Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Laundry Kiloan

Peluang usaha ini sangatlah potensial apalagi anda seorang ibu rumah tangga, Sebagai ibu rumah tangga mungkin lama kelamaan anda akan merasakan kesepian dirumah.

Apalagi jika anak anda sudah memasuki usia SMP atau SMA dimana mereka sudah mandiri dan sudah berani berangkat dan pulang sekolah sendiri, mungkin anda tidak perlu repot untuk mengantar jemput mereka lagi.

Namun karena anak-anak anda sudah besar dan suami pulang kerja sore atau malam harinya, maka anda hanya sendirian saja dirumah.

Daripada anda merasa kesepian dirumah bagimana jika anda membuka bisnis untuk ibu rumah tangga? Tentunya bisnis ini bisa dikerjakan dirumah sehingga kewajiban anda sebagai ibu rumah tangga pun tidak akan lalai karena masih bisa mengurus rumah.

Salah satu bisnis yang bisa dikerjakan ibu rumah tangga ada laundry kiloan.

Usaha laundry adalah usaha yang tidak akan pernah mati karena semua orang pasti membutuhkan baju yang bersih namun tidak semua orang punya waktu untuk mencucinya sendiri dikarenakan sibuk.

Terutama jika anda tinggal di daerah dimana tetangga anda adalah pekerja kantoran, atau rumah anda dekat dengan kos-kosan dan daerah kampus, maka usaha laundry adalah bisnis yang tepat bagi para ibu rumah tangga.

Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Laundry Kiloan

Tentunya mereka ini adalah orang yang padat akan aktivitas. Apalagi untuk masyarakat perkotaan, dengan disibukan dengan pekerjaan maka mencuci baju sendiri menjadi sulit karena tidak adanya waktu.

Selain itu memang ada juga mereka yang malas untuk mencuci bajunya sendiri. Selain tidak mau repot, mereka juga ingin menghemat tenaga dengan tidak melakukan pekerjaan rumah tangga.

Dengan beberapa faktor tersebut, maka dengan usaha laundry kiloan untuk pemula banyak orang bisa mendapatkan baju yang bersih dan wangi dan anda juga bisa membantu biaya rumah tangga anda. Dan ditambah dengan banyaknya orang yang membutuhkan jasa laundry, maka usaha laundry kiloan untuk pemula akan berkembang dengan pesat.

Mari kita bahas usaha laundry kiloan di artikel ini agar anda bisa mempunyai usaha laundry kiloan yang berkembang dan bisa bertahan lama.

Baca juga: Peluang dan analisa lengkap usaha warung bakso

Baca juga:Peluang Usaha Dirumah, Bisnis Sampingan yang Membuat Dompet Tebal!

Peluang dan Analisa Usaha Laundry Kiloan
Tentunya saat anda memulai usaha laundry dari nol, hal pertama yang terlintas di pikiran anda pasti berapa modal usaha laundry kiloan? Bagi para ibu rumah tangga yang ingin memanfaatkan waktu luangnya dirumah dengan melakukan kegiatan yang bermanfaat maka bisnis cuci mencuci ini cocok untuk anda.

Mari kita bahas perhitungan usaha laundry kiloan. Modal memang menjadi salah satu kendala bagi mereka yang ingin berbisnis, namun modal usaha laundry kiloan tidak butuh banyak uang.

Namun memang ada yang membutuhkan modal sampai 5 juta untuk membuka usaha laundry. Itu semua kembali lagi ke kondisi keuangan anda.

Berikut adalah perhitungan usaha laundry kiloan dengan catatan bahwa bisnis laundry ini dilakukan dirumah sesuai dengan keadaan para ibu rumah tangga yang ingin melakukan usaha laundry kiloan untuk pemula.

Perhitungan Modal Usaha Laundry Kiloan
1. Membuat spanduk dengan panjang yang sesuai dengan selera anda. Ada yang membuat spanduk laundry dengan panjang 1,5 m x 1 m dan ada juga yang membuat spanduk kecil dengan ukuran 1 m x 60 cm.

Uang yang diperlukan untuk membuat spanduk laundry ini berkisar antara Rp 20.000 sampai Rp 30.000, hal ini tergantung dari besar kecilnya spanduk laundry.

