Keuntungan dan Tips Beli Emas di Pegadaian

Emas adalah investasi yang paling menguntungkan bila dibandingkan dengan investasi lain seperti reksadana, saham, deposito, rumah, dan lain sebagainya.

Karena hal itulah maka ada banyak orang yang ingin mempunyai atau investasi emas namun takut untuk disimpan di rumah karena merasa kurang aman.

Sebenarnya ada banyak cara untuk simpan dan beli emas. Salah satunya adalah dengan menggunakan fasilitas yang diberikan oleh Pegadaian yang merupakan perusahaan negara.

Cara Investasi Emas di Pegadaian

Di bawah ini adalah beberapa cara untuk investasi emas selain beli emas di Pegadaian yang perlu Anda ketahui.

  1. Mencicil

Selain beli emas di Pegadaian, Anda bisa cicil emas di sini pula. Anda hanya tinggal datang ke kantor Pegadaian terdekat untuk memilih emas yang diinginkan.

Namun sebelumnya Anda harus membayar DP (Down Payment) atau uang muka yang kisarannya antara 20% sampai 30% dari nilai emas.

DP ini akan menentukan lama jangka waktu cicilan Anda antara 1 sampai 36 bulan serta jumlah cicilan. Tenor cicilan di Pegadaian ini berkorelasi dengan besarnya jumlah cicilan yang harus Anda bayar.

Setelah Anda menentukan hal tersebut dan cicilan sudah lunas, maka Anda bisa menerima emas dalam jangka waktu 2 minggu hingga 1 bulan dari waktu pelunasan.

Anda bisa melakukan investasi jenis ini baik dengan cara datang ke kantor Pegadaian terdekat atau bisa melakukan dengan cara online, dengan cara mengunjungi website Pegadaian.

  1. Menitip

Selain beli emas di Pegadaian, disini juga membuka jasa layanan penitipan emas. Anda pun bisa menitipkan emas yang dimiliki dengan aman dan pastinya terjamin.

Belum lagi ditambah dengan biayanya yang murah. Anda tidak perlu khawatir emas Anda akan hilang saat dititipkan di Pegadaian karena emas yang Anda simpan akan diasuransikan oleh pihak Pegadaian.

Biaya jasa penitipan emas di Pegadaian ini termasuk terjangkau. Anda akan dikenai biaya titip sebesar Rp 20.000 per 100 gram tiap bulannya.

Sehingga jika Anda menitipakn emas dengan berat 1 kg maka biaya penitipan adalah Rp 200.000.

  1. Tabungan Emas

Menabung emas di Pegadaian yang dimaksud adalah beli emas, baik beli di toko emas atau beli emas di Pegadaian yang bisa dicairkan sehingga bisa diartikan bahwa Anda mengambil tabungan.

Tipe investasi yang satu ini juga memberikan kemudahan bagi masyarakat karena hanya dengan minimal Rp 5.000 dan Rp 10.000 saja maka Anda sudah investasi emas dengan berat sekitar 0,01 gram.

Harga emas di tabungan emas ini nantinya akan menyesuaikan dengan harga ketika transaksi dilakukan pertama kali dan Anda akan menabung dengan harga emas yang terendah terlebih dahulu.

Namun jika Anda ingin mencairkan tabungan emas maka harganya akan disesuaikan dengan harga pada saat itu.

Itu dia 3 cara investasi emas di Pegadaian. Artikel ini akan fokus kepada investasi emas dengan cara beli emas di Pegadaian dengan cara mencicil.

Karena seperti yang kita tahu bahwa kondisi ekonomi tiap orang berbeda-beda. Jika Anda adalah salah satu dari mereka yang tidak sanggup membeli emas secara tunai maka cicilan adalah cara yang tepat bagi Anda.

Baca juga: Tips Memilih Investasi yang Menguntungkan dan Minim Resiko

Baca juga: Serba-Serbi Tentang Proses Jual Beli Saham yang Harus Diperhatikan

Apakah Anda tahu berapa harga emas hari ini? Sekarang harga emas sedang mengalami penurunan.

