Mengenal Lebih Jauh Tentang Bursa Efek Jakarta

Bursa efek adalah sebuah pasar yang menyediakan sarana dan prasarana untuk mempertemukan penawaran dan permintaan efek pihak-pihak lain yang bertujuan untuk memperdagangkan efek diantara pihak tersebut.

Bursa Efek Indonesia (BEI) adalah sebuah pasar modal yang terbentuk dari penggabungan antara bursa efek Jakarta dan bursa efek Surabaya.

Sebelum bergabung menjadi Bursa Efek Indonesia, bursa efek Jakarta adalah milik pemerintah atau dikelola oleh BAPEPAM. Sedangkan bursa efek Surabaya dimiliki dan dikelola oleh swasta.

Bursa efek bekerja dengan memperjual-belikan efek atau keuangan dari perusahaan-perusahaan yang telah terdaftar pada bursa tersebut.

Bursa efek atau yang disebut pula sebagai bursa saham memiliki peranan yang cukup penting untuk meningkatkan perekonomian suatu perusahaan yang tergabung dan juga pemerintah. Bursa Efek Indonesia memiliki sejarah yang cukup pelik dan cukup panjang.

Pic Source: Pixabay.com

Sejarah Berdirinya Bursa Efek Jakarta

Sejarah berdirinya bursa efek Jakarta sudah berdiri dengan sebagai bursa saham. Bursa saham didirikan pada tahun 1914 oleh pemerintah Hindia Belanda dengan nama resmi Amsterdamse Effectenbeurs sebagai Filiaal.

Pada masa tersebut, bursa saham sempat tutup Karena adanya perang yang terjadi antara Indonesia-Belanda.

Bursa saham Jakarta mulai dibuka lagi setelah 65 tahun tutup. Tepatnya pada tahun 1977 dengan berada di bawah pengawasan Badan Penngawas Pasar Modal.

Setelah mengalami masa yang cukup sulit, Amsterdamse Effectenbeurs mengubah namanya menjadi PT. Bursa Efek Jakarta pada tahun 1992.

Bursa efek mulai beroperasi dengan melakukan perdagangan elektronik pada tahun 1995. Bursa efek pernah mengalami suatu krisis di mana tidak mencapai poin yang aman sehingga jatuh pada pin 300.

Poin tersebut semakin meningkat bahkan hingga poin tertinggi pada tahun 2006 tepatnya pada saat pemilihan presiden.

Dengan dilantiknya Susilo Bambang Yudhoyono sebagai presiden baru Indonesia, memberikan efek yang cukup bagus pada bursa saham sehingga mampu mencapai poin tertinggi yaitu 1.500.

Setelah bangkit dari masa-masa krisis, bursa efek mulai melakukan merger bersama dengan perusahaan saham Surabaya pada tahun 2007.

Perusahaan yang dikelola oleh swasta ini yang bernama Bursa Efek Surabaya bergabung dengan Bursa Efek Jakarta sehingga menjadikan Indonesia hanya mempunyai satu buah pasar modal dengan nama Bursa Efek Indonesia.

Bursa saham Jakarta ini memiliki peranan yang sangat penting Karena memberikan keuntungan eksternal bagi perusahaan yang tergabung bahkan bagi pemerintah Indonesia.

Saat ini, bursa saham Jakarta menjadi semakin praktis dengan system jaringan elektronik. Dengan menggunakan system modern seperti ini memberikan keuntungan berupa kecepatan dalam bertransaksi saham.

Namun, dengan system yang modern tersebut, menjadikan perusahaan yang tergabung dengan bursa saham tidak perlu mengetahui lawan transaksinya.

Orang-orang yang tergabung sebagai anggota sajalah yang bisa mengakses lawan transaksi tersebut. Lalu, apa sajakah yang bisa diperjual belikan di Bursa Efek?

Apa yang diperjual belikan di bursa efek

Pada suatu perusahaan tentu terdapat beberapa produk yang akan dipasarkan baik berupa jasa maupun berupa benda fisik.

Sama halnya dengan sebuah perusahaan, Bursa Efek Jakarta sebagai perusahaan yang melakukan jual beli juga memiliki beberapa produk yang biasanya diperjual belikan di bursa efek.

Berikut ini adalah beberapa produk yang biasanya diperjual belikan di bursa efek.

  1. Saham

Saham adalah sebuah surat yang membuktikan bahwa sebagian kepemilikan sebuah perusahaan adalah milik Anda.

