Masih Bingung Menentukan Usaha Kuliner Unik? Ini Dia Caranya!

Siapa yang tak ingin memiliki usaha yang sukses dengan keuntungan berlipat? Banyak sekali orang yang ingin memperoleh keuntungan berlipat ganda dengan modal yang kecil. Memilih usaha yang menguntungkan memang tak mudah. Pasalnya, Anda harus menentukan apakah usaha yang Anda ingin jalankan tersebut memiliki banyak peminat dan dapat memberikan keuntungan berlipat.

Nah, jika Anda adalah salah satu orang yang tengah bingung memilih usaha yang menguntungkan dan menyenangkan, mengapa Anda tidak mencoba usaha kuliner unik? Saat ini, banyak sekali usaha kuliner yang unik dan berbeda dengan usaha kuliner pada umumnya.

Jika biasanya Anda melihat makanan yang disajikan dengan ‘apa adanya’, kini banyak sekali penjual yang mulai berkreasi dengan imajinasinya mengenai makanan lezat, unik dan murah. Nah, apakah Anda penasaran dengan usaha unik yang memberikan keuntungan berlebih ini?

Cara Memulai Usaha Kuliner Unik

Di bawah ini ada banyak sekali informasi yang dapat Anda gunakan untuk mengembangkan usaha Anda sendiri!

Langkah Pertama: Lihat Kondisi Pasar

Saat ini, pasar kuliner di Indonesia tengah menyasar kaum muda. Dengan adanya beragam media sosial yang digunakan oleh kawula muda, mereka memiliki kecenderungan untuk menjadi gaul dan eksis dengan berkunjung ke tempat-tempat yang menawarkan keunikan tersendiri. Nah, hal ini bisa Anda manfaatkan sebagai celah usaha.

Anda bisa mencoba beragam kreasi makanan unik yang murah dan tidak akan membuat kantong bolong. Contohnya adalah makanan ringan seperti yoghurt atau keripik kentang. Dengan sajian yang menarik, Anda bisa menjualnya dengan lebih mudah. Jangan hanya menjual produk yang ada dalam kemasan, namun Anda juga harus mampu menjual kemasan itu sendiri.

Lebih baik lagi, apabila Anda bisa menjual merk yang Anda miliki. Membangun citra merk yang menarik, eksklusif namun tetap dengan harga terjangkau, akan membuat produk Anda diminati oleh banyak orang.

culinary-1544525_1280

Image credit: Pixabay

Langkah Ke Dua: Ikuti Tren

Menentukan produk makanan yang Anda jual memang tak semudah yang dibayangkan. Anda harus mampu membaca pasar dan melihat tren yang ada di pasaran. Nah, sekarang, Anda bisa melihat makanan apa yang tengah tren di masyarakat. Apakah banyak yang menjual makanan ala Korea?

Jika iya, Anda juga bisa membuat penganan yang lezat dengan citarasa Korea. Jika Anda bisa menekan harga produksi, Anda juga bisa menekan harga produk yang Anda tawarkan kepada konsumen. Harga yang murah dengan kualitas yang tak kalah dengan produk yang telah ada terlebih dahulu akan membuat Anda semakin digandrungi oleh pelanggan.

Rasa tetap harus menjadi pilihan utama ketika Anda memulai usaha, karena pembeli akan menilai makanan Anda dari rasa ketika mereka mencicipinya. Jika Anda mengikuti tren, Anda bisa memperoleh kesempatan untuk mengembangkan usaha kuliner paling laku.

Langkah Ke Tiga: Buat Perbedaan

Jika mengikuti tren tak membuahkan hasil yang diinginkan, lalu apa yang harus Anda lakukan? Sebagai seorang wiraswasta, Anda wajib bisa membuat perbedaan. Produk yang Anda jual akan sangat digemari oleh pelanggan jika harga yang ditawarkan bersaing namun dengan rasa yang tak kalah lezat.

Nah, Anda bisa mencoba banyak cara, lho. Jika ada satu usaha kuliner unik dan menarik di kota Anda yang sangat terkenal, Anda bisa membuat perbedaan. Sebagai contoh, Kota Magelang terkenal akan gethuk yang lezat dan legit. Di sana, ada sebuah toko roti yang memperoduksi olahan gethuk yang dibuat menjadi muffin, cake dan bahkan bolen.

