Kartu Kredit Adalah? Semua Tentang Kartu Kredit!

Seiring dengan berkembangnya zaman, sekarang ini untuk melakukan berbagai hal yang berhubungan dengan keuangan itu makin mudah. Anda bisa melakukan pembayaran tanpa harus mengeluarkan uang dalam bentuk cash, melainkan dengan menggunakan kartu kredit.

Tahukah anda kartu kredit itu? Kartu kredit adalah alat pembayaran legal pengganti uang tunai yang dapat digunakan untuk membayar berbagai hal pada merchant tertentu.

Kartu kredit adalah kartu yang dikeluarkan oleh pihak bank untuk memudahkan nasabah melakukan berbagai pembelian tanpa harus memikirkan jumlah uang pada saldo yang dimiliki.

Bisa dibilang, kartu ini menjadi alat utang kepada pihak bank untuk memudahkan berbagai transaksi yang penting atau pun mendesak.

Fungsi dari kartu kredit adalah pada dasarnya  untuk memberikan kenyamanan nasabah dalam melakukan pembelanjaan di setiap merchant yang menyediakan layanan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Anda bisa berbelanja dengan lebih nyaman dan membayarkan cicilan tagihan kartu kredit pada bulan berikutnya.

kartu kredit adalah

Pic Source: Pixabay.com

Manfaat Kartu Kredit

Ada banyak sekali manfaat yang diberikan oleh pengguna kartu kredit. Ada pun beberapa keunggulan yang diberikan dari kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Lebih aman

Belanja atau melakukan berbagai pembayaran dengan kartu kredit itu dianggap lebih aman karena tak perlu membawa uang cash.

Terlebih lagi jika transaksi pembayarannya dalam jumlah yang cukup besar. Dengan menggunakan kartu kredit, resiko kehilangan bisa diminimalisir karena Anda hanya perlu membawa kartu untuk melakukan berbagai pembayaran.

  • Lebih praktis

Tentu saja menggunakan kartu kredit itu lebih praktis, mengapa? Karena tak perlu repot menghitung jumlah uang yang akan dibayar.

Ketika melakukan transaksi pembayarna dalam jumlah yang besar, Anda tak perlu lagi menghitung jumlah uang cash karena menggunakan kartu kredit itu tinggal gesek saja.

  • Lebih mudah

Selain praktis, menggunakan kartu kredit itu juga lebih mudah untuk melakukan berbagai pembayaran. Kemudahan ini begitu terasa karena Anda hanya perlu melakukan transaksi yang sama sekali tidak ribet pada setiap pembelian apa pun pada sebuah merchant.

  • Banyak promo

Biasanya pada berbagai momen tertentu, ada banyak sekali promo yang diberikan oleh merchant bagi siapa saja yang melakukan pembayaran dengan menggunakan kartu kredit.

Tak tanggung-tanggung, promo yang diberikan itu biasanya adalah sebuah diskon atau pun potongan harga dalam jumlah yang cukup besar yang sangatlah menguntungkan dan menjadikan Anda lebih hemat ketika berbelanja.

  • Bayar belakangan

Anda bisa melakukan berbagai transaksi pembelian pada saat yang benar-benar membutuhkan bahkan ketika Anda tak memiliki uang cash sekali pun.

Kartu kredit adalah kartu yang bisa digunakan pada saat-saat terdesak dan barulah Anda bisa membayar belakangan ketika memang sudah waktunya untuk melakukan pembayaran.

Kekurangan Kartu Kredit

Dibalik berbagai keuntungan dari kartu kredit yang sudah dijelaskan di atas, tentu saja ada beberapa kelemahan yang perlu untuk Anda ketahui.

Beberapa kelemahan yang ada bagi pengguna kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Selalu memiliki hutang

Ketika Anda adalah seorang pengguna kartu kredit, maka setiap bulannya Anda harus membayar kewajiban Anda untuk membayar tagihan kartu kredit.

Transaksi pembayaran yang Anda dapatkan sebelumnya itu akan menjadi utang yang harus dibayar per bulannya dan tidak boleh telat membayar tagihan karena nantinya akan ada biaya denda yang jumlahnya juga besar.

  • Pengaturan keuangan menjadi lebih kacau

Ketika Anda tak bisa menggunakan kartu kredit dengan bijak, maka bisa dipastikan Anda mengalami keuangan yang kacau terutama ketika sudah harus membayar tagihan dengan jumlah pemakaian yang melebihi batas kemampuan untuk membayar.