2. Mesin cuci standar dengan kisaran harga Rp 1.200.000 namun untuk mesin cuci silahkan disesuaikan. Anda beruntung jika dirumah sudah ada mesin cuci, maka anda akan menghemat modal sekitar satu juta.

Namun jika anda tidak punya mesin cuci dirumah dan memang tidak ada uang untuk membelinya, tidak apa-apa. Anda bisa melakukan laundry dengan manual alias cuci dengan tangan sembari mengumpulkna uang untuk membeli mesin cuci. Namun jika anda memilih laundry manual maka anda harus siap dengan resikonya jika order laundry sedang banyak.

3. Neraca digital atau timbangan (sesuai selera) Rp 50.000

4. Barang-barang administrasi untuk mencatat keuangan usaha anda seperti buku nota, bolpoint, kertas laporan kas, buku note, kertas karbon hitam, selotip beserta isinya, staples beserta isinya dan lain-lain Rp 100.000.

Sebenarnya, anda tidak perlu membeli ini semua, untuk buku laporan kas anda bisa menggunakan buku biasa, buku nota juga optional karena anda bisa menuliskan harga laundry dengan kertas kecil saja sebagai nota.

5. Perlengkapan tag gun serta tag pin 1 box dan plastik untuk baju laundry Rp. 50.000

6. Peralatan mencuci seperti sikat baju, selang sekitar 10m, dan sprayer yang semuanya berkisar total Rp 100.000

7. Peralatan pendukung cucian seperti detergen, pewangi, dan parfum laundry berkisar Rp 100.000

8. Ember bak ukuran besar, 3 buah saja cukup dengan kisaran total Rp. 50.000.

9. Hanger plastik sejumlah 2 pack dan juga beberapa pack jepitan Baju: Rp. 50.000

10. Setrika 1 buah saja karena anda masih membuka bisnis kecil-kecilan, beserta terminal dan kabelnya sebesar Rp 100.000

11. Rak besi dengan bentuk siku komplit. Rak besi bervariasi namun mari kita berikan budget sebesar Rp. 200.000 untuk rak besi

12. Gaji untuk 1 orang pegawai sebesar Rp. 500.000 per bulan, namun ini sebenarnya optional. Anda mungkin membutuhkan pegawai jika anda tidak punya mesin cuci. Akan tetapi jika anda mempunyai mesin cuci dirumah, anda tidak perlu pegawai untuk awal berbisnis karena masih bisa anda handle.

Total modal yang diperlukan untuk usaha laundry adalah berkisar Rp. 2.500.000, namun bisa menjadi lebih hemat lagi jika anda tidak membeli mesin cuci dan tidak membutuhkan pegawai.

Bahkan anda bisa membuka bisnis laundry hanya dengan modal dibawah Rp 200.000 untuk modal bisnis kecil-kecilan anda sambil pelan-pelan mengumpulkan uang untuk modal usaha laundry yang lebih besar lagi.

Namun perkiraan modal ini bisa bertambah jika anda membuka usaha dengan menyewa tempat.

5 Hal Penting Sebelum Membuka Jasa Laundry

Saat anda sudah membeli berbagai peranti untuk membuka jasa laundry anda, maka hal selanjutnya adalah anda harus memperhatikan beberapa hal yang harus anda mengerti dan harus dipersiapkan sebelum membuka jasa laundry.

Karena anda akan berurusan dengan cuci mencuci baju, maka anda harus mempunyai pengetahuan seputar jenis baju, jenis kain, jenis noda, dan jenis pencucuian.

Jika anda ingin jasa laundry anda bisa berjalan dengan baik, maka perhatikan hal-hal berikut sebelum anda mempromosikan usaha laundry kiloan anda.

1. Anda harus tahu berbagai cara mencuci pakaian dengan baik. Ada beberapa jenis pakaian dan jenis kain yang harus dicuci dengan tangan, tidak boleh dicuci dengan warna-warna lain, tidak boleh dicuci dengan air hangat, dry cleaning dan lain-lain.

Anda juga harus paham cara mengeringkannya. Ada pakaian yang tidak boleh diperas terlalu keras, ada yang tidak boleh dimasukan dalam mesin pengering.

Dan jangn lupa untuk pahami cara mensetrikanya, ada jenis kain yang tidak perlu disetrika atau distrika dengan suhu rendah saja.

