Ingin Tahu Apa itu Seo? Ini Pengertian SEO Lengkap!

Bagi anda yang berprofesi di bidang marketing, terutama marketing produk via media online, pastinya sudah tidak asing dengan istilah SEO. Memangnya, apa itu SEO? Istilah ini sangat lekat kaitannya dengan dunia internet marketing dan tentu penting untuk diketahui bagi orang-orang yang bekerja di bidang tersebut. Ya, beberapa orang memang sudah terbiasa mendengar atau bahkan melakukan aktivitas ini.

Namun bagi para pemula, atau yang biasa juga dikenal dengan newbie, SEO merupakan istilah asing di telinga mereka. Tak heran jika jika Anda ingin mendalami dunia maya, ilmu dasar ini wajib dimengerti secara menyeluruh.

Pengertian SEO dan Dasar yang Perlu Diketahui

Jadi, apa sih SEO itu? SEO merupakan singkatan dari Search Engine Oprtimization. Dari pengertian Search Engine Optimization (seo) tersebut dapat diartikan sebagai salah satu langkah optimalisasi dengan memanfaatkan media Search Engine. Ada juga arti lain dari SEO yakni Search Engine Optimizer. Definisi ini merupakan julukan bagi praktisi SEO. Yup, optimizer SEO merupakan sebuah profesi lho!

Search Engine atau mesin pencari yang paling umum dikenali oleh masyarakat adalah Google. Di sini, cukup ketik keywords apa saja maka informasi akan langsung muncul dengan berbagai pilihan sumber. Kelengkapan informasi yang dimiliki mesin pencari ini tak heran membuat Google mendapat julukan Mbah Gugel yang dianggap mengetahui hampir segala hal.

Kembali lagi ke pengertian Search Engine Optimization (seo), jadi SEO ini merupakan proses untuk mempengaruhi tingkat visibilitas halaman Web pada hasil pencarian organik atau biasa disebut sebagai pencarian tak berbayar/ non iklan, dan SEO alami. Mengapa dikatakan alami dan organik?

Pic Source: Pixabay.com

SEO merupakan sebuah proses yang berkembang, dari situs yang awalnya hanya sebuah domain yang tidak populer, hingga terus berkembang menjadi halaman yang paling banyak diakses dengan menggunakan strategi optimasi SEO. Hal inilah yang menjadikannya disebut sebagai pencarian alami atau organik.

Ada pula istilah non SEO yang lebih instan, dimana untuk bisa berada di posisi teratas mesin pencarian yang perlu dilakukan adalah hanya membayar space iklan ke Google. Sayangnya jika anggaran iklan sudah mencapai batas akhirnya, maka halaman akan berhenti berada di puncak mesin pencari. Berbeda halnya dengan SEO yang sifatnya lebih permanen.

Apa itu SEO? Singkatnya, optimasi seo adalah menempatkan halaman web berada di posisi teratas daftar pencarian. Hal ini tentu sangat berpengaruh untuk meningkatkan traffic situs dimana semakin awal posisi situs di mesin pencari, maka akan semakin tinggi pula kemungkinan halaman web dapat diakses oleh si pencari informasi.

Untuk lebih memahami cara kerja seo, mari kita coba ambil contoh kasus. Misalnya anggaplah anda adalah seorang pebisnis di bidang travel agent yang memiliki official website. Bisnis anda masih terbilang baru, dan traffic pengunjung situs pun masih sangat rendah. Padahal semua informasi sudah lengkap tersedia disana.Untuk meningkatkan penjualan, maka situs yang anda miliki tentu harus diketahui oleh banyak orang.

Nah dengan melakukan strategi optimasi SEO ini, ketika seseorang sedang membutuhkan jasa travel agent maka halaman situs bisnis anda akan langsung muncul di artikel teratas mesin pencarian. Semakin awal posisinya, tentunya akan semakin baik karena calon konsumen akan lebih mudah menemukan travel agent yang anda miliki.

Jadi jawaban dari apa itu seo sudah terjawab bukan? SEO ini dikatakan juga sebagai pencarian non iklan tak berbayar. Jika anda mencari sesuatu di mesin pencari, dan pada halaman utama yang muncul terdapat tulisan iklan/ads, maka halaman tersebut bukan termasuk SEO, atau dikatakan sebagai non-SEO.

