Peluang dan Tips Bisnis Rumahan Menguntungkan di Bidang Kuliner

Memiliki bisnis sendiri merupakan impian kebanyakan orang karena bisnis memang lebih banyak memberikan keuntungan. Bekerja sebagai karyawan dengan gaji yang pas-pasan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Peningkatan gaji juga harus melalui beberapa proses. Naik pangkat juga membutuhkan berbagai usaha agar pendapatan yang didapat semakin besar. Banyak orang ingin hidup sejahtera agar dapat membeli barang-barang yang tidak hanya yang dibutuhkan, tapi yang juga diinginkan. Sehingga bekerja sebagai pebisnis banyak dilirik dengan alasan coba-coba.

Meskipun berbisnis memiliki resiko yang tidak kecil, banyak juga orang yang berani mengambil resiko untuk membuka suatu usaha tanpa mempelajari situasi dan kondisi pasaran. Inilah yang harus Kamu perhatikan jika berencana untuk membuka bisnis. Apalagi jika bisnis Kamu membutuhkan modal yang cukup besar. Harus ada perencanaan yang matang dan jelas, baik segi modal maupun pasar.

Sebenarnya bisnis bisa dilakukan oleh siapa saja. Kamu hanya harus memiliki mental-mental seperti berani mengambil resiko gagal, tidak cepat bosan, tidak mudah menyerah, rajin, tekun, sabar, dan hemat. Jika sifat-sifat tersebut telah dimiliki seorang pebisnis, ia hanya perlu menemukan rencana yang bagus dalam menjalankan usaha.

Mulai dari perencanaan awal, strategi usaha, target pemasaran, iklan dan promosi, dan sebagainya. Bisnis yang dilakukan juga tidak perlu besar-besaran. Cukup dimulai dengan ide usaha rumahan kecil atau menengah. Bahkan yang bisa dilakukan di rumah dan tanpa modal besar.

Pada dasarnya semakin tinggi jumlah penduduk, akan semakin banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Sehingga berbagai bisnis bisa dilakukan jika kamu mengetahui peluang pasar yang ada. Mulai dari bisnis jasa, bisnis kuliner, bisnir properti, bisnis produksi, dan sebagainya.

Salah satu peluang bisnis yang tak ada matinya adalah bisnis kuliner. Apalagi kuliner khas daerah. Jika dapat dikelola dengan baik, peluang ini sangat besar kemungkinan untuk maju. Namun, tak sedikit pula usaha kuliner yang gulung tikar di masa-masa awal usaha.

Maka diperlukan strategi yang pas agar usaha dapat terus berjalan di tengah ketatnya persaingan bisnis kuliner. Usaha ini juga tidak memerlukan modal yang besar. Ada jenis usaha kuliner rumahan yang bisa Anda coba tanpa menyewa kios ataupun memperkerjakan karyawan.

Usaha kuliner rumahan kini banyak dilirik oleh ibu-ibu di rumah yang memiliki kemampuan memasak hebat ala koki restoran. Berbagai model masakan dan minuman bisa menjadi menu andalan ala restoran mini rumahan. Tidak perlu menyewa kios untuk membuka rumah makan. Anda cukup menggunakan teras atau halaman. Sediakan beberapa meja dan kursi. Cukup beberapa saja.

Perencanaan usaha harus dimulai dengan mengamati keadaan sekitar agar menemukan usaha rumahan yang menjanjikan. Bagaimana lingkungan rumah Kamu? Dekat dengan sekolahkah? Kantorkah? Pabrikkah?

Baca juga: Masih Bingung Menentukan Usaha Kuliner Unik? Ini Dia Caranya!

Baca juga: Peluang dan Analisa Lengkap Tentang Usaha Ternak Kambing

Apakah berada di tengah kota atau berada di pelosok gang. Apa dekat halte bus ataupun dekat terminal. Hal-hal tersebut harus dipikirkan. Dari pengamatan inilah Kamu akan menemukan bisnis kuliner apa yang cocok di lingkunganmu agar jualan laku. Misalnya misal di dekat sekolah atau kampus, Kamu bisa membuka bisnis minuman kecil-kecilan dengan beragan varian rasa dan topping untuk menarik minat siswa-siswi sekolahan.

Jika dekat dengan terminal, Kamu bisa membuka warung makan ala warteg yang menyediakan beragam lauk pauk murah meriah karena sasaran pasar adalah sopir, kenek, dan penumpang kelas ekonomi menengah ke bawah.  Jika rumah berada di pelosok gang, strategi pemasaran harus gencar.

