Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Rental Mobil

Mobil merupakan salah satu alat transportasi yang sekarang banyak digunakan oleh orang-orang untuk pergi ke suatu tempat yang ingin mereka kunjungi, baik dengan keluarga ataupun teman bahkan pasangan dengan tujuan mereka masing-masing. Bisnis rental mobil sekarang ini juga sudah berkembang pesat di akibatkan karena banyaknya orang yang ingin menyewa mobil sebagai cara  untuk mereka dapat pergi ke tempat yang mereka tuju bersama dengan seseorang.

Meskipun masih banyak angkutan umum yang muter-muter dan bolak-balik di sekitaran jalan di Indonesia ini, namun sayangnya angkutan umum tersebut tidak bisa menyediakan kenyamanan serta privasi dan fleksibilitas untuk penumpangnya. Oleh karena itu rental mobil ini lebih banyak dipilih oleh orang-orang yang menginginkan pergi ke suatu tempat dengan privasi kenyamanan serta fleksibilitas yang lebih tinggi daripada mereka harus memilih angkutan umum sebagai alat transportasi mereka.

Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Rental Mobil

Pada kesempatan kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai peluang serta analisa lengkap mengenai usaha rental mobil yang telah saya rangkum  pada artikel yang ada di bawah ini.

Untuk Anda yang ingin mendirikan usaha atau bisnis rental mobil ini anda harus mengetahui terlebih dahulu beberapa jenis produk bisnis yang bisa Anda tawarkan sebagai  produk untuk bisnis rental mobil anda nantinya.

Dan Berikut ini merupakan beberapa jenis produk yang bisa Anda tawarkan untuk bisnis rental mobil anda :

Sewa Kendaraan Saja
Salah satu cara yang Anda tawarkan satu ini biasanya disebut dengan lepas setir, maksudnya seseorang yang menyewa mobil anda nantinya hanya menyewa mobil nya saja. Keuntungan yang akan anda dapatkan jika seseorang  memilih produk sewa mobil yang satu ini salah satunya yaitu anda tidak perlu menyediakan driver atau sopir yang harus mengantar seorang penyewa tersebut menuju tempat tujuan mereka. Tak hanya itu saja, jika Anda memilih produk ini sebagai produk andalan bisnis rental mobil Anda, Anda juga tidak akan terbebani dengan adanya biaya overhead atau biaya membengkak Untuk gaji sopir atau driver yang anda sewa pada tiap bulannya.  Namun ada kekurangan dari cara yang satu ini karena mobil anda akan rawan hilang atau dibawa kabur oleh sang penyewa, dan solusinya jika Anda memilih ini sebagai cara andalan Anda maka anda harus mengantisipasi dengan memasang GPS dan memberi ketetapan syarat sewa kendaraan yang sangat ketat supaya bisa lebih mengurangi resiko kehilangan kendaraan tersebut.

Charter Kendaraan
Jika Anda memilih cara ini sebagai produk andalan bisnis rental mobil Anda, maka anda akan mengeluarkan  beberapa fasilitas seperti halnya sewa mobil, sopir dan juga termasuk bahan bakar bensinnya.  Oleh karenanya, untuk cara yang satu ini anda akan mendapatkan sisi negatif berupa penyediaan driver atau sopir dan juga anda harus membayar gaji sopir atau driver tersebut pada tiap bulannya,  namun jangan khawatir karena anda bisa menyiasati hal ini dengan cara hanya menggunakan sopir panggilan saja sehingga Anda bisa membayar gaji driver atau sopir tersebut hanya saat ada pekerjaan atau saat software tersebut dibutuhkan saja.

Keuntungan yang akan anda dapatkan Jika Anda memilih ini sebagai cara andalan Anda adalah  anda akan lebih aman lagi dari resiko kehilangan mobil atau mobil anda dibawa penyewa kabur, dan juga dari sisi marketing orang yang menjadi sopir atau driver akan bisa mengetahui dan hafal dengan jalan yang sering dituju sehingga dia akan bisa merangkap  pekerjaannya menjadi penunjuk jalan daerah wisata, sehingga hal ini juga bisa anda manfaatkan untuk keunggulan produk Anda yang bisa anda kenalkan kepada konsumen  yang sedang ingin mencari tempat berlibur.

