Jenis Pinjaman Bank Mandiri, Syarat dan Ketentuannya

Bank Mandiri sebagai salah satu bank nasional terbesar di indonesia memiliki banyak jenis pinjaman yang dapat diajukan oleh masyarakat yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Pinjaman Bank Mandiri dibagi berdasarkan kebutuhan masyarakat dalam meminjam uang. Berikut adalah berbagai jenis pinjaman

Bank Mandiri yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan pinjaman Anda lengkap dengan syarat dan ketentuan pengajuannya.  

Jenis-jenis pinjaman Bank Mandiri dan syarat pengajuannya

Ada banyak jenis pinjaman yang dapat Anda lakukan di Bank Mandiri. Seperti halnya bank lain, Bank Mandiri juga memberikan pinjaman baik untuk perseorangan atau pun untuk badan usaha.

Pinjaman Bank Mandiri juga ada yang diperuntukkan untuk usaha kecil dan menengah dengan persyaratan yang lebih mudah.

Adapun beberapa jenis pinjaman Bank Mandiri lengkap dengan syarat yang diperlukan untuk pengajuannya adalah sebagai berikut.

  • Mandiri KPR

Pembelian properti baik untuk tempat tinggal maupun untuk menjalankan bisnis seringkali membuat kita kewalahan.

Hal ini karena tidak semua orang memiliki cukup banyak uang untuk membelinya secara tunai. Padahal, kita tahu bahwa kebutuhan akan tempat tinggal adalah mutlak bagi setiap orang.

Bagi Anda yang memiliki penghasilan tetap, namun belum memiliki uang yang cukup untuk membeli rumah secara tunai, Anda dapat menggunakan layanan pinjaman KPR.

Pinjaman ini memang dikhususkan untuk pembelian properti dengan waktu cicil yang dapat kita sesuaikan dengan pendapatan kita.

Pinjaman Bank Mandiri

Pic Source: Pixabay.com

Mandiri KPR merupakan salah satu jenis pinjaman Bank Mandiri yang mengkhususkan pinjaman pada pembelian properti.

Peminjaman ini meliputi rumah tempat tinggal, ruko, apartemen, atau rukan baik yang dijual melalui pengembang atau developer atau pun yang dijual oleh perorangan non pengembang atau non developer.

Menggunakan mandiri KPR sebagai sumber pinjaman Anda dalam membeli properti akan memberikan keuntungan yang lebih besar bagi Anda karena pilihan fitur KPR  yang bervariasi dan pemilihannya dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan.

Adapun jenis fitur KPR mandiri diantaranya adalah sebagai berikut.

  • Mandiri KPR duo

Mandiri KPR duo adalah salah satu jenis pinjaman Bank Mandiri KPR yang dikhususkan pada pembelian properti dalam kondisi baru.

Jenis properti dapat berupa itu rumah, ruko, atau pun apartemen yang ditawarkan oleh developer atau pengembang.

Dan juga ditambah dengan pembelian kendaraan bermotor atau kebutuhan rumah tangga. Hal tersebut yang membuat namanya menjadi mandiri KPR duo.

  • Mandiri KPR flexible

Mandiri KPR flexible adalah jenis KPR mandiri yang dapat digunakan dalam hal pembelian properti seperti apartemen, rumah tinggal, rukan, atau ruko yang memiliki sistem pembayaran yang dapat diangsur dengan jumlah yang fleksibel.

Fleksibel yang dimaksud adalah tergantung dari tersedianya uang yang ada di rekening fleksibel atau revolving.

Walaupun demikian, tetap ada batas jangka waktu pembayaran pada bagian tertentu serta limit pinjaman yang diperoleh yang ditentukan berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku.

  • Mandiri KPR take over

Mandiri KPR take over adalah jenis KPR mandiri yang ditujukan bagi Anda yang ingin melakukan pemindahan pinjaman dengan jenis yang sama dari bank lain ke Bank Mandiri.

Jika Anda melakukan pemindahan tersebut, Anda akan mendapatkan dana pinjaman tambahan yang dapat digunakan untuk kebutuhan konsumtif lainnya.

  • Mandiri KPR angsuran berjenjang

Mandiri KPR angsuran berjenjang adalah jenis KPR mandiri yang dikhususkan untuk karyawan atau pegawai yang memiliki gaji tetap dalam membeli rumah untuk tempat tinggal.

Jenis KPR ini memudahkan para karyawan dan pegawai untuk membeli rumah dengan tawaran kemudahan seperti adanya fasilitas penundaan angsuran pokok sebagian sampai dengan tahun ke 3, sehingga Anda bisa membayar angsuran pokok dengan jumlah yang normal pada tahun ke 4.