Menu juga harus disesuaikan dengan kesukaan para tetangga agar makanan laku dijual. Contohnya menjual gorengan ataupun makanan khas daerah seperti empek-empek, mie khas daerah, seblak, soto, bakso, dan lain-lain. Jika produk Kamu enak dan pas di lidah. Konsumen darimana pun akan datang ke warung meskipun berada di pelosok gang sehingga promosi juga harus dilakukan dengan gencar sekaligus nomorsatukan cita rasa masakan.

merchant-1775241_1280

Credit Image: Pixabay.com

Contoh Ide Usaha Rumahan dengan Modal Kecil dan Untung yang Besar

Inilah beberapa contoh ide usaha rumahan di bidang kuliner yang bisa menjadi pilihan Kamu dalam memulai usaha rumahan modal kecil untung besar.

  1. Jualan kue dan roti rumahan

Kamu bisa menawarkan menerima pembuatan kue dan roti untuk ulang tahun, hajatan, pernikahan, dan lain-lain. Di pagi hari, Kamu bisa berjualan kue-kue basah untuk sarapan pagi ditemani minum teh dan kopi seperti kue cubit, lemper, risol, tahu, dan lain-lain.

Lalu saat menjelang lebaran, tawarkan pembuatan kue kering seperti nastar, kastangel, semprit, dan lain-lain. Kamu juga bisa menawarkan pembuatan kue sponge, brownies, atau blackforest untuk hajatan, kue pernikahan, kue ulang tahun, dan lain-lain. Promosi bisa dilakukan kepada orang-orang terdekat, saudara-saudara, maupun para tetangga.

  1. Catering

Bisnis katering untuk hajatan, pesta ulang tahun, pesta pernikahan, ataupun pemesanan makan siang dari berbagai instansi seperti sekolahan, rumah sakit, kantor, dan lain-lain. Banyaknya ibu-ibu yang sibuk bekerja di luar rumah sehingga malas memasak membuat mereka lebih banyak melakukan pemesanan. Makanan katering juga dinilai lebih bersih dan higienis. Inilah yang membuat bisnis katering semakin banyak diminati karena menjadi usaha rumahan modal kecil untung besar.

  1. Membuka warung makan di depan rumah

Sediakan berbagai lauk pauk dengan harga murah meriah. Warung ini juga biasa disebut warteg. Apalagi jika rumah Kamu terletak di area kampus, perkantoran, atau dekat terminal dan stasiun. Sasaran pasar pastilah para mahasiswa, pegawai kantoran, sopir dan penumpang.

  1. Membuka bisnis pembuatan kerupuk

Makanan satu ini sangat laku di pasaran. Rata-rfata warung makan selalu menyediakan kerupuk sebagai teman pelengkap makanan. Bahan-bahan pembuatan kerupuk juga dapat ditemukan dengan mudah. Kamu hanya perlu belajar bagaimana pembuatannya sehingga nanti tidak hanya mahir tapi mampu berinovasi terhadap produk.

  1. Warung Sarapan Pagi

Ide usaha rumahan lainnya adalah membuka kedai sarapan pagi seperti bubur atau nasi uduk. Kebanyakan ibu-ibu sering tidak sempat membuatkan sarapan untuk keluarga. Prospek usaha ini sangat bagus jika rumah terletak di kawasan penduduk padat yang berkecukupan seperti di kota. Mulai dari ibu-ibu hingga pegawai kantoran dan mahasiswa akan meramaikan warungmu.

  1. Membuka usaha warung mie ayam

Makanan ini menjadi kesukaan umum. Banyak orang menyukai makanan ini karena harga yang murah, enak, dan mengeyangkan. Bahan yang diperlukan juga mudah didapat dan murah. Resep masakan ini bisa dipelajari di internet.

  1. Membuat keripik dan camilan rumahan

Makanan ini sering dicari untuk mengisi stoples saat lebaran. Camilan juga sering ditaruh di atas meja makan sebagai teman bersantai ataupun kumpul-kumpul dengan teman di rumah. Kamu bisa membuat usaha pembuatan berbagai macam keripik dan camilan rumahan dan menjualnya di kios kecil.

  1. Membuka warung jus buah segar di depan rumah

Tambahkan juga camilan-camilam kecil seperti bermacam-macam gorengan. Misalnya pisang goreng, tempe goreng, tahu isi, bakwan, dan lain-lain.

