Ini Dia Tips Usaha Kuliner yang Menjanjikan Pendapatan Tambahan, Tertarik?

Siapa sih, yang tak ingin memiliki usaha kuliner yang menjanjikan sukses dan memberikan penghasilan yang mencukupi untuk hidup? Sepertinya, semua orang ingin memiliki usaha yang sukses dan dapat menjamin kehidupan sehari-hari. Namun, bukan berarti membangun usaha itu mudah, lho. Anda wajib melakukan banyak trial and error yang akan membuat bisnis Anda semakin sukses!

Anda yang doyan makan mungkin pernah berpikir untuk mengambangkan usaha kuliner yang menjanjikan. Pasalnya, usaha kuliner memang tengah menjadi tren di masyarakat. Seiring dengan banyaknya usaha kuliner yang dibuka, Anda juga memiliki kesempatan lebih besar, lho untuk membuka bisnis kuliner Anda sendiri.

Memulai bisnis makanan ringan yang menjanjikan memang bukan hal mudah. Anda harus mampu memilih banyak produk yang sesuai dengan permintaan pasar. Namun, apakah memilih produk merupakan hal mudah? Tentu saja tidak. Walaupun Anda merasakan bahwa makanan yang Anda pilih sebagai produk yang Anda jual sangat menarik dan lezat, belum tentu para pelanggan akan berpendapat demikian, lho.

Lalu, jualan makanan apa yang laris? Anda mungkin bertanya-tanya dan penasaran dengan hal ini. Ya, makanan merupakan hal terbaik yang bisa dijadikan produk yang Anda jual. Pasalnya, saat ini banyak makanan yang dijual dengan variasi rasa yang berbeda dari yang lain, membuat pelanggan pasti semakin suka dengan citarasa unik yang ditawarkan oleh kuliner yang Anda buat tersebut.

Tak bisa dipungkiri, makanan unik memang selalu menarik minat pembeli. Jadi, sebagai penjual pun Anda harus bisa mengolah makanan secara kreatif.  Tak hanya bisnis makanan ringan yang menjanjikan Anda keuntungan berlipat, namun juga banyak makanan berat yang dapat Anda jual sebagai pilihan bisnis Anda. Bagaimana, apakah Anda berminat membuka usaha kuliner?

Tips Memulai Usaha di Bidang Kuliner

Jika iya, ini dia beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika Anda ingin mengembangkan usaha kuliner yang menjanjikan:

  1. Jangan ragu ikuti tren

Tren apa, sih yang saat ini tengah ada di masyarakat? Tampaknya, sejak beberapa tahun belakangan ini makanan dengan citarasa pedas tengah menjadi primadona. Bagaimana tidak? Ada banyak sekali rumah makan yang menyediakan menu makanan dengan tingkat kepedasan yang berlevel. Wah, sepertinya usaha kuliner yang menjanjikan ini patut dicoba, nih!

  1. Makanan luar negeri pun bisa dibuat fusion!

Menjual makanan khas dari luar negeri seperti spaghetti dan lasagna akan menjadi produk yang cukup mahal di kantong anak muda. Lalu, bagaimana menyiasatinya? Anda bisa, lho, membuat fusion makanan yang lezat. Seperti contohnya adalah fusion makanan a la Italia dengan bumbu yang khas nusantara. Hmm, pasti enak!

  1. Berjualan makanan nusantara juga tak apa, kok!

Ketika banyak yang berpikir bahwa makanan khas luar negeri akan lebih laku di pasaran, Anda bisa ‘mendobrak’ hal itu dengan berjualan makanan nusantara. Lagi pula, makanan nusantara juga memiliki citarasa yang akrab di lidah. Contohnya adalah makanan khas daerah seperti seblak dan kue pancong yang saat ini sedang hits di kalangan anak muda.

  1. Realistis masalah harga

Ketika Anda berjualan, Anda akan memikirkan harga yang akan Anda patok bagi produk yang Anda jual. Lalu, bagaimana seharusnya Anda bersikap? Jangan mematok harga yang terlalu murah untuk produk Anda. Jadilah realistis sehingga Anda tetap mendapatkan keuntungan yang cukup tanpa membebani pembeli dengan harga yang selangit.