Di saat seperti ini adalah saat yang paling tepat untuk membeli emas untuk ditabung atau yang biasa disebut investasi emas.

Tempat Terbaik untuk Investasi Emas

Bagi mereka yang ingin melakukan investasi dengan cara membeli emas, maka sebaiknya mereka langsung datang ke unit pengolahan dan pemurnian logam mulia yang berada di Pulogadung, Jakarta, tepatnya di Jalan Pemuda dan Jalan Raya Bekasi.

Namun tentu saja hal ini akan menyulitkan bagi mereka yang tinggal di luar Jakarta. Tapi sekarang ada jalan yang mudah bagi mereka atau pun Anda yang tidak berdomisili di Jakarta yaitu dengan cara beli emas di Pegadaian.

Pegadaian adalah salah satu perusahaan BUMN atau Badan Usaha Milik Negara yang mempunyai program tabungan dalam bentuk emas dalam cara mencicil. Ini adalah langkah yang paling tepat bagi Anda yang ingin menabung atau investasi dalam bentuk emas.

Untuk Anda yang berminat beli emas di Pegadaian, mereka menawarkan emas produk sendiri dan juga emas dari PT. Antam dengan berat yang bervariasi mulai dari 5 gram, 10 gram, 20 gram, 50 gram, 250 gram, bahkan hingga 1 kg.

Sama seperti kredit pada umumnya, Anda diwajibakan untuk membayar Down Payment (DP) atau uang muka sebesar 20% dari harga emas di awal dengan jangka waktu minimal 1 bulan hingga 3 tahun.

Beli emas di Pegadaian adalah salah satu cara menabung emas yang paling efektif. Mengapa demikian?

Karena salah satu sifat dasar manusia adalah selalu ingin menjual. Apakah Anda pernah mencoba untuk membeli emas kemudian ditabung alias disimpan di dalam kamar namun beberapa bulan kemudian Anda menjualnya kembali?

Dengan sistem mencicil yang ditawarkan Pegadaian maka Anda akan mendapatkan banyak sekali keuntungan mulai dari biaya yang tidak terlalu memberatkan dan jangka waktu di mana Anda tidak dapat mengambil emas tersebut hingga Anda melunasi cicilan.

Investasi dengan cara beli emas di Pegadaian juga merupakan cara melakukan simpanan bagi mereka ynag berpikir panjang. Karena investasi sama saja dengan menabung itulah yang ada di benak mereka yang terjun dalam bidang ini.

Mari kita ambil contoh, jika sekarang Anda mempunyai uang dan disimpan di bank, maka dengan segera uang tersebut akan mengalami inflasi.

Uang satu juta sekarang tidak akan sama dengan uang satu juta dalam 10 tahun ke depan. Hal inilah yang harus Anda pikirkan.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka beli emas di Pegadaian adalah langkah yang paling tepat. Dalam hal ini menyimpan dalam bentuk barang seperti emas.

Seperti yang kita ketahui bahwa emas setiap tahunnya mengalami kenaikan dan sangat jarang sekali mengalami penurunan. Jadi emas bisa dijadikan alternatif pilihan untuk cara menabung yang paling tepat bagi kita semua.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, Pegadaian bisa melayani hal ini.  Dan sama seperti judul artikel ini, mari kita bahas bagaimana cara beli emas di Pegadaian agar Anda tidak kesulitan saat ingin menabung emas lewat Pegadaian.

