Ingin Punya Paspor Tanpa Ribet? Ini Dia Cara Membuat Paspor Online Dengan Mudah dan Cepat

Liburan atau bepergian keluar negeri memang merupakan hal yang menyenangkan. Selain dapat bertemu dengan orang baru, kita juga dapat menikmati suasana baru di negeri lain. Namun, untuk dapat keluar negeri tentulah kita membutuhkan beberapa persyaratan. Paspor merupakan syarat terpenting yang wajib dimiliki untuk dapat bepergian ke negara lain.

Selain paspor, visa juga merupakan hal penting saat bepergian keluar negeri. Namun, jika anda hanya ingin pergi keluar negeri untuk berlibur dan bukan dengan tujuan untuk menatap, yang anda butuhkan paspor.

Cara membuat paspor umumnya dibagi menjadi dua, yaitu secara manual dan elektronik. Namun, saat ini, banyak orang pada umunya lebih menyukai membuat paspor secara online. Hal ini dikarenakan cara membuat paspor online jauh lebih mudah, cepat, dan praktis dibandingkan dengan cara manual.

Sebelum membuat paspor, sebaiknya Anda pahami dahulu mengenai syarat dan biaya pembuatan paspor. Untuk membuat paspor, ada beberapa syarat dokumen yang harus dilengkapi.

Untuk WNI yang sedang tinggal di wilayah Indonesia, Anda harus menyiapkan dokumen yang seperti, KTP, KK, dan akta kelahiran. Sedangkan, bagi WNI yang berada di luar Indonesia, Anda harus melampirkan KTP negara setempat dan paspor biasa yang sudah lama sebagai dokumen persyaratan.

Perbedaan Pembuatan Paspor Online dan Manual

Lalu apa perbedaan cara membuat paspor manual dengan cara membuat paspor online? Cara membuat paspor secara manual dan online umumnya sangatlah berbeda.

Untuk membuat paspor dengan cara manual atau walk-in yaitu Anda harus datang ke tempat imigrasi serta antri untuk membuat paspor. Setelah berada di kantor Imigrasi, Anda akan diminta untuk mengisi data diri pada pada loket yang tersedia serta memberikan dokumen persyaratan.

Jika Anda ingin membuat paspor dengan cara manual, pastikan Anda melampirkan dokumen persyaratan yang lengkap. Jika tidak, petugas imigrasi akan mengembalikannya kembali dan permohonan Anda untuk membuat paspor akan ditarik.

Pic Source: Pixabay.com

Cara Membuat Paspor Online

Lalu, bagaimana dengan cara membuat paspor online? Langkah-langka apa saja yang harus dilakukan untuk membuat paspor secara online?

Cara membuat paspor online pada dasarnya sangat lebih mudah dan praktis jika dibandingkan dengan membuat paspor secara manual. Anda tidak perlu untuk antri di kantor imigrasi, sehingga waktu dan tenaga Anda tidak banyak terbuang.

  • Siapkan Aplikasi Ini

Langkah awal dari cara membuat paspor online yaitu pastikan dahulu bahwa komputer atau laptop Anda sudah memiliki aplikasi adobe reader atau aplikasi lainnya untuk membuka jenis file pdf. Lalu, non aktifkan pop-up blocker pada PC Anda.

  • Kunjungi Situs Resmi Imigrasi Indonesia

Langkah selanjutnya dari cara membuat paspor online yaitu kunjungilah website resmi Imigrasi Indonesia dengan mengetik alamat URL http://imigrasi.co.id .  Setelah halaman utama dari web imigrasi akan muncul.

Pada halaman tersebut, klik pilihan Layanan Passport Online. Setelah itu, akan muncul halaman utama xpasinet yang memiliki URL https://ipass.imigrasi.go.id:9443/xpnet/faces/xpnet-main.xhtml.

Bagi Anda yang ingin membuat paspor pra permohonan, klik pilihan Pra Permohonan Personal. Pada menu ini, aka nada beberapa tahan yaitu entry data, verifikasi permohonan, serta proses pembayaran.

Di tahap entry data, pilihlah jenis permohonan yang Anda inginkan. Lalu, pilihlah  jenis paspor yang Anda inginkan. Selanjutnya, Anda harus memilih letak kantor imigrasi yang akan Anda kunjungi untuk proses lebih lanjut. Setelah selesai, klik pilihan lanjut untuk ke tahap berikutnya.

