Info Seputar Bunga Deposito BRI 2017

Bank BRI atau Bank Rakyat Indonesia didirikan pada 16 Desember 1895. Hingga kini, tanggal 16 Desember masih diperingati sebagai hari lahirnya BRI.

Bank Rakyat Indonesia berdiri di Kota Purwokerto, Jawa Tengah atas prakarsa dari Raden Bei Aria Wirjaatmadja. Nama bank ini pada awal berdirinya adalah De Poeworkertosche Hulp en Spaarbank der Inlandsche Hoofden.

Dalam bahasa Indonesia, nama awal bank BRI adalah Bank Bantuan dan Simpanan Kaum Priayi Purwokerto. Lembaga keuangan ini secara khusus melayani orang-orang yang berkebangsaan Indonesia pribumi.

Setelah kemerdekaan Republik Indonesia, dengan didasarkan pada Peraturan Pemerintah Nomor 1 Tahun 1946 Pasal 1, Bank Rakyat Indonesia adalah bank pemerintah yang pertama ada di Republik Indonesia.

BRI juga menjadi salah satu bank yang usianya paling tua di Indonesia.

bunga deposito BRI 2017

Pic Source: Pixabay.com

Tertanggal 1 Agustus 1992 dengan didasarkan pada Undang-Undang Perbankan Nomor 7 Tahun 1992 serta Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 21 Tahun 1992 status BRI akhirnya berubah menjadi perseroan terbatas.

Kepemilikan BRI saat itu juga masih seratus persen berada di tangan Pemerintah Republik Indonesia.

Hingga akhirnya pada 2003, sebanyak 30% saham BRI dijual oleh pemerintah sehingga BRI secara resmi menjadi perusahaan publik.

Nama resminya adalah PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk serta masih digunakan hingga saat ini.

Dengan statusnya sebagai bank terbesar serta tertua di Indonesia, BRI banyak memberikan sumbangan untuk kemajuan perekonomian di Indonesia, terutama rakyat pedesaan.

BRI juga menjadi satu-satunya bank yang unit-unitnya tersebar hingga nyaris merata ke seluruh desa di Indonesia.

BRI juga memiliki beragam produk perbankan yang pro rakyat kecil serta turut mengangkat potensi ekonomi kerakyatan. Dalam memanfaatkan layanan perbankan dari BRI, rakyat akan dimudahkan dalam melakukan berbagai transaksi keuangan.

Kantor cabang BRI juga tersebar hingga ke seluruh pelosok Indonesia hingga ke daerah-daerah terpencil.

Baca juga: Perhitungan Iuran BPJS Ketenagakerjaan

Seputar Bunga Deposito BRI 2017

Salah satu dari sekian banyak program perbankan yang ada di BRI adalah bunga deposito BRI.

Beragamnya produk yang diluncurkan BRI ini sesuai visi misinya dalam mengutamakan pelayanan dalam membangun perekonomian rakyat.

Tujuan dari produk perbankan ini tak sekedar meningkatkan usaha rakyat namun juga menghimpun dana masyarakat agar dapat meningkatkan kualitas pembangunan.

Tujuan lain dari bunga deposito BRI adalah salah satu bentuk investasi aman serta minim resiko.

Saat ini, bunga deposito BRI makin banyak diminati masyarakat sebagai salah satu alternatif dalam menyimpan uang yang lebih aman serta dalam jangka waktu tertentu.

Uang yang disimpan juga bisa dicairkan kembali secara mudah.

Produk perbankan bunga deposito BRI ini juga didukung dengan banyaknya kantor cabang yang tersebar hingga ke pelosok desa.

Kantor cabang serta unit pelayanan yang menjangkau hingga ke seluruh daerah sampai pedesaan terpencil ini membuat deposito BRI menjadi salah satu produk unggulan selain Tabungan serta Kredit Usaha.

Manfaat yang bisa diperoleh dari bunga deposito BRI 2017 ini juga sangat banyak. Di antaranya adalah keleluasaan serta banyaknya piluhan jangka waktu penyimpanan dana, mulai dari 1, 2, 3, 6, 12 sampi 24 bulan.

Selain itu, suku bunganya juga kompetitif sehingga dapat dihasilkan imbal balik dengan nominal yang cukup signifikan.

Bunga deposito Bank BRI Simpedes juga dapat secara otomatis ditransfer ke rekening tabungan BRI ataupun rekening tabungan bank lain.

Dapat juga ditambahkan dalam pokok deposito saat dilakukan perpanjangan. Hal ini akan sangat bermanfaat untuk nasabah yang hendak menggunakan bunga depositonya dalam membayar tagihan serta angsuran kredit BRI.

