Peluang dan Analisa Usaha Bimbingan Belajar

Usaha bimbingan belajar merupakan usaha yang menjanjikan  untuk Anda orang-orang yang pintar dan memiliki pemahaman terhadap pelajaran.

Bimbingan belajar tentu sangat perlu sekali ada di lingkungan yang didominasi oleh banyak anak  dengan pendidikan SD, SMP, SMA maupun bangku kuliah. Khususnya adalah anak SD yang biasanya sering memerlukan bimbingan di dalam pembelajarannya dan masih peduli terhadap  pelajaran yang mereka terima di sekolah.

Di era modern seperti sekarang ini orang-orang atau para orang tua yang memiliki anak yang masih mengenyam pendidikan entah itu SD atau SMP bahkan juga SMA, terkadang para orang tua merasa sibuk untuk mengurusi pekerjaan masing-masing sampai mereka tidak dapat membimbing anaknya di dalam hal pembelajaran. Oleh karena itu peluang untuk membuka bisnis bimbingan belajar ini sangatlah tepat untuk anda yang berada di lingkungan pendidikan.

Pada artikel kali ini saya ingin memberikan informasi mengenai cara untuk membuka bimbingan belajar dengan modal yang bisa dikatakan tidak banyak untuk memulai suatu usaha. Jika anda adalah orang yang pintar dan paham akan pelajaran, serta memiliki lingkungan yang mendukung untuk membuka bisnis usaha bimbingan belajar ini tentu saja Anda tidak boleh menyia-nyiakannya.

Usaha bimbingan belajar ini bisa anda buka di rumah Anda sendiri tanpa perlu membuka atau membangun lagi bangunan untuk dijadikan sebagai  tempat bimbingan belajar Anda nantinya.

Memang banyak tempat bimbingan belajar besar dengan bangunan  yang telah ada di tiap-tiap kota dan sudah terkenal sebut saja seperti bimbingan belajar “Ganesha Operation”. Namun bimbingan belajar sekelas itu hanya bisa dijangkau saja oleh orang-orang yang berduit atau kaya saja, lalu untuk orang-orang yang menengah ke bawah dan ingin untuk memasukkan anak mereka ke tempat bimbingan belajar tentu ini juga merupakan peluang yang bagus juga untuk anda karena rata-rata  orang menengah ke bawah itu lebih banyak jika dibandingkan dengan orang menengah ke atas, sehingga jika anda membuka usaha bimbingan belajar anda di rumah pasti akan banyak juga orang-orang yang memiliki kapasitas menengah ke bawah dan ingin memasukkan anak mereka ke tempat bimbingan belajar anda.

Peluang dan Analisa Usaha Bimbingan Belajar

Untuk dapat mempersiapkan tempat bimbingan belajar ini  Anda tidak perlu repot-repot untuk mempersiapkan segalanya mulai dari nol karena anda hanya perlu untuk mempersiapkan modal awalnya saja dan selanjutnya hanya perlu konsisten untuk melanjutkannya, silahkan baca  cara untuk membuka usaha bimbingan belajar mulai dari persiapannya sampai dengan pelaksanaan dan promosi serta analisis usaha  bimbingan belajar Anda nantinya di bawah ini.

Persiapan
Tentu saja yang pertama adalah persiapan mengenai bagaimana cara untuk membuka sebuah usaha bimbingan belajar,  beberapa persiapan yang harus anda lakukan untuk membuka usaha bimbel adalah sebagai berikut :

Pengalaman mengajar
Jika anda memiliki pengalaman sebagai guru atau pun juga memiliki pengalaman di dalam mengajar itu sangat bagus sekali. Namun jika tidak atau belum pernah mengajar anda tidak perlu khawatir karena anda bisa mempelajari dan mendapatkan segala materi dan cara mengajar dari teman-teman Anda, buku ataupun juga internet.

Ilmu Penguasaan Materi
Ilmu merupakan hal kedua yang harus Anda persiapkan karena dengan ilmu inilah Anda nantinya bisa mengajar dan memberi tahu dengan benar mengenai materi atau soal yang tidak diketahui oleh murid bimbel Anda nantinya. Namun terkadang meskipun anda memiliki ilmu yang banyak serta Anda juga bisa memahami  segala jenis pelajaran, akan ada waktu sulit dimana anda tidak bisa mengaplikasikan pelajaran atau ilmu yang Anda punyai terhadap orang lain atau murid bimbel anda.