2. Selain memahami jenis kain, jenis pakaian, cara mencuci, mengeringkan dan menyetrikanya ada juga yang harus dipahami yaitu jenis noda.

Kenali jenis noda yang menempel pada pakaian yang hendak anda cuci. Beberapa jenis noda membutuhkan sabun pembersih yang sesuai dan tepat agar noda yang menempel pada pakaian bisa hilang tanpa merusak kain atau warna kain.

3. Jika anda baru saja memulai bisnis jasa laundry yang memang masih kecil-kecilan, sebaiknya gunakan peralatan mencuci seadanya saja yang anda punya dirumah.

Yang penting adalah pakaian yang di laundry ditempat anda bisa bersih, wangi, dan juga rapi.

Jangan menggunakan peralatan yang tidak sesuai dengan besarnya usaha yang anda jalankan karena nantinya peralatan tersebut tidak akan begitu berguna. Justru malah nanti bisa membuat pengeluaran anda membengkak.

4. Jika anda memang punya dana untuk tenaga kerja atau memang butuh menyewa tenaga kerja atau memang butuh tenaga kerja, maka hitunglah berapa banyak tenaga kerja yang anda butuhkan untuk membantu bisnis jasa laundry.

Dengan menggunakan tenaga kerja secara efektif, maka dapat membantu anda berhemat dalam biaya operasional.

5. Yang terakhir adalah menyiapkan biaya operasional untuk 3 bulan kedepan.

Hitung dan perkirakan biaya operasional untuk listrik, untuk membayar sewa tempat usaha (namun jika anda membuka usaha laundry anda dirumah maka tidak usah dihitung), untuk membeli deterjen, pewangi, parfum laundry, dan plastik laundry, dan untuk membaya air. Hitung biaya untuk hal-hal tersebut dengan baik.

Tips Menjalankan Usaha Laundry Kiloan

1. Pilih lokasi yang tepat
Pemilihan lokasi untuk usaha laundry anda sangatlah penting. Jika anda salah dalam memilih lokasi maka bisa menyebabkan usaha laundry anda sepi bukan main.

Usaha laundry memang cocok di daerah perkotaan dan juga daerah kos-kosan atau kontrakan para mahasiswa dan karyawan. Mereka adalah orang yang tidak punya waktu untuk mencuci dan juga malas mencuci akibat padatnya aktivitas.

Anda beruntung jika tinggal di daerah kampus atau daerah kantoran karena tida perlu mencari lokasi.

2. Berikan harga yang tepat
Usaha laundry sudah banyak sekali dijalankan oleh orang-orang saat ini, maka dari itu harga laundry sangat berpengaruh untuk bisnis anda.

Maka dari itu selalu lakukan riset harga laundry yang sekiranya cocok untuk daerah anda. Datangi tempat laundry dan bandingkan harganya dengan kualitas mencuci yang mereka berikan.

3. Pelayanan yang oke
Usaha laundry anda akan banyak pelanggan jika anda memberikan pelayanan yang oke. Ramahlah pada para pelanggan. Dan tawarkan jasa untuk mengantarkan cucian yang sudah bersih. Atau mungkin anda bisa membuka jasa laundry anda di pagi hari sehingga orang-orang bisa mengambil baju mereka sebelum berangkat kerja atau berangkat kuliah.

Dan jadilah orang yang jujur semisal anda menemukan uang yang tertinggal di saku pakaian.

4. Promosi yang kreatif
Promosi yang tepat akan membuat usaha laundry kiloan anda laris. Apalagi usaha laundry kiloan ini banyak saingannya karena usaha ini sangat berpeluang besar.

Maka dari itu anda harus bisa mempromosikan usaha anda dengan gencar seperti memberikan brosur usaha anda di berbagai tempat serta memanfaatkan teknologi dan juga sosial media.

Mintalah anak anda untuk membantu mempromosikan bisnis ibunya dengan menyebarkan info jasa laundry anda lewat grup di aplikasi messengernya atau lewat sosial media anak anda.

Itulah sekiranya tentang membuka bisnis laundry kiloan. Semoga bermanfaat dan selamat memulai bisnis cuci mencuci.

image credit: blog.smartthings

Leave a Reply