Beberapa tips di atas memang cukup menarik untuk diimplementasikan. Namun, Anda juga harus memahami apa saja produk makanan yang dapat dijadikan usaha kuliner yang menjanjikan.

business-1137363_1280

Pic Source: Pixabay.com

Jenis Makanan yang Bisa Dijual

Nah, apakah Anda penasaran dengan jenis-jenis makanan yang cocok Anda jual? Berikut adalah beberapa makanan yang dapat Anda jual sebagai usaha Anda.

  1. Kue

Siapa yang bisa menolak sebuah kue lezat dengan dekorasi yang cantik? Tentu saja air liur pun akan menetes karenanya. Makanan yang satu ini memang selalu memiliki banyak penggemar. Anda bisa berjualan kue yang khusus. Contohnya, Anda akan membuat spesialisasi kue Anda untuk cake. Pastikan Anda memiliki resep paten yang akan Anda gunakan di setiap kue buatan Anda.

Selain cake, Anda juga bisa membuat spesialisasi untuk kue kering seperti nastar dan kastengel. Anda pasti tahu, dong bahwa berjualan kue kering di saat-saat menjelang hari raya merupakan salah satu bsins makanan ringan yang menjanjikan bagi Anda yang butuh uang THR lebih?

  1. Makanan Khas Italia

Tidak ada yang bisa menolak lezatnya makanan Italia. Anda sendiri pasti sering tergoda untuk mencicipi makanan khas Italia seperti pizza, lasagna dan berbagai macam makanan lezat lainnya. Tak hanya itu, Anda juga bisa memilih beragam makanan Italia yang bisa Anda jual dengan citarasa Indonesia, lho.

Saat menjual makanan khas Italia tersebut, Anda bisa dengan mudah memasak makanan yang sederhana namun menggugah selera. Pizza sendiri tak butuh waktu lama, lho, jika Anda ingin menambah topping yang sederhana dan tidak neko-neko.

  1. Seblak

Siapa sih, yang belum pernah mencicipi seblak? Makanan khas sunda ini sangat digandrungi oleh anak muda zaman sekarang. Isiannya yang ringan namun lezat membuat banyak anak muda mengidolakan seblak sebagai makanan ringan favorit mereka. Anda bisa mengombinasikan kerupuk seblak dengan ceker, kepala atau telur ayam.

Tak hanya isiannya yang lezat dan menggugah selera. Namun, Anda juga bisa menambah kelezatan makanan yang satu ini dengan mengombinasikan sedapnya bumbu khas sunda dengan cabai yang bisa disesuaikan dengan selera. Bahkan, ada beberapa penjual seblak yang gila-gilaan menambah cabainya agar semakin lezat.

  1. Mie Level

Makanan yang satu ini juga masih mengusung tema pedas yang sangat digandrungi oleh anak muda. Ya, mie instan yang dibuat dengan campuran cabai rawit super pedas dalam jumlah banyak akan membuat Anda merasa seperti terbang ke langit ke tujuh sanking lezatnya. Jadi, tampaknya makanan ini sangat cocok bagi Anda yang menyasar anak muda.

  1. Donat

Eits, jangan salah sangka dulu. Makanan ini, walaupun sederhana, memiliki banyak penggemar, lho. Anda bisa mengombinasikan donat dengan campuran kentang atau ubi. Rasanya akan semakin lezat dan tekstur donat menjadi lebih halus serta empuk. Sangat cocok bagi Anda yang menyukai makanan manis.

Donat bisa disajikan dengan topping yang beragam. Mulai dari meses, choco chip, cokelat leleh sampai marshmallow, semuanya cocok untuk dijadikan hiasan donat. Tentunya, makanan manis nan lezat ini dapat Anda jadikan peluang bisnis makanan ringan yang menjanjikan.

  1. Makaroni dan mie lidi

Wah, siapa yang tak ingat dengan makanan ini. Selain rasanya yang gurih dan menggugah selera, makanan ini juga digandrungi karena mengingatkan akan memori masa kecil. Ya, jajanan ringan yang dapat dijadikan peluang usaha kuliner yang menjanjikan ini dapat ditemui di depan sekolah-sekolah dengan harga terjangkau.

Penyajian makanan ini bisa beragam. Anda bisa menaburkan bumbu dengan aneka rasa yang dijamin akan sesuai dengan keinginan para pelanggan. Selain itu, rasa gurihnya juga akan membuat Anda semakin doyan dengan makanan ini.

