Mudah Mendapat Pinjaman dari Gadai Emas di Pegadaian

Sekarang ini banyak orang yang mengalami butuh dana dalam kondisi yang tidak terduga. Ketika menghadapi masalah seperti itu, mendapatkan pinjaman menjadi solusinya.

Banyak tempat yang menawarkan pinjaman dana dengan menggunakan jaminan, namun tidak banyak dari beberapa tempat tersebut dapat menyediakan dana dalam waktu yang cepat.

Pegadaian dapat menjadi solusi aman untuk mendapatkan barang dalam waktu yang cepat. Dana yang dipinjam dari pegadaian dapat cair dalam waktu yang cukup cepat.

Emas menjadi jenis logam yang dapat digunakan sebagai jaminan untuk mendapatkan pinjaman dari pegadaian. Penggunaan emas sebagai barang untuk mendapatkan pinjaman dari pegadaian juga mudah untuk dilakukan.

Pegadaian merupakan lembaga keuangan yang keamanannya telah dijamin oleh pemerintahan. Jadi meminjam uang dengan menggunakan jaminan emas juga lebih aman dilakukan dibandingkan harus meminjam dari rentenir.

Selain dapat mendapatkan pinjaman uang secara cepat manfaat lainnya yang diperoleh dengan gadai emas di pegadaian yaitu cara penggadaian yang tidak sulit dan rumit. Selain itu, para peminjam juga dapat mendapatkan keringanan jika belum bisa membayar pinjaman hingga waktu yang telah ditentukan.

Pic Source: Pixabay.com

Prosedur dan Cara Gadai emas di Penggadaian

Sebelum memutuskan untuk gadai emas di pegadaian, ada beberapa hal yang penting untuk diketahui.

Berikut hal penting yang harus diketahui sebelum memutuskan untuk menggadaikan emas

  1. Mengetahui syarat melakukan pegadaian

Sebelum melakukan pegadaian ada baiknya untuk mengetahui syarat-syarat pegadaian. Hal ini tidak hanya untuk memperlancar proses pencairan dana namun juga agar orang yang melakukan pegadaian sudah siap dengan syarat pegadaian dan tidak perlu lagi repot mengurus syarat ketika sudah di pegadaian.

Syarat yang dibutuhkan untuk pegadaian diantaranya yaitu kartu identitas, emas yang akan digadaikan serta surat emas. Pegadaian tentunya tidak akan mau menerima emas yang dalam kondisi bermasalah.

Jika syarat yang dibutuhkan telah terpenuhi maka untuk mendapatkan pinjaman ke pegadaian akan lebih mudah dilakukan. Karena pihak pegadaian akan lebih cepat memprosesnya.

  1. Cara Mudah Mendapat Pinjaman dari Gadai Emas di Pegadaian

Pegadaian biasanya menerapkan sistem biaya gadai selama 15 hari pertama. Ini maksudnya, biaya yang harus dibayar sama dengan biaya gadai selama 15 hari sejak pegadaian.

Namun jika lebih dari 15 hari, biaya yang dibayar akan bertambah. Semakin lama gadai emas di pegadaian maka semakin banyak pula biaya yang dibutuhkan untuk menebusnya.

  1. Mengetahui masa tenggat gadai

Gadai juga memiliki masa tenggat masa tempo. Masa tenggat dari pegadaian merupakan waktu yang ditetapkan untuk peminjam melakukan pembayaran atas emas yang digadai.

Masa tenggat dari gadai yaitu 4 bulan. Jika melewati masa tenggat, biaya gadai akan melonjak semakin mahal. Namun masa gadai dapat diperpanjang setelah 4 bulan.

Lalu bagaimana dengan cara memperpanjang masa gadai di pegadaian?

Cara melakukan perpanjangan masa gadai di pegadaian dapat dilakukan dengan dua cara yaitu:

  1. Membayar cicilan uang yang dipinjam
  2. Atau membayar sewa modal saja
  3. Melakukan perjanjian perpanjangan masa gadai ke pihak gadai

Jika peminjam uang belum dapat menebus emas yang digadai, peminjam dapat membayar pinjaman dengan cara mencicil. 

Peminjam dapat mencicil misal Rp 500.000 dari Rp 200.000 biaya yang seharusnya dibayar untuk menebus emas yang digadai.

Dapat memperoleh perpanjangan masa gadai serta dapat melakukan cicilan biaya merupakan keuntungan lainnya yang dapat diperoleh dengan gadai emas di pegadaian.