  1. Jajanan Kecil

Jika rumah Kamu berada dekat dengan sekolahan ataupun kampus, membuka warung minuman kecil adalah peluang yang bagus. Kamu hanya perlu bermodal gerobak, blender, dan gelas-gelas plastik minuman. Variasikan rasa dan topping untuk membuat menu terlihat lebih menarik dan membuat konsumen memiliki banyak pilihan.

  1. Kuliner yang Trend

Untuk usaha yang lebih menarik dan diminati anak-anak dan remaja adalah makanan ringan yang unik seperti takoyaki, roti bakar, sosis bakar, pisang coklat, martabak mini, dan lain-lain. Jenis usaha ini adalah trend usaha rumahan terkini yang banyak dilakukan orang sebagai usaha sampingan juga. Makanan ini banyak diminati karena rasanya yang enak untuk camilan malam-malam. Dengan bermodal gerobak dan alat-alat masak, usaha ini sudah bisa dimulai di depan rumah.

Itulah 10 jenis usaha kuliner rumahan yang mempunyai prospek bagus untuk dijalankan. Tidak hanya ibu-ibu rumah tangga, karyawan juga dapat menjalankan usaha  ini di sela-sela kesibukan kerja. Pekerjaan ini juga bisa dilakukan di rumah sesuai dengan peluang kerja yang ditawarkan di sekitar lingkungan.

Jika dilakukan dengan tekun dan sabar, ide usaha rumahan tersebut dapat berjalan sesuai rencana dan bisa saja berkembang menjadi lebih besar. Sudah banyak usaha-usaha kuliner skala kecil yang berkembang hingga memiliki kios atau restoran sendiri. Bahkan hingga perlu membuka cabang.

Kamu tentu tahu Warung Spesial Sambal yang sudah memiliki banyak cabang di berbagai kota di Indonesia. Inilah salah satu kisah inspiratif wirausaha kuliner yang dilakukan oleh Yoyo Hery Wahyono, pemilik Warung Spesial Sambal yang terkenal dimana-mana.

Warung makan ini mengalami proses yang panjang hingga menjadi seperti sekarang. Dimulai dari warung tenda dan penghasilan yang pas-pasan. Namun kini memiliki pelanggan setia di seluruh Indonesia.

Adapula Rangga Umara sang pemilik pecel lele kelas restoran yang dikenal dengan Lele Lela. Cabang restoran ini sudah tersebar dimana-mana di seluruh Indonesia. Berdirinya usaha kuliner ini juga tidak mudah dengan menu utama Lele yang sudah umum di setiap rumah makan.

Namun berkat kerja keras dan inovasi terus-menerus, usaha kuliner ini sudah memiliki 50 cabang di Indonesia. Kisah-kisah inspiratif ini membuktikan bahwa usaha mungkin saja berkembang besar jika diikuti dengan sabar dan tekun. Jangan lupa pula untuk yakin dan tidak cepat bosan terhadap usaha yang dijalankan.

Tips Menjalankan Bisnis Kuliner Rumahan untuk Pemula

Tentu saja ada beberapa tips yang harus dilakukan dalam menjalankan usaha kuliner rumahan.

Pertama, Kamu harus dapat mengatur keuangan. Tentukan berapa harga produksi dan buatlah manajemen keuangan yang tepat agar tidak terjadi ketidakjelasan keuangan yang bisa saja mengakibatkan kerugian.

Yang kedua, Kamu juga harus menentukan lokasi yang pas hingga mudah diakses konsumen. Berbicara mengenai bisnis rumahan, cukuplah dengan menyesuaikan dengan kebutuhan masyarakat sekitar sebagai sasaran pasar.

Yang ketiga, warungmu harus memiliki menu andalan yang khas untuk menggaet konsumen. Jangan lupa sesuaikan dengan target pasar.

Yang keempat, promosi harus dilakukan dengan tepat. Usaha rumahan yang menjanjikan adalah usaha yang melakukan promosi gencar dan pemasaran yang tepat sehingga diminati pelanggan.

Yang kelima, tentukan sasaran pasar untuk menentukan menu dan harga agar sesuai dengan dompet konsumen sehingga makanan laku dijual.

Yang terakhir, tentu saja sumber daya manusianya harus bagus. Yaitu Kamu sendiri sebagai calon pengusaha yang akan menjalankan usaha. Kamu harus pandai mengatur waktu dan kemampuan agar usaha berpeluang untuk sukses.

Leave a Reply