  1. Katering

Ketika mendengar kata katering, Anda pasti berpikiran mengenai usaha yang besar dengan omzet jutaan. Ya, katering yang sukses memang dapat memperoleh keuntungan sedemikian rupa. Namun, Anda bisa lho membuat katering kecil-kecilan. Caranya adalah dengan menawarkannya kepada penghuni kos.

Di sekitar kampus, pasti banyak anak kos yang membutuhkan makanan. Jadikan saja ini peluang usaha bagi Anda. Menawarkan makanan katering yang diantar dengan jadwal tertentu akan membuat Anda dan pelanggan merasa senang, bukan? Anda tak repot, pelanggan pun mendapat makanannya tepat waktu.

Tampaknya, makanan-makanan di atas dapat Anda gunakan sebagai solusi saat Anda ingin berjualan produk yang lezat dan enak dengan harga terjangkau, ya?

Baca juga: Peluang dan Analisa Usaha Lengkap Ayam Petelur

Baca juga: 13 Ide Usaha Makanan Ringan Sederhana yang Pasti Laku!

Cara Agar Sukses Usaha di Bidang Kuliner

Namun, Anda pun harus menyadari bahwa ada banyak faktor yang memengaruhi laris atau tidaknya makanan yang Anda jual. Lalu, bagaimana cara membuat usaha kuliner yang menjanjikan dengan keuntungan berlipat?

  1. Maksimalkan penggunaan gadget. Anda yang hobi menggunakan gadget dan memiliki banyak media sosial dapat memanfaatkannya untuk berjualan. Cukup gunakan media sosial seperti Instagram dan Line untuk memasarkan produk yang Anda jual. Mudah, praktis, dan tanpa perlu membayar, bukan?
  2. Buat ciri khas tersendiri bagi produk Anda. Contohnya jika produk yang Anda jual adalah donat. Jika biasanya donat dibuat dengan bentuk bulat yang terdapat cincin di tengahnya, Anda bisa membuat donat dengan bentuk hati atau bentuk lain yang lebih menarik perhatian. Lucu dan sederhana, bukan?
  3. Kemasan yang ada dapat digunakan untuk menarik minat pembeli. Contohnya, jika Anda ingin membuat produk yang lebih laris di pasaran, Anda bisa menjual produk yang dibalut dengan kemasan yang lucu dan unik. Jika Anda berjualan pizza, contohnya, Gunakan kertas kardus pembungkus yang berbentuk segitiga. Dijamin, pizza Anda semakin unik.
  4. Jangan lupakan trik berjualan yang tradisional. Ya, trik promosi yang terkesan jadul seperti word of mouth juga bisa digunakan untuk menjual produk Anda, lho. Dimulai dengan menjual produk melalui orang-orang terdekat, mereka akan merekomendasikan produk Anda ke orang lain.

Cara ini terbukti sukses untuk membesarkan nama usaha kuliner yang menjanjikan. Pasalnya, mereka akan tampak lebih terpercaya karena informasi yang didapatkan dari orang yang dikenal dengan baik.

Beberapa tips dan pilihan makanan yang dapat Anda jual di atas tampaknya sangat cocok digunakan sebagai pilihan bagi Anda yang ingin berjualan dengan nyaman. Produk yang dijual, walaupun sudah banyak tersebar di masyarakat, dapat dijadikan pilihan bagi Anda yang hobi memasak dan membuat beragam makanan lezat.

Jadi, Anda tak melulu membuat makanan hanya untuk diri Anda sendiri, melainkan Anda juga bisa membuat makanan yang laris di pasaran. Bisnis makanan ringan yang menjanjikan sendiri sudah banyak dijalankan oleh banyak orang, mulai dari ibu rumah tangga sampai mahasiswa. Terbukti, walaupun sering dianggap remeh, makanan ringan yang dijual sangat cocok bagi Anda yang ingin membuka usaha.

Anda yang ingin menambah penghasilan pun cocok melakukan bisnis ini, karena selain dapat dijadikan bisnis sampingan, keuntungan yang diperoleh dari penjualan makanan pun lumayan. Sehingga, Anda bisa menjual produk yang lezat dengan harga bersaing namun tetap memperoleh keuntungan. Mengasyikkan, bukan?

Leave a Reply