Ingin jadi Pengusaha Online? Ini Cara Bisnis Online dari Awal

Mengalami kendala ekonomi dan penghasilan bulanan masih belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari? Tak ada salahnya anda coba menjadi pebisnis di dunia online.

Berbisnis di dunia online memang sedang jadi tren akhir-akhir ini.Banyak pengusaha-pengusaha muda yang kemudian meraup keuntungan besar hanya dengan berbisnis di dunia online. Tidak hanya banyak dijadikan sebagai bisnis samping, banyak juga yang menjadikan cara bisnis online sebagai sumber penghasilan utama, karena memang sama halnya dengan bisnis pada umumnya bisnis online juga berpotensi untuk mendatangkan keuntungan yang optimal.

Lantas, adakah cara berbisnis online tanpa modal? Biasanya hal ini banyak dicari oleh orang-orang pemula di bidang bisnis tapi ingin coba peruntungan di dunia bisnis online. Faktanya ternyata ada juga loh peluang bisnis yang hanya membutuhkan modal sangat minim.

Pixabay.com

Tips Jitu Memulai Bisnis Online yang Sukses

Untuk itulah kali ini kita akan mengupas tuntas tentang cara memulai bisnis online dari nol, hingga tips-tips yang harus diperhatikan ketika akan memulai sebuah usaha di dunia maya. Sebagai langkah pembuka, mari kita simak beberapa tahapan cara bisnis online dari awal:

  • Siapkan mental

Sebelum benar-benar terjun sebagai seorang pebisnis, pahami terlebih dahulu resiko-resiko seperti apa saja yang harus dihadapi di kemudian hari. Menjadi pebisnis di dunia online sama halnya dengan berbisnis di dunia nyata, di mana dibutuhkan ketelitian, kerja keras, disiplin, dan sifat-sifat wirausaha lainnya.

Untuk itu sebelum benar-benar menjadi seorang pebisnis online, pastikan bahwa anda siap menghadapi segala apa pun resikonya, dari mulai waktu yang tersita untuk berbisnis, resiko menghadapi kegagalan, dan lain sebagainya. Namun kegagalan ini tidak selamanya terjadi kok, dengan berusaha maksimal pastinya keberhasilan akan datang sendiri di depan mata.

  • Lakukan analisis pasar, dan tentukan apa yang akan dijual

Dalam menganalisis kondisi pasar, coba cari apa sih yang sebenarnya sedang banyak dibutuhkan oleh orang-orang saat ini. Sebagai seorang calon pebisnis, yang kemudian harus anda lakukan adalah mencari tahu apa solusi dari masalah tersebut. Jika anda membuka sebuah bisnis yang memang dibutuhkan oleh banyak orang, maka keuntungannya juga akan semakin tinggi.

Banyak pebisnis yang seringkali terlalu fokus dengan produk yang akan dijual, tanpa mempertimbangkan kondisi pasar. Tak jarang banyak yang diantaranya kemudian tidak bisa bertahan lama di dunia bisnis dan akhirnya gulung tikar.

Untuk itulah sebaiknya lakukan riset terlebih dahulu, dan sebisa mungkin cari sesuatu produk yang perputarannya cepat sehingga bisnis bisa terus berjalan dengan baik. Misalnya aksesoris, makanan, pakaian, perabotan rumah, atau produk digital seperti Ebook, aplikasi, kursus online, dan lain-lain.

Selain melihat kebutuhan pasar, sebuah bisnis juga bisa kok berawal dari hobi. Sebagai contoh misalnya anda punya hobi di bidang desain, suka membuat desain kaos, suka menggambar animasi grafis, atau yang lainnya. Nah hal ini bisa jadi modal utama dalam memulai usaha.Dewasa ini bisnis di bidang desain bisa menjadi salah satu bisnis yang cukup menjanjikan lho, karena memang nilai estetika atau keindahan pada sesuatu dianggap sebagai hal yang penting oleh banyak orang.

Contoh lainnya jika anda punya hobi menulis, bisa juga memanfaatkan skill tersebut untuk jadi copy writer atau content writer, di mana yang dibutuhkan hanyalah keahlian merangkai kata dan koneksi internet saja.

