Informasi Lengkap Seputar Pinjaman BRI

Bank Rakyat Indonesia atau yang disingkat menjadi BRI merupakan salah satu bank konvensional yang sudah menjadi mitra keuangan masyarakat sejak lama sehingga sudah banyak sekali masyarakat yang menjadi nasabah setia dari bank yang satu ini.

Bank BRI memberikan cukup banyak jenis produk pinjaman BRI yang bisa dimanfaatkan oleh berbagai nasabah yang membutuhkannya.

Ya, mengajukan pinjaman kepada bank merupakan alternatif paling baik untuk memenuhi berbagai kebutuhan finansial.

Salah satunya adalah kebutuhan finansial untuk memajukan usaha yang Anda jalankan.  

Keunggulan Bank BRI

Bank BRI menjadi bank yang banyak dipilih oleh berbagai kalangan masyarakat karena memiliki berbagai keunggulan tersendiri.

Lantas apa saja keunggulan yang diberikan oleh bank yang satu ini? Berikut ini merupakan beberapa keunggulan bank BRI, yaitu:

  1. Memiliki cabang yang sangat banyak di seluruh penjuru dan pelosok Negara indonesia.
  2. Menawarkan banyak sekali pilihan produk kredit atau pinjaman BRI yang dapat membantu siapa saja yang membutuhkan pinjaman dana. Sehingga dengan banyaknya produk tersebut bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda.
  3. Memiliki cukup banyak fasilitas atau bahkan bisa dibilang cukup lengkap bagi para nasabah yang akan melakukan berbagai transaksi dengan pihak bank.
  4. Memiliki jaminan keamanan yang super ketat serta memiliki kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi.
  5. Ada fitur internet banking yang tentu saja akan memberikan kemudahan dalam melakukan berbagai transaksi yang bisa dilakukan di mana saja dan kapan saja.
  6. Kenyamanan dalam melakukan berbagai transaksi dengan menggunakan berbagai peralatan modern yang tentu saja akan mempercepat proses transaksi bersama dengan nasabah.
  7. Karena memiliki banyak unit yang tersebar di seluruh pelosok indonesia menjadikan berbagai proses transaksi yang berhubungan dengan keuangan bisa cepat dilakukan. Sehingga bisa memudahkan berbagai kalangan masyarakat khususnya masyarakat pedesaan.
  8. Tenaga kerja yang profesional siap untuk melayani Anda dalam menjalankan tugasnya untuk bisa memberikan kenyamanan serta kepuasan oleh nasabah.
pinjaman Bank BRI untuk usaha

Pic Source: Pixabay.com

Produk Pinjaman BRI

Salah satu produk pinjaman BRI yang banyak diminati oleh berbagai kalangan masyarakat.

Setelah mengetahui berbagai keunggulan yang diberikan oleh Bank BRI, kini saatnya membahas produk yang diberikan oleh Bank BRI.

Perlu Anda ketahui jika salah satu program pinjaman BRI yang paling banyak digunakan itu adalah program atau produk KUR.

KUR sendiri merupakan singkatan dari Kredit Usaha Rakyat yang mana menjadi produk yang dapat memberikan banyak sekali manfaat untuk bisnis yang sedang dijalankan menjadi lebih maju.

Sebenarnya, KUR merupakan program pemerintah yang difokuskan untuk memajukan bisnis atau usaha yang dilakukan oleh berbagai kalangan masyarakat.

Jadi perlu digaris bawahi jika KUR bukan merupakan produk spesifik dari Bank BRI saja melainkan hampir semua bank juga melayani pembiayaan jenis ini.

Namun karena berbagai keunggulan yang diberikan, banyak orang yang memilih untuk mendaftarkan diri untuk melakukan pinjaman KUR pada Bank BRI.

Berikut ini merupakan jenis-jenis produk KUR yang disediakan oleh Bank BRI yaitu:

Pembiayaan KUR Mikro

KUR Mikro dari Bank BRI merupakan sebuah pembiayaan Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafon sampai dengan  Rp 25.000.000,- untuk setiap debitur.

Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan. Dan tidak dipungut biaya provisi dan serta administrasi apa pun.

