Peluang Usaha Ternak Modal Kecil Rumahan

Menjadi seorang pekerja atau karyawan di sebuah perusahaan besar menjadi impian banyak orang khususnya bagi kalangan muda yang baru saja lulus atau fresh graduate.

Segala macam lowongan pekerjaan menjadi seorang karyawan pada suatu perusahaan selalu menjadi yang dicari-cari. Jika sudah tertarik maka kemudian memasukan berbagai surat lamaran kepada perusahaan terkait.

Namun banyaknya universitas yang mencetak sarjana membuat persaingan untuk mendapatkan pekerjaan sangatlah ketat. Perbandingan seseorang bisa masuk dan bekerja di sebuah perusahaan besar yaitu 1:1000.

Perbandingan yang cukup besar bukan? Hal ini dikerenakan banyak sekali lulusan sarjana dari berbagai universitas yang ada di Indonesia yang ingin bercita-cita iningin menjadi karyawan.

Sekarang ini bekerja menjadi seorang karyawan pada suatu perusahaan tidak dapat menjamin mendapatkan kesejahteraan.

Bahkan terdapat juga banyak kasus dimana banyaknya sarjana yang menganggur karena hanya mengejar menjadi karyawan saja dan tidak mau membuka diri untuk melakukan suatu usaha selain menjadi seorang karyawan.

Perlu anda ketahui, bahwa sekarang ini usaha ternak merupakan usaha yang sedang banyak dirintis oleh banyak orang.

Mengapa harus usaha ternak? Karena peluang usaha ternak memiliki prospek yang baik. usaha ternak akan dengan cepat memutarkan kembali modal yang anda keluarkan.

Banyak yang tidak tahu bahwa hampir pebisnis di bidang ternak ini banyak yang sukses dan berkembang karirnya. Hal tersebut terjadi karena sedikitnya minat anak muda dalam menjalankan bisnis ternak.

Mereka beranggapan bahwa menjadi seorang karyawan lebih baik dari pada menjadi seorang pebisnis ternak. Namun siapa sangka jika bisnis ternak menjadi primadona pada jaman yang modern ini.

yap, banyak yang tidak tahu jika memulai suatu usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil bisa dilakukan. Siapa saja yang memiliki jiwa pebisnis yang tinggi pasti akan menangkap peluang usaha ternak dengan baik.

Dilihat dari sector pasar, usaha ternak konsumsi saat ini banyak dicari karena banyak pengusaha kuliner yang harus menyajikan berbagai hidangan yang berasal dari hewan ternak.

Usaha Ternak yang Bisa Anda Coba
Peluang usaha ternak hewan untuk dikonsumsi menjadi sebuah peluang usaha yang sangat menjanjikan mengingat kebutuhan di pasaran yang selalu meningkat.

Berikut ini merupakan segelintir usaha ternak hewan yang bisa dijadikan sebuah referensi bagi anda yang ingin merintis usaha dibidang ternak ini.

Peluang Usaha Ternak Modal Kecil Rumahan

yuk langsung saja ini dia peluang usaha ternak yang menjanjikan yaitu antara lain:

Ternak Ayam Potong
Yap, usaha ternak yang pertama adalah ternak ayam potong. Sekarang ini banyak sekali orang memiliki usaha dibidang kuliner dan menyajikan menu yang terbuat dari ayam.

Mulai dari restoran mewah, rumah makan keluarga, sampai dengan kedai-kedai yang berada dipinggir jalan pun juga banyak yang menjajakan aneka kuliner yang berbahan dasar dari ayam.

Di Indonesia sendiri ayam menjadi makanan favorit oleh hampir sebagian besar masyarakat Indonesia. Banyak pebisnis kuliner yang berlangganan menstok ayam untuk kebutuhan per harinya dalam jumlah yang sangatlah besar.

Bahkan terkadang mereka harus mengurangi kebutuhannya karena stok ayam yang menipis. Hal ini yang menjadikan ternak ayam memiliki potensi yang besar dan menjanjikan karena segmen pasar yang sudah sangat tinggi.

Bagi pemula yang baru saja merintis, usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecilĀ  sangat memungkinkan untuk dilakukan. Dengan mengelola usaha dengan baik nantinya pasti akan dengan cepat balik modal dan bisa memperlebar bisnis yang anda jalankan.

