Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Warung Bakso

Usaha kuliner merupakan usaha yang sangat menjanjikan sekali apabila kuliner yang disajikan tersebut rata-rata memiliki harga yang murah dengan kualitas yang bagus dan rasa yang enak.

Yang namanya makanan pasti dibutuhkan oleh orang setiap harinya, maka dari itu inilah alasan kedua mengapa  bisnis kuliner itu merupakan bisnis yang menjanjikan dan bisa dijadikan sebagai pekerjaan dengan penghasilan yang memuaskan apabila ditekuni dan dijalankan dengan baik dan benar.

Untuk Anda orang-orang yang sedang ingin bergelut di dunia bisnis  utamanya adalah bisnis kuliner, pada artikel saya kali ini saya ingin membahas dan memberikan informasi untuk anda mengenai peluang usaha kuliner berupa bakso beserta cara memulai, hal apa saja yang perlu disiapkan  lengkap dengan analisanya.

Seperti yang sudah saya katakan tadi di awal, bahwa usaha kuliner merupakan usaha yang cukup menjanjikan karena setiap orang membutuhkan makanan setiap harinya dan salah satu usaha kuliner yang menjanjikan adalah bakso, karena bakso ini rata-rata memiliki harga murah terjangkau dan cara pembuatannya yang  mudah untuk dipelajari.

Untuk Anda orang-orang yang sedang ingin terjun ke dunia bisnis maka kuliner bakso ini bisa menjadi salah satu pilihan bijak untuk anda geluti, karena pasalnya bakso sering dipilih oleh orang-orang sebagai makanan favorit atau pengganjal perut ketika sedang lapar dan mencari tempat makan.

Namun untuk bisa membuat orang orang tertarik makan bakso di warung bakso Anda nantinya, tentu saja Anda harus mempersiapkan segalanya dengan matang, baik dari segi persiapan apa saja yang harus anda perhatikan, sampai dengan cita rasa bakso yang Anda berikan kepada konsumen.

Tak hanya itu saja, karena bakso merupakan makanan yang cukup favorit dan banyak di pilih oleh orang-orang, maka banyak juga para pebisnis yang memilih bisnis bakso ini sebagai pekerjaan mereka, jadi maksudnya adalah pesaing Anda pada usaha kuliner bakso ini cukup ketat juga.

Tapi jangan terlalu khawatir, karena anda tetap bisa memperoleh konsumen setia Anda walaupun Anda masih akan menggeluti usaha ini, asalkan Anda harus bisa menyajikan rasa yang enak pada bakso anda dan juga memberikan keunikan lain supaya bisa mengundang lebih banyak konsumen yang berminat untuk menyantap bakso di warung Anda nantinya.

Dengan cara memberikan produk bakso yang enak berkualitas serta unik dibanding yang lain maka akan sangat mudah sekali untuk anda bisa menggaet konsumen  yang sedang ingin bersantap bakso.

Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Warung Bakso

Menjalankan usaha bisnis memang membutuhkan modal yang tidak sedikit dikarenakan harus memiliki tempat berjualan dan juga memiliki modal untuk bisa digunakan membeli  bahan baku dari makanan yang akan anda sajikan nantinya.

Mungkin anda bisa berjualan bakso terlebih dahulu lewat gerobak yang didorong, hal ini selain lebih menghemat penyewaan tempat untuk Anda yang tidak memiliki cukup ruang atau tempat yang strategis untuk dijadikan sebagai warung, berjualan bakso dengan gerobak ini juga bisa anda manfaatkan sebagai ajang promosi supaya bakso anda lebih dikenal oleh orang sehingga  nantinya.

Jika anda sudah memiliki cukup uang dari usaha bisnis berjualan bakso anda, dan orang-orang sudah mengenal cita rasa yang enak dan keunikan dari bakso yang Anda jual, maka anda pun tidak akan kesusahan lagi untuk membangun warung di tempat yang strategis.

Untuk memulai bisnis usaha kuliner bakso ini, modal awal yang dibutuhkan memang cukup tinggi yaitu sekitar 20 jutaan, oleh karenanya dengan modal sebesar itu Anda harus mengelola usaha bakso Anda ini dengan sebaik mungkin hingga nantinya usaha bakso anda bisa berjalan lancar dan anda tidak merugi.

