Info Lengkap Kartu Kredit Bukopin

Jaman yang semakin modern membuat uang tunai tidak lagi menjadi barang untuk melakukan pembayaran. Pembayaran bisa dilakukan dengan mudah menggunakan selembar kartu yang dinamakan kartu kredit.

Dulu kartu kredit sering kali diasosiasikan sebagai milik orang kaya yang saldo rekeningnya banyak. Namun sekarang siapa saja bisa memiliki kartu kredit karena persyaratannya yang semakin mudah, misalnya kartu kredit bukopin.

gambar kartu kredit Bukopin

Pic Source: Pixabay.com

Keuntungan Kartu Kredit Bukopin

Sekarang kartu kredit Bukopin sudah menjadi penghuni dompet yang tidak bisa ditinggalkan karena ada beragam keuntungan yang didapat. Di bawah ini ada beberapa keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan kartu kredit cicilan bank Bukopin sebagai alat transaksi pembayaran.

1) Praktis

Keuntungan yang paling utama dari menggunakan kartu kredit Bukopin adalah kepraktisan. Dengan adanya kartu kredit Bukopin, dompet atau kita tidak akan sesak karena membawa uang tunai dalam jumlah yang banyak. Sehingga, risiko kecopetan bisa terkurangi.

Selain itu, ketika kekurangan uang kita tidak perlu bingung mencari dimana mesin ATM berada karena seluruh uang di dalam rekening ada di dalam kartu kredit Bukopin. Oleh karena itu, mempunyai kartu kredit membuat pembayaran menjadi lebih mudah.

2) Ada Banyak Fasilitas Tambahan

Kartu kredit Bukopin tidak hanya membantu mempermudah setiap transaksi pembayaran kita. Ada banyak fasilitas tambahan yang bisa dinikmati oleh para pemegang kartu kredit Bukopin.

Beberapa fasilitas yang akan didapatkan oleh para pemegang kartu kredit Bukopin, antara lain:

  • Executive Lounge

Untuk para pemegang kartu kredit Bukopin jenis Platinum ada fasilitas Airport Lounge yang digunakan ketika menunggu penerbangan pesawat di bandara. Mereka bisa menunggu di ruang tunggu dengan fasilitas kelas eksekutif. Perjalanan menjadi lebih nyaman dengan fasilitas tersebut.

  • Reward Program

Para pemegang kartu kredit Bukopin akan mendapatkan poin tambahan setiap kali melakukan transaksi belanja dengan kartu kredit ini. Poin yang sudah terkumpul dapat ditukar dengan banyak pilihan hadiah yang menarik dari Bank Bukopin.

  • Purchase Protection Insurance

Purchase Protection Insurance adalah program yang diperuntukkan untuk pemegang kartu kredit Bukopin yang melakukan transaksi belanja. Dengan program ini barang-barang yang dibeli dengan menggunakan kartu kredit Bukopin jenis Platinum akan mendapatkan asuransi perlindungan.

Barang-barang tersebut akan mendapatkan perlindungan dari kerusakan dan pencurian dengan nilai asuransi perlindungan mencapai Rp 30.000.000,-.

  • Travel Incovenience Insurance

Program Travel Incovenience Insurance adalah program khusus pemegang kartu kredit Bukopin jenis Platimun. Program ini berlaku jika pemegang kartu merasakan ketidaknyamanan selama perjalanan menggunakan pesawat terbang.

  • Bunga Cicilan 0%

Para pemegang kartu kredit Bukopin mendapatkan fasilitas cicilan dengan bunga 0% setiap kali melakukan pembelian barang secara kredit. Cicilan dengan bunga sebesar 0% hanya berlaku pada toko-toko tertentu yang bermitra dengan Bank Bukopin.

  • Call Center

Para pemegang kartu kredit Bukopin tidak perlu khawatir jika menghadapi masalah dan membutuhkan bantuan terkait kartu kredit dari bank Bukopin.

Bank Bukopin menyediakan layanan call center yang siap sedia membantu para nasabah bank Bukopin selama 24 jam dalam 7 hari. Call center Bank Bukopin bisa diakses melalui Halo Bukopin dengan nomor 14005.

3) Lebih Aman

Walau memiliki kartu kredit tidak bisa sepenuhnya terbebas dari risiko penyalahgunaan atau pencurian, kartu kredit memiliki jaminan keamanan yang lebih tinggi dibandingkan uang tunai.

Dalam hal ini, jika uang tunai hilang atau dicuri maka pihak yang tidak bertanggung jawab tersebut bisa langsung menggunakannya.

