Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Bengkel Motor Resmi

Usaha motor merupakan peluang bisnis yang cukup menjanjikan sekali untuk saat ini dikarenakan seperti yang sudah kita tahu bahwa Motor merupakan kendaraan yang paling banyak mendominasi di jalan raya. 

Namun ternyata tak hanya usaha bisnis motor saja yang menjanjikan tapi juga usaha pada bengkel motor resmi yang informasi lengkapnya akan kita bahas dibawah.

Bengkel motor yang akan kita bahas ini adalah bengkel motor yang resmi untuk motor Honda, untuk informasi selengkapnya silahkan simak informasi lengkapnya:

Di Indonesia ini banyak sekali Memang terdapat bengkel untuk sepeda motor, baik itu bengkel resmi atau tidak dan untuk bengkel resminya dibagi diantaranya yaitu bengkel resmi untuk Honda yang bernama Ahass atau Astra Honda authorised service Station atau juga Yamaha yang bernama SS atau Yamaha service shop dan masih banyak lagi bengkel-bengkel resmi motor maupun tidak resmi yang ada di Indonesia ini.

Dan salah satu bengkel yang akan kita bahas pada artikel kali ini adalah pada bengkel resmi sepeda motor Honda dengan Ahass.

Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Bengkel Motor Resmi

Pembukaan bengkel resmi Ahass untuk Honda ini lebih menguntungkan lagi dibandingkan jika anda membuka bengkel umum, karena Honda merupakan sepeda motor yang paling populer dan sangat besar sekali peminatnya, oleh karena itu memiliki bengkel resmi  Honda yaitu Ahass akan bisa mendatangkan keuntungan serta penghasilan yang sangat besar sekali untuk anda.

Honda memiliki main dealer (dealer utama) yang berdiri di tiap-tiap daerah yang ada di Indonesia dan untuk anda yang ingin mengajukan diri untuk memiliki bengkel Ahass, anda bisa langsung datang mendaftarkan diri anda ke main dealer Honda di masing-masing daerah dimana anda tinggal.

Untuk dealer yang ada di Jakarta yakni ada main dealer yang bernama Wahana Makmur Sentosa dan kalau di Jawa Barat ada main dealer yang namanya Daya Adira Mustika dan kalau di Jawa Tengah ada yang namanya Hso sementara untuk Anda yang berlokasi di Jawa Timur ada main dealer yang bernama MPM Motor mungkin akan ada nama-nama lain untuk daerah luar pulau jawa.

Jika anda telah mengetahui beberapa tempat untuk mengajukan diri menjadi Ahass di masing-masing daerah di Indonesia, maka berikut ini adalah beberapa informasi mengenai jaringan Honda yang dibagi atas tiga jenis:

  1. H1 : Dealer ( Penjualan unit motor  dan perlengkapan), untuk yang satu ini adalah  jaringan Honda yang digunakan untuk penjualan sepeda motor Honda produksi Astra Honda Motor atau ahm dan dinamakan sebagai status H1.
  2. H2 : AHASS ( Bengkel ), untuk jaringan Honda yang satu ini merupakan bengkel dan anda berhak mendapatkan kartu perawatan berkala atau KPB dari sepeda motor Honda yang baru dan juga Anda bisa menerima service untuk sepeda motor Honda yang lawas.
  3. H3: Spare Part, ini adalah sebuah jaringan dari Honda yang mana anda bisa dan berhak untuk menjual spare parts Honda genuine part (HGP) atau orang awam biasa menyebut suku cadang.

Apabila anda bergabung dan memiliki bisnis dengan jaringan Honda seperti diatas tadi  maka anda berhak untuk menerima beberapa fasilitas khusus yang akan anda dapatkan dari PT Astra Honda Motor atau ahm dan juga main dealer di daerah anda.

Anda tidak hanya bisa menjalankan satu buah usaha seperti misalnya bengkel resmi Honda saja, namun juga bisa merangkap usaha lain seperti halnya  jaringan Honda untuk gabungan dari ketiga jaringan Honda di atas tersebut, namun hal tersebut tergantung dari izin main dealer yang ada di daerah anda serta juga menyesuaikan dengan kemampuan yang anda miliki.

