Peluang Dan Analisa Lengkap Usaha Game Online

Berbisnis adalah sebuah pilihan yang tepat bagi Anda orang-orang yang tidak ingin  bekerja di bawah tekanan, karena dengan berbisnis ini anda bisa menjalankan usaha anda secara mandiri dan tidak terpaku pada peraturan-peraturan yang  terkadang tidak bisa diterima.

Salah satu bisnis yang bisa Anda jalankan adalah usaha warnet dan juga game online, yang mana usaha ini hanya membutuhkan modal yang lumayan kecil jika dibandingkan dengan bisnis-bisnis yang lain seperti halnya kuliner atau travel.

Mungkin bisnis warnet dan game online ini menurut anda sekarang prospeknya kurang bagus, karena saat ini telah banyak sekali dijumpai orang-orang yang sudah memiliki laptop atau juga smartphone yang canggih.

Peluang Dan Analisa Lengkap Usaha Game Online

Wifi gratis sekarang pun sudah menjamur dan banyak juga dijumpai pada tiap-tiap pelayanan umum seperti halnya kantor pemerintahan, rumah sakit, supermarket, resto kecil, ataupun bahkan di tempat-tempat seperti warung kopi sekalipun, sehingga peluang berbisnis untuk warnet dan game online ini seakan-akan  bukan merupakan bisnis yang asing sekarang ini.

Namun perlu Anda ketahui bahwa yang terpenting untuk melakukan sebuah bisnis dan menentukan berhasil atau tidaknya suatu bisnis itu sendiri adalah pada pengaturan manajemennya.
Oleh karena itu pada artikel kami kali ini saya ingin memberikan informasi untuk anda mengenai analisa bisnis peluang usaha warnet dan game online dengan manajemen yang tertata, sehingga Anda bisa memanajemen dan memahaminya dengan lebih baik lagi untuk menjalankan bisnis ini.

Berikut ini adalah peluang dan analisa lengkap usaha game online, serta kendala dan solusi yang bisa kami jabarkan dimulai dari beberapa kendala yang sedang dihadapi oleh para pebisnis warnet hingga kita akan temukan solusinya dan bagaimana mengubah kekurangan bisnis warnet menjadi sebuah bisnis yang bernilai tinggi

Banyak Modem dan Jaringan Internet dimana-mana
Operator sekarang ini memang sedang gencar-gencarnya untuk memberikan jasa internet yang murah untuk digunakan sebagai paket data pada perangkat smartphone atau modem. Ada juga yang membuat paket data supaya bisa dijadikan untuk WiFi sekalipun, sehingga kelihatannya warnet yang akan Anda bangun nantinya akan sepi oleh pengunjung.

Namun hal tersebut tidak terlalu bermasalah meskipun paket data internet sekarang semakin murah, karena masih banyak orang-orang yang ternyata membutuhkan perangkat untuk mengakses internet data tersebut,  seperti misalnya laptop atau komputer karena mereka tidak memilikinya di rumah. Karena masih banyak sekolah yang membutuhkan jasa warnet untuk browsing informasi atau hanya numpang print tugas sekolah.

Layanan Wifi.id Dari Telkom
Pihak Telkom yang mengeluarkan layanan WiFi corner pada setiap kantor masing-masing cabang tentu saja sangat mengkhawatirkan pada kelangsungan warnet sebagai tempat berinternet, karena harga yang dipatok oleh Telkom sangatlah murah  hanya 1000 saja untuk berinternetan 2 jam, 2000 untuk 5 jam, dan 5000 sudah bisa dipakai untuk berinternetan seharian.

Solusinya adalah anda tidak perlu mengkhawatirkan terlalu dalam, karena internetan dengan menggunakan wifi.id di Telkom itu tidak semua orang merasa nyaman karena beberapa alasan seperti harus duduk di area tempat umum dan ditambah lagi terkadang banyak orang berjejeran tanpa sekat. Oleh karena itu warnet yang menyediakan fasilitas lebih nyaman dibandingkan WiFi.id di Telkom ini pastinya masih banyak yang meminatinya.

Nasib Warnet Akan Sama Seperti Wartel
Tidak bisa dipungkiri memang apabila nantinya warnet tidak akan bisa seramai dahulu, karena sekarang banyak produk-produk yang sudah bisa dibeli dengan mudah yang menawarkan  fasilitas untuk berinternet dengan mudah juga. Namun nasib warnet sepertinya akan sama seperti wartel. Hal tersebut dikarenakan di era yang modern ini sudah banyak sekali masyarakat yang memiliki gadget dan computer yang lebih canggih dan bisa digunakan untuk mengakses internet di rumah, dengan begitu seiring berjalannya waktu warnet sepertinya akan bernasib sama dengan wartel.