Tentunya jika anda bisa menangkap peluang besar ini, harus benar-benar ada kemauan dari dalam diri sendiri untuk mau memulai, mau belajar, berani mengambil resiko yang cukup besar. Effort yang besar pasti akan mendapatkan feed back yang baik pula.

Ternak Lele
Beternak ikan lele menjadi sebuah peluang usaha ternak di lahan sempit yang bisa anda lakukan dirumah.

Beternak ikan lele merupakan salah satu sector usaha budidaya hewan ternak konsumsi yang terus meningkat, pasalnya hampir setiap masyarakat mengkonsmsi ikan lele ini setidaknya sebulan beberapa kali.

Belum lagi banyak sekali rumah makan atau restoran yang menyajikan menu ikan lele, hal inilah yang menjadikan ikan lele memiliki tingkat permintaan pasar yang sangat tinggi.

Usaha berternak ikan lele bisa dilakukan melalui dua metode yaitu menggunakan metode kolam tetap yang dibuat dengan menggunakan beton, ataupun beternak lele dengan menggunakan metode kolam ternak yang dapat dibuat di lahan sempit dan bisa dipindahkan kemana saja.

Nah metode yang kedua ini bisa anda terapkan ketika anda hanya punya pekarangan rumah yang sempit. Dengan melakukan sedikit modifikasi, kolam dengan menggunakan terpal dapat anda coba sendiri dirumah.

Selain itu dengan menggunakan terpal menjadikan usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil yang dapat benar-benar terealisasi dan benar-benar dapat anda jalankan.

Namun tentunya dalam pelaksanaan budidaya ini harus sesuai dengan SOP yang memang harus dilakukan agar pelaksanaan budidaya menjadi tepat dan budidaya ikan lele dapat berjalan dengan lancar.

Budidaya Ayam Petelur
Peluang usaha ternak yang satu ini juga sangat menjanjikan karena bisa mendapatkan dua keuntungan yaitu selain menghasilkan produk telor, bisa juga menjual ayam petelur yang sudah afkir untuk dijadikan ayam potong.

Seperti yang sudah diketahui bahwa telur merupakan sudah menjadi makanan pokok sehari-hari masyarakat Indonesia yang memiliki nilai gizi tinggi. hal inilah yang menjadikan segmen pasar penjualan telur memiliki prospek yang sangat baik.

Bisnis ayam petelur banyak dikenal mampu menberikan keuntungan yang besar di kalangan para pebisnis hewan ternak.

Hanya saja, untuk merintis usaha ternak ayam petelur ini membutuhkan investasi modal yang cukup besar karena untuk beternak ayam petelur ini harus memiliki kuantitas ayam yang jumlahnya besar agar dapat menghasilkan telur yang banyak.

Selain itu karena kandang khusus ayam petelur yang harus di desain dengan tepat menjadikan biaya pembuatan kandangnya saja sudah cukup mahal.

Namun dibalik itu semua, keuntungan dari bisnis ini akan terus mengalir mengingat telur merupakan makanan pokok masyarakat yang setiap harinya dicari sehingga memiliki segmen pasar yang sangat baik.

Budidaya Domba Garut
Meskipun domba garut bukan merupakan kebutuhan pangan dalam keseharian, namun peluang usaha ternak hewan yang satu ini memiliki prospek yang sangat baik.

mengapa harus domba garut? Karena domba jenis ini perawatannya lebih mudah dari hewan yang lain. Terlebih lagi, selain dagingnya yang bisa untuk di konsumsi, kulit dari domba garut juga banyak di cari dipasaran.

Permintaan kulit domba ini cukup besar namun terkadang tidak ada barang yang di stok. Nah peluang inilah yang bisa dijadikan referensi pilihan usaha domba garut yang dapatĀ  dicoba untuk meramaikan pasar ternak.

Terlebih lagi, domba garut akan mengalami kenaikan permintaan pada saat momen-momen tertentu. Momen yang akan mendatangkan keuntungan adalah pada saat moment hari raya idul Adha, dimana domba ini banyak dicari untuk dikurbankan oleh masyarakat.

Sehingga dapat dipastikan jika setiap tahunnya sector usaha domba ini akan menghasilkan keuntungan yang menjanjikan.