  • Isi Biodata Sesuai Identitas

Tahap cara membuat paspor online selanjutnya ialah mengisi biodata diri. Isilah data diri Anda secara lengkap. Pada tahap ini, Anda harus mengisi tempat dikeluarkan, tanggal dikeluarkan, serta berlaku s/d. Data tersebut Anda isi sesuai dengan data nomer identitas Anda.

Dalam mengisi data diri, jangan lupa perhatikan tanda (*). Jika terdapt tanda tersebut, itu berarti data tersebut harus Anda isi dan tidak boleh kosong.  Saat mengisi e-mail, pastikan Anda menuliskan e-mail Anda yang aktif. Hal ini sangat penting untuk Anda jika mendapatkan informasi melalui e-mail. Setelah selesai, klik tombol lanjut.

  • Pilih Jenis Paspor

Halaman selanjutnya dari cara membuat paspor online yaitu halaman yang berisi informasi jenis permohonan serta jenis paspor. Setelah selesai, klik lanjut untuk pengisian data berikutnya.

  • Data Diri dan Data Orang Tua

Selanjutnya, Anda harus mengisi data informasi alamat. Pada halaman ini, Anda harus mengisi dengan benar alamat rumah, alamat orang tua, alamat kantor, serta alamat lama Anda. Isilah data dengan benar tanpa rekayasa. Setelah selesai mengisi, klik lanjut.

Tahap cara membuat paspor online selanjutnya adalah pengisian data orang tua Anda. pada halaman ini, Anda akan diminta memasukkan biodata diri Ayah dan Ibu Anda. Setelah selesai mengisi field data, klik lanjut.

  • Verifikasi

Setelah tahap entry data, Anda akan masuk ke tahap verifikasi permohonan. Pada tahap ini, lakukanlah cek pada data diri Anda. Pastikan data yang Anda masukan semuanya benar. Jika sudah yakin semuanya benar klik lanjut.

Pada tahap ini, Anda juga akan ditampilkan tentang informasi pembayaran serta konfirmasi pembayaran. Pilihlah jenis pembayaran yang Anda pilih, setelah selesai klik lanjut.

Selanjutnya masukan kode captcha sesuai dengan yang ditampilkan. Setelah itu, Anda akan ditampilkan dengan kantor imigrasi serta tanggal yang tersedia. Masukan kode captcha, dan klik lanjut.

  • Pembayaran

Setelah tahap verifikasi pembayaran selesai, Anda akan memasuki tahap proses pembayaran. Di tahap cara membuat paspor online ini, Anda akan mendapat konfirmasi pada e-mail Anda yang telah Anda masukkan pada data diri. Setelah mendapatan konfirmasi, lakukanlah pembayaran sesuai dengan metode yang Anda pilih. Hal ini harus dilakukan untuk dapat ke proses selanjutnya.

  • Konfirmasi Kedatangan

Setelah melakukan pembayaran, tahapan Cara membuat paspor online  selanjutnya ialah  konfirmasi tanggal kedatangan serta datang ke kantor imigrasi. Setelah mendapatkan informasi tersebut, Anda akan mendapat bukti pengantar bank dalam format pdf.  Anda dapat menyimpannya terlebih dahulu atau langsung di cetak.

Namun, apabila Anda tidak sempat menyimpan file tersebut, Anda dapat mengeceknya di email secara langsung.  Karena, email konfirmasi yang dikirim ke email Anda sudah dalam bentuk pdf, dan dapat diunduh oleh Anda

Namun, bagaimana jika email konfirmasi belum masuk, dan Anda ingin dikirimkan email tersebut kembali? Untuk mengirim email, hal yang Anda lakukan hanyalah memilih pilihan “kirim ulang email pra permohonan personal”. Lalu, masukan alamat email Anda dengan benar sesuai saat Anda melakukan pengisian data.

Setelah selesai, masukan kode captcha yang tersedia, lalu klik “kirim ulang”. Dengan begitu email konfirmasi akan dikirim kembali ke email Anda. Lalu, apa yang harus dilakukan setelah mendapat email konfirmasi?

Setelah mendapat email konfirmasi, yang harus Anda lakukan yaitu membuka link yang tersedia pada email verifikasi tersebut. Jika Anda telah membuka link, maka Anda telah berada ke tahap selanjutnya, yaitu tahap Konfirmasi Tanggal Kedatangan.

Di tahap ini, Anda harus mengunjungi halaman Informasi Pemohon. Tampilan pada tahap ini akan berbeda bagi pemohon yang telah melakukan pembayaran dengan pemohon yang belum melakukan pembayaran.

