Kupas Tuntas Menabung Emas di Pegadaian!

Tujuan utama dari menabung adalah untuk menyimpan uang sehingga dapat digunakan untuk melakukan sesuatu yang besar dan membutuhkan banyak uang di kemudian hari atau sebagai salah satu persiapan dan jaminan hidup di masa tua.

Ada banyak cara yang dapat kita pilih dalam hal menabung. Tidak hanya dalam bentuk uang saja, menabung juga dapat dalam bentuk berbagai macam barang investasi seperti properti dan sebagainya.

Kenapa Memilih Emas?

Menabung juga dapat dilakukan dengan bentuk emas. Menabung dalam bentuk emas kini sedang populer di kalangan masyarakat indonesia.

Ada banyak alasan kenapa masyarakat lebih memilih emas sebagai sarana untuk menabung. Yang pertama tentunya karena mengharapkan adanya keuntungan yang diperoleh. Menabung emas dalam jumlah banyak dan dalam jangka waktu yang lama dapat memberikan keuntungan yang cukup besar bagi Anda.

Selain itu, dibandingkan dengan produk investasi lainnya, emas merupakan produk investasi dengan resiko yang tergolong rendah. Hal ini karena emas memiliki harga yang cukup stabil di pasaran dan tidak memiliki fluktuasi yang tinggi seperti saham dan produk investasi lainnya.

Menabung dalam bentuk emas juga termasuk investasi yang memiliki proses pencairan dana segar lebih mudah dibandingkan dengan investasi saham dan properti. Hal ini karena menjual emas yang kita tabung akan sangat mudah dilakukan, dan dalam hitungan menit Anda sudah dapat mencairkan dana Anda selama syarat dan surat-surat kepemilikan emas Anda lengkap.

Itulah mengapa menabung dalam bentuk emas menjadi sangat populer di Indonesia. Anda juga bisa mulai menabung dalam bentuk emas dari sekarang.

Pic Source: Pixabay.com

Kenapa di Pegadaian?

Salah satu tempat yang dapat digunakan untuk menabung emas adalah Pegadaian. Menabung emas di Pegadaian memiliki banyak keuntungan dan dapat dilakukan oleh siapa saja karena untuk membuka tabungan tersebut kita hanya membutuhkan sedikit uang saja.

Pegadaian adalah sebuah badan usaha yang melayani gadai berbagai macam barang dan juga dapat digunakan sebagai salah satu tempat untuk menabung emas.

Menabung emas di Pegadaian dapat dimulai dengan uang sebesar Rp. 5.000,- saja. Sangat murah bukan? Siapa saja dapat dengan mudah menabung emas di Pegadaian dengan sistem yang mudah dan menguntungkan.

Hal ini lah yang menjadikan Pegadaian sebagai salah satu pilihan menabung emas yang populer terutama di kalangan masyarakat menengah ke bawah yang ingin melakukan investasi dengan modal yang tidak banyak.

Apa Saja Syarat Menabung Emas di Pegadaian?

Cara menabung emas di Pegadaian cukup mudah dan dapat dilakukan oleh siapa saja. Seperti halnya membuka rekening, cara menabung emas di Pegadaian ini cukup sederhana dan tidak membutuhkan syarat yang rumit.

Sebelum melakukan kegatan menabung emas, ada beberapa syarat yag dibutuhkan untuk membuka tabungan emas di Pegadaian. Adapun syarat menabung emas di Pegadaian secara lengkap dapat Anda simak berikut ini.