Kelebihan dan Kekurangan SEO

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang cara kerja SEO, alangkah baiknya kita pahami terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan melakukan optimasi strategi SEO ini. Kelebihannya diantaranya adalah:

  1. Untuk kelebihannya yang pertama adalah, seperti yang sudah dibahas sebelumnya bahwa jika situs sudah berada di halaman pertama mesin pencarian, maka akan semakin tinggi traffic yang didapatkan. Semakin banyak pengguna internet yang mengakses halaman anda, maka tentu akan semakin menguntungkan.
  2. Halaman anda juga akan mendapatkan kesempatan selama 24 jam penuh untuk dapat diakses terus menerus. Dengan catatan hingga ada halaman lain yang menggunakan SEO lebih optimal.
  3. Bisa menjadi ajang promosi gratis. Untuk bisa berada di posisi teratas mesin pencari ini, anda bahkan tidak perlu membayar sepeser pun kepada Google karena cara kerja SEO ini memang non iklan alias tak berbayar. Untuk cara yang lebih instan, bisa juga menggunakan optimasi non SEO atau SEO berbayar, dimana hal ini sama halnya dengan anda memasang iklan di google yang kemudian akan otomatis berada di posisi teratas mesin pencari.
  4. Bisa fleksibel dalam menentukan deskripsi halaman anda, dengan catatan harus ada kata kunci yang sesuai dengan kata kunci yang banyak dicari oleh pengguna internet.
  5. Menjadi ajang branding perusahaan. Melalui SEO ini bisa digunakan sebagai alat branding perusahaan karena semakin tinggi posisi halaman situs di mesin pencari, maka kebanyakan pengguna internet akan semakin menganggap bahwa halaman situs tersebut kredibel dan sangat direkomendasikan.

Sementara itu, apa itu seo dan kekurangannya diantaranya:

  1. Meskipun hasil yang dihasilkan bisa lebih permanen dari non SEO, namun dalam optimasi SEO ini membutuhkan waktu dan usaha yang terbilang cukup lama.
  2. Waktu yang dibutuhkan pun tidak menentu untuk bisa berada di puncak mesin pencarian, bahkan bisa mencapai bulanan yang dipengaruhi oleh banyak faktor. Berbeda halnya dengan optimasi non SEO, dimana untuk bisa berada di posisi nomor satu mesin pencari, hanya dibutuhkan waktu kurang dari 1 jam saja, tetapi ada biaya yang harus dibayarkan ke Google.
  3. Persaingan yang tinggi. Melihat banyaknya manfaat yang bisa didapatkan dengan melakukan optimasi seo ini, maka sudah jelas hal ini akan memicu persaingan yang tinggi diantara pebisnis di dunia online yang lain.

 

Cara Kerja SEO

Lalu, bagaimana sih cara membuat SEO? Cara kerja SEO adalah dengan membuat halaman web menjadi relevan dengan kata kunci yang banyak dicari di mesin pencari.Yang memainkan peran utama dalam optimasi SEO ini adalah keywords atau kata kunci.

Kebanyakan pengguna internet ketika akan mencari sesuatu melalui mesin pencari maka ia akan mengetikan frasa atau kalimat yang singkat yang biasanya terdiri dari 1 sampai 3 kata kunci. Nah frasa ini merupakan representasi dari keingintahuan dari si pencari informasi. Jika kita menyesuaikan kata kunci di halaman situs dengan kata kunci yang banyak dicari di mesin pencari, maka hal inilah yang akan menjadikannya berada di halaman utama mesin pencari.

Melihat kata kunci menjadi sangat penting dalam optimasi SEO, maka tentu harus dilakukan riset kata kunci terlebih dahulu sebelum melakukan optimasi seo agar kata kunci bisa relevan.Bagaimana caranya? Untuk melakukan riset kata kunci ini bisa dilakukan melalui Google Keyword Planner, Google Trends, Soovie, atau Ubersuggest yang menyajikan info kata kunci umum secara gratis.