Oleh karenanya yang harus anda lakukan sebagai persiapan diri adalah Anda harus mengetahui bagaimana cara untuk mendekati anak-anak dan bagaimana untuk mengajari dan menyampaikan ilmu yang tepat kepada anak-anak, supaya mereka dapat dengan mudah memahami dan akhirnya bisa menyelesaikan soal yang sulit  yang sebelumnya tidak mereka mengerti.

Ada baiknya jika Anda juga bisa memberikan mereka motivasi dan Anda juga harus memiliki komunikasi yang baik dengan mereka supaya mereka bisa paham  dengan betul dan akhirnya nyaman untuk belajar di tempat bimbel anda. Tak hanya itu saja, Anda juga harus percaya diri dan tidak perlu takut saat mengajar  supaya ilmu yang Anda berikan juga lebih mudah untuk dipahami.

Fasilitas
Fasilitas yang harus anda miliki adalah kursi meja papan tulis spidol buku-buku pelajaran dan kertas serta Anda juga harus mempersiapkan ruangan khusus untuk berlangsungnya bimbel  anda. Tempat yang Anda pilih haruslah nyaman saat digunakan untuk belajar dan usahakan supaya tempat tersebut tidak terlalu berisik sehingga anak-anak yang belajar di ruangan tersebut bisa dengan mudah berkonsentrasi  dan mereka juga akan lebih paham mengenai ilmu yang anda berikan. Jika ada dan dibutuhkan Anda juga bisa menambahkan fasilitas seperti kipas angin dan juga proyektor.

Persiapan kurikulum yang mendukung
Setiap tahun mungkin kurikulum bisa berubah, oleh karenanya anda perlu mempersiapkan kurikulum pendukung sebagai bahan mengajar anda kepada anak-anak nanti.

SDM (Sumber Daya Manusia)
Anda perlu mempersiapkan sumber daya manusia yang lain yang memiliki pemahaman juga mengenai pelajaran sehingga dapat membantu anda kalau kalau nanti anak didik Anda jumlahnya melebihi kapasitas  anda untuk mengajarinya.

Motivasi diri
Untuk memulai sebuah usaha tentunya ada hal-hal yang bisa membuat seseorang runtuh motivasinya sehingga Anda harus membangun motivasi diri Anda dengan cara mengikuti training training motivasi atau banyak-banyak membaca  buku atau artikel mengenai motivasi.

Promosi dan Pemasaran
Jika anda telah mempersiapkan beberapa hal di atas  sekarang anda bisa mulai untuk mempromosikan tempat bimbingan belajar anda dengan beberapa cara di bawah ini :

Membagikan brosur disekolah
Anda dapat membagikan brosur mengenai bimbingan belajar Anda ke sekolah sekolah di sekitar Anda, Anda dapat bekerja sama dengan sekolah tersebut atau juga langsung mempromosikan bimbingan belajar anda dengan cara membagikan brosur kepada para siswa di sekolah tersebut saat mereka pulang sekolah dan berhamburan di pintu gerbang  keluar.

Promosi ke masyarakat sekitar
Selain promosi di sekolah, Anda juga harus mempromosikan bimbingan belajar Anda ke masyarakat sekitar karena usaha anda merupakan usaha rumahan di rumah Anda sendiri sehingga pastinya jika anda terkenal pintar di lingkungan Anda akan banyak orang-orang sekitar yang mau memasukkan anak mereka ke tempat bimbel anda, untuk masyarakat sekitar Anda bisa memberikan potongan harga untuk ruang les untuk anak-anak yang kurang mampu sehingga pastinya  mereka akan tertarik untuk masuk ke tempat bimbingan belajar anda.

Promosi online
Anda tentu memiliki media sosial seperti halnya Facebook, Twitter, atau Instagram. Namun jika tidak punya Anda bisa membuatnya terlebih dahulu serta bisa anda gunakan untuk mempromosikan tempat bimbingan belajar anda melalui media sosial tersebut.