Dengan membeli saham, sebagian kepemilikan perusahaan menjadi milik Anda. Saham menjadi produk utama dari bursa efek. 

Selain itu anda bisa mendapatkan keuntungan dalam bentuk dividen, jika perusahaan mendapatkan keuntungan.

Saham biasanya dibeli saat suatu perusahaan akan membuka suatu bisnis namun belum memiliki reputasi dan belum bisa dikenali oleh masyarakat.

Sehingga agar suatu perusahaan dapat dikenali oleh masyarakat, Anda bisa membeli saham atau kepemilikan suatu perusahaan.

Dengan adanya Bursa Efek Jakarta yang saat ini dikenal sebagai bursa Efek Indonesia, Anda bisa melakukan jual beli saham dengan mudah.

Membeli dan menjual saham juga menjadi salah satu hal yang bisa memberikan keuntungan berlebih suatu perusahaan.

Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda bisa memilih perusahaan yang memiliki keuntungan cukup maksimal.

Keuntungan tersebut akan diberikan sesuai dengan saham yang Anda beli. Anda bisa merasakan keuntungan tersebut pada saat perusahaan yang Anda beli mengalami keuntungan. Hal tersebut yang dinamakan sebagai dividen.

  1. Obligasi

Selain saham, Bursa Efek Jakarta juga memiliki produk lain berupa obligasi. Obligasi adalah sebuah bukti pernyataan utang jangka panjang dari perusahaan yang memiliki nilai suatu nominal dan masa jatuh tempo.

Obligasi menjadi salah satu produk bursa efek yang cukup populer setelah saham. Obligasi menjadi produk yang cukup menjanjikan sehingga sangat diminati oleh para investor yang akan melakukan investasi di suatu bursa efek.

Bursa saham Jakarta memberikan suatu obligasi yang berupa obligasi kupon dengan nilai suku bunga yang stabil.

Bunga yang diberikan dari obligasi cukup menjanjikan. Bunga ini akan diberikan sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan. Biasanya diberikan setiap tiga bulan hingga enam bulan bahkan satu tahun.

Pada saat obligasi telah jatuh tempo, maka penerbit obligasi harus membayar kepada investor dengan nominal yang tertera pada kupon obligasi.

Obligasi banyak diminati oleh para investor yang memilih untuk investasi jangka pendek. Biasanya jangka waktu dua hingga lima tahun.

Dengan jangka waktu yang pendek, maka investor bisa mendapatkan keuntungan maksimal dalam jangka waktu yang cukup dekat.

Anda tidak perlu menunggu hingga 20 tahun untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal. Selain itu, obligasi juga menjadi minat alternatif para investor.

  1. Reksadana

Bursa Efek Jakarta tidak hanya memperjual belikan saham dan obligasi saja tetapi juga Reksadana.

Reksadana merupakan salah satu produk dari Bursa saham Jakarta yang memiliki sistem kerja mengumpulkan dana yang akan digunakan untuk membeli produk-produk dari bursa. Dana tersebut dikumpulkan dari beberapa pihak.

Reksadana menjadi salah satu produk dari Bursa Efek Jakarta yang sangat cocok untuk para investor dengan modal kecil.

Reksadana juga bisa menjadi produk yang cocok untuk para investor pemula dan investor yang tidak memiliki cukup waktu untuk memantau resiko.

Baca juga: Apa Itu Investasi dan Hal yang Harus Diperhatikan Sebelum Mulai Investasi

Baca juga: Mengenal Saham, Bursa Efek Indonesia dan Cara Kerjanya

Kategori Member Bursa Efek Jakarta

Dalam menjalankan pasarnya, bursa efek memiliki beberapa anggota yang telah memiliki izin resmi dari badan pengawas pasar saham.

Anggota ini bertugas sebagai perantara perdagangan keuangan atau efek. Para anggota yang secara resmi tergabung dalam bursa efek dapat memiliki kewenangan untuk mengakses berbagai macam sistem hingga data transaksi.

Anggota bursa efek Jakarta juga bisa disebut dengan pialang. Berikut ini adalah beberapa anggota atau pialang bursa yang bertugas sesuai dengan jenis transaksi.

