Mengenal Management Trainee Adalah dan Manfaatnya

Seringkali kita menemukan lowongan pekerjaan berupa management trainee. Atau, mungkin kita sendiri pernah melamar untuk posisi management trainee. Namun, apa sebenarnya management trainee ini?

Management trainee adalah proses pelatihan untuk karyawan baru yang telah direkrut oleh perusahaan. Nantinya, management trainee ini akan diberi pengarahan serta wawasan seputar profil dan juga unit bisnis perusahaan.

Nantinya, hasil dari pelatihan management trainee ini diharapkan akan bisa mengembangkan karakter dari para karyawan. Selain itu, akan didapat calon pegawai baru dengan kualitas tinggi agar bisa dipromosikan menuju jenjang yang lebih strategis, terutama di level manajemen perusahaan.

gambar Management trainee adalah

Pic Source: Pixabay.com

Proses Management Trainee

Salah satu contoh dari program management trainee adalah calon karyawan akan dicoba untuk melakukan aneka jenis kegiatan. Ini akan membantu dalam melihat kemampuan serta bakat dari masing-masing peserta management trainee.

Masa pelatihan akan tergantung dari kebijakan yang diterapkan masing-masing perusahaan. Ada yang masa pelatihannya hanya enam bulan, namun ada juga yang mencapai waktu satu tahun.

Pelatihan serta pengetahuan yang diberikan akan berkaitan dengan aneka prosedur operasional perusahaan, keahlian perencanaan, risk manajemen serta rencana manajerial.

Selain penguasaan materi, peserta akan turut melakukan OJT atau On Job Training, yaitu praktek langsung di lapangan dengan langsung menghadapi aktivitas sehari-hari perusahaan.

Pihak manajemen perusahaan akan memiliki standarisasi sendiri untuk pemilihan calon peserta program ini.

Syarat menjadi peserta management trainee adalah di antaranya Indeks Prestasi Kumulatif atau IPK minimal 3, kemampuan berbahasa Inggris yang baik, kecakapan dalam berorganisasi, kemampuan berkomunikasi serta keahlian khusus lain.  

Management trainee telah dirancang agar dapat menyiapkan calon manajerial yang dibutuhkan perusahaan di masa depan.

Tugas pokok management trainee yang disiapkan perusahaan biasanya sudah dipertimbangkan bersama para konsultan ahli di bidangnya. Ini karena sumber daya manusia dianggap sebagai aset oleh suatu perusahaan.

Management trainee tentu memiliki sejumlah manfaat. Manfaat ini terutama akan diperoleh perusahaan yang mengadakan program ini untuk para calon karyawannya.

Manfaat management trainee adalah perusahaan akan dapat menilai, memberikan evaluasi serta menyaring calon manajerial yang dianggap memiliki kualitas baik. Perusahaan juga dapat menjamin ketersediaan SDM yang terampil serta handal sehingga dapat dipromosikan ke jenjang eksekutif perusahaan.

Manfaat lainnya adalah memberi wawasan serta pengembangan karakter untuk para calon manajerial. Selanjutnya, calon manajerial akan mendapat pelatihan seputar standar operasional serta prosedur perusahaan yang baku.

Manfaat lainnya ialah management trainee akan menjadi sarana dalam meningkatkan kemampuan manajemen. Selain itu, program ini juga akan membantu dalam meningkatkan produktivitas perusahaan.

Proses management trainee sendiri terbilang sangat vital fungsinya dalam pengembangan visi serta misi perusahaan. Hal ini sangat penting agar perusahaan bisa tetap bersaing di dunia usaha sekarang ini yang makin kompetitif serta menuntut efisiensi dan juga profesionalisme.

Baca juga: Suku Bunga Bank Rakyat Indonesia 2017

Keuntungan Mengikuti Management Trainee

Latar belakang munculnya program management trainee adalah karena banyaknya karyawan yang secara mudah memilih untuk resign atau berhenti bekerja ataupun pindah ke perusahaan lain.

Program management trainee diharapkan akan membuat karyawan lebih mengenali perusahaannya dan merasa betah sehingga tidak berkeinginan untuk resign lebih awal.

Selain itu, program management trainee sendiri kebanyakan diikat dengan kontrak. Tujuannya agar dapat memastikan karyawan yang mengikuti program ini dapat bertahan selama beberapa tahun sebelum akhirnya naik jabatan serta menduduki posisi yang penting.