Rasa gethuk yang legit disandingkan dengan citarasa makanan olahan yang nikmat, membuat banyak orang jatuh cinta dengan makanan yang lezat ini. Mulai dari sekarang, coba lihat sekeliling, adakah makanan yang dapat Anda buat inovasinya?

Langkah Ke Empat: Jangan Takut Mencoba

Jika Anda akan memulai usaha milik sendiri, maka lakukan usaha itu dengan segenap hati. Jangan dengan mudah memberikan tugas memasak pada koki. Anda pun harus berusaha memasak makanan sendiri, lho.

Selain membuat hati Anda semakin mantap, Anda juga akan merasakan asyiknya mengolah bumbu dan bahan-bahan makanan menjadi olahan lezat yang patut dijual. Tak hanya itu, dengan tidak mempekerjakan koki atau tukang masak, dana operasional yang harus Anda keluarkan untuk usaha Anda tak terlalu banyak.

Dengan memasak makanan yang Anda jual sendiri pun, Anda bisa mengontrol kualitas produk yang akan Anda jual ke konsumen. Mulai sekarang, ayo buka buku resep yang Anda miliki dan jangan ragu untuk mencoba resep-resep makanan lezat yang ada di sana.

Langkah Ke Lima: Tentukan Harga

Jika Anda ingin berjualan dengan target pasar berupa anak muda, lebih baik Anda berpikir mengenai harga yang akan dipatok untuk produk yang Anda jual. Berapa modal yang harus Anda keluarkan untuk membuat produk tersebut?

Jika Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk pembuatan produk, patoklah harga yang tinggi. Lalu selanjutnya, jika Anda sudah mematok harga yang cukup tinggi, Anda kembali perlu berpikir apakah target pasar yang Anda sasar sanggup membeli produk tersebut?

Jika tidak, turunkan harga yang Anda patok untuk produk tersebut. Ketika harga sudah diturunkan, ada dua alternatif yang dapat Anda lakukan, yakni menerima pengurangan keuntungan atau mengubah bahan baku menjadi bahan baku yang lebih murah. Dilema ini hanya bisa Anda jawab dengan melakukan trial and error saat mencoba usaha Anda.

Baca juga: Peluang dan Analisa Lengkap Tentang Usaha Ternak Kambing

Baca juga: Tips Memulai dan Melihat Peluang Usaha Sampingan Modal Kecil

Langkah Ke Enam: Mulai Berjualan

Makanan selezat apa pun tak akan menghasilkan uang jika tak Anda jual. Jadi, jika Anda berencana menjual makanan yang Anda buat, kenapa tidak coba memasarkannya? Memasarkan makanan yang lezat ke kerabat dekat akan sangat berguna bagi Anda yang ingin memulai usaha.

Teman-teman pun dapat menjadi pilihan jika Anda ingin memulai berjualan makanan yang lezat. Di sisi lain, memulai berjualan dari orang-orang terdekat juga akan membantu meningkatkan rasa percaya diri Anda ketika harus menghadapi pasar yang lebih berat nantinya. Jika Anda kreatif, Anda juga bisa membuat iklan kecil-kecilan di media sosial, lho. Tips berjualan di media sosial akan dibahas di poin-poin selanjutnya.

Langkah Ke Tujuh: Bertahan

Ya, Anda pun tetap harus bertahan ketika berjualan. Berjualan makanan yang lezat akan membuat Anda senang. Namun, tak selamanya bisnis Anda berada di atas angin. Anda harus siap bertahan jika sampai bisnis Anda mengalami kemunduran dengan sepinya pembeli.

Coba evaluasi penjualan Anda sebelumnya untuk menentukan mana yang perlu Anda lakukan dan mana yang tidak. Terkadang, manajemen keuangan Anda yang baru saja memulai usaha pasti akan berantakan.

Dengan melakukan perubahan-perubahan yang nyata terhadap usaha yang Anda miliki, Anda bisa berbenah diri dan mulai merancang lagi upaya-upaya yang bisa dilakukan untuk mengembangkan bisnis Anda. Jangan terpengaruh dengan adanya saingan, karena saingan tentu akan selalu muncul. Tetaplah berusaha bertahan dengan ciri khas Anda dan terus maju.

