Mengenal Saham, Bursa Efek Indonesia dan Cara Kerjanya

Sudah lama saham menjadi salah satu jenis investasi yang apabila Anda pintar memainkannya maka Anda dapat memiliki keuntungan yang berlipat ganda. Menabung saham dapat menjadi salah satu alternatif investasi bagi Anda yang menginginkan keuntungan yang lebih besar daripada uang yang Anda miliki hanya Anda endapkan pada deposito bank saja.

Sebagai pemula, Anda mungkin ingin mengetahui banyak hal mengenai apa itu saham dan bursa efek sebelum mulai belajar bermain saham. Pengetahuan dasar menjadi penting untuk membuat kita peka terhadap berbagai istilah yang biasa digunakan dalam pasar saham dan bursa efek sehingga kita dapat belajar bermain saham dengan mudah.

Nah, apa saja ya kira-kira yang perlu kita ketahui sebelum memulai bermain saham. Berikut adalah pengetahuan dasar yang membuat Anda lebih memahami apa itu saham, apa itu bursa saham, apa itu Bursa Efek Indonesia, indeks saham, dan beberapa pengetahuan umum mengenai hal tersebut.

Pic Source: Pixabay.com

Apa Itu Saham?

Hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah pengetahuan dasar mengenai apa itu saham. Saham merupakan surat berharga atau surat yang memiliki nilai yang mana surat tersebut digunakan untuk menunjukkan sebagian kepemilikan pada suatu badan usaha atau perusahaan.

Pembelian saham yang Anda lakukan nantinya menandakan bahwa Anda ikut memiliki perusahaan yang Anda beli sahamnya. Sebagai salah satu pemilik perusahaan, maka Anda berhak menerima keuntungan yang didapat oleh perusahaan tersebut dan memiliki kewajiban menanggung kerugian yang didapat perusahaan yang  sahamnya Anda beli tersebut.

Karena ada resiko yang dapat membuat Anda merugi, memilih perusahaan yang tepat untuk memulai pembelian saham merupakan hal yang harus Anda lakukan.

Cara Investasi Saham

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan agar dapat memilih investasi pada perusahaan yang tepat. Cara tersebut diantaranya adalah sebagai berikut.

  1. Belajar Sendiri

Belajar sendiri dapat Anda lakukan dengan mengumpulkan berbagai informasi mengenai berbagai perusahaan yang sedang berkembang dan memiliki stabilitas yang cukup baik. Cara ini cukup sulit dilakukan karena kita harus mengumpulkan informasi satu per satu dan mempelajari dengan tekun.

  1. Bertanya Kepada Pialang

Pialang saham adalah orang yang paling dekat dengan kita dan sudah berpengalaman mengawasi berbagai perkembangan saham yang ada di Indonesia. Berdiskusi dengan pialang sebelum memutuskan membeli saham perusahaan tertentu dapat menjadi solusi yang baik.

  1. Belajar dari Mereka yang Sudah Lebih Dahulu Bermain Saham

Pengalaman adalah guru yang berharga. Quote tersebut juga cocok diterapkan jika Anda ingin memulai bermain saham. Jangan segan untuk bertanya pada mereka yang sudah lebih dulu bermain saham mengenai tips dan cara yang tepat dalam menjalankan investasi di bidang saham agar kita terhindar dari merugi.

Mengenal Bursa Efek

Bursa efek adalah pasar jual beli saham yang terintegrasi dalam satu bentuk pasar sehingga tiap pergerakannya dapat dipantau dan data pantauan tersebut dapat dilihat oleh semua orang yang ingin memantau pergerakan saham dalam bursa efek.

Bursa efek merupakan salah satu sumber dana modalan yang didapat dari luar (eksternal) bagi pemerintah serta berbagai perusahaan selain dari pasar uang. Bursa efek kini terhubung dengan jaringan internet sehingga memudahkan berbagai pihak untuk melakukan transaksi dengan cepat di mana pun mereka berada.

Orang-orang yang melakukan transaksi saham tidak perlu diketahui indentitas, karena yang diperlukan hanyalah transaksi yang terus berjalan dan bagaimana mengelolanya. Transaksi saham di dalam bursa atau pasar saham pun hanya dapat dilakukan oleh anggota bursa efek yang disebut dengan pialang saham.