  1. Membawa fotokopi identitasi diri Anda, bisa menggunakan SIM, KTP, ataupun paspr yang masih dalam masa berlaku.
  1. Melakukan pengisian formulir untuk membuka rekening tabungan emas. Membayar biaya untuk administrasi Rp. 5.000,- serta biaya untuk fasilitas tabungan Anda selama setahun yakni Rp. 30.000,-.
  1. Melakukan pembelian saldo minimal emas pada tabungan Anda yakni 0,1 gr emas dengan harga sesuai dengan harga emas pada saat Anda mendaftarkan tabungan Anda. Anda juga bisa langsung membeli sebesar 1 gr emas jika Anda memiliki cukup uang.
  1. Anda juga dapat memiliki emas dalam bentuk batangan jika Anda mau dengan melakukan order pencetakan emas batangan yang ada dalam ukuran 5 gram, 10 gram, 25 gram, 50 gram, serta 100 gram. Ada biaya yang harus dibayarkan untuk melakukan pencetakan emas batangan tersebut sesuai dengan ukuran yang dikehendaki.
  1. Saldo Anda dalam tabungan emas di Pegadaian sekurang-kurangnya adalah 0,1 gr. Harga 0,1 gr biasanya ada pada kisaran Rp. 5.000,- samapai Rp. 6.000,- tergantung harga emas per gram saat itu.
  1. Untuk dapat menjual emas di tabungan emas Anda, Anda bisa melakukannya di kantor Pegadaian tempat Anda membuka rekening dengan membawa buku tabungan serta kartu identitas diri Anda yang asli.

Itu tadi syarat yang harus dilengkapi untuk dapat memiliki tabungan emas di Pegadaian. Setelah membuka rekening tabungan, Anda sudah bisa mulai untuk menabung dengan aset emas di Pegadaian.

Baca juga: Berbagai Keuntungan dan Cara Investasi Emas yang Tepat

Baca juga: Apa Itu Saham? Penjelasan Tentang Saham Lengkap!

Bagaimana Strategi Menabung Emas di Pegadaian?

Agar Anda mendapat keuntungan saat menabung emas di Pegadaian, Anda harus jeli membaca pasar sehingga kita tahu kapan seharusnya kita membeli dan menjual emas kita. Nah, untuk lebih jelasnya, yuk kita cari tahu strategi tepat dalam menabung emas di Pegadaian.

  1. Melakukan survei harga

Melakukan survei harga emas dan mengamati perkembangannya merupakan suatu hal yang penting agar kita mengetahui berapa kisaran harga emas saat ini dan dapat memutuskan waktu yang tepat untuk membuka tabungan emas di Pegadaian.

Pengecekan harga dapat Anda lihat di beberapa surat kabar yang mencantumkan informasi tersebut, serta dapat juga Anda lakukan melalui sistem online. Ada beberapa situs online yang menampilkan harga emas real time sehingga dapat kita jadikan dasar dalam mengambil keputusan.

Harga emas yang ada di Pegadaian biasanya memiliki selisih lebih tinggi dibandingkan harga real time dan harga dari PT. Antam. Besar selisih biasanya mencapai 3%.

  1. Menyesuaikan budget

Setelah mengetahui harga emas real time, kita dapat memutuskan berapa emas yang akan kita tabungkan. Anda dapat menyesuaikan dengan budget yang Anda miliki.

Anda dapat menabung emas di Pegadaian mulai dari 0,1 gr dengan kisaran harga Rp. 5.000,- sampai dengan Rp. 6.000,- dan menambah jumlah gram emas secara sedikit demi sedikit. Atau, Anda juga bisa menabung dengan jumlah banyak sekaligus dan melakukan pencetakan emas batangan. Semua dapat Anda pilih sesuai dengan kemampuan finansial Anda.

  1. Mempersiapkan syarat

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk dapat membuka tabungan emas di Pegadaian. Anda harus melengkapi syarat tersebut sebelum membuka rekening tabungan emas di Pegadaian.

  1. Mengamati pasar

Mengamati pasar adalah hal yang perlu dilakukan sehingga kita akan tahu kapan waktu yang tepat untuk mencairkan emas kita pada selisih harga tertinggi sehingga lebih menguntungkan.

Walaupun investasi dalam bentuk emas lebih mudah dan memiliki resiko rendah, namun mengamati pasar tetap perlu dilakukan agar dapat mendapatkan keuntungan yang lebih banyak.

Apa Manfaat yang diperoleh?

Ada banyak manfaat yang diperoleh dengan memilih menabung emas di Pegadaian. Pegadaian sebagai lembaga terpercaya memang merupakan pilihan yang tepat untuk Anda yang ingin melakukan investasi emas. Berikut adalah beberapa manfaat yang dapat diperoleh.

  1. Jaminan keamanan

Pegadaian menjamin keamanan tabungan emas Anda sehingga Anda nyaman dan tidak perlu khawatir emas Anda akan hilang jika menabung di sini.

