Mengenal Saham dan Cara Bermain Saham Untuk Pemula

Bagi Anda yang ingin memiliki penghasilan tambahan yang cukup menguntungkan, bermain saham dapat menjadi alternatif yang Anda pilih. Jika Anda sudah mengetahuinya, cara bermain saham sebenarnya cukup mudah. Apalagi jika kita sudah tahu strategi dan bagaimana cara melakukannya.

Cara bermain saham pun cukup mudah dan dapat dimulai dengan modal yang tidak banyak. Di sini kami akan bahas mengenai cara bermain saham dengan modal kecil untuk para pemula yang ingin mulai berbisnis pada bidang ini.

Sebelum kita mempelajari bagaimana cara bermain saham, bagi para pemula, sebaiknya Anda mengetahui terlebih dahulu apa itu saham, berbagai jenisnya serta keuntungan bisnis di bidang ini. Nah, untuk mengetahuinya, mari kita simak ulasan berikut ini.

Apa Itu Saham?

Saham merupakan sebuah surat berharga yang digunakan sebagai tanda bukti kepemilikan pada sebuah perusahaan baik sebagian maupun keseluruhan.

Apabila Anda memiliki saham atau membeli saham dari suatu perusahaan, tandanya Anda membeli sebagian kepemilikan sebuah perusahaan tersebut.

Pic Source: Pixabay.com

Jika perusahaan yang Anda miliki sahamnya tersebut mendapatkan keuntungan, maka Anda sebagai pemegang saham memiliki hak untuk turut menikmati keuntungan tersebut, biasanya dibagi dengan bentuk dividen.

Keuntungan juga dapat diambil dari kenaikan harga saham perusahaan yang Anda beli dengan menjual saham Anda pada nilai tertinggi dan membeli saham yang memiliki prospek bagus pada harga terendah. Melakukan hal tersebut termasuk salah satu cara bermain saham yang paling dasar.

Apa Saja Jenis Saham yang Ada?    

Secara umum, saham dapat dikelompokkan menjadi 2 kelompok yang utama, yakni saham biasa serta saham preferen. Ada pun penjelasannya adalah sebagai berikut.

  1. Saham Biasa

Saham biasa atau common stock merupakan sebuah sertifikat yang dibuat dengan tujuan sebagai bukti sebuah kepemilikan perusahaan baik sebagian atau pun keseluruhan.

Dengan memiliki saham ini, Anda memiliki hak akan keuntungan yang didapatkan oleh perusahaan yang bisa dibayarkan tiap bulannya sebagai salah satu sumber penghasilan tetap Anda .

Selain keuntungan, tentunya Anda juga akan mendapatkan kerugian. Apa kerugian yang mungkin terjadi? Yakni jika perusahaan tersebut merugi, Anda juga akan terkena imbas dan turut menanggung kerugian tersebut.

Kerugian yang Anda dapatkan adalah senilai dengan investasi yang Anda tanamkan dalam bisnis tersebut. Jadi apabila Anda membeli saham Anda harus hati-hati karena uang Anda dapat melayang begitu saja ketika perusahaan yang Anda beli sahamnya mengalami kebangkrutan.

Dengan memiliki saham, Anda bisa turut campur dalam hal pengelolaan perusahaan, tentunya sesuai dengan berapa saham yang Anda punya, semakin banyak saham Anda maka Anda akan menjadi orang yang semakin berpengaruh di perusahaan tersebut.

Suara Anda juga akan semakin diperhitungkan jika kepemilikan saham atas perusahaan tersebut semakin banyak presentasenya.

  1. Saham Preferen

Saham preferen sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan pemegang saham biasa, hanya saja memiliki beberapa keistimewaan yang menjadikannya sedikit lebih unggul dari saham biasa.

Pemegang saham jenis ini akan mendapatkan keuntungan dalam bentuk dividen dalam kurun waktu yang lebih cepat.

Saham ini memiliki jenis terbitan yang berbeda tergantung dari tingkatan saham mereka. Keuntungan yang lain adalah keuntungan yang dibagikan jauh lebih cepat.

Saham jenis ini juga memiliki kemampuan untuk berubah atau dikonversi menjadi saham biasa jika Anda telah sepakat dengan para pemegang saham lainnya. Selain itu harus ada sebuah kesepakatan antara mereka yang memegang saham dengan organisasi penerbit yang sudah terbentuk sebelumnya.

