Informasi Seputar Kartu Kredit UOB

Siapa yang tidak suka belanja? Tentu saja semua orang menyukai belanja terutama bagi kaum wanita.

Berbelanja memang merupakan hal yang sangat menyenangkan karena memiliki banyak manfaat.

Salah satu manfaat dari berbelanja selain untuk membeli perlengkapan yang dibutuhkan, berbelanja juga dapat membuang penat dan stres.

Tak heran jika banyak sekali wanita yang senang berbelanja.

Namun bagi wanita yang senang berbelanja, tentunya akan sangat bingung jika harus membawa uang tunai dalam jumlah banyak.

Membawa uang tunai yang cukup banyak tentu saja akan membuat banyaknya oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab seperti melakukan pencopetan, pemalsuan uang, dan lain sebagainya.

Lalu bagaimanakah solusi bagi wanita yang ingin berbelanja namun tidak ingin mengambil resiko seperti yang sudah disebutkan tadi?

Tentu saja jawabannya adalah dengan menggunakan kartu kredit.

Salah satu kartu kredit yang bisa Anda gunakan sebagai belanja yaitu kartu kredit UOB.

Sebelum mengetahui apa itu kartu kredit UOB, sebaiknya Anda terlebih dahulu untuk mengetahui apa itu kartu kredit.

gambar kartu kredit UOB

Kartu kredit adalah sebuah alat yang berbentuk kartu dengan bahan plastik yang dapat menggantikan uang sebagai alat pembayaran.

Bahkan dengan menggunakan kartu kredit semua akan terasa jauh lebih mudah karena hanya tinggal menggesek saja melalui mesin.

Nantinya semua tagihan akan dibayar ketika sudah jatuh tempo.

Jenis Kartu Kredit

Sebelum mengetahui lebih lengkap mengenai kartu kredit, sebaiknya Anda ketahui terlebih dahulu ada apa sajakah jenis-jenis kartu kredit dan juga beberapa penjelasannya. Diantaranya sebagai berikut ini :

1) Jenis kartu kredit berdasarkan limit

Jenis kartu kredit ini biasanya cara pelunasannya dengan sistem angsuran.

Salah satu contoh dari kartu kredit yang ditentukan dari limit yaitu Visa dan Mastercard.

Jika terlambat untuk membayar tagihan, maka akan dikenakan denda sesuai dengan ketentuan dari kartu kredit itu sendiri.

Beberapa batasan untuk menggunakan uang di kartu kredit ini juga dibatasi sesuai dengan jenis kartu kredit itu sendiri. Biasanya berkisar dari Rp 5.000.000,- sampai dengan Rp 250.000.000,- atau bahkan bisa lebih.

2) Jenis kartu kredit berdasarkan wilayah berlakunya

Jenis kartu kredit ini biasanya hanya bisa digunakan di suatu wilayah tertentu misalkan hanya bisa digunakan di dalam 1 kota misalkan beberapa kartu di Supermarket tertentu.

Kemudian hanya bisa digunakan dalam 1 pulau dan lain sebagainya.

Selain itu, ada juga kartu kredit yang hanya bisa digunakan di beberapa negara dan dilakukan di beberapa pusat perbelanjaan di luar negeri.

3) Jenis kartu kredit berdasarkan afiliasinya

Jenis kartu kredit ini biasanya kartu kredit yang sudah bekerja sama dengan suatu perusahaan tertentu.

Sebagai contohnya yaitu kartu kredit yang diperuntukkan untuk mahasiswa yang bekerja sama dengan pihak bank tertentu, dan masih banyak contoh lainnya.

Jadi, pada intinya ada beberapa jenis kartu kredit yang biasanya digunakan yaitu jenis kartu kredit berdasarkan limit, kemudian sesuai wilayah berlaku, dan juga berdasarkan afiliasinya.

Manfaat Kartu Kredit

Jenis-jenis kartu kredit ini memiliki fungsinya masing-masing seperti yang sudah disebutkan di atas tadi.