Sedangkan, jika kartu kredit Bukopin hilang atau dicuri maka kita bisa melaporkan ke call center Bank Bukopin agar kartu kredit tersebut diblokir. Alhasil kartu kredit tidak akan disalahgunakan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

4) Bermanfaat di Keadaan Darurat

Kita tidak bisa menghindari kemungkinan bahwa suatu saat kita akan menghadapi keadaan yang darurat atau musibah. Keadaan-keadaan tersebut pasti membutuhkan uang untuk menyelesaikannya.

Dengan adanya kartu kredit kita bisa melakukan pembayaran untuk menghadapi keadaan darurat jika kita tidak bisa mendapatkan uang tunai dengan cepat atau mesin ATM yang tidak tersedia.

5) Memudahkan Pengaturan Anggaran Keuangan

Setiap bulan pasti kita dihadapkan dengan berbagai macam tagihan. Mulai dari tagihan listrik, air, telepon, internet, televisi kabel, sampai cicilan pinjaman bank. Saking banyaknya tagihan terkadang kita lupa tagihan mana yang sudah dibayar dan belum dibayar.

Pembayaran berbagai macam tagihan tidak akan terlewatkan jika kita memiliki kartu kredit. Kartu kredit secara otomatis akan melakukan pembayaran setiap bulan terhadap tagihan-tagihan tersebut. Sehingga pengeluaran anggaran setiap bulan lebih transparan.

6) Pengeluaran Lebih Terkontrol

Setiap bulannya para pemegang kartu kredit akan mendapatkan lembaran tagihan yang berisi apa saja transaksi yang sudah dilakukan dengan kartu kredit tersebut selama satu bulan.

Sehingga, setiap bulannya pengeluaran lebih terkendali. Lembaran tagihan tersebut bisa menjadi panduan jika kita ingin berhemat di bulan depan.

7) Belanja Online Lebih Mudah

Berbelanja secara online sudah menjadi tren di masyarakat. Semua barang sudah bisa dibeli dan dijual secara online. Pembayaran untuk belanja online bisa dilakukan dengan menggunakan kartu kredit. Sehingga, proses transaksi menjadi lebih cepat dan juga aman.

8) Bisa Dipakai Dimana Saja

Jika kita memiliki kartu kredit maka kita tidak perlu bingung jika bepergian ke luar negeri. Kita tidak perlu menukarkan mata uang Rupiah ke dalam valuta asing karena kartu kredit bisa digunakan di seluruh dunia.

Jenis Kartu Kredit Bukopin

Bank Bukopin mengeluarkan beberapa jenis kartu kredit yang memudahkan transaksi pembayaran para nasabah Bank Bukopin. Ada empat jenis kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank Bukopin, antara lain.

1) Bukopin MasterCard Platinum

Bukopin MasterCard Platinum adalah kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank Bukopin dengan penawaran bunga yang sangat rendah yaitu sebesar 2,9% saja. Kartu kredit jenis ini juga dilengkapi dengan fasilitas asuransi perlindungan kecelakaan mencapai Rp 4.000.000.000,-.

Untuk mendapatkan fasilitas dari kartu kredit Bank Bukopin berjenis Platinum kita harus membayar iuran tahunan sebesar Rp 600.000,-. Dan jika ingin mendapatkan kartu tambahan maka ada tambahan biaya sebesar Rp 300.000,-.

2) Bukopin Visa Platinum

Bank Bukopin mengeluarkan kartu kredit bernama Bukopin Visa Platinum dengan suku bunga sebesar 2,9% dan dilengkapi dengan asuransi perlindungan. Iuran pertama yang harus dibayarkan untuk menikmati layanan dari Bukopin Visa Platinum adalah Rp 500.000,- dengan biaya kartu tambahan sebesar Rp 300.000,-.

3) Bukopin MasterCard Gold

Jenis kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank Bukopin adalah Bukopin MasterCard Gold. Untuk menikmati fasilitas dari kartu kredit Bukopin MasterCard Gold bisa dimulai dengan iuran pertama sebesar Rp 250.000,-.

Kartu kredit jenis ini sangat bersahabat untuk nasabah Bank Bukopin karena suku bunganya rendah yaitu sebesar 2,9%. Ada juga fasilitas cicilan dengan bunga 0% setiap pembelian barang secara kredit di toko-toko terpilih.

4) Bukopin Visa Gold

Kartu kredit terakhir yang dirilis oleh Bank Bukopin adalah Bukopin Visa Gold. Kartu kredit Bukopin Visa Gold bisa dimiliki dengan membayar iuran awal sebesar Rp 225.000,-.