Selanjutnya, Anda akan ditampilkan pada halaman Informasi Tanggal Kedatangan. Pada halaman ini akan terdapat contoh resi yang dapat digunakan untuk mengecek nomer bukti pembayaran.

  • Input Bukti Pembayaran

Pada tahap ini, masukanlah nomer bukti pembayaran yang telah Anda lakukan. Lalu, input kode captcha dan klik Lanjut. Pada halaman berikutnya, Anda akan diminta memilih tanggal kedatangan yang tersedia. Pilihlah tanggal yang sesuai dengan keinginan Anda.

Setelah menentukan tanggal kedatangan yang Anda inginkan, masukan kembali kode captcha lalu klik Lanjut. Dan langkah pra-permohonan pembuatan paspor online pun selesai. Untuk tahap selanjutnya, Anda diwajibkan mengunjungi kantor imigrasi yang telah Anda pilih pada tanggal yang telah Anda tentukan.

Jika telah selesai membuat pra-permohonan personal, Anda akan dikirimkan email kembali yang berisi informasi dan lampiran dalam bentuk pdf. Pada cara membuat paspor online, Anda tidak akan diminta untuk mengunggah dokumen persyaratan secara online.

Sama halnya seperti cara membuat paspor manual, Anda juga harus membawa berkas persyaratan yang asli beserta fotocopy sesuai dengan jadwal kedatangan Anda ke kantor imigrasi yang Anda tuju. Persyaratan yang Anda harus bawa yaitu sesuai dengan yang telah disebutkan di lampiran pada email konfirmasi.

Masalah yang Sering Muncul Saat Membuat Paspor Online

Bagaimana jika tanda terima pra permohonan tak kunjung muncul? Hal seperti ini umumnya sering terjadi pada beberapa orang saat ingin membuat paspor online. Jika terjadi hal seperti ini, hal yang harus Anda lakukan yaitu pastikan kembali bahwa komputer atau laptop Anda telah ter-install aplikasi Adobe reader.

Setelah itu, periksa juga apakah Pop-up blocker pada komputer Anda masih aktif atau telat non-aktif. Untuk menon-aktifkan pop-up blocker, pilih menu tools lalu klik pop-up blocker. Setelah itu pilih Turn Off Pop-up blocker.

Itulah cara membuat paspor online yang harus Anda lakukan. Untuk melakukan langka-langkah ini, pastikan Anda memiliki browser yang telah mendukung pembuatan paspor secara online. Anda dapat menggunakan Mozilla 5.5.11 dan 3.6.8, IE 6,7,8 dan 9, serta Google Chrome 10.0.634.0.

Jika Anda telah memiliki paspor dan ingin memperpanjang paspor online, hal yang harus Anda lakukan sebenarnya hampir sama. Bedanya, Anda hanya harus mengisi data nomer paspor lama Anda pada tahap awal. Untuk tahap selanjutnya, langkah yang harus Anda lakukan sama dengan langkah membuat paspor online.

Baca juga: Apa Itu Startup? Ketahui Tips Memulai Bisnis Startup Ini!

Baca juga: Bisnis Online Tanpa Modal dengan Untung Maksimal

Paspor online memang cukup sangat mudah, efektif, serta efisien untuk dilakukan. Cara ini sangat cocok bagi Anda yang tidak memiliki waktu banyak untuk membuat paspor manual.

Selain menghemat waktu, membuat paspor secara online juga menghemat tenaga. Anda tidak perlu untuk datang terlebih ke kantor imigrasi dahulu untuk mengisi data diri. Selain itu, Anda juga tidak perlu antri untuk menunggu giliran Anda.

Fasilitas paspor online memang memudahkan banyak pihak. Namun, bagie beberapa orang yang tidak terlalu mahir menggunakan teknologi, membuat paspor secara online akan menjadi hal yang sulit. Oleh karena itu, dibutuhkan sosialisasi lebih dari pihak imigrasi agar fasilitas pembuatan paspor online dapat berjalan lancar.

Itulah sedikit hal mengenai langkah pembuatan paspor secara online. Ingatlah selalu untuk memeriksa kembali dengan teliti saat melakukan pengisian data online. Untuk  informasi tambahan, keluhan atay lainnya, anda dapat mengunjungi website resmi kantor imigrasi Indonesia di http://imigrasi.co.id, atau anda juga dapat mengunjungi kantor imigrasi terdekat secara langsung. Selamat mencoba!

Leave a Reply