Emas yang Anda tabungkan akan dijaga dengan aman oleh Pegadaian. Kemanan emas menjadi tanggung jawab Pegadaian sehingga jika terjadi kehilangan sepenuhnya akan di tanggung oleh Pegadaian sendiri.

Seperti yang kita tahu, Pegadaian merupakan lembaga resmi dan terpercaya. Jika Anda membuka tabungan emas di sini Anda tidak akan merasa takut tertipu karena perusahaan ini adalah perusahaan legal dan jelas.

Pegadaian juga menyediakan layanan penyimapanan emas dengan dikenai biaya yang cukup terjangkau bagi Anda yang ingin menyimpan emas Anda dengan aman.

Kredibilitas Pegadaian dalam mengelola dana dan emas sangat baik dan profesional sehingga membuat Anda dapat merasa lebih nyaman dalam bertransaksi di Pegadaian. Untuk menghindari terjadinya tindak penipuan, memilih Pegadaian sebagai tempat Anda menabung emas adalah pilihan tepat.

  1. Tidak membebani

Menabung emas di Pegadaian tidak akan membebani Anda. Di Pegadaian Anda bisa menabung emas dengan cara mencicilnya dengan besaran minimal 0,1 gr. Sehingga bagi Anda yang tidak memiliki banyak dana pun dapat menabung emas di sini.

Emas yang bisa dicairkan dengan uang haruslah berbobot 1 gram dan kelipatannya. Jika Anda menabung emas dengan cara dicicil, maka Anda dapat menuai hasil tabungan Anda setelah emas Anda terkumpul sebanyak 1 gram atau lebih.

Tabungan emas yang ingin Anda buat dalam bentuk emas batangan harus menunggu selama sekitar 2 minggu setelah pembelian atau pemesanan karena Pegadaian tidak menyediakan emas. Sehingga emas diproduksi berdasarkan pesanan.

Emas yang ada di Pegadaian adalah emas dengan sertifikasi Antam, yakni perusahaan yang memproduksi emas batangan terpercaya. Setiap emas batangan yang kita terima akan memiliki sertifikat yang membuktikan keasliannya.

Pegadaian juga akan memperoduksi emas dengan merk Pegadaian agar dapat membuat nasabah lebih mudah dalam mencairkan dana dan lebih cepat mendapatkan emas batangan.

Yang lebih memudahkan lagi adalah patokan harga emas di Pegadaian memiliki patokan yang normal dan masuk akal.

Emas yang dapat dibuat emas batangan di Pegadaian ada berbagai berat mlai dari berat 1 ram, hingga 1 kg. Anda dapat langsung menentukan tujuan, mana berat emas yang ingin menjadi goal Anda dalam berinvestasi. Apakah cukup dengan 1 gr atau 5 gr saja? Atau Anda ingin menabung emas dengan berat sampai dengan 1 kg? Semua dapat Anda pilih sendiri.

  1. Pencairan dana mudah

Emas yang dapat dicairkan menjadi dana segar adalah emas yang sudah terkumpul 1 gram atau kelipatannya. Untuk mencairkannya, prosedurnya pun cukup mudah dan singkat. Cukup dengan waktu sekitar 20 menit Anda sudah dapat mencairkan emas yang Anda tabungkan.

Hal ini tentunya sangat menguntungkan bagi Anda yang tiba-tiba membutuhkan dana segar cukup banyak di waktu yang medesak.

Nah itu tadi berbagai penjelasan secara mendalam mengenai menabung emas di Pegadaian. Banyak keuntungan tabungan emas Pegadaian yang bisa Anda dapatkan.

Selain mudah dalam pembukaan rekening, di Pegadaian Anda juga mudah mencairkan dana.  Serta yang lebih menyenangkan lagi, keamanannya jelas terjamin sehingga jauh dari modus penipuan berbasis investasi emas.

Memang ada beberapa kekurangan tabungan emas Pegadaian misalnya saja pencairan dan hanya bisa dilakukan setelah tabungan emas mencapai jumlah 1 gram atau kelipatannya.

Namun keuntungan yang didapatkan pun dapat terasa dan memiliki jaminan keamanan yang memadai. Sehingga menabung emas di Pegadaian patut Anda coba sebagai alternatif investasi untuk masa depan.

Leave a Reply