  • Menjadi lebih konsumtif

Ketika Anda mulai tergiur dengan berbagai kemudahan yag ditawarkan oleh kartu kredit ini, bisa jadi Anda menjadi terlena dan tak berpikir panjang ketika membeli berbagai barang dengan menggunakan kartu kredit.

Jika tak bisa mengkontrol diri sendiri, maka hal inilah yang patut untuk waspadai bagi para pengguna kartu kredit.

Baca Juga: Perlu Tahu! Serba-Serbi Pinjaman Uang Tanpa Jaminan

Baca Juga: Mengenal Lebih Jauh Tentang Bursa Efek Jakarta

Dari berbagai kelebihan dan kelemahan yang diberikan oleh kartu kredit, tentu saja Anda juga perlu untuk mengetahui berbagai jenis dari kartu pembayaran yang diberikan oleh pihak bank.

Lantas apa saja jenis dari kartu yang memudahkan segala proses pembayaran tersebut? Jenis dari kartu pembayaran yang dikeluarkan oleh pihak bank adalah sebagai berikut:

Jenis Kartu Pembayaran Berdasarkan Fungsinya

  1. Credit card

Berdasarkan jenis yang biasa digunakan oleh baya masyarakat, credit card atau Kartu kredit adalah jenis kartu yang bisa digunakan sebagai alat pembayaran berbagai transaksi jual beli barang atau jasa yang mana pelunasan atau pembayarannya dapat dilakukan dengan sekaligus.

Atau dengan cara mencicil dalam jumlah minimum tertentu. Jumlah cicilan yang harus dibayar itu dihitung dari nilai saldo tagihan yang kemudian ditambahkan dengan bunga bulanan.

  1. Charge card

Mungkin sedikit asing bagi sebagian masyarakat, Charge Card adalah kartu yang dikeluarkan oleh bank yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran berbagai transaksi jual beli barang atau pun jasa.

Namun nasabah harus bersedia untuk membayar kembali seluruh tagihan yang telah digunakan secara penuh pada akhir bulan atau pun pada bulan berikutnya dengan dan atau tanpa biaya tambahan.

  1. Debit card

Pembayaran atas berbagai transaksi jual beli dengan menggunakan kartu debit ini pada dasarnya adalah sebuah transaksi tunai yang dilakukan dengan mengurangi saldo pada tabungan yang dimiliki.

Walaupun tak menggunakan uang cash, namun Anda sama saja membayarkan tunai dan tak dihitung sebagai utang karena Anda telah membayar dengan cara mengurangi saldo yang Anda miliki.

  1. Cash card

Merupakan kartu yang digunakan untuk melakukan transaksi pengambilan uang pada setiap ATM yang ada.

Kartu ini juga bisa dilakukan untuk mengambil uang cash di sebuah merchant yang menyediakan jasa untuk mengambil uang dengan menggunakan cash card yang satu ini.

Jenis Kartu Kredit Berdasarkan Wilayahnya

  • Kartu kredit nasional

Jenis kartu kredit nasional merupakan kartu yang berlaku serta bisa digunakan di wilayah Indonesia. Tentu saja kartu kredit ini hanya berlaku di negara domestik saja dan tak berlaku untuk digunakan di Negara asing.

  • Kartu kredit internasional

Merupakan sebuah kartu yang berlaku untuk melakukan segala jenis pembayaran dengan skala internasional.

Untuk memiliki jenis kartu kredit yang satu ini harus memenuhi berbagai persyaratan yang cukup rumit karena nantinya penggunaan kartu ini berlaku secara internasional.

Produk kartu kredit internasional yang bisa digunakan yaitu sebagai berikut:

  • Visa

Visa merupakan sebuah kartu kredit Internasional yang dikeluarkan oleh perusahaan kartu Visa Internasional.

Pelaksanaan operasional dari kartu yang satu ini yaitu berdasarkan lisensi dari Visa Internasional yang memiliki sistem franchise.

  • Master Card

Master card kartu kredit adalah sebuah kartu yang dimiliki oleh Master Card Internasional dan beroperasi berdasara lisensi yang dikeluarkan dari Master Card International.

  • American Express

Kartu kredit yang satu ini dimiliki oleh American Express Travel Related Services Incorporated dan beroperasi dengan mendirikan subsidiary.