Mengapa Bermain Saham Menguntungkan?

Cara bermain saham termasuk cara yang cukup mudah untuk mendapatkan uang tambahan atau sebagai sumber penghasilan utama Anda. Para pemegang saham akan mendapatkan pemasukan setiap bulannya jika perusahaan memiliki keuntungan.

Anda juga dapat melakukan permainan saham yang lihai dengan skill mumpuni yakni dengan menjual saham yang Anda miliki jika harga saham sedang dalam puncaknya serta membeli saham saat harga sedang turun. Hal tersebut karena perusahaan besar pun kadang mengalami masa sulit sehingga harga saham mereka sangat fluktuatif.

Dimana Kita Bisa Membeli Saham?

Saham dapat kita mainkan baik secara online maupun dengan membelinya langsung di Bursa Saham Indonesia. Bursa saham di Indonesia bernama Bursa Efek Indonesia atau BEI.

Bursa efek Indonesia merupakan sebuah pasar yang mempertemukan para pialang saham untuk melakukan transaksi jual beli saham sesuai dengan strategi mereka masing-masing.

Saham juga dapat dibeli dengan cara online sehingga Anda tidak perlu pergi ke Bursa Efek pagi-pagi untuk mengetahui perkembangan harga saham dan lainnya. Cukup menggunakan teknologi ini dan Anda dapat melakukan pengecekan harga serta melakukan transaksi dengan mudah dari mana saja.

Bagaimana Cara Bermain Saham untuk Pemula?

Sebagai pemula yang baru mulai belajar cara bermain saham, ada beberapa cara yang dapat Anda ikuti agar tidak merugi. Apa saja cara bermain saham untuk pemula tersebut? Mari kita pelajari bersama.

  1. Membuka rekening nasabah

Cara bermain saham yang pertama adalah membuka rekening atau menjadi nasabah pada perusahaan efek. Setelah mendaftar, Anda akan tercatat sebagai nasabah serta akan menandatangani surat perjanjian yang mengatur mengenai hak dan kewajiban antara Anda dan perusahaan efek tersebut.

  1. Mengetahui biaya transaksi saham

Cara bermain saham yang kedua adalah mengetahui biaya transaksi saham. Ada beberapa komponen yang akan mempengaruhi berapa uang yang akan Anda bayarkan saat membeli saham.

Yang pertama adalah harga saham itu sendiri, yang kedua adalah komisi bagi pialangatau broker saham, dan yang terakhir adalah PPN sebanyak 10%.

Sedangkan komponen untuk penjualan saham adalah harga saham yang dijual ditambah dengan komisi broker atau pialang saham, PPN sebesar 10%, serta pajak penghasilan 0,1%.

Broker atau pialang adalah orang yang memproses pesanan saham Anda atau yang memproses penjualan saham Anda, sehingga membeli komisi broker atau pialang adalah wajib. Biasanya komisi dapat Anda diskusikan secara pribadi dengan broker. Menjalin hubungan baik dengan broker atau pialang Anda adalah hal yang diperlukan agar bisnis saham Anda lancar.

Baca juga: Apa Itu Saham? Penjelasan Tentang Saham Lengkap!

Baca juga: Cara Investasi Saham yang Benar Agar Anda Cepat Sukses

  1. Mengetahui proses jual beli saham

Cara bermain saham yang ketiga adalah mengetahui cara bertransaksi saham di bursa efek. Saat Anda akan membeli saham, pertama Anda menghubungi broker atau pialang Anda.

Pialang kemudian akan melakukan hubungan dengan pialang di perusahaan lain dan memasukkan permintaan Anda ke sistem perdagangan saham yang sudah terkomputerisasi dan terpusat di sistem Jakarta Automated Trading System.

Perlu Anda ketahui bahwa proses jual beli saham adalah proses tawar menawar atau trading sehingga saat Anda akan membeli Anda akan membeli dengan harga tawaran tertinggi sedangkan jika Anda akan menjual, Anda akan memjual dengan harga tawaran terendah.