Berhasil melalui program management trainee akan memastikan kita naik jabatan secara mudah.

Keuntungan dari mengikuti program management trainee adalah mendapat gaji yang lebih tinggi dibanding staff biasa. Selain itu, peserta juga akan lebih cepat dalam naik jabatan. Program ini akan memperkenalkan karyawan pada seluk beluk perusahaan serta bidang usaha atau kerja yang ditekuninya.

Posisi management trainee kini bisa dibilang tengah menjamur. Nyaris di tiap perusahaan baik dalam skala lokal, nasional hingga multinasional telah memiliki program ini. Karena sedang menjamur, tak jarang perusahaan menyediakan management trainee hanya sekedar untuk ikut-ikutan dan tidak serius.

Jika berencana mengikuti program management trainee, pandai-pandailah dalam memilih perusahaan yang menyediakannya. Cermati tiap program yang ditawarkan oleh perusahaan tersebut. Tingkatkan kemampuan serta kompetensi dari sekarang agar dapat meningkatkan kemungkinan untuk diterima.

Siapkan diri juga dalam menghadapi pertanyaan wawancara management trainee. Setelah terpilih, jangan lupa untuk memahami tiap tugas pokok management trainee serta mengikutinya dengan baik sesuai aturan yang berlaku.

Program management trainee juga menjadi kesempatan berharga yang bisa kita ambil untuk memperluas jaringan atau membangun networking. Sistem rotasi pada management trainee adalah penting dan kita akan bertemu serta bekerja di sisi para profesional dari berbagai bidang yang berbeda. Ini akan membantu dalam perjalanan karir nantinya.

Namun, tugas pokok management trainee bukan tanpa konsekuensi. Terpilih dalam program ini berarti kita harus siap dengan segala tantangan yang harus dihadapi.

Management trainee terutama menuntut komitmen yang tinggi. Program ini bersifat mengikat serta memiliki kontrak kerja selama satu atau dua tahun, bahkan ada yang lebih.

Salah satu persyaratan adalah menyerahkan ijazah kepada perusahaan sebagai jaminan. Hal ini bisa menjadi masalah apabila kita ingin berhenti di tengah jalan karena merasa tidak cocok.

Persyaratan lain yang bisa dibilang memberatkan ialah biaya penalti yang dibebankan apabila kita memutuskan untuk berhenti dari program di tengah jalan. Biaya ini bisa berkisar antara belasan sampai dengan ratusan juga rupiah. Apabila belum merasa siap dari segi finansial, sebaiknya pertimbangkan kembali mengikuti program ini sebelum tanda tangan kontrak.

Baca juga: Cara Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan

Baca juga: Analisis Laporan Keuangan, Kegunaan, serta Langkah-Langkahnya

Kekurangan Management Trainee

Kekurangan lain dari management trainee adalah bahwa tidak semua programnya diciptakan sama. Terdapat beberapa instansi yang menyediakan tawaran management trainee untuk selanjutnya dijadikan sebagai pekerja administrasi. Hal ini tentu berkebalikan dari tujuan awal dari program management trainee.

Walau contoh di atas bukan gambaran dari mayoritas program management trainee, namun kita harus tetap mencermati reputasi perusahaan tempat melamar dan juga deskripsi pekerjaan yang ditawarkan. Pastikan kita melamar di tempat yang benar-benar terkenal akan reputasi baiknya agar tidak menyesal di kemudian hari.

Tugas management trainee finance juga akan berbeda dari tugas management trainee sales, sehingga harus benar-benar kita perhatikan bidang usaha yang dilamar. Kita bisa mencari informasi dulu selengkapnya di website resmi perusahaan sebelum mengajukan lamaran.

Memang benar bahwa program management trainee ini menguntungkan, namun ada juga beberapa tantangan serta konsekuensi yang harus turut kita perhatikan. Terutama sekali, pastikan kita melamar di bidang yang benar-benar cocok dan dikuasai.

Hal ini penting untuk menghindari kemungkinan terburuk bahwa kita merasa tidak cocok dan ingin keluar. Jika kita bekerja di tempat yang sesuai keinginan dan minat, maka kecil kemungkinan kita akan merasa tidak cocok. Maka, kita tidak akan perlu mengeluarkan banyak biaya penalti guna menebus ijazah yang ditahan perusahaan.

Leave a Reply