Tidak hanya itu, bunga deposito dari BRI juga bisa digunakan sebagai salah satu sarana dalam berinvestasi yang aman serta tidak memiliki resiko sama sekali.

Ini karena jumlah simpanan akan jamin oleh pemerintah serta dapat menjadi penghasilan pasif sampai masa jangka waktunya berakhir.

Ada sangat banyak kelebihan yang ditawarkan deposito bank BRI.

Di antaranya adalah fasilitas perpanjangan yang bisa dilakukan secara otomatis atau ARO (Automatic Roll Over). Dengan fasilitas ini, deposan tidak perlu merasa repot apabila hendak melakukan perpanjangan deposito.

Jika tidak ingin melakukan perpanjangan bunga deposito BRI 2017 secara otomatis, maka pilihan fasilitas yang tersedia serta dapat digunakan adalah Non Automatic Roll Over atau Non ARO.

Simpanan deposito tidak akan secara otomatis diperpanjang dan bisa dicairkan sampai jangka waktunya berakhir.

Pencairan deposito yang sudah jatuh tempo dilakukan dengan cara tunai, pemindahbukuan ke rekening lain yang ada di BRI atau ditransfer ke rekening bank lain.

Jika deposito telah jatuh tempo, maka nasabah bisa menikmati bunga atau return dengan cara tunai, pemindahbukuan ke rekening BRI lain, transfer ke rekening bank lain atau menambah dana pokok deposito.

Baca juga: Produk Bank BRI Lengkap 2017

Baca juga: Jenis-Jenis Kartu Kredit BRI dan Keunggulannya

Manfaat Deposito BRI

Bunga deposito BRI 2017 juga memiliki keuntungan serta kegunaan tersendiri, terutama karena bunga deposito ini adalah salah satu produk perbankan yang nilai manfaatnya adalah investasi.

Deposan tentunya akan menerima banyak manfaat dari program ini. Berikut adalah beberapa di antaranya.

1) Suku Bunga Kompetitif

Yang pertama adalah suku bunga kompetitif serta telah diperhitungkan berdasarkan jumlah sebenarnya.

Deposan tidak perlu merasa khawatir akan return jika suku bunga fluktuatif. Keuntungan lain dari bunga deposito bank BRI Simpedes ialah bisa dijadikan jaminan kredit jika kebetulan kita memerlukan dana tunai guna memperluas usaha ataupun keperluan lainnya.

2) Dapat Digunakan sebagai Jaminan Kredit

Deposito memang telah dijadikan jaminan pinjaman kredit, akan tetapi bunga tetap bisa dinikmati apabila jangka waktu deposito sudah berakhir.

Fasilitas bunga kredit juga bisa ditransfer baik ke rekening BRI ataupun rekening bank lain sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Bisa juga digunakan untuk aneka keperluan atau menambah pokok deposito.

3) Menjangkau Semua Elemen Masyarakat

Keuntungan lain dari bunga deposito BRI 2017 ialah kantor cabang yang lokasinya merata hingga ke desa-desa.

Nasabah tidak akan kesulitan dalam membuka rekening deposito walaupun tidak tinggal di kota besar. Hal ini tentunya akan menguntungkan nasabah karena lebih efisien terutama dalam hal biaya serta transportasi.

Pencairan rekening deposito BRI juga bisa dilakukan di kantor unit kerja di mana nasabah membuka rekening sebelumnya.

4) Biaya Bulanan Gratis

Simulasi deposito BRI termasuk biaya-biaya yang harus dibayarkan untuk program deposito BRI ini.

Termasuk di antaranya adalah biaya administrasi bulanan gratis, biaya penggantian bilyet sebesar Rp 50.000 serta biaya administrasi atau biaya penalti sebelum jatuh tempo yang total eksposurenya sebesar lebih dari satu miliar.

Syarat membuka bunga deposito BRI 2017 untuk perorangan ialah mengisi formulir pembukaan rekening serta setoran awal sebesar Rp 10.000.000.

Selain itu dibutuhkan juga kelengkapan dokumen perorangan yang terdiri dari fotokopi KTP/SIM/Paspor untuk WNI serta KITAS/KITAP khusus untuk WNA.

Syarat membuka bunga deposito BRI 2017 untuk badan usaha di antaranya adalah fotokopi akte pendirian atau anggaran dasar, dokumen identitas pengurus, izin usaha berupa SIUP/TDP/SITU serta surat kuasa asli.

Untuk informasi lebih lanjut dapat langsung mendatangi kantor cabang terdekat.

Leave a Reply