Untuk membeli saham dalam jumlah kelipatan pada bisnis di bidang ini juga tidak sembarangan. Terdapat aturan yang harus Anda ikuti sehingga jumlah kelipatan baik untuk permintaan dan penawaran membentuk keseragaman. Peraturan tersebut diberi nama fraksi harga saham.

  1. Remote trading

Cara bermain saham selanjutnya adalah mengetahui apa itu remote trading. Remote trading adalah sebuah sistem transaksi saham jarak jauh. Order yang Anda lakukan di kantor pialang akan dikirim secara langsung ke sistem JATS tanpa melalui lantai bursa.

Penggunaan cara ini menjadikan transaksi menjadi lebih cepat sehingga konfirmasi menjadi lebih cepat pula. Hal ini juga menguntungkan investor yang melakukan order di luar kota karena pesanan mereka dapat langsung dikonfirmasi dengan cepat.

  1. Penyelesaian transaksi

Cara bermain saham yang kelima adalah mengetahui proses penyelesaian transaksi. Perlu Anda ketahui bahwa bursa efek merupakan sebuah fasilitator kegiatam perdagangan saham. Untuk menyelesaikan transaksi, Anda akan berhubungan dengan lembaga lainnya, yakni lembaga kliring dan penjamin (LKP) serta lembaga penyimpan dan penyelesaian (LPP).

Setelah transaksi, proses penyelesaian transaksi akan membutuhkan waktu 3 hari, jadi barulah di hari keempat Anda kanan mendapatkan hak dari transaksi yang Anda lakukan.

Berapa modal yang dibutuhkan?

Jika Anda bertanya demikian, jawabannya adalah tidak ada batasan modal yang harus Anda siapkan untuk memulai bermain saham.

Perlu Anda ketahui, kita tidak bisa membeli saham dalam bentuk lembaran, melainkan dalam suatu bentuk yang dijadikan sebagai satuan perdagangan jenis ini yakni slot. Dimana 1 slot biasa berisi 100 saham. Nah, 1 slot ini merupakan batas minimum pembelian saham.

Jika satu lembar saham suatu perusahaan memiliki harga Rp. 1.000,- maka harga 1 slotnya adalah Rp. 100.000,-. Nah, Rp. 100.000,- ini adalah jumlah yang harus Anda bayarkan untuk memiliki 1 slot saham milik perusahaan tersebut.

Sedangkan harga saham sendiri berbeda-beda tergantung dari besar kecilnya perusahaan. Semakin besar dan memiliki perkembangan bagus, biasanya harga per slot saham perusahaan tersebut akan semakin mahal.

Kapan waktu transaksi saham?

Jika Anda sudah mengetahui cara bermain saham, Anda juga harus mengetahui waktu untuk melakukan transaksi tersebut karena transaksi tidak dapat dilakukan kapan saja. Ada waktu yang sudah ditentukan.

Transaksi hanya dapat dilakukan pada hari kerja bursa, yakni hari senin sampai dengan hari jumat. Ada dua sesi yang akan dibuka, yakni sesi pagi dan sesi sore.

Untuk sesi pagi akan dibuka pada pukul 09.00 sampai pukul 12.00 kecuali hari jumat hanya sampai pukul 11.30. Untuk sesi siang atau sore dibuka pada pukul 13.30 sampai dengan 16.00 kecuali hari jumat yang baru akan dibuka pada pukul 14.00 sampai dengan 16.00.

Tips Bermain Saham

Setelah mengetahui semua cara bermain saham bagian dasar, Anda juga harus mengetahui tipsnya. Tips yang pertama adalah Anda harus memiliki niat yang kuat yang dibuktikan dengan semangat untuk belajar mengenai bisnis saham ini.

Cara bermain saham akan semakin Anda kuasai dengan belajar secara terus menerus mengenai cara membaca pasar agar Anda dapat mengambil keputusan yang tepat. Terus bangun motivasi agar Anda dapat mendapat keuntungan dari bermain saham.

Cara bermain saham yang aman juga dapat dilakukan dengan mencoba bermain dalam jumlah yang kecil terlebih dahulu, sehingga jika Anda merugi, Anda tidak akan terlalu syok.

Selalu ingatkan diri Anda bahwa bisnis saham merupakan bisnis yang sangat rentan. Modal yang Anda gelontorkan bisa saja habis tidak bersisa jika suasana pasar tiba-tiba berubah drastis.

Leave a Reply