Persyaratan yang perlu disiapkan ketika akan mengajukan pinjaman Bank BRI untuk usaha yang satu ini yaitu sebagai berikut:

  1. Individu atau pun perorangan yang sedang menjalankan sebuah usaha produktif serta layak, dalam artian selalu mengalami progres yang baik.
  2. Telah menjalankan usaha secara aktif selama minimal 6 bulan
  3. Tidak sedang menerima kredit dari perbankan, kecuali jika itu kredit konsumtif seperti KPR, KKB, dan, Kartu Kredit
  4. Persyaratan administrasi lainnya seperti berbagai kartu Identitas berupa kartu tanda penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK), dan surat ijin usaha dalam bentuk fotokopi, namun juga perlu diperlihatkan aslinya.

Jenis kredit yang termasuk dalam pinjaman BRI KUR mikro yaitu:

  • Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 3 (tiga) tahun
  • Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun

Pembiayaan KUR Ritel

KUR Ritel yang diberikan oleh piak Bank BRI merupakan pembiayaan Kredit Modal Kerja dan atau Investasi dengan plafon lebih dari Rp 25.000.000,- sampai dengan Rp 500.000.000,- per debitur, tentu saja bagi seseorang yang memiliki usaha produktif serta layak.

Suku bunga 9% efektif per tahun. Pemohon tidak dipungut biaya provisi serta biaya administrasi serta berbagai agunan yang diperlukan itu akan disesuaikan dengan ketentuan dari pihak bank.

Berikut ini merupakan beberapa persyaratan yang diperlukan ketika Anda akan mengajukan pinjaman BRI yang satu ini, yaitu:

  • Harus memiliki usaha yang produktif dan juga layak untuk sebagai syarat untuk mengajukan pinjaman.
  • Tidak sedang menerima kredit dari perbankan lain, kecuali kredit konsumtif yaitu diantaranya KPR, KKB, serta Kartu Kredit diperbolehkan.
  • Telah menjalankan usaha tersebut secara aktif selama minimal 6 bulan
  • Memiliki Surat Ijin Usaha Mikro dan Kecil (IUMK) atau surat ijin usaha lain yang sejenis.

Jenis kredit yang termasuk dalam KUR Ritel ini yaitu:

  • Kredit Modal Kerja (KMK) jangka waktu maksimal 4 (empat) tahun
  • Kredit Investasi (KI) jangka waktu maksimal 5 (lima) tahun

 

Pembiayaan KUR TKI

KUR TKI merupakan pinjaman yang diberikan oleh Bank BRI untuk membiayai keberangkatan calon TKI ke negara penempatan.

Pembiayaan BRI yang satu ini memiliki plafon sampai dengan Rp 25.000.000,-. Suku bunga 9% efektif per tahun atau setara 0.41% flat per bulan.

Dalam pembiayaan atau pinjaman yang satu ini Anda tidak akan dipungut biaya provisi serta biaya administrasi.

Jangka waktu dari pinjaman yang dilakukan itu maksimal 3 tahun atau disesuaikan dengan kontrak kerja yang telah dilakukan.

Pinjaman BRI yang satu ini hanya berlaku untuk tujuan negara penempatan Hongkong, Singapura, Malaysia, Taiwan, Brunei, Korea Selatan, Jepang.

Untuk calon TKI yang akan berangkat bekerja luar negeri dan ingin mengajukan pinjaman BRI yang satu ini, berikut merupakan persyaratan administrasi yang wajib untuk dipenuhi yaitu:

  1. Identitas diri pemohon berupa KTP dan Kartu Keluarga
  2. Perjanjian penempatan kerja
  3. Perjanjian kerja dengan pengguna jasa
  4. Visa
  5. Paspor
  6. Persyaratan lain atau persyaratan tambahan yang ditentukan oleh pihak bank.

Pada dasarnya, produk KUR dari Bank BRI ini diberikan untuk para pelaku usaha mikro, kecil, dan juga menengah, yang memiliki usaha produktif serta layak dan memiliki prospek yang besar untuk terus dikembangkan.

Sektor usaha yang bisa mendapatkan pinjaman Kredit Usaha Rakyat ini harus sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Dan yang lebih menguntungkannya lagi, pengajuan KUR pinjaman BRI ini dapat dilayani di seluruh Unit Kerja Bank BRI yang tersebar di seluruh Indonesia.

Setelah mengenal beberapa produk KUR yang diberikan oleh Bank BRI, lantas seperti apa prosedur untuk mengajukan pinjaman dan berbagai hal lainnya yang terkait?

Berikut ini juga akan dijelaskan mekanisme atau prosedur pengajuan pinjaman untuk usaha di Bank BRI, simak terus dengan seksama ya.

Baca juga: Perlu Tahu! Serba-Serbi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Baca juga: Kartu Kredit Adalah? Semua Tentang Kartu Kredit!