Pada prinsipnya, kartu ini merupakan charge card namun juga bisa memberikan kemudahan fasilitas credit line pada nasabah pemegang kartu yang berlaku secara internasional.

  • Carte Blanc

Kartu ini dimiliki oleh Citicorp dan beroperasi yaitu dengan membentuk subsidiary atau pun juga dengan franchise.

  • Dinners Club

Sama seperti Carte Blanc, Diners Club juga merupakan kartu yang dimiliki oleh Citicorp. Cara operasinya juga sama persis yaitu dengan cara mendirikan subsidiary atau dengan cara franchise.

Ciri-Ciri Kartu Kredit Asli

Setelah mengetahui berbagai jenis kartu kredit yang berlaku baik itu kartu kredit nasional maupun kartu kredit internasional, Anda juga harus mengetahui ciri-ciri umum penampakam dari kartu kredit.

Untuk ciri-ciri kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Ketika nampak depan, kartu kredit memiliki nomor kartu, kemudian memiliki tanggal masa berlaku, nama dari pemegang kartu itu sendiri, nomor identifikasi yang dikeluarkan oleh bank penerbit, terdapat logo serta nama dari bank penerbit kartu kredit, terdapat hologram khusus yang khas.
  • Ketika nampak belakang, kartu kredit ini memiliki panel tanda tangan kemudian, magnetic stripe, serta terdapat pula debosing number.

Lantas bagaimana cara untuk bisa mendapatkan kartu kredit nasional atau pun internasional? Pada dasarnya, persyaratan pembuatan kartu kredit adalah berbeda-beda dari setiap bank yang menerbitkan.

Syarat Umum Membuat Kartu Kredit

Namun pada kesempatan kali ini akan memberikan Anda persyaratan secara umum yang bisa dipenuhi untuk membuat kartu kredit yang mana persyaratan pembuatan kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Minimal berusia 21 tahun dan maksimal adalah berusia 60 tahun
  • Minimal setiap bulannya memiliki penghasilan sebanyak Rp 3.000.000,- atau per tahunnya sebesar Rp 36.000.000,- (sangat relatiftergantung dari kebijakan bank)
  • Warga Negara Indonesia
  • Melampirkan fotokopi KTP yang masih berlaku
  • Melampirkan fotokopi NPWP
  • Melampirkan fotokopi slip gaji atau bukti penghasilan dari tempat Anda bekerja
  • Untuk yang sudah memiliki kartu kredit sebelumnya, maka harus melampirkan tagihan kartu kredit selama 3 bulan terakhir.

Syarat Membuat Kartu Kredit untuk Pegawai

Persyaratan di atas merupakan persyaratan pembuatan kartu kredit bagi seorang pegawai, lantas bagaimana jika Anda adalah bukan seorang pegawai namun juga ingin memiliki kartu kredit?

Tak usah khawatir, karena untuk bisa memiliki kartu kredit bagi non pegawai melalui persyataran kartu kredit adalah sebagai berikut:

  • Usia minimal 21 dan maksimal 60 tahun
  • Warga Negara Indonesia
  • Melampirkan fotokopi KTP
  • Melampirkan fotokopi NPWP
  • Memiliki tabungan deposito dengan jumlah minimum yang sesuai dengan ketentuan atau kebijakan masing-masing bank. Hal ini dilakukan sebagai sebuah jaminan ketika Anda mulai telat membayar tagihan kartu kredit.
  • Melampirkan track record keuangan usaha yang Anda miliki minimal 3 bulan terakhir dan pastikan untuk selalu mengalami kenaikan. Sedangkan untuk usaha yang Anda miliki tersebut, minimal sudah berdiri selama 2 tahun

Berbagai persyaratan di atas mengenai pembuatan kartu kredit adalah secara umum yang paling sering dibutuhkan pada setiap bank yang menawarkan produk satu ini.

Tentu saja setiap bank itu memiliki kebijakan masing-masing dalam pelayanan pembuatan kartu kredit, namun setidaknya anda sudah tahu apa saja yang diperlukan untuk bisa membuat sebuah kartu kredit.

Itulah berbagai informasi seputar berbagai kartu kredit mulai dari keunggulan, kelemahan, jenis-jenis, sampai dengan persyaratan untuk bisa membuat sebuah kartu kredit di bank.

Pastikan untuk menggunakan kartu kredit secara bijak karena kartu kredit adalah bukan merupakan sumber uang, melainkan penyedia uang sementara yang tagihannya harus segera dibayar.

Leave a Reply