Namun inilah hal buruk bagi bisnis warnet yang justru kita akan rubah menjadi peluang bisnis yang sangat potensial di masa mendatang. Oke silahkan lanjut bacanya karena pada poin berikutnya akan menjelaskan kepada anda mengapa hal buruk ini justru bisa menjadi bisnis yang sangat baik bagi anda.

Warnet Sebagai Pusat Game Online Terbaik
Nah ini dia yang menjadi topik utama pembahasan pada judul artikel ini. Bisnis warnet untuk pusat game online adalah solusi yang paling tepat bagi Anda yang ingin memanfaatkan keadaan buruk bagi bisnis warnet seperti yang telah saya sampaikan diatas.

karena tidak mungkin warnet yang menyediakan pusat game online sepi pengunjung, karena faktanya sekarang game online  peminatnya sangat banyak sekali, mulai dari anak-anak kecil sampai orang dewasa sekalipun. Rata-rata warnet dengan fasilitas untuk game online yang memadai ini tidak pernah sepi dari pengunjung. 

Anak-anak yang mengunjungi warnet untuk ngegame juga pastinya rata-rata tidak menyukai ketika bermain sendirian, oleh karenanya mereka pasti akan mengajak satu atau dua temannya ke warnet untuk bermain game online bersama agar suasana tidak sepi dan tentu saja hal ini akan menguntungkan pihak pemilik warnet karena usahanya akan tetap laris dan ramai.

Nah setelah mengetahui kendala beserta solusi dari usaha warnet serta game online, Berikut ini adalah analisa untuk  bisnis usaha warnet dan game online Anda nantinya yang bisa anda jadikan sebagai  gambaran.

Kisaran harga yang saya cantumkan pada analisa kita kali ini adalah kisaran harga di daerah Jawa Tengah dan harganya pun berbeda-beda pada masing-masing kota namun perbedaanya tidak begitu jauh, dan biasanya untuk kota yang sudah ramai harga pada komponennya akan semakin murah.

Perhitungan saya di bawah ini merupakan warnet dengan jumlah computer sebanyak 9 buah dan komputer servernya 1 buah dan dengan menggunakan jaringan internet dari Telkom Speedy yang memiliki kecepatan 2 mbps.  Oke langsung saja kita mulai analisanya.

Modal awal membangun bisnis warnet

  1. Tempat usaha atau ruko yang bisa anda sewa per tahunnya
  2. Biaya yang digunakan untuk harga 1 set PC beserta dengan LCDmonitor  yang semuanya bekas tetapi memiliki kualitas yang masih bagus ( Anda bisa menggunakan router saja atau gunakan speed limiter pada tiap client  komputer )
  3. Biaya yang digunakan untuk pembelian kabel LAN beserta listrik dan hal itu menyesuaikan desain dari warna  anda.
  4. Biaya meja yang bisa  dibuat dengan kayu yang biasa-biasa saja, namun memiliki kekuatan yang memadai untuk meletakkan komputer di atasnya nanti.
  5. Biaya untuk pembelian kipas angin supaya pelanggan  yang ke warnet anda lebih nyaman.
  6. Untuk menginstalasi Network, Anda bisa mencari teman apabila anda tidak bisa mengoperasikannya sendiri.
     

List harga :

  1. biaya sewa gedung  Rp5.000.000
  2. PC untuk warnet yang jumlahnya 9 masing-masing Rp 1.500.000,-, jadi total Rp 13.500.000,-
  3. PC untuk server  Rp 1.500.000,-
  4. Router Rp700.000
  5. Peralatan LAN switch dan kabel  Rp150.000
  6. Printer laser Epson L300 satu juta Rp900.000
  7. Meja komputer client berjumlah 9 dan masing-masing Rp35.000, Jadi total Rp 315.000,-
  8. Meja kasir beserta kursinya Rp500.000
  9. Jasa instalasi warnet dan training operator Rp500.000
  10. Untuk biaya lain-lain seperti daya listrik atau juga fasilitas yang ingin anda tambahkan seperti bantal, kipas angin, dan lain sebagainya  Rp4.000.000
    total semuanya adalah Rp28.065.000,-
     