Langkah Ke Delapan: Jaga Kualitas

Seiring dengan semakin lakunya usaha makanan unik dan murah yang Anda jalani, tentu Anda akan tergiur untuk mengurangi komposisinya. Hal inilah yang terkadang justru membuat usaha Anda gagal. Pasalnya, Anda harus mampu membuat produk yang kualitasnya selalu terjaga.

Memiliki produk dengan kualitas yang sama dari waktu ke waktu juga akan menguntungkan karena Anda akan memperoleh kepercayaan dari pelanggan. Jangan lupa, Anda juga bisa meminta kritik dan saran dari pelanggan, lho!

Beberapa poin di atas sangatlah penting untuk dilakukan ketika Anda akan memulai usaha kuliner. Ya, walaupun usaha kuliner saat ini memang menjanjikan, namun sudah banyak sekali usaha makanan unik dan murah yang tersebar di seluruh Indonesia.

Anda juga harus mengetahui beberapa ciri khas yang perlu Anda bangun untuk membuat pelanggan Anda setia kepada produk yang Anda jual. Beberapa produk membuat hal yang nyentrik sebagai upaya untuk meningkatkan brand awareness pelanggan.

Lalu, apa yang bisa Anda lakukan untuk bersiap menghadapi tantangan tersebut? Berikut ini beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika Anda ingin berjaya di bidang usaha kuliner.

  1. Manfaatkan Media Sosial

Media sosial merupakan salah satu cara baru yang sangat cocok untuk memasarkan produk Anda. Cobalah membuat iklan yang menarik, seperti dengan menggunakan foto yang eye-catching dan caption yang menarik pembaca dan membuat mereka penasaran.

Dengan memanfaatkan media sosial, Anda bisa dengan mudah menawarkan produk yang Anda miliki ke banyak calon pelanggan potensial dengan lebih mudah dan praktis. Jangkauan media sosial yang luas dan cepat juga akan membuat Anda lebih untung saat menjalankan usaha kuliner unik tersebut.

  1. Franchise? Kenapa Tidak!

Ketika Anda masih bingung memilih produk usaha kuliner unik dan menarik, tak ada salahnya jika Anda menjual produk orang lain. Ya, dengan menjual produk franchise, Anda tak perlu bingung menyiapkan bahan dan peralatan karena semua akan disiapkan.

Sekarang, sudah banyak franchise makanan unik yang tersebar di kota-kota di seluruh Indonesia. Sebut saja Markobar, produk martabak yang dimiliki oleh putra sulung Presiden Joko Widodo. Dengan topping yang unik dan rasa yang berbeda dengan martabak lainnya, produk ini sukses terjual di banyak kota. Menarik, bukan franchise makanan unik ini?

  1. Manjakan Pelanggan

Walaupun sepele, memberikan diskon sekadar 10% di hari-hari tertentu akan membuat pelanggan Anda menjadi lebih senang membeli produk yang Anda jual. Usaha kuliner paling laku pun biasanya menggunakan trik ini untuk berjualan produk makanan yang mereka miliki.

Nah, Anda bisa menggunakan layanan antar makanan kepada pelanggan karena pelanggan akan tetap berada di rumah tanpa repot pergi ke luar. Pastikan layanan Anda cepat sehingga pelanggan tidak kecewa, ya!

Bagaimana dengan beberapa hal yang patut Anda perhatikan ketika Anda ingin memulai usaha kuliner unik? Memang, tak ada usaha yang berhasil dibangun dalam waktu semalam. Bahkan, Roma pun tak dibangun dalam waktu semalam.

Namun, dengan melakukan beberapa hal tersebut Anda akan memulai usaha dengan sukses. Jika Anda masih ragu memulai usaha kuliner unik dan menarik, Anda pun bisa mencoba-cobanya dulu di rumah. Cicipi rasanya, apakah cocok atau tidak dengan selera Anda. Mudah bukan memulai usaha makanan unik dan murah yang sukses?

 

Leave a Reply