Jenis KPR tersebut dapat Anda pilih sesuai dengan kondisi keuangan Anda serta kebutuhan yang Anda perlukan. Memilih pinjaman Bank Mandiri sebagai pinjaman KPR Anda memiliki banyak keuntungan.

Adapun keuntungan tersebut diantaranya adalah waktu proses yang tergolong sederhana dan cepat, suku bunga kompetitif, jangka waktu yang panjang sampai dengan 15 tahun, uang muka yang ringan, dan telah bekerjasama dengan banyak developer yang ada di indonesia dengan jumlah lebih dari 700 developer dengan program yang menarik.

Dalam pengajuan KPR dan selama berlangsungnya KPR, ada beberapa biaya yang harus kita bayarkan.

Biaya tersebut diantaranya adalah biaya administrasi, biaya transaksi agunan, premi asuransi baik asuransi kerugian dan asuransi jiwa, biaya balik nama, notaris, serta biaya pengikatan agunan.

Berikut adalah syarat yang harus dipenuhi untuk mengajukan mandiri KPR.

  • Merupakan warga negara indonesia yang tinggal di indonesia
  • Usia minimal 21 tahun dan pada pelunasan pinjaman berusia maksimal 55tahu untuk pegawai dan 60 tahun untuk wiraswasta atau profesional.
  • Memiliki penghasilan tetap dan pekerjaan tetap sebagai wiraswasta, pegawai tetap, profesional dan sudah bekerja minimal 1 tahun pagi pegawai dan 2 tahun bagi wiraswasta atau profesional.

Melengkapi dokumen sebagai berikut:

  1. Mengisi formulir
  2. Fotokopi surat nikah atau cerai
  3. Fotokopi KTP
  4. Fotokopi rekening tabungan atau koran 3 bulan terakhir
  5. Fotokopi KK
  6. Fotokopi NPWP pribadi
  7. Slip gaji asli (karyawan)
  8. Fotokopi akte pendirian perusahaan (wiraswasta/profesional)
  9. Fotokopi neraca laba rugi (wiraswasta/profesional)
  10. Fotokopi ijn praktek (profesional)
  11. Fotokopi kepemilikan agunan

Nah itu tadi penjelasan lengkap mengenai pinjaman Bank Mandiri dalam bentuk KPR mulai dari jenis dan cara pengajuannya. Masih ada lagi beberapa jenis pinjaman Bank Mandiri yang dibahas di bawah ini.

  • Mandiri kredit tanpa agunan

Mandiri kredit tanpa agunan adalah salah satu jenis pinjaman Bank Mandiri yang ditujukan untuk kebutuhan perorangan yang ringan karena tanpa memerlukan agunan.

Jenis pinjaman Bank Mandiri ini dapat Anda gunakan untuk berbagai kebutuhan Anda, diantaranya untuk menyelenggarakan pernikahan, pendidikan, renovasi rumah, serta kebutuhan pribadi dan keluarga lainnya.

Pinjaman Bank Mandiri jenis ini memiliki kelebihan yang menguntungkan Anda. Beberapa kelebihan tersebut diantaranya adalah cicilannya yang ringan serta tanpa membutuhkan agunan.

Selain itu, jangka waktu pembayaran pinjaman dapat mencapai lama 3 tahun dan khusus bagi pegawai yang pembayaran gajinya melalui Bank Mandiri, jangka pinjaman dapat sampai 5 tahun.

Baca Juga: Informasi Lengkap Seputar Pinjaman BRI

Baca Juga: Tips Mendapatkan Pinjaman Dana Tunai dan Syarat Lengkapnya

Yang lebih mudah lagi, kita dapat pengajuan pinjaman sampai dengan limit Rp 200.000.000,- dan ditambah dengan adanya perlindungan asuransi jiwa.

Cukup besar untuk sebuah pinjaman tanpa agunan bukan. Tentu saja ada syarat dan ketentuan yang berlaku untuk menentukan besarnya pinjaman yang diajukan.

Ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman Bank Mandiri ini. Adapun ketentuan yang harus dipenuhi untuk mengajukan pinjaman ini adalah sebagai berikut.

  • Merupakan WNI yang tinggal di indonesia
  • Bagi nasabah payroll di Bank Mandiri, penghasilan minimal Rp 2.500.000,- tiap bulan
  • Bagi nasabah non payroll di Bank Mandiri, penghasilan minimal Rp 3.000.000,- tiap bulan
  • Usia min. 21 tahun dan maks. 55 tahun saat pelunasan
  • Limit maks. Adalah 5 kali gaji

Selain ketentuan, ada juga persyaratan dokumen yang harus Anda lengkapi untuk mengajukan pinjaman Bank Mandiri ini. Adapun persyaratan dokumennya adalah sebagai berikut.