Antar Jemput
Dengan memilih cara ini maka anda akan menyediakan fasilitas kepada penyewa bisnis rental mobil anda berupa layanan antar jemput  ke bandara, Stasiun, Terminal atau tempat-tempat lain yang diinginkan oleh penyewa anda.

Setelah anda mengetahui beberapa tips yang bisa Anda tawarkan untuk usaha bisnis rental mobil Anda, maka anda juga harus mengetahui apa saja hal yang bisa anda pertimbangkan supaya lebih cocok lagi untuk membangun bisnis rental mobil anda nantinya. Jika anda adalah orang-orang yang memiliki salah satu usaha dibawah ini, maka anda sangat cocok sekali untuk menekuni usaha rental mobil ini atau Anda juga bisa menjadikan usaha rental mobil ini sebagai sampingan saja.  Anda harus memiliki hubungan baik dengan beberapa partner yang ada di bawah ini supaya lebih memudahkan lagi untuk Anda membangun usaha bisnis rental mobil anda.

Dan inilah beberapa bidang usaha yang berhubungan dengan rental mobil dan bahkan bisa mensupport kesuksesan bisnis rental mobil anda:

Tour and Travel
Yang pertama Anda harus memiliki hubungan baik dengan orang-orang yang  memiliki usaha tour n travel, karena bisnis rental mobil anda nantinya akan sangat berhubungan erat sekali dengan yang namanya bisnis tour and travel ini.  Namun apabila sekarang Anda juga sudah memiliki relasi dekat dengan beberapa rekan Anda yang memiliki usaha bisnis tour and travel, maka akan sangat cocok sekali bagi anda untuk memulai bisnis rental mobil ini.

Hotel
Anda juga harus memiliki relasi orang-orang dalam di hotel karena biasanya banyak tamu hotel yang sering membutuhkan jasa rental mobil yang sering mereka gunakan untuk akses antar jemput dari bandara, Stasiun, maupun Terminal atau juga untuk keperluan mobilitas mereka untuk menuju ke suatu tempat yang sedang mereka kunjungi pada kota itu. Dengan memiliki relasi orang dalam di hotel maka tentunya akan lebih mudah lagi untuk Anda menemukan penyewa mobil  yang menjadi tamu di hotel tersebut.

Event Organizer
Bisnis event organizer juga merupakan salah satu relasi yang tepat untuk anda karena event organizer ini selalu membutuhkan kendaraan untuk bermobilitas mereka bersama dengan tamu dan juga tim mereka saat itu.

Pemilik Kendaraan
Maksudnya adalah apabila anda merupakan salah satu orang yang memiliki kendaraan yang tidak terpakai di rumah atau mobil yang jarang terpakai, maka ada baiknya jika hal itu Anda manfaatkan untuk memulai bisnis rental mobil ini atau Anda juga bisa memanfaatkan mobil anda sebagai penghasil uang karena anda bisa menitipkan mobil anda kepada usaha rental mobil yang bisa anda percaya sehingga anda akan mendapatkan uang dari penyewaan mobil  anda di tempat rental tersebut.

Jika anda sudah mengetahui beberapa hal di atas, maka berikut ini merupakan langkah serta cara yang bisa anda lakukan untuk memulai bisnis rental mobil:

Menentukan Spesialisasi Jenis Produk
Sebelum Anda memilih untuk menekuni bisnis rental mobil ini, anda harus menentukan terlebih dahulu jenis produk apa yang ingin anda pilih  sebagai produk unggulan pada bisnis Anda nantinya.  Seperti yang sudah saya terangkan di atas Anda bisa memilih salah satu atau bahkan ketiga produk di atas tadi.

Menentukan Spesialisasi Kendaraan
Maksudnya adalah pikirkanlah jenis mobil apa yang ingin anda gunakan sebagai mobil untuk mendukung produk yang Anda tawarkan, Apakah itu mobil keluarga, Mini bis atau bis besar.

Mendapatkan Kendaraan
Jika anda telah menemukan kendaraan apa yang ingin anda gunakan untuk mendukung produk yang Anda tawarkan, maka anda harus memiliki kendaraan tersebut namun bukan berarti Anda harus membelinya.  Untuk memulai pertama kali anda bisa dengan cara membeli tunai ataupun kredit untuk satu mobil saja namun ada cara kedua yang bisa anda gunakan untuk mendapatkan kendaraan ini yaitu  dengan menemui seseorang yang telah memiliki kendaraan yang anda butuhkan dan mau menitipkan kendaraan tersebut kepada anda.

