Kreasi Barang Bekas dari Bahan Rumahan

Barang bekas terkadang menjadi barang yang sangat menjengkelkan. Sudah tidak terpakai, namun jika dibuang atau dijual kepada penjual barang bekas harga jualnya akan sangat rendah.

Jika sudah seperti itu, galaunya setengah mati. Dijual atau dibuang begitu saja ya?

Nah, jika Anda memiliki barang bekas yang tidak terpakai namun Anda tidak ingin membuangnya Anda bisa melakukan kreasi barang bekas. Barang bekas itu dapat Anda buat melalui bahan-bahan rumahan.

gambar kreasi barang bekas

Membuat kreasi barang bekas dari bahan rumahan ternyata gampang-gampang susah. Tetapi jika Anda sudah melakukannya, Anda bisa mengurangi banyak barang tidak terpakai di rumah Anda.

Selain itu, Anda bisa memanfaatkan barang itu untuk keperluan dan yang terpenting jika Anda memiliki ketrampilan khusus, Anda bisa menghasilkan uang dari apa yang Anda buat.

Bagaimana cara pemasarannya? Anda tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini akan dibahas berbagai hal dalam membuat kreasi dari barang bekas berbahan rumahan hingga cara memanfaatkan dan memasarkan kreasi Anda.

Kreasi Barang Bekas Tempat Tissue Kardus Bekas

Masuk pada kreasi barang bekas yang pertama, yakni membuat tempat tissue dari kardus bekas air mineral. Berikut cara membuatnya:

1) Siapkan Bahan

Tahap pertama, Anda harus menyiapkan berbagai bahan-bahan dasar pembuatannya. Berikut bahan-bahannya: kardus bekas air mineral, kain flanel berwarna biru dan pink (dua warna yang sesuai dengan selera Anda), lem tembak, cutter atau gunting, penggaris, pensil, dan tentunya tissue berukuran sedang.

2) Ukur dengan Baik

Tahap kedua ialah Anda harus mengukur berapa panjang dan lebar tissue yang Anda akan tempati. Jangan lupa gunakan pensil dan penggaris agar presisi atau pas dan sesuai ukuran.

3) Tempelkan bahan

Selanjutnya, aplikasikan ukuran tersebut pada kardus air mineral. Jangan lupa untuk menggunting ukuran yang sudah diukur tersebut. Berikutnya gunting ukuran yang sudah ditentukan.

Tempelkan menjadi kubus atau balok sesuai ukuran tissue yang sudah ditentukan menggunakan lem. Tahap berikutnya ialah gunting kain flanel dengan sesuai dengan kubus dan balok yang telah ditentukan.

Kemudian, tempelkan lagi kain flanel yang sudah digunting.

Baca juga: Cara Menghitung Bunga Deposito

Jika sudah menjadi sebuah kubus atau balok, lubangi atas dari kubus atau balok tersebut menggunakan cutter. Lubangi secara oval atau persegi dengan ukuran sepertiga dari ukuran tissue yang Anda gunakan.

Daan….. tempat tissue yang Anda buat sebagai kreasi barang bekas siap digunakan bahkan dipasarkan.

Tempat tisse yang Anda buat tentunya bisa digunakan sebagai tempat tissue. Tidak hanya itu, Anda juga bisa memasarkan tempat tissue ini. Barang yang awalnya bukan menjadi barang berharga, barang bekas, kini menjadi barang yang berharga dan bisa menghasilkan uang.

Kardus-kardus yang tidak bermanfaat dan mangkrak di rumah Anda kini menjadi berkurang.

Berikutnya, kita masuk kepada kreasi barang bekas yang kedua. Kreasi barang bekas yang kedua ialah menggunakan barang bekas sendok, stick es krim, atau sumpit bambu yang sudah tidak digunakan.

Kreasi Barang Bekas Tempat Pensil

Barang bekas yang ditentukan tersebut dapat menjadi barang yang berguna. Apa barang yang dibuat dengan sendok bekas, stick es krim, dan sumpit bambu tersebut?

Dari barang bekas tersebut, Anda bisa menghasilkan tempat pensil atau tempat perkakas rumah tangga melalui bahan bekas tersebut. Lalu, bagaimana cara membuat tempat peralatan melalui barang bekas tersebut?

Berikut cara membuat tempat pensil atau tempat perkakas rumah tangga melalui bahan-bahan bekas tersebut. Pada tips dan trick berikut ini menggunakan sumpit bambu bekas.