8 Tips Cara Membeli Emas Di Pegadaian

  1. Survey terlebih dahulu harga emas hari ini. Anda tidak perlu datang ke toko emas karena Anda bisa mengunjungi website PT. Antam yang beralamat di www.logammulia.com, harga emas di situs tersebut biasanya sering menjadi patokan karena jika Anda beli emas di Pegadaian biasanya harganya akan lebih tinggi sekitar 3% hari harga yang disebutkan oleh PT. Antam.
  1. Beli emas di Pegadaian yang sesuai dengan keuangan Anda. Terdapat berbagai berat emas yang dijual di Pegadaian yang pastinya salah satunya cocok dengan keuangan Anda.
  1. Siapkan persyaratan yang dibutuhkan untuk beli emas di Pegadaian, syarat-syarat tersebut adalah fotkopi KTP atau kartu identitas lainnya semisal SIM yang masih berlaku, fotokopi KK (Kartu Keluarga), dan jangan lupa untuk mengisi formulir aplikasi untuk program investasi emas. Setelah semua berkas sudah diserahkan, maka Anda akan diminta oleh petugas Pegadaian untuk membayar DP atau uang muka sebesar antara 20% hingga 30% dari harga emas yang Anda beli. Jangan lupa untuk mengisi data diri Anda dengan lengkap.
  1. Siapkan juga uang untuk biaya administrasi beli emas di Pegadaian.
  1. Jangan memilih jangka waktu cicilan yang terlalu lama agar Anda bisa mendapatkan keuntungan nantinya. Karena semakin lama jangka waktu yang Anda pilih, maka harga emas yang dicicil tersebut juga akan semakin mahal. Seperti yang Anda ketahui bahwa harga emas itu jarang mengalami penurunan yang drastis malah justru semakin meningkat.
  1. Ingatlah selama masa cicilan jangan sampai Anda luap untuk membayar cicilan dari waktu yang ditentukan. Anda akan didenda oleh pihak Pegadaian atau bahkan emas yang sudah Anda cicil tersebut akan dilelang oleh pihak Pegadaian. Uang hasil lelang tersebut akan dipotong sebesar 2% serta denda nasabah. Dan nasabah akan menerima selisih tersebut, tentunya hal ini akan merugikan nasabah.
  1. Jika cicilan telah selesai maka emas Anda akan diterima dalam 2 minggu hingga 1 bulan dari pelunasan.
  1. Anda tidak perlu khawatir emas Anda akan hilang selama dalam masa cicilan, karena emas tersebut akan disimpan dan dijaga oleh pihak Pegadaian dan mereka akan bertanggung jawab terhadap segala kerusakan atau kehilangan.

Keuntungan Membeli Emas di Pegadaian

Anda bisa beli emas di Pegadaian dengan cara tunai maupun kredit. Jika Anda mmebeli emas secara tunai, maka Anda akan menerima emas yang Anda beli 2 minggu setelah pembayaran lunas karena Pegadaian tidak menyetok emas tersebut secara langsung.

Dan jika Anda membeli dengan cara dicicil maka Anda akan menerima emas dan sertifikatnya setelah cicilan Anda lunas.

Emas yang dijual oleh Pegadaian sudah memiliki sertifikat resmi dari PT. Antam, namun sekarang Pegadaian juga sudah mengeluarkan produk emasnya sendiri dengan merk Pegadaian.

Pegadaian adalah perusahaan negara yang sudah pasti merupakan lembaga resmi. Pegadaian memiliki kredibilitas dalam transaksi dan investasi emas. Karena itu Anda tidak akan mengalami penipuan karena ini adalah perusahaan negara yang dijamin legal.

Harga yang ditentukan oleh Pegadaian termasuk normal dengan proses yang sederhana. Bahkan sekitar 20 menit saja Anda sudah bisa menyelesaikan proses transaksi.

Jangka waktu cicilan di Pegadaian tidak akan membebani Anda karena waktu cicilan tersedia mulai dari 1 bulan hingga 3 tahun.

Pegadaian memberikan keamanan dalam berinvestasi emas. Pegadaian menyediakan fasilitas dan keamanan penyimpanan yang bagus dengan biaya yang terjangkau.

Jadi Anda tidak perlu khawatir emas akan hilang atau rusak. Investasi emas dipastikan akan selalu naik harganya karena memang emas sangat jarang mengalami penurunan harga.

Jika di dalam proses mencicil Anda mengalami keadaan darurat ata keperluan mendesak, maka emas Anda bisa digadaikan di Pegadaian pula.

Pihak Pegadaian akan mengakumulasi cicilan Anda selama ini dan nilai itulah yang nantinya akan Anda dapatkan. Anda bisa melanjutkan cicilan Anda setelah Anda sudah mempunyai uang.

Demikain keuntungan dan tips beli emas di Pegadaian.

Leave a Reply