Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Pemula dan Tips Memulainya

Saat ini, persaingan dunia kerja makin ketat sehingga banyak orang yang kini harus menganggur. Untuk anda yang belum dapat pekerjaan, tidak ada salahnya apabila anda membuka usaha sendiri sehingga waktu anda bisa dimanfaatkan dengan baik.

Saat ini, ada cukup banyak peluang usaha yang menjanjikan. Maka dari itu, anda tidak perlu ragu lagi untuk memulai usaha anda sendiri.

Memang, untuk membuka usaha yang menjanjikan untuk pemula akan ada rasa takut gagal karena belum berpengalaman. Modal pun menjadi hal lain yang banyak menjadi pertimbangan para pemula.

Dengan alasan belum memiliki modal yang cukup, banyak diantara mereka yang akhirnya tidak jadi membuka usaha.

Namun, sebenarnya untuk dapatkan pengalaman, hal utama yang wajib dilakukan jelas memulai usaha tersebut. Mengenai masalah modal, saat ini nyatanya banyak usaha yang memiliki modal kecil.

Kemudian, bagi anda para pemula yang baru akan terjun ke dunia bisnis, ada beberapa hal yang wajib anda persiapkan. Apa sajakah hal wajib tersebut? Berikut ulasannya untuk anda:

Ubah Mindset Tentang Modal Usaha
Hal pertama yang harus anda lakukan yaitu anda ubah mindset anda tentang modal usaha. Sampai saat ini, masih banyak orang yang beranggapan bahwa membuka usaha memerlukan modal awal yang sangat besar.

Hal ini tentu saja salah kaprah. Nyatanya, tidak semua usaha dengan peluang usaha yang menjanjikan bagus memerlukan modal awal yang besar.

Banyak pula usaha yang membutukan modal awal yang kecil. Salah satu contohnya adalah pemanfaatan internet. Menjadi penulis online yang tawarkan jasa penulisan di internet jelas tidak membutuhkan modal yang banyak. Bahkan bisa dibilang minim modal.

Modal utama yang dibutuhkan adalah tekad dan juga mental pantang menyerah.

Jangan Langsung Inginkan Untung Besar
Hal lain yang juga bisa anda persiapkan apabila akan membuka usaha adalah membuang jauh-jauh pikiran akan langsung untung besar.

Seperti yang kita tahu bahwa untuk usaha yang masih baru, belum ada banyak orang yang tahu akan usaha anda ini. Karena itulah, promosi menjadi hal utama yang bisa anda lakukan saat baru membuka usaha.

Jangan Mudah Menyerah
Untuk hal lainnya ialah sikap pantang menyerah. Dalam memulai sebuah usaha yang menjanjikan untuk pemula, gagal menjadi hal yang biasa.

Karena itulah sikap pantang menyerah dalam membangun kembali usaha harus anda miliki. Apabila anda tidak memiliki sikap ini, tentu saja anda akan langsung mengurungkan niat membuka sebuah usaha.

Tingkatkan Kualitas Produk
Apabila usaha anda mulai dikenal dan memiliki cukup banyak peminat, hal wajib yang jangan sampai anda lupakan yaitu meningkatkan kualitas produk.

Jangan sampai karena telah terkenal anda kurangi kualitas produk yang ditawarkan. Bila hal ini dilakukan, bukan tidak mungkin para pelanggan anda akan kabur.

Buat Target
Kemudian, membuat target dalam masa-masa awal memulai usaha yang menjanjikan di masa depan menjadi sesuatu yang penting. Dengan target tersebut anda bisa lebih termotivasi lakukan semua hal terbaik dalam menjalankan usaha anda.

Artinya anda membuat tantangan sendiri kepada diri anda untuk menjadi lebih baik. Dalam membuat target ini pun anda harus sesuaikan dengan kondisi kemampuan anda sendiri. Buatlah target yang tinggi akan tetapi juga harus realistis sesuai keadaan yang ada.

Peluang Usaha yang Menjanjikan untuk Pemula dan Tips Memulainya

Jangan Takut Coba Hal Baru
Sedangkan hal lain yang jangan sampai anda lupakan adalah anda jangan sampai takut coba hal baru. Disini, dengan melakukan berbagai hal yang baru tentu akan menambah pengalaman anda.

Apabila anda telah memahami semua hal di atas, kini saatnya anda cari peluang usaha yang menjanjikan dan memilih usaha apa yang bisa anda lakukan.