Cara pembayaran cicilan pegadaian dapat datang langsung ke pegadaian tempat gada emas dengan membawa surat pinjaman.

Cicilan pembayaran biaya gadai dapat dilakukan selama masa tenggat. Jika pembayaran cicilan dilakukan selama masa tenggat, jumlah biaya titip gadai dan biaya pelunasan akan berkurang.

  1. Mengetahui biaya administrasi yang harus dibayarkan

Besaran biaya administrasi yang harus dibayarkan oleh peminjam di pegadaian disesuaikan dengan banyaknya dana yang akan dipinjam. Harga dari emas yang digadai juga mempengaruhi biaya administrasi yang dikeluarkan. Semakin besar uang yang dipinjam, maka nilai administrasi juga akan ikut besar.

Biaya administrasi yang harus dibayarkan ikut berlipat menyesuaikan besar pinjaman yang didapatkan. Biaya administrasi juga dibayarkan ketika melakukan transaksi yaitu hari pertama peminjaman uang.

Berikut kisaran biaya administrasi di pegadaian:

Jika melakukan peminjaman berkisar Rp 100.000 sampai dengan Rp 5.000.000 maka biaya administrasi yang harus dibayarkan yaitu sebesar Rp 15.000. Untuk pinjaman Rp 5.100.000 hingga Rp 10.000.000 biaya administrasi yang harus dibayarkan yaitu Rp 25.000.

Sementara nila pinjaman Rp 10.100.000 hingga Rp 2.000.000 biaya administrasi Rp 40.000.

  1. Mengetahui perbedaan antara nilai gadai dan nilai taksir

Hal yang penting diketahui ketika gadai emas di pegadaian yaitu mengetahui nilai pinjaman yang bisa diperoleh. Nilai pinjaman berkisar 85% dari harga taksir emas yang digadai. Ini berarti jika dana yang bisa dipinjam lebih rendah dari harga emas sebenarnya.

Nilai gadai merupakan nilai yang dapat dipinjam, sementara nilai taksir merupakan nilai atau harga dari emas yang menjadi jaminan utang di pegadaian.

Jadi misal nilai emas yang akan digadai ditaksir berharga Rp 1.000.000 maka nilai gadai yang dapat dipinjam yaitu sekitar Rp 850.000. Dengan biaya administrasi yang harus dikeluarkan yaitu sebesar Rp 15.000.

  1. Mengetahui biaya titip gadai serta biaya pelunasan

Gadai emas di pegadaian memakai sistem sewa titip yaitu orang yang melakukan pinjaman menjamin barang yang dimiliki.

Lalu bagaimana cara menghitung biaya titip gadai yang harus dibayarkan?

Caranya yaitu nilai taksiran dibagi dengan jumlah hari penitipan, jika 10 hari maka nilainya Rp 10.000. Setelah itu dikali dengan 79. Nilai 79 ini dapat berubah, tergantung dari jumlah uang yang dipinjamkan. Jika uang yang dipinjam semakin kecil dibandingkan dengan nilai taksiran.

Misal jika nilai taksiran emas yang digadai yaitu sekitar Rp 1.000.000.

Maka perhitungannya yaitu Rp 1.000.000/ Rp 10.000X79 = Rp 7.900 untuk tiap 10 hari

Jika gadai emas di pegadaian dalam 10 hari maka perhitungannya yaitu

Rp 850.000 + (2 x Rp 7.900) = Rp 880.800.

Maka biaya titip gadai yang harus dibayarkan yaitu Rp 865.800

Nilai 79 merupakan nilai yang digunakan jika melakukan peminjaman di pegadaian syariah. Sementara untuk pegadaian konvensional nilainya yaitu 120.

Untuk perhitungan jumlah pinjaman yang harus dibayarkan untuk gadai emas di pegadaian konvensional yaitu

Rp 1.000.000 / Rp 15.000 x 120 = Rp 8.000 untuk 15 hari peminjaman.

Perbedaan nilai biaya titip antara pegadaian syariah dan konvensional tidak terlalu besar. Sementara perhitungan untuk biaya total yang harus dibayarkan untuk pegadaian konvensional sebagai berikut

Rp 850.000 + (2 x Rp 8.000) = Rp 866.000

Jadi jumlah biaya yang harus dibayarkan ketika melakukan pinjaman di pegadaian konvensional yaitu Rp 866.000 jika nilai taksir gadai emas di pegadaian yaitu Rp 1000.000.