Baca juga: Produk Lengkap Kartu Kredit Danamon

Baca juga: Mencari Pinjaman Koperasi Tanpa Jaminan

Selain itu, para pemilik kartu kredit Bukopin Visa Gold bisa mendapatkan banyak poin setiap kali melakukan pembelian barang dan juga tiket pesawat.

Syarat untuk Mengajukan Kartu Kredit Bukopin

Setiap orang bisa memiliki kartu kredit yang dikeluarkan oleh Bank Bukopin dan menikmati segala fasilitas yang ditawarkan jika memenuhi persyaratan seperti yang disebutkan di bawah ini.

  1. Calon pemegang kartu kredit Bank Bukopin harus berusia serendah-rendahnya 21 tahun dan sebanyak-banyaknya 60 tahun. Sedangkan, untuk pemegang kartu kredit tambahan dari Bank Bukopin minimal berusia 17 tahun.
  2. Calon pemegang kartu kredit Bank Bukopin memiliki kewarganegaraan Indonesia dan asing.
  3. Untuk mengajukan kartu kredit Bukopin ada batas pendapatan minimal setiap bulannya. Untuk lebih jelasnya di bawah ini ada penjelasan mengenai batas pendapatan minimal calon pemilik kartu kredit Bukopin.
  • Bukopin Visa Gold : Rp 3.000.000,-
  • Bukopin MasterCard Gold : Rp 3.000.000,-
  • Bukopin Visa Platinum : Rp 20.000.000,-
  • Bukopin MasterCard Platinum : Rp 20.000.000,-

Selain syarat-syarat di atas, ada beberapa dokumen yang harus dilampirkan untuk mengajukan kartu kredit dari Bank Bukopin. Dokumen-dokumen tersebut berbeda, tergantung pada profesi calon pemegang kartu kredit Bank Bukopin.

1) Profesional

  • Fotokopi KTP, SIM, Paspor, atau kartu identitas lain.
  • Slip gaji, SKP, SPT, atau bukti pembayaran penghasilan.
  • Fotokopi Surat Izin Profesi

2) Karyawan

  • Fotokopi KTP, SIM, Paspor, atau kartu identitas lain.
  • Slip gaji, SKP, SPT, atau bukti pembayaran penghasilan.

3) Wiraswasta

  • Fotokopi KTP, SIM, Paspor, atau kartu identitas lain.
  • Fotokopi rekening tabungan dua bulan terakhir.
  • Fotokopi SIUP, TDP, atau akta pendirian usaha.

Tips Menghemat Pengeluaran Kartu Kredit

1) Pilih Kartu Kredit Sesuai Kebutuhan

Agar pengeluaran kartu kredit bisa terkontrol maka buatlah kartu kredit sesuai dengan kebutuhan. Jika kita suka berwisata kuliner maka buatlah kartu kredit yang menawarkan banyak promo di restoran. Sedangkan, jika kita suka berbelanja maka pilihlah kartu kredit yang menawarkan banyak diskon di outletoutlet pakaian.

2) Tentukan Limit Kartu Kredit

Salah satu penyebab pengeluaran kartu kredit membengkak dikarenakan limit kartu kredit yang terlalu besar. Sehingga, kita tidak bisa mengontrol pengeluaran.

Agar pengeluaran lebih terkendali maka aturlah limit kartu kredit serendah mungkin dan disesuaikan dengan kebutuhan serta kemampuan untuk membayar tagihan. Pastikan agar tagihan kartu kredit tidak lebih besar dari pendapatan.

3) Gunakan Poin

Setiap kali kita berbelanja menggunakan kartu kredit maka kita akan mendapatkan poin. Poin tersebut akan bisa ditukarkan menjadi barang-barang atau dalam bentuk potongan harga di merchantmerchant yang bermitra dengan Bank Bukopin.

4) Berpikir Sebelum Berbelanja

Satu lagi penyebab membengkaknya tagihan kartu kredit adalah keinginan berbelanja yang tidak terkontrol. Oleh karena itu, untuk mengontrol pengeluaran maka kita harus memastikan bahwa barang tersebut sesuai dengan kebutuhan. Atur dulu skala prioritas sebelum memutuskan untuk berbelanja.

5) Jangan Miliki Banyak Kartu Kredit

Memiliki banyak kartu kredit memang memudahkan pembayaran di setiap keadaan. Akan tetapi, banyak kartu kredit bisa membuat pengeluaran tidak terkendali. Oleh karena itu, cukup miliki dua kartu kredit saja agar beban tagihan tidak terlalu besar.

Leave a Reply