  • Mengisi formulir lengkap
  • Fotokopi ktp
  • Slip gaji asli untuk pegawai
  • Fotokopi siup atau ijin praktek bagi profesional
  • Fotokopi kartu kredit depan belakang
  • Tagihan kartu kredit 1 bulan
  • Rekening koran asli atau fotokopi rbuku rekening tabungan
  • Fotokopi npwp atau spt

 

  • Mandiri kredit mikro

Program pinjaman Bank Mandiri tidak hanya melayani pinjaman untuk keperluan pribadi saja. Bank Mandiri juga melayani pinjaman untuk usaha kecil yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya dengan syarat yang mudah dan angsuran yang ringan.

Program ini ditujukan untuk usaha mikro yang membutuhkan dana untuk mengembangkan usahanya dalam bentuk kredit investasi dan kredit modal kerja. Keduanya dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan usaha tersebut.

jenis pinjaman Bank Mandiri untuk UMKM

Ada dua jenis pinjaman Bank Mandiri yang dapat dipilih oleh UKM, dua jenis kredit tersebut adalah sebagai berikut.

  • Kredit usaha mikro (KUM)

Kredit usaha mikro ditujukan untuk usaha mikro. Maksimum limit pinjaman yang dapat diberikan adalah sebesar Rp 100.000.000,- dan untuk top up akan diberikan fasilitas pinjaman dengan limit dua kali lipat sampai dengan Rp 200.000.000,-.

Syarat dan ketentuan perlu dilengkapi untuk mengajukan pinjaman jenis ini. Adapun syarat pengajuan kum ini adalah sebagai berikut.

  1. Usia debitur minimal 21 tahun, bisa lebih muda jika sudah menikah
  2. Usia maksimal 60 tahun saat pelunasan pinjaman
  3. Usaha sudah berjalan 2 tahun dengan lokasi dan jenis usaha yang sama
  4. Fotokopi KTP, KK, dan surat nikah
  5. NPWP (untuk pinjaman sebesar Rp 50.000.000,- ke atas)
  6. Surat ijin usaha
  7. Surat keterangan usaha yang dikeluarkan desa atau kelurahan, dinas pasar atau otoritas setempat dimana UKM tersebut berdiri
  8. Belum pernah melakukan pinjaman atau sudah pernah dan tidak mengalami masalah dalam pembayaran

  • Kredit serbaguna mikro (KSM)

Kredit serba guna mikro (KSM) adalah pinjaman Bank Mandiri yang dikhususkan untuk penggunaan pembiayaan keperluan yang serbaguna selama pembiayaan tersebut tidak melanggar ketertiban umum, kesusilaan, dan tidak bertentangan dengan hukum.

Maksimum limit pinjaman yang bisa didapat dari jenis pinjaman KSM adalah Rp 50.000.000,-. Adapun syarat untuk pengajuan pinjaman Bank Mandiri ini adalah sebagi berikut.

  1. Merupakan WNI dan tinggal di indonesia
  2. Merupakan pegawai tetap min. 1 tahun dengan penghasilan yang tetap
  3. Sudah menikah atau usia min. 21 tahun bagi yang belum menikah
  4. Usia maks 55 tahun pada saat pelunasan pinjaman
  5. Penghasilan di atas UMR
  6. Fotokopi KTP suami istri, KK, surat nikah atau cerai

Nah, itu tadi dua jenis pinjaman Bank Mandiri program kredit mikro yang dapat Anda gunakan sebagai pembiayaan usaha kecil Anda.

Cara pengajuannya cukup mudah dan pelayanannya yang cepat membuat Anda lebih nyaman saat melakukan pengajuan tersebut.

Berbagai macam jenis pinjaman Bank Mandiri lengkap dengan penjelasan beserta cara pengajuan telah disampaikan. Untuk mendapatkan pinjaman kredit Bank Mandiri sebenarnya tidak begitu sulit.

Asalkan Anda bisa melengkapi semua persyaratan dan dokumen yang diperlukan, maka pihak Bank dapat menerima proses pengajuan pinjaman Anda. Namun jika Anda tidak bisa melengkapi dokumen yang diperlukan, maka jangan berharap banyak untuk mendapatkan pinjaman.

Semoga dapat membantu Anda dalam menambah wawasan mengenai jenis pinjaman Bank Mandiri yang dapat Anda ajukan.

Leave a Reply