Sementara untuk persentase bunga dari biaya titip gadai yaitu 1.15 % untuk penggadaian selama 15 hari. 

Dan bunga biaya titip selama 30 hari yaitu 2.3 %.

Bunga biaya titip inilah yang menyebabkan jumlah biaya total yang dibayarkan akan terus bertambah jika gadai emas di pegadaian memakan waktu semakin lama.

Lalu manfaat apa yang didapat dari pegadaian?

Bagi peminjam dapat manfaat diantaranya

  1. Nilai taksir dari emas yang digadai dilakukan oleh orang yang telah berpengalaman dan terpercaya, sehingga dana pinjaman yang diperoleh sesuai dengan nilai barang yang digadai.
  2. Emas yang digunakan sebagai jaminan, tersimpan dengan aman

Lalu bagaimana cara gadai emas di pegadaian?

Berikut cara yang dilakukan untuk mendapatkan pinjaman dengan menggadai emas

  1. Mempersiapkan persyaratan yang dibutuhkan, seperti fotokopi KTP, emas yang akan digadaikan dalam kondisi fisik yang baik yang dibuktikan dengan surat-surat pendukung emas. Surat pendukung emas dapat berupa sertifikat emas atau nota pembelian.
  2. Datang ke pegadaian terdekat dan melakukan transaksi pegadaian.
  3. Mengetahui perhitungan nilai taksir, nilai gadai yang akan diperoleh, besaran biaya administrasi, biaya titip gadai serta biaya pelunasan atau jumlah total yang harus dibayarkan nantinya.
  4. Mencatat jangka waktu dalam melakukan peminjaman yaitu 4 bulan atau 120 hari terhitung dari hari transaksi penggadaian.
  5. Membayar biaya administrasi sebesar biaya yang telah ditetapkan. Biaya administrasi disesuaikan dengan nilai gadai yang akan diperoleh seperti yang telah disebutkan.
  6. Membayar biaya pelunasan serta biaya titip gadai sebelum jatuh tempo
  7. Jika belum bisa membayar biaya titip gadai dan biaya pelunasan dapat melakukan perpanjangan perjanjian pegadaian.

Itulah cara yang dapat dilakukan untuk gadai emas di pegadaian.

Sebagai catatan jika peminjam tidak dapat membayar biaya titip gadai serta biaya pelunasan dan tidak melakukan perpanjangan pinjaman, maka pihak pegadaian akan melelang emas yang digadaikan.

Setelah dilakukan lelang akan ada surat bukti kredit terdapat tanggal jatuh tempo serta tanggal lelang.

Jadi jika tidak ingin emas yang dimiliki dilelang oleh pihak pegadaian, maka sebaiknya melakukan perpanjangan masa pinjaman.

Baca juga: Keuntungan dan Tips Beli Emas di Pegadaian

Baca juga: Tips Investasi Emas Pegadaian Jangka Panjang

Nah itulah hal penting yang perlu diperhatikan sebelum gadai emas di pegadaian dan cara menggadai emas. Beberapa cara tersebut tidak sulit untuk dilakukan. Selain tidak sulit, syarat yang dibutuhkan juga cukup sederhana.

Melakukan penggadaian menjadi solusi cepat, aman serta mudah untuk mendapatkan uang.

Selain dapat menggunakan emas sebagai barang gadaian, beberapa jenis barang lainnya juga dapat digunakan sebagai barang gadaian. Barang yang dapat digunakan sebagai barang gadaian selain emas diantaranya yaitu berlian, barang kendaran dan juga saham.

Tentunya barang yang dapat digunakan sebagai jaminan pinjaman merupakan barang yang memiliki nilai. Sehingga besarnya dana yang dapat dipinjamkan sesuai dengan besarnya nilai dari barang yang digadai.

Untuk saham, sekarang ini banyak pegadaian yang sudah tidak dapat menerimanya. Namun pihak pegadaian menyediakan perpanjangan untuk pegadaian saham.

Pegadaian sendiri memiliki jenis yang cukup beragam, seperti pegadaian syariah dan konvensional. Selain kedua jenis tersebut, pegadaian juga memiliki jenis lainnya yang disesuaikan dengan jenis barang yang digunakan untuk melakukan peminjaman.

Pegadaian merupakan solusi keuangan yang ditawarkan untuk kalangan masyarakat menengah ke bawah. Jumlah dana yang dapat dipinjamkan oleh pegadaian juga termasuk dalam skala mikro.

Leave a Reply