Setelah Anda mengetahui apa sajakah jenis-jenis kartu kredit, selain itu adapun beberapa manfaat jika memiliki kartu kredit diantaranya adalah :

  1. Membuat hal menjadi lebih praktis karena tidak perlu membawa banyak uang tunai.
  2. Terdapat beberapa penawaran menarik seperti diskon hotel, diskon tempat makan, tempat perbelanjaan, dan lain sebagainya.
  3. Aman dari beberapa tindakan kriminal seperti pemalsuan uang, jambret, dan lain sebagainya.
  4. Aman ketika sedang melakukan pembelian dan juga transaksi.
  5. Membantu ketika keadaan darurat seperti jika sedang tidak membawa uang cash.
  6. Memudahkan untuk mengatur pengeluaran ketika berbelanja, karena terdapat struk dan catatan setiap kali melakukan kredit.
  7. Menawarkan fleksibilitas dalam melakukan pembelian.
  8. Semua transaksi akan dicatat sehingga aman dan dapat terkendali.
  9. Memudahkan segala hal khususnya setiap transaksi online.
  10. Dapat digunakan di beberapa kota, wilayah, bahkan dunia.

Di atas merupakan beberapa penjelasan mengenai kartu kredit, jenis kartu kredit, dan manfaat kartu kredit secara umum saja.

Selain beberapa contoh dan jenis kartu kredit yang sudah disebutkan di atas yaitu jenis kartu kredit pada umumnya, masih ada contoh kartu kredit lain yang memiliki banyak keunggulan.

Kartu kredit tersebut adalah kartu kredit UOB.

Akan tetapi, sebelum membahas pengertian dari kartu kredit ini, sebaiknya Anda mengetahui bagaimanakah sejarah Bank UOB Indonesia ini.

Sebelum bernama menjadi bank UOB Indonesia, dulu bank ini bernama Bank Buana Indonesia, akan tetapi kepemilikan saham dan bank ini pada akhirnya dibeli oleh pihak investor luar yang juga memiliki kepemilikan saham dari UOB Group, pada akhirnya nama Bank Buana Indonesia berganti menjadi Bank UOB Indonesia.

Kartu Kredit UOB

Tidak mau jauh tertinggal dengan bank-bank lainnya yang ada di Indonesia, Bank UOB meluncurkan salah satu kartu kredit yang dapat digunakan oleh sebagian masyarakat untuk berbelanja, membayar tagihan, dan keperluan-keperluan lainnya.

Salah satu kartu kredit dari Bank UOB itu sendiri yaitu bernama kartu kredit UOB.

Ada berbagai jenis kartu kredit UOB ini yang memiliki fungsinya masing-masing diantaranya adalah kartu UOB Regular, kartu UOB Gold, kartu UOB Platinum, dan kartu UOB Lady’s Card.

Simak beberapa pembahasannya berikut ini.

1) Kartu Kredit UOB Regular

Kartu kredit ini merupakan kartu kredit yang biasanya digunakan oleh sebagian orang yang baru memiliki sebuah kartu kredit.

Selain penggunaan yang mudah, kartu kredit ini juga menawarkan berbagai macam promo seperti promo hotel, restaurant, pusat perbelanjaan, dan lain sebagainya.

2) Kartu Kredit UOB Gold

Kartu kredit ini merupakan kartu kredit yang hampir sama dengan UOB regular. Namun biaya yang nantinya akan dibayarkan setiap bulannya tentu akan lebih tinggi dibandingkan dengan kartu kredit yang Regular.

3) Kartu Kredit UOB Platinum

Kartu kredit ini merupakan kartu kredit yang di dalamnya menawarkan berbagai fasilitas seperti perlindungan asuransi, diskon hingga 50% di beberapa hotel berbintang 5, dan lain sebagainya.

4) Kartu Kredit UOB Lady’s Card

Kartu kredit ini merupakan kartu kredit yang dikhususkan untuk wanita.

Jenis kartu kredit ini akan memberikan berbagai diskon, promo, dan potongan khusus untuk beberapa merk dan barang tertentu.

Bahkan jika Anda memiliki kartu kredit ini maka Anda juga akan mendapatkan beberapa potongan perawatan kecantikan di beberapa klinik kecantikan, spa, salon, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa contoh dan penjelasan dari kartu kredit UOB.

Selain itu jika Anda memiliki kartu kredit ini Anda akan mendapatkan beberapa fasilitas seperti di bawah ini :

  • Visa PayWave.
  • UOB Regional Privileges.
  • Lowest SGD Exchange Rate.
  • UOB Credit Protection.
  • UOB FlexiPay.
  • Berlaku di seluruh dunia.
  • 24 Hours UOB Call Center.
  • UOB Auto Pay.
  • Cash Advance.
  • Global Customer Service Assistance.
  • Travel Accident Insurance.

Ada beberapa biaya yang biasanya harus dibayar pada satu periode tertentu diantara biaya-biayanya yaitu biaya untuk iuran tambahan, semakin tinggi kartu kredit yang Anda gunakan maka semakin tinggi pula biaya yang harus Anda bayarkan.