Disini, tidak semua usaha akan cocok untuk para pemula. Hal ini disebabkan oleh karena ada beberapa usaha yang menuntut pemiliknya telah berpengalaman dalam menjalankan usaha tersebut.

Beberapa faktor yang harus anda pertimbangkan dalam memilh usaha yang menjanjikan untuk pemula  yaitu mengenai modal usaha dan tingkat kerumitan dalam membangun usaha tersebut.

Bagi para pemula, modal usaha yang termasuk kecil menjadi sesuatu yang wajib. Artinya adalah anda jangan sampai memilih usaha dengan modal besar.

Hal ini sangat beresiko yang bisa membuat anda justru akan alami kebangkrutan jika usaha yang dilakukan gagal. Mengenai tingkat kerumitan pun menjadi hal lain yang harus anda pertimbangkan.

Anda jangan pilih usaha yang membuat anda justru pusing dengan persiapan yang ribet.  Pelan tapi pasti tentu akan lebih baik bagi pemula.

Untuk anda yang akan membuka usaha, berikut ada beberapa usaha yang cocok untuk para pemula. Jadi, nantinya anda bisa memilih salah satu jenis usaha di bawah ini:

Baca juga: Ide Peluang Usaha Modal Kecil untuk Karyawan

Baca juga: Peluang Usaha Ternak Modal Kecil Rumahan

Buka Warung
Usaha yang menguntungkan saat ini yang cukup disarankan bagi anda para pemula adalah membuka warung di sekitar tempat tinggal anda.

Anda bisa menjual berbagai kebutuhan sehari-hari mulai dari sembako hingga kebutuhan lain seperti sabun. Usaha yang satu ini jelas sangat pas bagi para pemula.

Pertama, anda bisa mulai usaha ini tanpa harus sewa tempat usaha sebab rumah rumah anda bisa menjadi kios yang pas. Jadi, nantinya para tetangga bisa belanja berbagai kebutuhan sehari-hari tanpa harus pergi jauh.

Selain itu, anda juga bisa belajar untuk mengetahui berbagai jenis konsumen dan cara menghadapinya. Seperti yang kita tahu bahwa tidak semua konsumen adalah mereka yang ramah dan menyenangkan.

Ada pula yang cerewet hingga bisa membuat anda kesal. Dari sinilah anda bisa tahu karakter setiap konsumen sehingga bisa menjadi pengalaman anda dalam membangun usaha yang lebih besar.

Buka Konter Pulsa
Selain buka warung, usaha konter pulsa pun bisa menjadi ide yang sangat tepat. Anda yang kurang tertarik dengan usaha sebelumnya bisa memilih ide yang satu ini.

Anda bisa membuka konter pulsa kecil-kecilan di sekitar daerah rumah anda. Atau mungkin anda pun tidak perlu kios sebab anda bisa tawarkan pulsa tersebut atau promosi melalui BBM atau media chatting lainnya.

Sama halnya dengan membuka warung, usaha ini jelas sangat cocok bagi anda yang ingin mempelajari berbagai karakteristik para konsumen. Yang membedakan disini ialah produk yang anda tawarkan.

Kemudian, anda juga tidak perlu pusing untuk melakukan berbagai macam persiapan sebab anda hanya perlu lakukan deposit di konter pulsa yang lebih besar.

Dan yang paling penting jangan meremehkan usaha ini karena jika anda kedepan mempunyai solusi permodalan anda bisa mengembangkan usaha ini menjadi sebuah bisnis besar.

Yang menjual semua hal yang berhubungan dengan pulsa yaitu handphone, casing handphone, kabel data dan lain-lain. dan omset ratusan juta bisa anda dapatkan ketika usaha anda sudah mencapai titik ini. sekali lagi pelan tapi pasti.

Usaha Camilan Atau Makanan Ringan
Adapun usaha yang menguntungkan saat ini lain yang sangat cocok bagi para pemula adalah usaha camilan atau makanan ringan. Usaha yang satu ini cukup banyak dipilih oleh para pemula.

Anda bisa memilih menjual camilan yang telah jadi sehingga nantinya anda membeli camilan kemudian menjualnya kembali ke konsumen dengan kemasan yang lebih menarik misalnya.

Selain itu, anda juga bisa memilih untuk membuat camilan atau makanan ringan sendiri. Camilan olahan ini sebaiknya bisa menarik banyak konsumen.

Caranya ialah anda membuat camilan dengan inovasi tertentu. Dengan begitu camilan buatan anda akan lebih menarik. Hal yang harus anda perhatikan disini ialah saat camilan sudah mulai laris, menjaga kualitas manjadi sesuatu yang jangan sampai anda lupakan.