Hambatan
Adanya peluang dan usaha pasti juga hambatan tersendiri. Berikut ini merupakan beberapa hambatan yang akan anda hadapi untuk  tempat bimbingan belajar anda untuk antisipasi sebelum anda memulai bisnis ini :

  • Tidak adanya anak-anak atau murid yang datang untuk mendaftarkan diri
  • Rasa malas serta bosan di dalam pembelajaran yang Anda lakukan terhadap para siswa yang ada di tempat bimbingan belajar anda Serta untuk anda para ibu rumah tangga mungkin akan bentrok jadwalnya dengan kegiatan rumah tangga anda apalagi saat tempat belajar anda makin banyak diminati oleh  para siswa dan anak-anak  yang ingin mendaftar.

Analisis Usaha

Modal awal
Kursi
15 x @Rp 250.000 = Rp 3.750.000 (ini hanya perkiraan kami saja karena harga kursi dibeda tempat mungkin berbeda)
Papan tulis = Rp   750.000
Total Rp 4.500.000,00

Peralatan operasional:
a. Spidol 5 x @Rp 20.000           Rp 100.000
b. Penghapus White Board          Rp   10.000
c. Buku-buku pelajaran               Rp 250.000
———————————————————
Jumlah          Rp 360.000

Perhitungan laba atau rugi per bulannya :
Pendapatan : Iuran 15 anak x @150.000 = Rp2.250.000,00 (dengan perkiraan biaya Rp150.000/orang untuk 8 kali pertemuan)

Biaya pengeluaran Anda perbulannya untuk usaha ini:
Listrik                         Rp 150.000
Fotokopi kertas         Rp 100.000
Biaya Perlengkapan  Rp 360.000
Biaya tak terduga     Rp 150.000
—————————————————————–
Jumlah          Rp760.000,00
Jika ditotalkan semuanya maka laba atau rugi bersih adalah
Pendapatan (2.250.000) – Biaya pengeluaran (760.000) = Rp1.490.000,00

Analisis usaha yang telah saya jabarkan di atas tadi adalah analisis berdasarkan jika anda membuka usaha bimbingan belajar anda di rumah Anda sendiri yang artinya anda tidak perlu menyewa tempat yang tentu saja memerlukan biaya lebih. Namun Apabila rumah Anda tidak memungkinkan untuk dijadikan sebagai tempat bimbel, Anda bisa menyewa tempat yang strategis dan ideal untuk didirikan sebagai usaha bimbingan belajar anda seperti halnya tempat yang dekat dengan sekolah atau banyak dilewati oleh angkutan umum, anda dapat memasukkan biaya penyewaan tadi pada biaya pengeluaran dan menghitung biaya total/modal yang anda butuhkan serta anda juga perlu mempertimbangkan lagi untuk harga yang anda patok tiap bulannya kepada anak didik anda supaya anda tidak rugi.

Jika setelah anda membaca analisis mengenai tempat bimbingan belajar ini dan anda tertarik untuk membuka usaha bimbingan belajar, maka ada beberapa tips yang harus anda baca dibawah ini supaya  bisa dengan lancar memulai usaha bimbingan belajar anda.

Lakukanlah survey ke tempat bimbingan belajar yang lain agar anda bisa mengetahui kelemahan yang dimiliki oleh tempat bimbingan lain, serta keunggulannya  yang nantinya dapat anda tiru keunggulannya serta tidak melakukan kelemahan yang mereka lakukan. Anda bisa melakukannya dengan cara meminta brosur kepada tempat bimbingan tersebut atau bertanya informasinya kepada orang-orang yang sudah berenang   belajar di tempat bimbingan tersebut.

Membuka bimbingan usaha akan lebih baik jika anda memiliki konsep tersendiri, misalkan saja memberikan visi misi yang jelas sehingga akan bisa lebih terkonsep usaha anda nantinya dan akan dapat menyedot banyak orang untuk yakin memasukkan anak mereka ke tempat bimbel anda. Visi misi yang anda buat haruslah dapat meyakinkan para orang tua bahwa anda bisa  dan mampu untuk mendidik anak mereka sehingga dapat menjadi lebih baik dalam bidang pelajaran.

Semoga setelah anda membaca artikel kami kali ini anda dapat yakin untuk membuka usaha bimbingan belajar serta semoga usaha bimbingan belajar anda bisa memberikan penghasilan yang pasti dan sukses.

Terima kasih sudah membaca artikel mengenai peluang dan analisa usaha bimbingan belajar  pada artikel ini.

image by:Daniel X. O’Neil

Leave a Reply