Pengeluaran Untuk Biaya Bulanan

  • Untuk internet memakai Telkom Speedy 2 mbps
  • Gaji untuk pegawai  untuk 2 shift dalam sehari
  • Listrik menggunakan 1300watt
  • Serta biaya lain-lain untuk belanja alat kecil seperti halnya bolpoin, kertas, minuman dan lain sebagainya  

Pengeluaran

  • Koneksi internet Speedy 2 mbps  Rp 550.000
  • Gaji pegawai 2 orang ditambah uang makan masing-masing Rp600.000,  jadi total 2 orang adalah Rp 1.200.000,-
  • Biaya untuk listrik Rp300.000
  • Biaya lain-lain Rp100.000
     Total semuanya adalah Rp 2.150.000,-
     

Penghasilan warnet
Biasanya dilihat dari beberapa hal berikut :

  • Harga warnet  untuk satu jamnya Rp4.000
  • Jumlah komputernya 9 client
  • Untuk warnet yang buka 18 jam seharinya
  • Pengunjung 80% atau kadang ramai dan kadang sepi

Penghasilan perhari Rp4.000 x 9 x 18 jam x 70% = Rp 518.400,-
Penghasilan perbulan Rp 518.400 x 30 hari =  Rp 15.552.000,-
Keuntungan bersih per bulannya
Penghasilan bulanan – biaya bulanan
Rp 15.552.000 –  Rp2.150.000  = Rp 13.402.000,-

Kira-kira seperti itulah biaya analisa untuk usaha bisnis warnet dan game online ini, namun mungkin harga yang akan anda dapatkan  pada masing-masing tempat bisa berbeda tergantung dari anda memanajemen serta mengaturnya.

Berikut ini ada beberapa tips untuk Anda jika ingin memulai usaha warnet :

Lokasi Warnet
Pilihlah lokasi terbaik dan strategis untuk anda gunakan membuka usaha warnet ini dan usahakan tempatnya dekat dengan lembaga pendidikan seperti sekolah, kampus atau tempat umum seperti halnya, mall, pasar dan lain sebagainya. Atau untuk Anda yang tinggal di desa usahakan untuk membuka tempat warnet dengan kepadatan penduduk yang tinggi dan ramai.

Target Pengunjung
Biasanya para pengunjung warnet itu rata-rata berumur antara 10 – 50 tahun dan yang paling banyak berkunjung ke warnet itu adalah para remaja sekolah atau kuliah  yang ingin mengerjakan tugas, mencari informasi, sekedar facebook-an atau juga bermain game online. Rencanakan target pengunjung ini terlebih dahulu untuk menentukan warnet yang ingin anda bangun.

Fasilitas Warnet
Fasilitas dan kenyamanan warnet adalah hal yang paling utama agar para pengunjung yang menjadi konsumen warnet Anda semakin betah dan menjadi pengunjung setia. Pastikan memberikan fasilitas warnet seperti halnya bantal, kipas angin, dan lain sebagainya. Usahakan untuk memangkas biaya yang harus dikeluarkan perjamnya.

Spesifikasi Komputer
Kalau anda ingin membuka usaha bisnis warnet untuk game online, maka pastinya anda perlu mengutamakan spesifikasi komputer supaya bisa digunakan untuk ngegame  tanpa lambat atau macet.

Kecepatan Internet
Gunakan kecepatan internet minimal 2 mbps tergantung juga dari banyaknya komputer yang menggunakan internet tersebut. Biasanya karena orang yang berada di warnet nantinya memiliki tujuan untuk berselancar di Internet, pastikan kecepatan internet ini juga Anda perhatikan dengan baik dengan cara memanajemen jumlah komputer dengan kuota internet yang Anda gunakan.

Usaha Sampingan Pendukung
Tak hanya bisa membuka  warnet atau warnet game online saja, Anda juga bisa menambahkan berbagai macam usaha sampingan di warnet Anda seperti halnya meletakkan makanan atau minuman, menjual aksesori computer, dan laptop serta anda pun bisa membuka jasa service laptop atau computer di samping warnet anda.

Bagaimana cukup menarik bukan ?

Dan itulah informasi yang dapat saya sampaikan kali ini mengenai Peluang Dan Analisa Lengkap Usaha Game Online. Semoga dapat menjadikan gambaran bagi Anda yang sedang ingin memulai usaha bisnis warnet dan game online. Terima kasih.

Image by: Bursafranchise

Leave a Reply