Agar seseorang atau sebuah perusaan dapat melakukan perdagangan efek, diharuskan untuk mendaftar menjadi angota atau member. Untuk keanggotaan dibagi menjadi tiga kategori, yaitu:

  1. Melakukan transaksi untuk klien

Pialang komisi (commission broker). Kontribusi yang didapatkannya sebesar 52%, pialang ini bertugas untuk melangsungkan transaksi penjualan dan pembelian saham atau obligasi sesuai dengan pesanan klien.

Pialang obligasi (bond broker). Kontribusi yang didapatkan oleh pialang obligasi yaitu sebesar 2%, pekerjaan yang dilakukannya adalah sebagai pialang komisi yang hanya melakukan transaksi obligasi untuk kliennya.

  1. Melakukan transaksi untuk orang lain

Pialang independen ( independent broker). Kontribusi yang akan didapatkan sebesar 10%, pekerjaan pialang independent adalah melakukan pesanan untuk pialang yang lain yang tidak bisa melakukannya akibat aktivitas pasar yang sangat tinggi.

Spesialis (specialist). Kontribusi yang didapatkan oleh pialang ini sebesar 29%, pekerjaan pialang spesialis berbeda dari pialang yang lainnya. Biasanya pialang specialist akanmencari jalan kehidupan pasar agar terus menerus melakukan transaksi odd-lot.

  1. Melakukan transaksi untuk diri sendiri

Pedagang terdaftar (registered trade). Kontribusinya yang didapatkannya sebesar 4%. Seorang pialang bisa melakukan transaksi untuk dirinya sendiri.

Hanyalah pialang yang berwenang atau yang sudah terdaftar yang dapat melakukan transaksi tersebut.

Merkipun pialang ini melakukan transaksi jual beli efek untuk dirinya sendiri, pialang terdaftar harus memperhatikan tata aturan yang ada di bursa Efek Jakarta sehingga data publik tetap terjaga.

Pelaku-pelaku yang terlibat dalam bursa efek:

  1. Pialang saham. Mendapatkan lisensi dari bursa untuk melakukan perdagangan efek dan terikat dengan peraturan bursa. Bekerja pada perusahaan dan menjadi anggota bursa efek.
  2. Pembukaan account. Hubungan legal antara klien dan broker. Pembukaan account bisa lebih dari brokerage firm untuk mendapatkan banyak pendapat atau opini.
  3. Transaksi odd-lot. Adalah perdagangan di bawah standar lot. Satu lot terdiri dari 500 lembar saham. Sebaliknya round-lot, bisa melakukan perdagangan di atas 500 lembar saham.

Sistem dan mekanisme yang ada pada bursa saham Jakarta yaitu berdasarkan lelang. Hal tersebut dilakukan agar semua pesanan pembelian dapat terpenuhi.

Harga yang dipatok pada sistem ini yaitu harga terendah. Sehingga untuk memnuhi semua pesanan hingga harga tertinggi.

Sama halnya seperti syarat membuat paspor umroh, seseorang yang akan membeli suatu saham atau efek dalam bentuk apa pun harus memenuhi persyaratan yang telah ditentukan.

Selain itu, bursa efek merupakan salah satu cara para investor yang ingin menanamkan modalnya dalam jumlah berapa pun dan dalam bentuk apa pun.

Dalam pembelian dan timbal balik juga memiliki mekanisme yang hampir sama dengan investasi. Sehingga apabila jangka waktu yang sudah ditentukan habis, investor bisa memperpanjang jangka waktu. Sama halnya seperti perpanjang paspor online.

Karena saat ini teknologi manusia sudah semakin maju, maka berbagai jenis transaksi bisa dilakukan secara online. Anda bisa melakukan jual beli melalui internet pada bursa efek Indonesia secara resmi.

Bursa saham Indonesia tidak hanya berperan sebagai perusahaan yang memiliki tujuan untuk melakukan jual beli saham dari berbagai perusahaan. Tetapi bursa saham juga memberikan kekuatan terhadap penawaran serta permintaan akan saham.

Dengan adanya bursa saham yang memperjual belikan saham melalui sistem lelang, maka baik pembeli maupun penjual bisa mendapatkan harga atau kesepakatan yang sesuai.

Pada bursa saham Jakarta, segala jenis transaksi baik perdangan maupun pembelian dilakukan pada tempat yang sama dengan jumlah yang telah ditentukan.

Bursa efek juga menjadi salah satu sumber utama modal bagi perusahaan bahkan bagi pemerintah. Sehingga dengan adanya bursa efek Jakarta sangat mempengaruhi pasar modal dan ekonomi pemerintah.

Leave a Reply