Jika anda telah mengetahui beberapa jenis serta informasi sedikit mengenai jaringan Honda di atas, maka berikut ini ada beberapa syarat yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu agar bisa mengajukan diri menjadi Ahass  atau bengkel sepeda motor resmi Honda. Beberapa syarat yang harus anda  cantumkan dan miliki sebelum anda menjadi Ahass adalah sebagai berikut :

  • Surat Permohonan Menjadi Mitra Ahass
    Syarat pertama yang harus anda penuhi terlebih dahulu tentunya adalah surat permohonan untuk menjadi bengkel motor resmi Honda ini. Karena anda akan mengajukan diri pada main dealer di daerah Anda, maka anda pastinya juga harus menulis surat permohonan menjadi Ahass terlebih dahulu supaya mereka yang menjadi main dealer bisa mengetahui keinginan anda  saat Anda ke sana. Ada format-format dasar yang harus anda tulis supaya bisa dianggap Anda menulis surat permohonan menjadi Ahass, namun untuk sekarang tidak apa-apa apabila anda tidak mematuhi format tersebut karena sekarang format itu tidak terlalu di prinsipkan. Namun yang pasti anda harus menulis nama, alamat, pekerjaan yang anda miliki sekarang, dan juga menuliskan tujuan Anda memohon memiliki bengkel Ahass dengan mencantumkan lokasi di mana anda akan mendirikan usaha Ahass ini, serta  sertakan ukuran luasannya.

  • Foto Bangunan Calon Bengkel Yang Nanti Anda Gunakan
    Yang perlu Anda ketahui sebelumnya adalah banyak orang yang ingin menjadi seorang pebisnis Ahass di Indonesia ini, jumlahnya juga sangat banyak sekali. Oleh karena itu main dealer di daerah anda perlu bukti spesifik mengenai tempat yang ingin anda gunakan sebagai bengkel, jadi sertakan foto bangunan calon bengkel Anda supaya  surat permohonan memiliki bengkel Ahass anda tidak ditolak oleh main dealer.
    Apabila anda belum memiliki bangunan bengkel Anda, maka pastikan anda terlebih dahulu mencari tempatnya hingga benar-benar tempat itu akan Anda jadikan sebagai bengkel, dengan cara mengontraknya atau juga lebih baik menggunakan bangunana anda sendiri untuk menghemat uang apabila anda memiliki tempat sendiri yang memadai, jadi tidak perlu membeli  atau mengontrak. Namun meskipun anda telah memiliki tempat untuk calon bengkel Anda nantinya, tapi main dealer tidak menerimanya itu mungkin karena tempat yang Anda pilih tidak sesuai dengan mapping dari main dealer dan itu artinya anda akan langsung ditolak pengajuan untuk memiliki bengkel ahass.
    Supaya Anda tidak terlalu kecewa dan menyesal nantinya, maka sebelum Anda memilih tempat atau mengontrak calon bengkel Anda, sebaiknya lakukanlah survey terlebih dahulu lokasi untuk bengkel Anda tersebut, serta lihatlah artikel panduan lengkap untuk mendirikan bengkel yang pastikan tempatnya harus strategis dan tidak ada Ahass lain yang ada di tempat tersebut minimalnya 10 km dari Ahass yang lain. Kalau bisa carilah calon bengkel Anda yang dekat dengan pasar, sekolah, perumahan terkenal dan lain sebagainya. Luasan yang ideal untuk bangunan bengkel Anda dari main dealer adalah 8 m x 10 m, lebih besar lebih bagus dan setelah itu silahkan anda foto tampak depan dari bangunan dealer Anda, kemudian foto juga pada lingkungan di sekitar bangunan bengkel Anda.

  • Layout Bangunan Bengkel
    Anda bukan disuruh untuk menggambar denah bengkel Anda dengan ribet dan sulit, namun hanya menyertakan gambaran  sketsanya saja supaya main dealer bisa mengetahui berapa panjang dan juga lebar bangunan bengkel yang anda miliki.Tujuannya adalah agar main dealer di daerah anda bisa menentukan apakah bangunan yang anda miliki ini layak atau tidak dijadikan sebagai ahass.