Untuk menggemukan domba garut cukup mudah, bisa dengan memberikan pakan yang tepat dan sesuai sehingga domba akan cepat gemuk dan menarik perhatian para konsumen.

Budidaya Jangkrik
Banyak yang tidak tahu jika sebenarnya budidaya jangkrik merupaka sector usaha tenak yang cukup menjanjikan loh.

Budidaya jangkrik ini masih jarang sekali yang melakukannya padahal memiliki sector pasar yang sangat tinggi. wah wah peluang ini harus segera ditangkap bagi anda yang peka terhadap usaha dengan prospek yang baik.

Saat ini banyak sekali orang yang memelihara berbagai jenis burung piaraan. Untuk menjadikan burung piaraan mengeluarkan suara yang nyaring, konon katanya dan memang fakta sih, memberikan pakan jangkrik akan membuat kicauan burung semakin nyaring.

Ditambah lagi, saat ini sedang musim kontes burung dan jumlah peminat burung di berbagai daerah meningkat sehingga bisnis ini menjadi peluang usaha ternak yang cukup menjanjikan.

Selain itu, bisnis ternak jangkrik merupakan salah satu kategori peluang usaha ternak di lahan sempit yang bisa dicoba. Tidak dibutuhkan lahan khusus karena budidaya ini hanya perlu menggunakan sebuah kotak box kayu yang tertutup rapat dengan dan ukurannya terserah sesuai dengan keinginan anda.

Sedikit bocoran nih, untuk pemasaran jangkrik ini anda bisa mulai melihat lokasi yang tepat untuk menawarkan produk anda dengan mendatangi pasar burung ataupun pada perkumpulan pecinta burung.

Jika sudah ada pelanggan yang datang maka lama kelamaan pasti akan cepat terkenal dan mendatangkan pelanggan yang lebih banyak lagi. Karena mereka yang memiliki piaraan burung akan membutuhkan jangkrik yang relative cukup besar dan banyak.

Dari peluang-peluang bisnis ternak yang sudah dijabarkan diatas, mungkin itulah beberapa referensi mengenai peluang usaha ternak yang bisa anda coba buktikan sendiri.

Tentunya untuk memulai usaha ternak dengan skala yang besar dibutuhkan investasi atau modal yang tinggi.

Namun hal tersebut bukan lah menjadi masalah jika anda sudah bisa melihat kelangsungan prospek bisnis yang akan mendatangkan keuntungan di depan mata.

Jangan menyia-nyiakan kesempatan yang ada karena nantinya anda sendiri yang akan menyesali jika tidak bertindak secara cepat.

Tentunya keutamaan dari melakukan sebuah usaha adalah anda sebagai orang yang merintis tentunya dapat bertindak selayaknya sebagai bos.

Selain menjadi bos anda juga dituntut untuk bisa multitasking dalam segala hal memanage sebuah usaha agar terus berjalan dan tetap eksis.

Jika usaha yang anda jalankan mulai menghasilkan anda anda bisa sedikit demi sedikit memperbesar skala usaha yang anda miliki, bahkan anda bisa merekrut karyawan.

Selain untuk menguntungkan diri sendiri, anda juga bisa membantu orang lain terlepas dari pengangguran dan mendapatkan penghasilan untuk mencukupi keluarganya.

Baca: Peluang Usaha Terbaru dan Laris yang Cukup Menjanjikan

Baca: Peluang dan Analisa Usaha Bimbingan Belajar

Jangan pernah sekalipun berpikir malu untuk memulai bisnis ternak hewan. Gengsi dan malu hanya akan membawa anda kepada keterpurukan, dan jika anda hanya menuruti ego diri sendiri sifat jelek menjerumuskan tersebut, anda hanya akan menjadi orang yang merugi.

Maka dari itu mulai lah merintis usaha ternak mulai dari sekarang dengan skala yang kecil terlebih dahulu karena banyak kok usaha ternak yang menjanjikan dengan modal kecil yang bisa anda praktekan secara langsung.

Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat serta motivasi bagi anda untuk memulai bisnis ternak hewan yang dijamin sangat menguntungkan. sekian dan terima kasih.

image credit: David Amsler

Leave a Reply