Beberapa rekomendasi usaha online yang bisa anda rintis dan punya peluang keuntungan yang besar diantaranya adalah bisnis reseller pakaian, peralatan rumah tangga, hingga gadget, dan barang elektronik. Bahkan usaha pulsa pun bisa jadi sebuah bisnis yang lumayan jika dikerjakan dengan optimal.

  • Buat Business Plan

Setelah melakukan riset dan menentukan apa yang akan anda jual, yang selanjutnya harus anda lakukan adalah membuat business plan atau perencanaan bisnis. Di dalam perencanaan bisnis ini berisi konsep usaha, alur bisnis, dan lain-lain.

Biasanya dalam membuat rencana bisnis ini orang-orang merencanakan sebuah bisnis yang sempurna tanpa kendala. Dan seringkali justru tidak berjalan sesuai yang diharapkan. Untuk itu siapkan juga plan B, plan C dan seterusnya jika perlu ketika memang terjadi kendala dalam salah satu prosesnya.

Jika anda tidak ingin repot membuat rencana bisnis, bisa  juga merintis usaha online dengan menjual produk orang lain terlebih dahulu seperti menjadi reseller atau dropshiper. Dengan menjual produk orang lain, maka anda tidak perlu repot memikirkan stock barang dan yang harus anda lakukan hanyalah melakukan promosi saja. Menjadi dropshipper atau reseller juga bisa menekan biaya produksi dan meminimalisir kerugian.

  • Siapkan modal. Perlukah modal yang besar? Jawabannya bisa iya bisa tidak

Berbisnis biasanya diidentikan dengan biaya yang besar, misalnya modal untuk membeli bahan mentahnya, hingga sewa tempat untuk tempat berbisnis. Untuk itulah banyak orang yang awalnya berniat ingin menjadi pengusaha namun berhenti di tengah jalan karena tidak punya modal.

Modal juga kerap kali identik dengan uang. Padahal ternyata tidak selamanya modal uang yang besar bisa menjamin kesuksesan dalam berbisnis.Modal juga tidak selamanya hanya dari materi saja, namun bisa juga dengan modal soft skill yang dimiliki seperti kerja keras, disiplin, dan jujur yang merupakan bekal paling penting dalam menjadi seorang pengusaha.

Nah untuk memulai sebuah usaha di dunia online, anda tidak memerlukan biaya yang besar kok. Bahkan ada bisnis yang mengharuskan pebisnisnya berjualan dengan mengandalkan gadget dan koneksi internet, tidak perlu sampai keluar rumah. Keuntungannya juga lumayan lho! Contohnya menjadi reseller atau dropshiper di market place.

  • Membuka toko online sendiri

Nah selanjutnya yang sekaligus menjadi tahapan paling penting adalah memulai berjualan.Sama halnya dengan bisnis offline, bisnis secara online juga membutuhkan sebuah tempat yang berisi katalog produk yang anda jual.

Bedanya jika di kios offline membutuhkan tempat yang nyata secara fisik dan harus disewa atau dibeli, melalui media online ini tempat yang dibutuhkan bisa dituangkan di berbagai macam media sosial, misal jualan di Instagram, jualan di Line, BBM, Facebook, Twitter, atau bisa juga menggunakan website resmi, di mana media-media ini bahkan tidak berbayar alias gratis sehingga bisnis di dunia online ini bisa dikatakan sebagai cara berbisnis online tanpa modal.

Tak heran, melihat peluang target pasar yang sangat luas dan cukup bermodalkan koneksi internet, maka banyak pengusaha yang kemudian terjun di dunia online business ini. Namun yang perlu dicatat, pastikan bahwa media online yang kemudian akan dijadikan media promosi alias tempat anda berjualan ini sudah benar-benar anda kuasai agar proses transaksi jual beli pun berjalan dengan lancar.

  • Lakukan promosi produk

Langkah ke enam dalam cara memulai bisnis online dari nol selanjutnya adalah melakukan promosi. Dalam promosi melalui dunia maya, diperlukan caption atau konten yang bisa menarik perhatian calon konsumen. Namun jangan copy paste!