Bagi kita yang ingin melakukan transaksi jual beli saham Anda dapat melakukannya melalui pialang saham Anda. Kita juga dapat melakukan konsultasi mengenai pergerakan saham dan saham apa yang sedang dalam keadaan baik atau yang sedang memburuk dengan pialang saham kita.

Faktor yang mempengaruhi naik turunnya harga saham di dalam bursa efek adalah kondisi pasar bebas.

Agar suatu perusahaan dapat menjual sahamnya melalui bursa efek, sebelumnya perusahaan tersebut harus mendaftar terlebih dahulu pada bursa efek yag dimaksud. Tiap perusahaan yang mendaftarkan diri di bursa efek harus memenuhi beberapa syarat bursa efek tertentu sebelum saham perusahaan tersebut secara resmi dapat dijual di bursa efek yang dimaksud.

Pemenuhan syarat tersebut karena setelah saham masuk ke dalam bursa, keabsahan dari saham tersebut tidak akan melalui pemeriksaan lagi. Hal ini membuat pendaftaran perusahaan ke dalam bursa memiliki syarat yang cukup rumit dan ketat.

Karena sudah mengalami digitalisasi, bursa saham hari ini dapat dipantau dengan mudah melalui internet, tidak hanya dari pemberitaan di berbagai stasiun TV dan surat kabar saja.

Bursa Efek Indonesia

Bursa Efek Indonesia adalah gabungan dari dua bursa efek yang ada di Indonesia yaitu bursa efek jakarta dan bursa efek Surabaya.  Gabungan ini bertujuan untuk meningkatkan fungsi pasar modal pada perkembangan perekonomian Indonesia.

Gabungan dua bursa efek ini menjadi Bursa Efek Indonesia terjadi pada tahun 2007 setelah mendapatkan persetujuan dari para pemegang saham kedua bursa efek tersebut.

Setelah penggabungannya, Bursa Efek Indonesia menunjukkan kinerja yang cukup baik sebelum akhirnya turut terkena imbas dari krisis pada semester akhir tahun 2008 yang menyebabkan kemerosotan harga saham yang sangat drastis.

Namun, pada tahun setelahnya, Bursa Efek Indonesia mampu bangkit dengan pertumbuhan yang cukup pesat pada tahun 2009.

Pada tahun 2009 juga termasuk tahun yang penting dalam sejarah perkembangan Bursa Efek Indonesia. Hal ini karena pada awal tahun 2009 yakni pada tanggal 2 maret, Bursa Efek Indonesia memperkenalkan sistem baru dalam perdagangan saham. Sistem tersebut diberi nama JATS Next-G (Jakarta Automated Trading System Next Generation).

JATS Next-G merupakan pembaharuan dari sistem JATS sebelumnya yang telah diterapkan sejak tahun 1995. Sistem baru yang diterapkan di Bursa Efek Indonesia ini sudah mulai digunakan oleh beberapa negara. Sistem baru ini memiliki engine berjumlah 4 buah dan memiliki kapasitas yang sangat besar yakni 3 kali lipat lebih besar dari JATS versi lama.

Baca juga: Beli Saham Tanpa Ribet? Begini Caranya!

Baca juga: Keuntungan dan Tips Beli Emas di Pegadaian

Bursa Efek Indonesia sampai saat ini menjadi salah satu bursa efek di dunia yang cukup dapat bersaing dan terus berusaha mengembangkan diri agar menjadi lebih baik lagi dan dapat berkompetisi dengan bursa saham lainnya di dunia.

Adapun hal yang dilakukan Bursa Efek Indonesia dalam upaya pengembangan dirinya adalah dengan cara memberi perhatian kepada tingkat resiko terkendali, pengembangan sistem yang andal, pengembangan instrumen jual beli yang lengkap, serta memastikan tingkat likuiditas tinggi.

Bursa Efek Indonesia memiliki pusat di Jakarta, yaitu di Gedung Bursa Efek Indonesia, Niaga Sudirman, Jln. Jend Sudirman No. 52 sampai 53, Senayan, Jakarta Selatan.

Apa Itu Indeks Saham?