Persiapan yang matang dan benar serta pengetahuan yang lengkap mengenai usaha bisnis bakso yang akan Anda jalankan merupakan hal yang paling penting sebelum anda memulai untuk bisnis bakso ini.

Berikut ini adalah analisa yang bisa anda gunakan sebagai gambaran agar bisa mengetahui pengeluaran yang akan anda gunakan untuk memulai usaha bisnis bakso Anda tersebut.

Peluang bisnis bakso rumahan rata-rata memiliki untung yang besar karena tidak perlu mengeluarkan uang sewa untuk menyewa tempat  atau warung yang digunakan untuk berjualan bakso. Namun seperti yang sudah saya katakan diatas itu, semua harus dimulai terlebih dahulu dengan cara berjualan bakso menggunakan gerobak supaya banyak orang yang mengetahui bakso Anda, sehingga Anda nantinya memiliki pelanggan setia yang suka memakan bakso anda.

Jika sudah begitu anda pun bisa mulai membuka bisnis bakso di rumah Anda atau menyewa tempat karena sudah ada pelanggan setia yang siap menyantap bakso Anda tanpa Anda harus  berkeliling menggunakan gerobak lagi.

Berikut ini adalah analisa dari usaha bisnis bakso  yang bisa anda jadikan sebagai gambaran modal yang anda butuhkan.

Analisa Usaha
Investasi Modal Awal :
Meja & kursi – Rp. 500.000
Gerobak/etalase – Rp. 1.500.000
Peralatan makan – Rp. 350.000
Alat Memasak – Rp. 750.000
Lain-lain – Rp. 200.000
Total investasi yang dibutuhkan =Rp. 3.300.000

Biaya Operasioal Untuk 1 Bulan
Biaya Tetap :
Penyusutan meja dan juga kursi (1/24) x Rp. 500.000 = Rp. 20.000
Penyusutan peralatan untuk makan (1/12) x Rp. 350.000 = Rp. 29.000
Penyusutan Grobak (1/36) x Rp. 1.500.000 = Rp. 41.500
Penyusutan alat masak (1/36) x 750.000 = Rp. 20.000
Penyusutan lain-lain (1/12) x Rp. 200.000 = Rp. 16.500
Total penyusutan tetap = Rp. 127.000

Biaya Tetap Lainnya :
Listrik, air, dan kebersihan – Rp. 500.000
Sewa tempat – Rp. 1.000.000
Mie (3Kg x Rp. 5.000/Kg x 30 hari) – Rp. 450.000
Daging sapi (3Kg x Rp. 100.000/Kg x 30 hari) – Rp. 9.000.000
Kuit pangsit (1Kg x Rp.6.000/Kg x 50 hari) – Rp. 180.000
Tahu (15 biji x Rp. 1.500/biji x 30 hari) – Rp. 225.000
Bumbu dan sayur-sayuran (Rp. 40.000/hari x 30 hari) – Rp. 1.200.000
Gas 3Kg (2 tabung x Rp. 16.000/tabung x 30 har) – Rp. 960.000
Gaji karyawan/bulan – Rp. 500.000
Total biaya tetap untuk yang lain = Rp. 14.015.000
Total biaya operasional selain investasi = Rp. 14.142.000

Estimasi pemasukan dan  keuntungan usaha bakso:
Penjualan bakso setiap bulannya – 50 porsi x Rp. 12.500 x 30 hari = Rp. 18.750.000
untung atau laba bersih perbulan – Rp. 18.750.000 – Rp. 14.142.000 = Rp. 4.608.000

Perlu Anda ketahui bahwa usaha bakso dengan menggunakan analisa diatas hanya rata-ratanya saja. Mungkin ada beberapa hal yang tidak memiliki harga sama  dengan apa yang tertulis pada analisa diatas. Hal tersebut sangat bergantung di mana tempat Anda membeli beberapa item pada analisa diatas  dan juga kualitas yang anda inginkan pada tiap-tiap item nya.