Berikut cara membuatnya:

1) Siapkan Bahan Dasar

Tahap pertama yang harus Anda lakukan ialah mempersiapkan berbagai bahan-bahan dasar untuk membuat tempat pensil atau tempat perkakas tersebut.

Persiapkanlah sumpit bambu yang sudah tidak terpakai sebanyak 16 buah. B

erikutnya, siapkan peralatan lain seperti pisau, cat warna (jika berselera menggunakan warna), kardus bekas berukuran sedang. Jangan lupa untuk menyiapkan lem tembak.

2) Potong Bahan Sesuai Ukuran

Tahap kedua yang Anda lakukan ialah memotong kardus tersebut menjadi bulatan berdiameter sekitar 10 cm. Kemudian sesuaikan kardus persegi mengikuti kardus dengan diameter tersebut.

Tahap berikutnya yang harus Anda lakukan ialah memotong sumpit bambu yang berjumlah 16 batang tersebut menjadi dua bagian yang sama panjang.

Selanjutnya, bentuk kardus persegi dan bulatan (satu buatan) menjadi tabung tanpa tutup. Gunakan lem untuk merekatkan.

3) Tempel Semua Bahan

Setelah menjadi tabung tanpa tutup, tahap berikut yang harus dilakukan ialah Anda harus menempelkan sumpit bambu bekas yang telah dipotong menjadi dua bagian tersebut.

Cara memasangnya ialah sumpit bagian bawah letakkan di bagian bawah, dan sumpit bagian atas untuk tabung bagian atas. Lakukan secara berselang.

4) Warnai

Tempat pensil dan perkakas telah siap digunakan. Tahap tambahannya ialah Anda bisa mengecat tempat pensil tersebut sesuai kreasi.

Setelah mengetahui, tahapan membuat tempat pensil atau tempat perkakas alat rumah tangga, tentu barang bekas tersebut menjadi sesuatu yang bermanfaat bukan?

Dapur dan sudut rumah lain menjadi lebih luas karena bahan bekas yang memenuhi rumah menjadi terbuang, namun bermanfaat.

Baca juga: Usaha Makanan Unik dan Murah Yang Bisa Kita Coba

Baca juga: 13 Ide Usaha Makanan Ringan Sederhana yang Pasti Laku!

Cara Menjual Kreasi Barang Bekas

Dua barang bekas yang sudah diubah menjadi barang yang lebih berharga dan bermanfaat. Kini saatnya kita masuk kepada cara yang dapat Anda lakukan agar barang bekas yang sudah menjadi barang berharga itu menjadi benda yang bernilai jual atau memiliki nilai jual.

Bagaimana caranya?

Cara menjadikan barang bekas yang sudah di daur ulang menjadi benda yang bernilai jual termasuk gampang-gampang susah. Mengapa?

Hal tersebut disebabkan karena barang bekas terkadang dianggap sebagai barang yang kotor. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena barang bekas tersebut memiliki nilai jual tersendiri. Dalam hal ini barang bekas tersebut memiliki pasaran atau target market tersendiri.

Berikut cara membuat kreasi barang bekas yang sudah dikreasikan menjadi barang bernilai tinggi. Berikut cara menjualnya dalam pasaran:

1) Jual Secara Offline

Anda dapat menjual barang-barang tersebut melalui offline, yakni bisa saat anda melakukan arisan atau pengajian anda dapat menawarkannya pada teman-teman anda.

2) Jual Secara Online

Cara yang kedua, anda dapat menjual barang-barang tersebut melalui online store atau toko online. Bagaimana caranya? Anda bisa menjualnya melalui lapak atau toko online, melalui sosial media Facebook atau Instagram.

3) Jual di Forum

Lalu, bagaimana dengan target pasar tertentu? Anda bisa bergabung dengan komunitas barang bekas di Facebook dan twitter. Melalui media sosial tersebut, anda bisa menjual barang bekas yang telah anda kreasikan.

Demikianlah seputar tentang kreasi barang bekas yang dimulai dari membuat kotak tissue menggunakan kardus bekas, membuat tempat pensil atau tempat perkakas rumah tangga dengan menggunakan sumpit yang tidak terpakai.

Percayalah bajwa barang bekas tidak selamanya buruk, kotor, tidak terpakai. Akan tetapi, barang bekas bisa diubah menjadi sesuatu yang bermanfaat bahkan bernilai jual tinggi. Trik dalam kasus ini ialah Anda harus yakin dan telaten dalam mengubah barang bekas tersebut menjadi barang yang bernilai tinggi.

Terus berkreasi dan jangan mudah menyerah. Selamat mencoba serta teruslah berkreasi!

Leave a Reply