Informasi lengkap mengenai pergerakan saham selalu dilaporkan dengan lengkap dan detail oleh Bursa Efek Indonesia agar dapat masyarakat dapat dengan mudah memantau pergerakan saham berbagai perusahaan dalam Bursa Efek Indonesia.

Informasi lengkap dari Bursa Efek Indonesia tersebut biasanya dikabarkan melalui surat kabar, televisi, dan juga dapat Anda dapatkan secara online. Indeks saham adalah indikator yang digunakan untuk menilai pergerakan saham yang dilaporkan.

Jenis indeks saham yang dimiliki Bursa Efek Indonesia ada beberapa macam, dengan 10 indeks saham sektoral yang juga dapat kita pantau pergerakannya. Adapun indeks saham yang ada dalam Bursa Efek Indonesia adalah sebagai berikut.

  1. Indeks Indvidual

Indeks individual adalah indeks saham yang diperuntukan bagi masing-masing saham perusahaan yang didasarkan pada harga dasar.

  1. IHSG

IHSG adalah kependekan dari indeks harga saham gabungan yang merupakan salah satu dari indeks saham BEI. IHSG memiliki cakupan seluruh saham baik saham preferen maupun saham biasa yang terdaftar di BEI.

  1. Indeks IDX30

Indeks IDX30 adalah salah satu indeks saham yang didasarkan pada saham pilihan yang berjumlah 30 saham yang pemilihannya melalui tahapan seleksi.

  1. Indeks LQ45

Indeks LQ45 juga merupakan indeks saham yang didasarkan pada saham pilihan, hanya saja berjumlah 45 saham yang dipilih dengan cara seleksi dengan beberapa tahapan.

  1. Indeks Sektoral

Indeks sektoral adalah indeks saham yang didasarkan pada semua saham yang berada pada sektor yang sama.

  1. Indeks Kompas100

Indeks kompas100 adalah indeks saham yang didasarkan pada saham yang dipilih oleh kompas dengan jumlah 100 saham yang dipilih oleh kompas.

  1. Indeks Bursa Syariah Indonesia

Indeks Bursa Syariah Indonesia atau Indonesia Sharia Stock Index (ISSI) adalah indeks saham yang didasarkan pada seluruh saham yang masuk dalam list efek atau saham syariah dimana list tersebut diterbitkan oleh OJK.

  1. Jakarta Islamic Index

Berbeda dengan ISSI yang menggunakan semua saham yang masuk dalam list efek syariah terbitan OJK, jakarta islamic index didasarkan pada 30 saham pilihan yang dipilih dari list efek syariah terbitan OJK.

  1. Indeks Pefindo25

Indeks Pefindo25 adalah indeks saham yang didasarkan pada 25 saham pilihan yang melakukan kerja sama bersama Pefindo.

  1. Indeks bisnis-27

Indeks bisnis-27 adalah indeks saham yang didasarkan pada 27 perusahaan pilihan yang melakukan kerja sama bersama dengan Harian Bisnis Indonesia.

  1. Indeks Sminfral18

Indeks sminfral18 adalah indeks saham yang didasarkan pada 18 perusahaan pilihan yang bekerja pada bidang infrastruktur serta segala penunjangnya dengan kerja sama bersama PT. Sarana Multi Infrastruktur (Persero).

  1. Indeks SRI-KEHATI

Indeks SRI-KEHATI adalah indeks saham yang didasarkan pada 25 saham pilihan dengan menerapkan prinsip sistem tata kelola baik serta memiliki kepedulian pada lingkungan dan bekerja sama bersama yayasan KEHATI.

  1. Indeks papan utama dan papan pengembangan

Indeks papan utama dan apa pengembangan adalah indeks saham yang menggunakan kelompok saham yang telah terdaftar di BEI, kelompok tersebut yakni kelompok papan pengembangan dan kelompok papan utama.

Sekian penjelasan mengenai saham sampai dengan indeks saham yang ada pada Bursa Efek Indonesia. Sebelum memulai investasi saham, ada baiknya untuk mengetahui apa saja yang terkait dalam dunia saham agar Anda dapat memulainya dengan percaya diri.

Semoga dapat menjadi salah satu bahan bacaan Anda sebelum memulai investasi saham agar Anda lebih mengenal apa itu saham dan apa saja yang terkait di dalam nya.

Leave a Reply