Dalam melakukan promosi produk, coba lakukan juga promo promo menarik untuk calon pelanggan, misalnya beli 1 gratis 1, diskon harga, atau give away. Hal ini juga bisa menarik banyak pelanggan untuk membeli produk yang anda jual sehingga cara memulai bisnis online dari nol bisa berjalan baik.

Selain menjalankan promo atau diskon, cara bisnis online jangan lupa juga untuk membuat caption yang bisa menarik perhatian calon konsumen. Jangan terlalu mengumbar janji yang palsu, cukup berikan deskripsi nyata tentang produk yang anda jual, tekankan pada kelebihan-kelebihan yang dimiliki produk tersebut. Pada dasarnya barang berkualitas dan pelayanan yang maksimal merupakan faktor penting dalam menjalankan sebuah bisnis.

Nah sebisa mungkin media promosi online yang anda pilih ini memuat informasi tentang profil usaha, gambar produk lengkap dengan keterangannya, alamat usaha dan nomor untuk dihubungi, dan alur pemesanan agar pelanggan tidak kebingungan saat melakukan transaksi pembelian.Informasi ini bisa dimuat di sub menu website, atau jika anda menggunakan media sosial maka bisa memanfaatkan menu-menu yang disediakan di media sosial tersebut.

  • Berikan pelayanan terbaik untuk pelanggan

Dalam cara berbisnis online tanpa modal, bagi seorang pebisnis, kepuasan pelanggan adalah segalanya. Untuk itu berikan pelayanan yang maksimal untuk pelanggan. Jika pelanggan merasa puas, maka hal ini akan bisa memancing banyak pelanggan lainnya untuk melakukan transaksi di online shop yang anda jalani.

Baca juga: Tips Agar Cara Cepat Kaya dan Ide Bisnis Menguntungkan

Baca juga: 7 Peluang Bisnis Online Paling Menguntungkan

Nah itulah beberapa langkah cara berbisnis online tanpa modal. Jika anda mulai tertarik untuk merintis bisnis online, jangan lupa untuk terus belajar, perbanyak ilmu, dan kalau bisa cari mentor yang berpengalaman di bidangnya untuk memberikan masukan kaitannya dengan tips membuat bisnis online agar sukses.

Pengalaman bisa jadi guru terbaik dalam mengajarkan sesuatu, sama halnya dalam cara memulai bisnis online dari nol. Jika anda tidak memiliki relasi terdekat yang berpengalaman di bidang bisnis online, tak ada salahnya anda coba cari di dunia maya. Siapa sangka ternyata ada lho mentor di dunia online yang menyediakan banyak pedoman bermanfaat kaitannya dalam memulai sebuah bisnis online. Untuk anda yang mencari mentor di dunia online, anda bisa coba kunjungi:

  • maxmanroe.com. Situs ini menyediakan panduan bisnis online paling lengkap, cara memulai bisnis online dari nol, step by step, dan anda akan dibimbing untuk menjadi pengusaha online sukses bersama ratusan ribu pebisnis online lainnya yang sudah bergabung di dalamnya.
  • brokerpreneur.info. Nah situs ini juga menyediakan panduan cara memulai bisnis online dari nol. Di sini anda bahkan diarahkan untuk menjadi pengusaha dengan pendapatan mencapai 5 juta per bulan hanya dengan memanfaatkan dunia maya. Di situs ini juga dipaparkan banyak tips tentang rahasia pemasaran secara online.

Setelah memperbanyak pengetahuan, maka tentu bisnis yang akan dijalankan akan terus berjalan dengan baik. Yang tak kalah penting dalam cara bisnis online adalah, ingat bahwa dalam menjalankan bisnis kita tidak hanya menjual produk, namun juga membangun aset yang dapat menyokong kehidupan sehari-hari.

Melihat dari beberapa tips cara berbisnis online tanpa modal seperti yang sudah dipaparkan diatas, yang juga tak kalah pentingnya adalah mindset. Suatu usaha akan meraih keuntungan dan keberhasilan jika anda memiliki pribadi wirausaha yang baik.

Dan yang terpenting, lakukan praktek karena tanpa aksi nyata maka semua teori di atas akan sia-sia. Semoga bermanfaat!

Leave a Reply