Jika sudah menemukan kata kunci yang tepat, pastikan bahwa kata kunci tersebut terkandung dalam tag judul, nama domain jika kata kuncinya pendek, meta desc tag, url, sub kategori, headings, image, isi halaman, sampai ke tautan eksternal ke perusahaan-perusahaan penting

Apa sih tujuannya melakukan riset kata kunci ini? Tujuan utama dalam melakukan riset kata kunci ini adalah untuk menemukan kata-kata yang paling cocok menggambarkan jenis produk yang paling banyak dicari oleh pengunjung internet yang kemudian agar bisa langsung terintegrasi dengan halaman situs anda. Dengan melakukan riset, maka kita bisa mengetahui frase atau kalimat apa yang banyak digunakan di mesin pencari dan berkaitan dengan halaman web yang anda miliki.

  • Manajemen Optimasi SEO

Selain itu, untuk meningkatkan keberhasilan optimasi seo, juga diperlukan persiapan dan perencanaan yang matang, misalnya dengan menerapkan manajemen proyek dengan tahapan-tahapan sebagai berikut:

  1. Inisiasi
  2. Planing
  3. Pengerjaan
  4. Controling dan Evaluating
  5. Closing

Dengan menerapkan metode manajemen proyek tersebut, maka kemungkinan kerberhasilan optimasi seo akan semakin tinggi. Biasanya metode manajemen proyek ini banyak diterapkan di pengerjaan infrastruktur, dan proses perusahaan lainnya. Sama halnya dengan optimasi seo ini, dimana dengan digunakannya prinsip-prinsip manajemen proyek makan manfaat dari kegiatan seo akan tercapai dengan baik karena sudah dilakukannya tahapan-tahapan sistematis tersebut.

  • Istilah-istilah dalam seo

Beberapa istilah yang banyak digunakan kaitannya dengan bidang seo ini diantaranya adalah:

  1. SEO : search engine optimization/ optimizer
  2. Search engine : mesin pencari. Sangat identik dengan Google
  3. Keywords atau kata kunci : frasa atau kalimat (biasanya berisi 1 hingga 3 kata) yang banyak diketikan pengguna internet untuk mencari informasi
  4. Traffic : lalu lintas kunjungan situs atau tingkat intensitas akses situs oleh pengguna internet
  5. Seo Natural / organic : seo tak berbayar
  6. Non Seo : seo berbayar (iklan)

 

Kesimpulan

Dari beberapa penjelasan yang sudah dipaparkan tersebut di atas, dapat disimpulkan bahwa seo atau search engine optimization merupakan langkah mengoptimasi mesin pencari agar dapat meningkatkan visibilitas halaman situs tertentu. Kata kunci merupakan konsep utama dalam optimasi SEO, dimana akurasi kata kunci antara kata kunci yang banyak dicari pengguna internet dan kata kunci yang digunakan di halaman situs akan sangat berpengaruh untuk meningkatkan traffic situs itu sendiri.

Seo sangat erat kaitannya dengan dunia marketing online atau internet marketing, selain pay per click atau PPC dan media sosial.Untuk menjalankan proses seo ini, ada strategi manajemen proyek yang harus dilakukan. Selain manajemen proyek, bisa juga dengan melakukan keyword research, analisis pesaing bisnis, dan lain-lain yang harus dilakukan secara terencana sehingga optimasi SEO bisa berjalan dengan baik dan mencapai tujuannya.

Bagi anda yang berbisnis di dunia online, melakukan optimasi SEO di halaman situs anda tentu menjadi penting untuk dilakukan.Keuntungan melakukan SEO ini salah satunya adalah meningkatkan popularitas halaman situs dengan membuatnya berada di posisi puncak mesin pencari.

Dengan kelebihan ini, tak heran banyak orang yang kemudian ingin mencari tahu lebih mendalam tentang pengertian search engine optimization (SEO) sampai cara kerja SEO. apa itu sSEO dan seperti apa tentu menjadi pertanyaan terbesar yang banyak dicari oleh para pejuang bisnis online. Bagaimana tidak? Trafic kunjungan pengguna internet tentu menjadi sangat penting untuk meningkatkan penjualannya.

Tags:

Leave a Reply