Menentukan Standar Harga
Jika sudah mendapatkan kendaraan, maka anda harus menentukan standar harga dengan cara survey ke beberapa tempat rental mobil di sekitar Anda dan tentukanlah harga sesuai dengan harga pasaran.

Siapkan Kantor
Jika Anda memilih kantor anda di rumah, maka itu tidak akan jadi masalah namun jika Anda memilih kantor di tempat lain maka pilihlah yang terbaik seperti halnya di pinggir jalan raya yang ramai dilalui orang.

Siapkan Sumber Daya Manusia
Jika anda memulai bisnis ini anda akan membutuhkan orang lain untuk saling membagi tugas  karena anda tidak akan mungkin bisa untuk mengatasi usaha ini seorang diri dan tanpa bantuan orang lain.

Siapkan Standar Operating Prosedur Dan Pendukungnya
Hal ini sangat berguna sekali untuk memudahkan karyawan dan juga menjaga kualitas produk serta layanan yang anda berikan. Anda harus mempersiapkan seperti halnya nota, stempel dan juga tempat yang aman untuk menyimpan jaminan penyewa serta hal-hal yang berhubungan dengan alat yang anda butuhkan  sebagai pendukung.

Siapkan Alat Tempur Marketing
Beberapa yang harus Anda persiapkan yaitu alat untuk promosi seperti halnya spanduk, papan nama, brosur, website, dan proposal kerjasama.  Banyak sekali rental mobil yang sukses dan sudah terkenal, oleh karena itu Anda harus menyiapkan promosi yang bagus serta menjalin relasi dengan orang-orang  yang mendukung usaha Anda supaya usaha anda bisa berjalan mulus.

Jika anda sudah mengetahui hal apa saja yang harus disiapkan untuk memulai bisnis rental mobil, maka berikut ini merupakan analisa usaha rental mobil yang akan Anda jalankan nantinya :

Analisa Usaha Rental Mobil
Modal awal
DP 3 unit mobil SUV @Rp. 20.000.000,00 Rp 60.000.000,00
Meja kursi dan Atk                                           Rp 2.000.000,00
Pembuatan website                                          Rp 1.500.000,00
———————————————————————
Jumlah                                                                Rp 63.000.000,00

Biaya operasional
Angsuran 3 unit mobil @Rp. 3.000.000,00     Rp 9.000.000,00
Gaji karyawan                                                        Rp 1.000.000,00
Perawatan 3 unit mobil                                        Rp 1.500.000,00
———————————————————————
Jumlah                                                                    Rp 11.500.000,00

Omset
20 hari rental mobil @Rp. 300.000,00 per hari
20 hari x Rp. 300.000,00 x 3 unit mobil = Rp. 18.000.000,00

Keuntungan
Rp. 18.000.000,00 – Rp. 11.500.000,00 = Rp. 6.500.000,00

BEP
Rp. 63.500.000,00 / Rp. 6.500.000,00 = 9,77 bulan = 293 hari

Rincian mengenai biaya atau analisa usaha rental mobil di atas hanya dihitung dari rata-rata untuk kepemilikan 3 unit mobil serta meja kursi dan pembuatan website yang umum saja. Biasanya biaya untuk meja kursi serta APK dan pembuatan website di masing-masing tempat itu berbeda, oleh karena itu  hitungan mengenai analisa usaha rental mobil diatas hanya bisa anda jadikan sebagai patokan untuk cara menghitung modal awal biaya operasional serta omset dan lain-lain nya saja.

Dan itulah yang dapat saya sampaikan mengenai Peluang Dan Analisa Lengkap Usaha Rental Mobil pada artikel saya kali ini.  Semoga informasi yang saya sampaikan kali ini bisa menambah wawasan anda mengenai bisnis rental mobil, serta untuk Anda yang ingin membuka usaha bisnis rental mobil artikel kali ini bisa berguna untuk anda jadikan sebagai gambaran. Terima kasih sudah mampir ke website kami.

Image Credit: Jennifer C.

Leave a Reply