Prosedur atau Mekanisme Pengajuan KUR di Bank BRI

Berikut ini merupakan prosedur atau pun mekanisme langkah-lagkah tahapan mengajukan permohonan pinjaman BRI yang nantinya akan dilewati oleh Anda, yaitu:

  • Pemohon atau UMKMK wajib untuk mengajukan surat permohonan KUR kepada pihak  Bank dengan melampirkan dokumen yaitu diantaranya adalah seperti surat legalitas usaha (jika ada), perizinan usaha, catatan keuangan usaha yang dijalankan serta berbagai dokumen lain sebagai pelengkap yang diminta oleh pihak bank.
  • Setelah pemohon mengajukan berbagai berkas tersebut, kemudian dari pihak Bank akan mengevaluasi serta menganalisis kelayakan dari usaha UMKMK berdasarkan berbagai dokumen yang diberikan sebagai permohonan UMKMK tersebut.
  • Jika menurut bank usaha UMKMK yang Anda miliki itu layak, maka pihak bank akan menyetujui permohonan KUR yang diajukan oleh pemohon. Perlu ditekankan bahwa berbagai keputusan pemberian pinjaman BRI khususnya KUR ini sepenuhnya merupakan wewenang dari pihak Bank.
  • Bank dan UMKMK akan menandatangani Perjanjian Kredit atau pun perjanjian Pembiayaan.
  • Setelah sah, maka UMKMK wajib membayar atau mengangsur kewajiban pengembalian pinjaman tersebut kepada pihak Bank sampai dengan lunas.

Dokumen Umum yang Paling Wajib Anda Lengkapi

berikut ini merupakan beberapa dokumen yang wajib untuk Anda lengkapi ketika akan mengajukan pinjaman BRI khususnya KUR yaitu:

  • Identitas diri dari nasabah yang akan mengajukan pinjaman, seperti KTP, SIM, Kartu Keluarga.
  • Bukti surat berbagai Perzinan usaha, seperti SIU, TDP, SK Domisili dari desa atau kelurahan.
  • Legalitas usaha, seperti akta pendirian, akta perubahan
  • Catatan pembukuan atau laporan keuangan usaha yang dijalankansecara detail.
  • Copy bukti agunan yang diminta oleh pihak bank.

Yang Termasuk dalam Agunan Sebagai Jaminan

Berikut ini merupakan beberapa hal yang termasuk dalam agunan yang bisa dijadikan sebagai jaminan untuk mengajukan pinjaman BRI yaitu:

  • Agunan wajib yang selalu diminta dari pihak bank itu ada macam yaitu Kelayakan Usaha dan juga Obyek yang akan dibiayai itu sendiri atau jenis usaha yang sudah atau sedang Anda jalankan. Ketika Anda tak memiliki usaha apa pun, maka akan sangat  mustahil permohonan pinjaman Anda akan disetujui.
  • Agunan Tambahan merupakan berbagai agunan yang dikehendaki oleh pihak bank dan sifatnya itu harus sesuai dengan ketentuan pihak bank, misalnya sertifikat tanah pemohon, BPKB mobil, BPKB motor. dan lain sebagainya.

Ternyata mengajukan pinjaman BRI untuk mengembangkan usaha dengan menambah modal itu tak sesulit yang dipikirkan bukan?

Tentu saja proses bisa berjalan dengan cepat dan lancar ketika Anda sudah mempersiapkan berbagai dokumen dengan baik.

Maka dari itu, sebelum mengajukan pinjaman BRI, ada baiknya untuk mencari berbagai informasi terlebih dahulu agar Anda setidaknya sudah mengerti bagaimana nantinya proses pinjaman yang akan Anda lakukan.

Dengan mempersiapkan berbagai hal secara terstruktur, maka Anda juga akan mendapatkan berbagai kemudahan dan proses pinjaman BRI tersebut bisa diproses secara cepat.

Sekian informasi seputar pinjaman Bank BRI untuk usaha yang bisa disampaikan, semoga bisa memerikan banyak manfaat khususnya untuk Anda yang ingin mengajukan pinjaman untuk berbagai keperluan.

Pastikan bahwa Anda telah melengkapi semua persyaratan yang diperlukan untuk mengajukan pinjaman bank BRI agar proses pengajuan pinjaman bisa segera selesai.

Biasanya, proses pengajuan pinjaman tidak lebih dari 2 minggu jika seluruh surat dan dokumen pelengkap telah lengkap.

Leave a Reply