Sekedar tips saja bagi Anda yang  pemula dan ingin memulai usaha bisnis bakso ini, ada baiknya jika anda terlebih dahulu survey ke beberapa penjual bakso untuk menanyakan hal-hal penting yang belum Anda ketahui. Hal-hal penting tersebut seperti misalkan saja bahan-bahan yang boleh atau tidak boleh dimasukkan supaya bisa menghasilkan cita rasa bakso yang enak atau hal-hal yang berhubungan dengan kualitas dari rasa bakso yang akan  anda buat nantinya.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa survey mengenai  kekurangan dan kelebihan pada masing-masing warung bakso yang ada di sekitar Anda supaya Anda bisa mengadopsi kelebihannya serta tidak meniru kekurangannya. Dengan cara seperti itu, maka akan lebih mudah lagi untuk anda mendapatkan konsumen setia lebih cepat.

Kisah Sukses Pebisnis Warung Bakso
Sebagai tambahan untuk inspirasi supaya Anda lebih bersemangat untuk memulai usaha bakso anda, berikut ini adalah salah satu biodata tentang seorang pengusaha bakso sukses  yang dahulunya memulai usaha bisnis bakso ini hanya dengan modal Rp2.500.000 dan sekarang sudah memiliki untung yang cukup besar dari beberapa cabang bakso yang didirikannya. Sekitar 15 sampai dengan 100 juta Rupiah dari masing-masing cabang bakso dan telah bisa mempekerjakan karyawan sebanyak 500 orang.

Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Warung Bakso

Henky Eko sriyantono namanya, beliau ini merupakan pemilik bakso Cak Eko yang dulunya mengalami 10 kali kegagalan dalam bisnis dan bisnis yang ke-11 yaitu bisnis kuliner bakso ini merupakan bisnis sukses yang meledak dan bisa dijadikan sebagai tumpuan penghasilan sehari-harinya.

Ia mengaku bahwa pertama kali menjalankan bisnis dengan menggunakan modal Rp800.000 adalah menjalankan bisnis HP second yang mana bisnis tersebut diakuinya memiliki untung yang lumayan di awal saja namun semakin hari omset dari bisnis HP second ini merosot hingga membuatnya bangkrut dan pindah ke bisnis lain yaitu MLM.

Bisnis yang tengah gencar pada masanya itu hanya bisa bertahan 6 bulan saja karena beliau tidak kuat menjalankan usaha tersebut dan akhirnya beliau mulai untuk merambah ke bisnis lain yaitu pada sektor agrobisnis yang memakan modal cukup besar yaitu 40 juta rupiah. Modal tersebut didapatkan dari patungan dengan teman-temannya namun sayangnya setelah tepat 4 bulan bisnis tersebut dijalankan beliau mengalami gagal panen hingga uangnya amblas dan tidak bisa dikembalikan.

Dan masih banyak lagi usaha bisnis yang telah dijalankan oleh Eko ini dan beliau sudah  kenyang mengalami masa jatuh bangun di dalam bisnis. Tapi karena kegigihan beliau yang selalu ingin merubah nasib dan tidak suka menyerah maka ia terus mencoba melakoni bisnis yang lain sampai akhirnya bisa memiliki usaha bisnis bakso yang sangat menjanjikan sampai sekarang ini.

Untuk  biografi yang lebih lengkap mengenai Henky Eko sriyantono atau kerap dipanggil Cak Eko ini anda bisa mencarinya lebih lengkap di internet. Berikut ini telah saya sertakan sedikit biodata mengenai Henky Eko sriyantono pengusaha bisnis bakso sukses  setelah 10 kali bangkrut menjalani berbagai macam usaha bisnis  yang bisa anda gunakan untuk menambah inspirasi serta semangat anda di dalam membangun usaha bisnis bakso anda

Biodata Mas Hengky
Nama : Hengky Eko Sriyantono
TTL : 5 Mei 1974
Pendidikan : S2 Teknik Sipil Manajemen Proyek Universitas Indonesia , S1 Teknik Sipil ITS
Nama Usaha : Bakso Malang Kota Cak Eko

Demikian artikel kami mengenai Peluang dan Analisa Lengkap Usaha Warung Bakso. Semoga menginspirasi anda  dan terimakasih sudah mampir ke website kami.

Leave a Reply