Kemudian Anda juga harus membayar bunga kredit. Kartu kredit UOB memberikan bunga sesuai dengan transaksi yang dilakukan seperti bunga pembelanjaan, dan juga bunga tarik tunai.

Pembayaran Kartu Kredit UOB

Selain membayar bunga, Anda juga dibebankan untuk membayar denda apabila tidak membayar cicilan sesuai dengan tempo yang sudah ditentukan.

Lalu bagaimanakah cara membayar tagihan kartu kredit UOB?

Berikut ini beberapa contoh dan pilihan bagaimana cara pembayaran kartu kredit ini, diantaranya sebagai berikut:

1) Menyetor tunai

Cara pembayaran yang pertama yaitu dengan menyetorkan secara tunai ke bank UOB langsung. Namun jika menyetor secara langsung ke bank, Anda akan dikenakan tarif sebesar Rp 25.000,-

2) UOB Auto Pay

Cara pembayaran kedua yaitu dengan membayar melalui UOB Auto Pay. Membayar dengan cara ini Anda tidak akan dikenakan biaya alias gratis.

3) ATM UOB

Cara pembayaran selanjutnya yaitu bisa membayar melalui beberapa ATM, selain ATM UOB Indonesia, Anda juga bisa membayar melalui beberapa ATM dari beberapa bank lain yang ada di Indonesia.

Namun akan dikenakan biaya sesuai dengan bank yang akan digunakan.

4) Mobile Banking and SMS Banking

Cara pembayaran ini akan dikenakan biaya sesuai dengan ATM masing-masing.

Anda akan dikenakan bebas biaya jika menggunakan ATM UOB Indonesia.

5) Internet Banking

Cara pembayaran ini akan dikenakan biaya sesuai dengan ATM masing-masing. Anda akan dikenakan bebas biaya jika menggunakan ATM UOB Indonesia.

6) Phone Banking

Cara pembayaran ini akan dikenakan biaya sesuai dengan ATM masing-masing. Anda akan dikenakan bebas biaya jika menggunakan ATM UOB Indonesia.

7) Call Center

Cara pembayaran yang terakhir ini yaitu dengan menghubungi call center UOB yaitu di nomor 14008.

Spesifikasi Kartu Kredit UOB

Bagi Anda yang tertarik untuk membuat kartu kredit UOB, maka Anda bisa mengetahui beberapa spesifikasi seperti di bawah ini :

1) Bagi karyawan

Spesifikasinya adalah berusia 21 tahun, boleh yang sudah menikah maupun yang belum menikah, harus warga negara Indonesia, memiliki penghasilan minimal Rp 3.000.000,-, dan yang terakhir adalah menyiapkan fotocopy atau hasil scan dari NPWP yang Anda miliki untuk menghitung seberapa biaya yang harus Anda bayarkan sesuai dengan penghasilan Anda.

2) Bagi seorang pengusaha

Untuk spesifikasinya masih sama seperti spesifikasi bagi karyawan yaitu berusia 21 tahun boleh menikah maupun belum menikah, penghasilan minimalnya pun sama Rp 3.000.000,- per bualnnya.

Namun bagi seorang pengusaha harus disertakan dengan fotocopy surat ijin praktek, dan yang terakhir yaitu fotocopy atau scan NPWP.

Baca Juga: Tips Mendapatkan Pinjaman Cepat Dalam Keperluan Mendesak

Baca Juga: Kartu Kredit Adalah? Semua Tentang Kartu Kredit!

Di atas merupakan beberapa penjelasan mengenai kartu kredit, jenis-jenis kartu kredit, dan contoh kartu kredit yang ada di Indonesia lebih tepatnya yaitu kartu kredit UOB.

Ada banyak manfaat yang sudah disebutkan di atas mengenai beberapa manfaat memiliki kartu kredit dan juga manfaat jika memiliki sebuah kartu kredit UOB. Kami sertakan pula beberapa pilihan kartu kredit UOB yang tersedia.

Apakah Anda untuk memilikinya?

Anda bisa dengan mudah untuk mendatangi Bank UOB Indonesia yang ada di kota Anda.

Jadi tunggu apalagi, dapatkan manfaat-manfaat di atas dengan memiliki sebuah kartu kredit, pilih kartu kredit?

Ya kartu kredit UOB aja! Semoga dapat membantu dan juga bermanfaat.

Leave a Reply