  • Denah Sekitar Bengkel
    Maksudnya adalah Anda harus menggambar seperti sebuah peta menuju bangunan calon bengkel Anda dan juga beberapa tempat di sekitar bangunan Anda, jika bisa gambarkan juga potensi-potensi yang bisa menjadi sumber penghasilan untuk Ahass Anda nantinya, misalnya pasar, sekolah, atau juga perumahan dan kalau perlu Anda juga bisa memberikan data populasi sepeda motor Honda yang ada di sana.

  • Fotokopi KTP dan KSK
    Syarat yang kelima ini adalah persyaratan yang sangat standar sekali untuk bisa mendirikan yang sebuah usaha. Maksud dari syarat ini adalah supaya main dealer di daerah anda bisa benar-benar yakin kalau anda adalah penduduk asli di daerah tersebut dan bukannya imigran gelap yang tidak jelas. Jangan lupa juga untuk menyertakan lampiran foto anda yang tujuannya adalah supaya main dealer di daerah Anda bisa hafal dengan wajah anda karena  yang mendaftar untuk menjadi Ahass ini seperti yang sudah saya katakan tadi adalah banyak dan ribuan jumlahnya.

Anda tidak perlu lagi ragu untuk memulai bisnis usaha bengkel motor resmi Honda atau Ahass ini karena bisa anda lihat sendiri bahwa sepeda motor merek Honda di Indonesia ini sangat banyak sekali pemiliknya, jadi Anda pasti tidak akan kesulitan untuk mendapatkan pelanggan yang akan memperbaiki sepeda motor Honda-nya ke bengkel Anda nantinya.

Dan berikut ini ada sedikit gambaran mengenai masalah analisis biaya untuk bisnis bengkel sepeda motor Ahass ini. 

Namun perhitungan mengenai analisa bisnis bengkel motor resmi Honda ini tergantung dari di mana anda mendirikan sebuah usaha tadi karena pada tiap-tiap daerah  tentunya harga akan selalu berbeda.  Dan langsung saja berikut adalah analisisnya:
Investasi Awal :

1. Biaya pendaftaran (franchise fee 2 tahun) Rp. 89.000.000.-
2. Belanja suku cadang dan aksesoris Rp. 90.000.000,-
3. Sewa ruang 1 tahun Rp. 10.000.000,-
4. Biaya renovasi Rp. 10.000.000,- +
———————————————————————————————-
Total Investasi Awal 199.000.000,- +

Pengeluaran Per Bulan:

Biaya gaji (4 orang @ Rp2.000.000,-) Rp. 8.000.000,-
Biaya listrik dan lain-lain Rp. 2.000.000,-
Total Pengeluaran Per Bulan Rp. 10.000.000,-

Untuk uang kas:
Rp. 10.000.000,- x 12 bulan = Rp. 120.000.000,-
Rp. 120.000.000,- + Rp. 199.000.000,- = Rp. 319.000.000,- / 3 bulan (BEP) = Rp. 106.400.000,-

Rp. 106.400.000,- / 30 hari = Rp. 3.600.0000,- / Rp. 200.000,- (profit sekali masuk) = 18 konsumen perhari

KET: tim marketing harus mendatangkan 18 unit motor setiap hari
Secara otomatis dalam waktu 3 bulan anda sudah bisa BEP atau balik modal, kalau ini dijalankan secara terus menerus masih tersisa 9 bulan masa sewa ruangan anda (Rp. 108.000.000,- : profit bulanan : x 9 bulan = Rp.972.000.000,-

Nah itu dia informasi yang dapat saya sampaikan untuk anda mengenai peluang dan analisa lengkap usaha bengkel motor resmi Honda atau Ahass yang saya harapkan semoga artikel di atas tadi bisa Anda pahami dengan baik dan bisa membuka peluang anda untuk lebih yakin lagi membuka usaha bisnis bengkel sepeda motor resmi Honda.

Demikian artikel dari kami mengenai peluang dan analisa lengkap usaha bengkel motor resmi Honda. Semoga menambah wawasan serta bermanfaat untuk Anda. Terima kasih sudah mampir ke website kami.

image credit: mrmontir.com

Leave a Reply