Usaha Online
Bagi anda yang suka menggunakan media sosial, inilah ide yang sangat pas untuk anda yang ingin membuka usaha. Disini, usaha online bisa menjadi pilihan yang pas. Misalnya saja adalah anda membuka toko online.

Anda bisa menjual apa pun produk yang diinginkan misalnya baju, sepatu, tas atau peralatan make up. Anda bisa sesuaikan dengan minat dan juga hal yang banyak dibutuhkan oleh para konsumen.

Dengan begitu produk yang anda tawarkan bisa disambut dengan baik oleh para konsumen.

Saat ini, dengan adanya berbagai sistem penjualan online yang dapat anda pilih dan sesuaikan dengan keinginan membuat anda bisa lebih mudah membangun usaha yang satu ini.

Usaha Kuliner
Usaha kuliner saat ini memang sangat diminati. Anda bisa lihat ada berbagai macam kuliner dengan inovasi yang menarik. Karena itulah jika anda mempunyai ide makanan yang menarik, anda bisa langsung membuka usaha kuliner.

Yang harus anda ingat adalah anda inovasikan sebuah kuliner unik yang bisa menarik banyak konsumen. Masalah rasa pun jangan sampai anda lupakan sebab meskipun kuliner yang ditawarkan menarik tapi jika rasanya kurang enak, maka hal ini bisa mengurangi minat pelanggan.

Menjadi Penulis Online
Apakah anda suka dunia tulis menulis? Anda bisa jadikan hobi anda menjadi usaha yang menguntungkan saat ini. Dalam hal ini, anda bisa menjadi penulis online.

Misalnya adalah anda membuka jasa penulisan artikel. Bicara soal peluang usahanya sendiri, saat ini jasa penulisan artikel bisa dikatakan sangatlah baik.

Dengan banyaknya orang yang membutuhkan jasa ini membuat anda bisa mencoba usaha tersebut. Masalah modal anda tidak perlu khawatir sebab anda hanya perlu modal laptop, koneksi internet dan ide menulis yang sangat luar biasa unik. Anda tertarik?

Usaha Laundry
Dengan kesibukan banyak orang saat ini membuat mereka tidak sempat mencuci baju. Karena itulah usaha laundry bisa menjadi ide usaha untuk para pemula yang sangat menarik.

Anda bisa mulai membuka laundry rumahan dengan modal yang tidak begitu besar sehingga resiko kegagalan usaha ini tidak begitu tinggi.

Untuk menarik banyak perhatian konsumen, anda bisa menambah variasi pewangi yang disediakan. Dengan begitu para konsumen bisa memilih pewangi mana yang mereka inginkan.

Usaha Fotocopy
Bagi anda yang tinggal di sekitar kampus atau sekolah, usaha fotocopy menjadi usaha yang sangat tepat. Tentu saja para siswa dan guru akan sangat membutuhkan fotocopy untuk membantu proses belajar mengajar.

Dalam hal ini, anda pun bisa menarik makin banyak konsumen dengan cara membuka jasa print dari komputer. Bicara mengenai modalnya, anda bisa memulainya dengan memiliki satu mesin fotocopy dan satu set komputer beserta printer.

Dengan modal yang tidak begitu banyak, anda pun bisa kembangkan usaha yang menjanjikan di masa depan ini menjadi lebih besar dengan menambahkan mesin fotocopy dan komputer.  

Buka Warnet
Meskipun banyak orang yang telah memiliki laptop dan koneksi internet sendiri di rumah, tapi usaha warnet tetap menjadi usaha yang tepat bagi para pemula.

Untuk makin menarik banyak konsumen, anda bisa menambah service dengan menyediakan film atau drama terbaru. Dengan begitu, bagi para pecinta drama atau film bisa langsung datang ke warnet anda agar tidak ketinggalan drama atau film favorit mereka.

Buka rental PS (Play Station)
Bagi anda yang memiliki beberapa set PS atau Play Station, tidak ada salahnya anda membuka usaha rental PS yang satu ini. Dengan begitu anda bisa memanfaatkan apa yang anda miliki menjadi sebuah usaha yang menjanjikan di masa depan.

Sekian tips-tips dari kami semoga tips yang kami berikan bisa memberikan pandangan baru kepada dunia bisnis dan salam sukses untuk anda. Terima kasih.

Image credit: Kate Brady on flickr

Leave a Reply